Anda Membutuhkan Villa Untuk Penginapan Liburan Anda? Klik Disini

Studio Alam Gamplong Sleman, Menelusuri Film Jadul

Studio Alam Gamplong Sleman menjadi Lokawisata Jogja yang menjadi pilihan untuk berlibur bagi keluarga maupun bersama teman-teman.

Studio Alam Gamplong

Studio Alam Gamplong Sleman menjadi sebuah destinasi wisata yang banyak dikunjungi dari berbagai kalangan usia, baik itu turis lokal ataupun turis mancanegara, dan baik itu bersama keluarga ataupun bersama teman-teman.

Lokawisata Jogja ini kalian bisa merasakan menjadi seorang aktor ataupun aktris terkenal. Karena sebelum tempat ini dibuka untuk wisata, lokawisata ini merupakan tempat untuk suting film-film ternama. Seperti Sultan Agung: The Untold Love Story, Bumi Manusia dan lainnya.

Untuk mengenal lokawisata yang unik ini, Berikut informasi dari Tourism Trank Indonesia tentang Studio Gamplong Sleman ini

Tentang Studio Alam Gamplong Sleman

Studio Gamplong Sleman adalah studio yang dibuat untuk membuat film Sultan Agung: The Untold Love Story dan juga Bumi Manusia. Namun setelah selesai dalam pembuatan filmnya, studio ini tidak dihancurkan, melainan diserahkan ke Pak Sri Purnomo selaku Bupati Sleman.

Karena memiliki latar yang unik, maka Studio Gamplong Sleman ini dijadikan tempat wisata edukasi dan diresmikan oleh Pak Joko Widodo selaku Presiden Indonesia ditanggal 15 Juli 2018.

Dalam beberapa set bangunan, memang terdapat set yang bersifat semi permanen dan dapat dihancurkan kapanpun dengan mudah. Namun juga terdapat set bangunan yang dibuat permanen seperti Pendopo Serbaguna dan lainnya.

Lokasi dan Akses Jalan Studio Alam Gamplong Sleman

Studio Alam Gamplong ini ber lokasi di Dusun Gamplong 1, Desa Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Untuk lokawisata ini tergolong mudah, tidak sulit untuk ditemukan. Jika kalian dari Pusat Kota Jogja, kalian hanya perlu mengikuti Jalan Lingkar Selatan sampai masuk ke Jalan Wates. Setelah sampai pertigaan Klangon, kalian bisa kanan dan menyebrangi rel kereta api.

Setelah menyebrangi rel, kalian bisa mengikuti lajur kiri hingga bertemu Lapangan Gamplong. Dari Lapangan Gamplong ini, kurang lebih 340 meter, kalian akan bertemu Studio Gamplong Sleman ini.

Jika kalian bingung simak peta dari Google Maps berikut:

Maps

Harga Tiket Masuk (HTM) Studio Alam Gamplong Sleman

Harga tiket masuk lokawisata ini tidak ditentukan tarifnya, kalian hanya diminta untuk memberikan uang perawatan seiklasnya pada kotak yang disediakan dipintu masuk oleh pihak pengelola.

Sedangkan untuk tarif bekas set latar film yang ada disana adalah:

  • Tarif Tiket Kereta Tua Rp. Rp. 10.000,-
  • Tarif Tiket Rumah Habibie dan Ainun Rp. 10.000,-
  • Tarif Tiket Museum Bumi Manusia Rp. 10.000,-
  • Tiket Galeri Antiques dan Ruang Rahasia Rp. 10.000,-

Tarif tiket yang tergolong murah untuk sebuah lokawisata yang unik ini. Kalian bisa berselfi sepuasnya disana dengan tarif yang murah ini.

Aturan Studio Alam Gamplong Sleman

Untuk menjaga lokasi wisata ini, pihak pengelola memberikan beberapa peraturan untuk para pengunjung studio ini. Diantaranya:

  • Tidak melakukan kegiatan tanpa ijin pihak pengelola.
  • Tidak menggunakan drone tanpa ijin pihak pengelola.
  • Tidak membawa makanan dan minuman dari luar Zona Studio Alam Gamplong Sleman.
  • Tidak membawa/memasukan hewan tanpa ijin pihak pengelola.
  • Tidak merokok dan membuang sampah sembarangan.
  • Kegiatan seperti prewedding, year book, photo session, photo product, endors event, gathering, dan kegiatan khusus lainnya, wajib ijin terlebih dahulu pada pihak management.

Jam Operasional Studio Alam Gamplong Sleman

Studio Alam Gamplong Sleman ini buka jam berapa? Mungkin pertanyaan ini yang muncul jika kalian ingin berkunjung kesini. Studio ini buka setiap hari dari hari Senin sampai dengan Minggu dari jam 09.00 pagi hari sampai dengan 17.00 sore hari.

Jadi kalian bisa mengunjungi tempat wisata ini kapanpun kalian bisa, bersama keluarga ataupun teman kalian. Dan berselfi ria disana.

Fasilitas Studio Alam Gamplong Sleman

Kalian tidak perlu kawatir dengan fasilitas-fasilitas yang disediakan disana. Karena fasilitas yang tersedia tergolong lengkap. Diantaranya:

  • Parkiran kendaraan yang luas.
  • Toilet atau WC umum.
  • Gazebo untuk tempat beristirat sejenak.
  • Warung makanan dan minuman.
  • Dan lainnya.

Tempat Foto Di Studio Alam Gamplong Sleman

Selain beredukasi, ditempat wisata jogja ini kalian bisa mengambil banyak foto-foto yang instagramable dan keren tentunya. Beberapa tempat yang bisa kalian gunakan untuk mengambil foto adalah:

Area Perkotaan Di Zaman Kolonial

Foto Studio Alam Gamplong Sleman

Di zona ini, kalian akan disuguhi bangunan-bangunan tua yang dibuat mirip ketika zaman kolonil. Selain bangunan-bangunan tersebut, kalian juga bisa menemukan kendaraan-kendaraan di zaman kolonial. Seperti kereta tua yang melintang dikota, becak dan lainnya.

Area Ruangan Rumah Zaman Kolonial

Studio Alam Gamplong Sleman Foto

Bayangkan kalian berada disebuah ruangan dalam rumah tua dengan dekorasi-dekorasi yang juga tua. Tentu akan menjadi momen yang sangat mengasikan dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Kalian bisa mengambil foto dengan dekorasi rumah yang tua di dalam rumah yang juga tua tentunya.

Area Museum Bumi Manusia

Studio Alam Gamplong Museum Bumi Manusia

Jika kalian ingin merasakan berada didalam film Bumi Manusia, tentu menjadi hal yang wajib untuk mengunjungi zona ini. Karena semua latar belakang film Bumi Manusia masih rapih tersedia disini. Kalian bisa mengambil gambar disini dan rasakan sensasi menjadi aktor utama dalam film Bumi Manusia.

Rumah Habibie dan Ainun 

Studio Alam Gamplong Sleman Habibie dan Ainun

Kalian ingin berkungjung kerumah Habibie dan Ainun dalam filmnya? Silahkan datang ke zona foto ini. Rumah yang digunakan dalam film Habibie dan Ainun 3 ini bisa menjadi tempat foto yang menarik untuk kalian. Pada bagian dalamnya masih terdapat barang yang digunakan Ibu Ainun.

Area Perkampungan Kumuh 

Studio Alam Gamplong Sleman Museum Habibie dan Ainun

Masih dalam cerita film Habibie dan Ainun 3. Namun kalian ini adalah zona perkampungan yang kumuh. Kalian bisa berfoto dirumah yang dibuat dengan kayu dan seng-seng berkarat, lengkap dengan air yang kotor. Kalian bisa berpose disini.

Area Perkampungan Zaman Kerajaan

Jika kalian sudah mengambil area perkotaan zaman kolonial, sekarang saatnya kalian berpose di perkampungan zaman kerajaan.

Zona yang digunakan untuk syuting film Sultan Agung ini bisa menjadikan foto kalian kembali menjelajahi waktu ketika Indonesia masih dalam zaman kerajaan.

Bangunan Bertuliskan Grafiti

Tempat foto yang satu ini tidak kalah kerennya dengan tempat-tempat foto yang lainnya. Pada tempat foto yang satu ini, kalian bisa berfoto dengan latar gedung yang bercoretan tulisan grafiti. Kalian akan terlihat seperti anak jalanan, namun berpenampilan keren.

Bangunan Cina

Ingin berfoto dinegeri Cina? Kalian tidak perlu pergi jauh-jauh kenegara Cina. Karena disini juga tersedia bangunan ala negara Cina. Bangunan ala Chaines lengkap dengan tulisan cina dan furniture ala cina ini bisa menjadi tempat foto yang kece.

Benteng Belanda

Studio Alam Gamplong Sleman Benteng Belanda

Zona foto yang satu ini menjadi zona yang sayang jika kalian lewatkan. Bangunan yang merupakan replika benteng belanda ini cukup menarik dan unik. Karena bangunan ini dibuat semirip mungkin dengan benteng belanda, dan lengkap dengan jembatan dan sungai.

 

Itulah informasi salah satu Lokawisata Jogja, yaitu Studio Alam Gamplong. Banyak hal menarik lainnya yang belum bisa Tourism Rank Indonesia berikan.

Jika kalian ingin menambahkannya, kalian bisa tambahkan dikolom komentar. Dan jika ada pertanyaan, kritik dan saran, kalian juga bisa tulis dalam kolom komentar. Terima Kasih.

Posting Komentar