Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pulau Abang : Taman Bawah Laut yang Menakjubkan di Sumatera


Taman bawah laut yang indah menampilkan terumbu karang yang menakjubkan, dihiasi dengan berbagai bentuk, ukuran, dan warna dari banyak makhluk laut, semua itu adalah pandangan yang menanti perenang snorkel dan penyelam bawah air yang jernih di Pulau Abang, di sebelah selatan Batam di provinsi Kepulauan Riau. Pulau Abang dikelilingi oleh banyak pulau-pulau kecil lainnya, yang kebanyakan merupakan kawasan konservasi terumbu karang, sedangkan pulau utama Abang hanya berukuran  sekitar 10 km persegi.

Dengan perairan yang relatif dangkal (sekitar 15-18 meter), keajaiban bawah air mengagumkan ini adalah tempat yang sempurna baik bagi diving maupun snorkeling. Keindahannya sering dibandingkan dengan perairan sekitar Taman Nasional Pulau Komodo, Bunaken, dan Raja Ampat, sejak COREMAP (Coral Reef Rehabilitation dan Program Manajemen) telah ditunjuk sebagai daerah lokasi pusat pengamatan terumbu karang bawah laut khusus.

Di atas permukaan, lanskap Pulau Abang masih murni dengan bukit-bukit yang didominasi oleh batuan granit. Sebagian besar pantai masih dihiasi dengan hutan bakau yang indah. Fitur yang paling menarik dari perairan Pulau Abang adalah adanya spesies karang langka yang dikenal sebagai Blue Coral. Blue Coral hanya hidup di perairan jernih dengan kualitas air yang sangat baik. Terdapat beberapa spesies ikan yang mencari tempat berlindung di bawah gelombang yang tenang seperti  selar, lencing, kakap merah, ikan pasir merah, blow fish, pinang, dan banyak lainnya.

Selama bertahun-tahun, orang-orang dari Pulau Abang terus diajarkan akan kesadaran pentingnya untuk melestarikan terumbu karang baik sebagai aset pariwisata maupun arti pentingnya untuk lingkungan global. Pada gilirannya, mereka juga bisa mendapatkan keuntungan dari kegiatan pariwisata di samping aktivitas sehari-hari sebagai nelayan atau pedagang. Hal ini akhirnya menyebabkan keindahan Pulau Abang terjaga.

Penginapan

Penginapan terdekat di pulau abang terletak di Pulau Batam. Di Pulau Batam sendiri terdapat banyak pilihan hotel-hotel sesuai dengan selera dan budget. Agar semakin merasakan Pulau Abang, Anda dapat berkemah di Pulau ini.

Mencapai Lokasi

Pulau Abang terletak di selatan Batam atau sekitar 50 km dari Muka-Kuning, Pulau Batam. Untuk mencapai pulau ini, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Batam ke Jembatan Barelang. Dari sana, perjalanan dilanjutkan dengan perahu menyusuri Sungai Burdus sampai Anda mencapai Pulau Abang yang berjarak sekitar 12 km jauhnya menggunakan perahu bermotor, yang penduduk setempat menyebutnya Bot Pompong.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain