Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

20 Tempat Wisata Solo untuk Anak yang Wajib Kamu Kunjungi Bersama Keluarga

Pilih Tempat Wisata Keluarga Di Solo favorit Anda segera! Siapa yang tidak tahu kota terkenal ini? Tentu sangat jarang. Kota Solo adalah kota di Jawa Tengah yang terkenal kental dengan budaya tradisional nya. Itu mengapa, kota ini memiliki daya tarik sendiri. Setiap tahunnya banyak wisatawan baik luar atau dalam daerah yang berdatangan di kota ini untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Selain kental dengan budaya tradisional nya, Solo juga memiliki banyak wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari wisata darat hingga wisata air. Masing-masing tempat memiliki pesonanya sendiri

Kota yang memiliki sebutan Surakarta ini memiliki beragam wisata baik pada wisata kuliner nya hingga wisata alamnya. Itu mengapa kota ini menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan yang datang ke Jawa Tengah. Waktu yang sangat cocok untuk menikmati keindahan wisata Solo adalah pada waktu liburan tiba.

Waktu liburan adalah momen terbaik bagi keluarga untuk bercanda ria menghabiskan waktu bersama. Ada banyak tempat wisata yang cocok untuk liburan keluarga.

Rekomendasi Tempat Wisata Solo untuk Anak

Yuk, langsung saja melihat kira-kira lokasi wisata mana saja sih yang menarik untuk dikunjungi bersama si kecil ketika berkunjung ke solo? Berikut ulasannya!

1. Taman Cerdas Jebres


Tempat wisata di Solo selanjutnya yang bisa Mama kunjungi bersama anak adalah Taman Cerdas Jebres

Di sini anak mama bisa menggunakan berbagai permainan yang bermanfaat untuk melatih ketangkasan anak. Tak hanya itu saja, di tempat wisata ini juga terdapat relief dan patung tokoh nasional seperti Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Ki Hajar Dewantara.

Menariknya lagi, Taman Cerdas Jebres juga menghadirkan teleskop yang lengkap dengan angkasa dan planet-planetnya, serta kehidupan di bawah laut. Menarik, bukan?
  • Alamat: Jl. Ki Hajar Dewantara RT02 RW25, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57126.
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka:  07.00 - 22.00 WIB.
2. Kereta Api Uap Jaladara 


Menaiki kereta api uap jaladara juga merupakan salah satu objek wisata anak di Solo yang harus anda kunjungi. Kereta api bahtara ini merupakan satu-satunya kereta uap di Solo yang saat ini dijadikan sebagai kereta wisata.

Destinasi wisata ini sangat cocok bagi anak karena mereka dapat mengetahui kereta yang digunakan pada zaman dahulu dengan berbagai sistemnya. Kereta ini dijalankan dengan bahan bakar berupa kayu bakar sehingga menghasilkan uap guna menggerakkan kereta.

Tempat wisata anak di Solo menyediakan beberapa jalur wisata yang biasa digunakan. Adapun jalur yang digunakan untuk kereta wisata ini bermula dari stasiun Purwosari, kota Solo hingga melewati Jalan Slamet Riyadi.

Kereta ini memiliki dua gerbong kereta yang mampu menampung hingga 72 penumpang dengan kecepatan yaitu 50 km setiap jamnya. Jadi dengan menaiki kereta tersebut anda bisa berkeliling kota Solo dan menikmati keindahan kota yang masih alami dengan pohon-pohon hijau yang masih rimbun.
  • Alamat: Jl. Menteri Supeno No.7 Manahan, Solo.
3. Keliling Kota dengan Bus Wisata


Kota ini menyediakan berbagai cara dalam  memfasilitasi pengunjung agar dapat berkeliling kota Solo. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kereta wisata yang khusus digunakan untuk berkeliling kota Solo. Bahkan perlu anda ketahui bahwa kereta tingkat werkudara adalah bus wisata pertama yang berada di Indonesia. Bus ini mulai dioperasikan pada bulan Januari tahun 2001 lalu.

Salah satu fasilitas wisata di Solo ini akan mengajak anda berkeliling destinasi-destinasi wisata di Solo. Seperti Keraton Surakarta, Mangkunegaran, Laweyan dan beberapa tempat menarik lainya. Untuk menaiki bus tersebut anda bisa memesan tiket satu hari sebelum keberangkatan dengan membayar DP minimal 25 persen. Adapun tiket tersebut bisa anda dapatkan melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika yang bertempat di  Jl Menteri Supeno Nomor & Manahan Solo.

Untuk harga tiket ini juga sangat terjangkau karena anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000 saja untuk perorangan. Bagi anda yang ingin menyewa bus ini untuk berbagai keperluan. Bisa juga dengan membayar biaya sebesar Rp 800.000 setiap tiga jam. Dengan adanya bus wisata tersebut, diharapkan setiap wisatawan mendapatkan kenyamanan untuk mengelilingi kota Solo.
  • Alamat: Kantor Dishub Surakarta di Jalan Menteri Supeno No.7 Manahan Banjarsari.
  • Tiket Bus: Rp. 20.000,-
  • Jam Keberangkatan: 09.00, 12.00 & 15.00 WIB.
4. Keraton Solo


Keraton Solo adalah wisata sekaligus sejarah yang terdapat di Kota Solo sejak zaman dahulu. Tempat ini sangat cocok sebagai wisata edukasi untuk si kecil.

Pasalnya, Keraton Solo memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Mulai dari ornament, bangunan bersejarahnya, serta berbagai peninggalan yang dapat mempelajari sejarah yang terjadi di masa lampau.
  • Alamat: Jl. Kamandungan, Baluwarti, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57144.
  • Tiket Masuk: Wisatawan Lokal Rp. 10.000 , Wisatawan Mancanegara Rp. 15.000 , Rombongan Wisatawan Lokal Rp. 8.000
  • Jam Buka: 09.00 - 16.00 WIB.
5. Taman Sriwedari


Taman Sriwedari menjadi salah satu tempat wisata Solo untuk anak yang mengasyikkan. Selain bisa bermain, tempat ini cocok untuk si kecil mempelajari sejarah zaman dahulu.

Menariknya, Taman Sriwedari yang terletak di kecamatan Lawijayan ini adalah rekreasi keluarga pada masa kerajaan zaman dahulu.

Pasalnya, Di sana juga terdapat paling tidak 16 wahana permainan dan mini waterpark. Tidak hanya itu, kamu dan si kecil juga dapat melihat kesenian wayang orang dengan kisah Mahabrata dan Ramayana.
  • Alamat: Jl. Slamet Riyadi, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
  • Tiket Masuk: Rp. 7.000,-
  • Jam Buka: 10.00 - 22.00 WIB.
6. Wisata Kampung Batik Kauman


Setelah berkeliling kota Solo, ada baiknya untuk menutup perjalanan wisata anda dengan mengunjungi  Kampung Batik Kauman. Di kampung ini, anda bisa melihat berbagai jenis batik khas Solo sekaligus berbelanja oleh-oleh batik khas Surakarta ini. Pusat Batik ini terletak di Jl Trisula, Kauman. Banyak memproduksi batik berwarna terang serta motif yang lebih banyak dari batik jenis Jogja dan Pekalongan.

Nah bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini. Tidak perlu khawatir karena letaknya sangat strategis dan berada di kawasan jalan protokol. Seperti Jl Rajiman, Jl Nonongan yang sangat mudah untuk diakses.

Tempat Wisata Anak di Solo memberikan keunikan tersendiri sehingga anda bisa mengunjungi tempat yang sesuai dengan keinginan anda. Dari beberapa rekomendasi diatas. Anda bisa memilih tempat-tempat sesuai dengan jenisnya seperti tempat bermain bersejarah, ramah lingkungan dan lain sebagainya.  Yang pasti, kota Solo merupakan salah satu daerah yang menyimpan banyak destinasi menarik yang layak untuk anda kunjungi.
  • Alamat: Kauman, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
  • Tiket Masuk: Rp. 5.000,-
  • Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB.
7. Pandawa Water World


Tempat wisata pertama yang bisa anda kunjungi adalah Pandawa Water World yang terletak di jalan Cernaya Raya, Solo Baru. Tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi keluarga yang unik dan sangat menarik untuk dikunjungi.

Bagi anda yang sedang mencari tempat wisata untuk keluarga. Tempat ini sangat sesuai karena wahana yang disuguhkan cocok untuk semua kalangan baik dari anak-anak hingga dewasa.

Selain itu masih banyak pula wahana menarik yang bisa anda kunjungi. Nah bagi anda yang ingin mengunjungi tempat ini, anda bisa berkunjung setiap hari. Jika anda berkunjung pada hari biasa yaitu hari senin sampai jum’at. Anda bisa berkunjung mulai dari pukul 10.00 hingga 18.00 dengan harga tiket sebesar Rp 8.000 saja.

Namun jika anda berkunjung pada akhir pekan atau hari libur. Anda bisa berkunjung lebih pagi mulai dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB dengan biaya Rp 10.000 per orang.

Dengan harga tersebut, anda bisa menikmati lebih dari 40 wahana sehingga sangat terjangkau untuk berwisata keluarga. Selain dilihat dari segi wahana, tempat wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas menarik dan lengkap seperti dokter yang siaga di setiap permainan anak.

Hal ini bertujuan untuk berjaga-jaga apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Selain itu, masih terdapat berbagai fasilitas lain yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung.

8. Taman Hutan Raya


Salah satu taman hutan di Kota Solo yang bisa menjadi tempat wisata edukasi adalah Taman Hutan Raya.

Wisata yang juga dikenal dengan Tahura ini memiliki keindahan alam yang begitu indah. Ada sekitar 34 binatang yang bisa si kecil nikmati selama berada di sini. Tapi, jangan lupa abadikan momen bahagia tersebut dengan berfoto bersama hewan-hewan di sana, ya!
  • Alamat: Jl. Pakar Kulon No.13, Ciburial, , Cimenyan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40198.
  • Tiket Masuk: Rp. 12.000,-
  • Jam Buka: 08.00 - 16.00 WIB.
9. The Heritage Palace Solo


Tempat wisata Solo untuk anak lainnya adalah The Heritage Palace Solo. Ini merupakan tempat yang kental dengan nuansa Eropa.

Awalnya, ini merupakan pabrik gula peninggalan Belkamu dari tahun 1892. Kemudian, tempat ini direvitalisasi menjadi tempat wisata keluarga yang instagramable. Wah, si kecil pasti senang nih, karena bisa sewa kostum juga, loh!

Tiket masuk yang tersedia di tempat wisata ini sebesar Rp. 20.000 untuk pintu masuk, tiket terusan sebesar Rp. 55.000 di weekdays dan Rp. 65.000 untuk weekend.
  • Alamat: Hanggobayan, Pabelan, Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia, 57169.
  • Jam Buka: 09.00 - 16.00 WIB.
  • No Telp: +62 822 3310 6999
10. Edupark Intan Pari


Di tempat wisata kali ini, kamu dan si kecil bisa menemukan pesawat jenis Boeing 727-300 dan helikopter Balco. Keduanya menjadi daya tarik tersendiri untuk wisata edukasi di Kota Solo.

Nggak hanya itu, tak jauh dari pesawat dan helikopter terdapat kolam renang yang juga bisa si kecil gunakan untuk bermain air. Asik bukan!
  • Alamat: Jl Jendral Gatot Subroto, Beningrejo, Gaum, Tasikmadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57716.
  • Tiket Masuk: Rp. 7.000,-
  • Jam Buka: 06.00 - 18.00 WIB.
11. Taman Balekambang


Bagi anda yang sedang mencari  wisata  ramah anak di Solo, tempat ini dapat dijadikan sebagai solusi. Taman ini berada di Jl Balekambang no 1 Solo. Dengan luas sekitar 10 hektar, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang menarik dengan lingkungan yang hijau, bersih dan Asri.

Anak-anak dapat bermain di area yang luas dan bersih serta suasana yang masih sangat sejuk. Selain itu, untuk menikmati kesejukan tersebut, anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar karena tiket  masuk yang murah meriah.
  • Alamat: Jalan Balekambang No.1, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57139.
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 07.00 - 17.00 WIB.
  • No Telp: (0271) 736227/+62 812-2978-2928
12. Kebun Binatang Taru Jurug


Anak-anak man ayang tak senang jika diajak ke kebun binatang. Selain melihat banyak sekali binatang, ini bisa menjadi edukasi anak dalam mengenal berbagai jenis binatang dan kebiasaannya.

Nah, di Kebun Binatang Taru Jurug terdapat berbagai jenis satwa. Tidak hanya itu, ada juga taman bermain dan pertunjukan seni Solo seperti Reog yang akan menghibur kamu.
  • Alamat: Jl. Ir. Sutami No.109 Kentingan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
  • Tiket Masuk: Rp. 25.000,-
  • Jam Buka: 08.00 - 16.00 WIB.
13. Kebun Strawberry


Bagi pecinta strawberry, sepertinya tempat ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di Kota Solo.

Kebun strawberry ini berlokasi di kawasan desa Kalisoro, Karanganyar. Di sini kamu dan si kecil bisa melihat proses penanaman bibit strawberry serta perawatannya. Eits, bisa langsung memetik dan memakannya juga, loh!
  • Alamat: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 09.00 - 16.00 WIB.
14. Agrowisata Sondokoro


Tempat wisata yang pertama ini awalnya adalah sebuah pabrik gula besar yang berada di Solo.

Namun, kini diubah menjadi tempat wisata dengan pemandangan alam yang sangat asri. Karena terdapat banyak sekali pepohonan serta bunga yang memperindah tempat wisata ini.

Tempat wisata yang satu ini juga cocok untuk segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Misalnya Mama bisa menikmati pijat refleksi dan terapi ikan. Sedangkan anak dapat menikmati fasilitas kolam renang hingga flying fox.
  • Alamat: Jl. Mangkunegara Bojonegara, Desa Ngijo, Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah.
  • Tiket Masuk: Rp. 5.000,-
  • Jam Buka: 08.00 - 16.00 WIB.
15. Bukit Sekipan


Si kecil pasti senang mengunjungi tempat wisata ini. karena terdapat wahana air mini waterpark, kampung Halloween, hingga rumah Papua.

Kampung Halloween kamu bisa menemukan berbagai macam boneka hantu khas Indonesia. Sedangkan, di rumah Papua adalah miniatur rumah adat khas Indonesia.
  • Alamat: Jl. Sekipan, Kramat, Kalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia, 57792.
  • Tiket Masuk: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
  • Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB.
  • No Telp: 081329228910
16. Grojogan Sewu Tawangmangu


Tempat wisata Solo untuk anak selanjutnya adalah Grojogan Sewu Tawangmangu, tempat ini menawarkan air terjun yang cantik.

Si kecil juga bisa melihat kura-kura liar yang jinak serta mini waterboom yang menambah keunikan air terjun.
  • Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar.
  • Tiket Masuk: Rp. 20.000,-
  • Jam Buka: 08.00 - 16.00 WIB.
17. Ngarsopuro Night Market


Wah, kali ini adalah lokasi yang bisa memanjakan perut kamu, nih! Bagaimana tidak, Ngarsopuro Night Market merupakan wisata kuliner yang menyuguhkan berbagai macam makanan khas Solo.

Tempat ini memiliki konsep mirip dengan Orchard Road di Singapura. Namun, di sini kamu bisa makan sepuasnya dengan harga yang terjangkau.
  • Alamat: Jl. Diponegoro, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
  • Tiket Masuk: Rp. 20.000,-
  • Jam Buka: 18.00 - 22.00 WIB.
18. Pasar Antik Triwindu


Buat kamu yang senang dengan barang-barang antik, tempat wisata kali ini bisa menjadi tempat tujuan yang mengasyikkan.

Kamu bisa berburu banyak barang antik dengan nilai seni yang tinggi, seperti batik kuno, uang koin dan uang kertas, lukisan, wayang antik dan masih banyak lagi. Menariknya, di sini juga berlaku sistem barter. loh!
  • Alamat: Ngarsopuro, Jl. Diponegoro, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
  • Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 09.00 - 16.00 WIB.
19. Telaga Madirda


Tempat wisata kali ini berada di dusun Tlogo Karanganyar, dengan pemandangan yang cantik serta mempesona.

Telaga ini memiliki air yang sangat jernih dan udara yang sejuk. Nggak cuma itu, pada telaga ini juga terdapat ikan hidup. Wah, anak-anak pasti suka nih!
  • Alamat: Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
  • Tiket Masuk: Rp. 15.000,-
  • Jam Buka: 06.00 - 17.30 WIB.
20. Galabo Solo


Nah, ketika sudah selesai mengelilingi tempat wisata di Kota Solo, saatnya mengisi perut dengan makanan yang enak-enak.

Galabo Solo bisa menjadi rekomendasi yang menyediakan berbagai jajanan, makanan serta minuman khas Solo.
  • Alamat: Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.
  • Tiket Masuk: Rp. 3.000,-
  • Jam Buka: 20.00 - 02.00 WIB.
Itulah 20 tempat wisata Solo untuk anak yang bisa kamu kunjungi selama berkunjung ke solo. Abadikan momen menyenangkan ini dengan berfoto bersama keluarga, ya!

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain