Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Embung Batara Sriten Gunung Kidul, Tiket Masuk dan Daya Tarik - April 2023


  • Alamat:
    Sriten, Pilangrejo, Kec. Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55852
  • Jam Buka:
    05.00 - 18.00 WIB

  • Harga Tiket:
    Rp 5.000,00
Embung Batara Sriten adalah salah satu tempat wisata yang sangat populer di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan menakjubkan dengan air terjun kecil yang terbentuk dari aliran sungai yang jernih.

Embung Batara Sriten memiliki keunikan tersendiri, yaitu terletak di tengah-tengah bukit yang dikelilingi oleh hutan dan pepohonan yang rimbun. Para wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang sangat mempesona dengan menaiki trekking sejauh kurang lebih 1 kilometer. Selain itu, wisatawan juga dapat berenang atau bermain air di air terjun yang sejuk dan segar.

Tak hanya itu, di Embung Batara Sriten juga terdapat area camping yang sangat cocok bagi para pecinta alam. Area camping ini menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat berkemah, toilet, dan area parkir yang aman dan nyaman. Para pengunjung juga dapat menikmati suasana malam yang tenang dan mempesona dengan gemerlap bintang di langit.

Embung Batara Sriten juga menjadi tempat yang sangat populer bagi para fotografer karena keindahan alamnya yang sangat memukau. Bagi para pecinta fotografi, tempat ini sangat cocok untuk mengambil foto-foto indah yang dapat mengabadikan momen berharga selama berlibur.

Selain itu, Embung Batara Sriten juga memiliki beberapa aktivitas yang bisa dilakukan oleh para wisatawan. Salah satunya adalah bersepeda. Di tempat ini terdapat jalur sepeda yang cukup menantang dan menarik bagi para pencinta olahraga sepeda. Para wisatawan juga dapat menikmati pemandangan alam yang sangat indah dan menikmati udara segar yang dihasilkan dari pepohonan yang rimbun di sekitar area wisata.

Tak hanya itu, wisatawan juga dapat melakukan kegiatan berkeliling ke desa-desa sekitar Embung Batara Sriten. Desa-desa tersebut menyajikan keunikan tersendiri dengan budaya dan tradisi yang masih sangat kental. Selain itu, wisatawan juga dapat mencoba makanan khas daerah Gunung Kidul yang sangat lezat dan unik, seperti wedang uwuh, jadah tempe, dan nasi goreng jadah.

Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Embung Batara Sriten, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan untuk membawa peralatan yang cukup seperti alas kaki yang nyaman, baju ganti, dan perlengkapan camping jika ingin menginap. Kedua, pastikan untuk membawa makanan dan minuman yang cukup untuk menghindari kelaparan dan kehausan selama berada di Embung Batara Sriten. Ketiga, perhatikan juga kondisi cuaca sebelum berkunjung, karena daerah Gunung Kidul cenderung panas pada siang hari dan dingin pada malam hari.

Kesimpulannya, Embung Batara Sriten adalah tempat wisata yang sangat cocok bagi para pencinta alam dan fotografi. Dengan pemandangan alam yang mempesona dan berbagai aktivitas menarik yang dapat dilakukan, Embung Batara Sriten menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan berbagai pengalaman seru dan tak terlupakan.

Harga Tiket dan Biaya Embung Batara Sriten

Wisata Embung Sriten termasuk destinasi dengan harga tiket yang murah meriah. Harganya sangat terjangkau untuk menikmati panorama danau di atas awan.
  • Harga tiket masuk Rp 5.000,00
  • Parkir motor         Rp 2.000,00
  • Parkir mobil         Rp 10.000,00
Jam Buka Embung Batara Sriten

Bagi wisatawan yang hanya ingin sekedar berkunjung bisa datang mulai subuh hingga sore hari. Namun jika ingin berkemah tempat wisata ini buka selama 24 Jam
  • Setiap hari     05.00-18.00 WIB
  • Camping     24 jam
Pesona dan Daya Tarik Embung Batara Sriten

Tempat wisata yang dulunya hanya sebagai area penampungan air bagi pertanian, kini telah menjelma sebagai destinasi buruan wisatawan. Telaga buatan yang terletak dipuncak bukit ini memiliki berbagai pesona dan daya tarik sebagai berikut.

1. Suguhan Panorama Alam Menawan

Suasana alam yang menyuguhkan panorama indah tentu menjadikan Embung Batara Sriten sebagai objek wisata buruan. Keberadaannya sebagai puncak tertinggi di Kabupaten Gunung Kidul bagikan lukisan alam yang sangat cantik. Ditambah dengan kesegaran udara yang asri membuat nyaman pengunjung untuk berlama-lama.

Sepanjang mata memandang, pengunjung akan menyaksikan beragam panorama mulai dari Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Lawu, Waduk Jombor hingga hamparan luasnya Kabupaten Gunung Kidul. Tempat ini memiliki arah pandang sepenuh sudut putaran 360 derajat tanpa halangan gedung-gedung tinggi. Sehingga hanya garis horizonlah satu-satunya batasan jarak.

2. Tempat Berburu Sunset dan Sunrise

Bagi para penikmat sunset dan sunrise, danau buatan ini menjadi tempat yang cocok untuk menyaksikannya. Keberadaannya di atas bukit tentu memudahkan pengunjung menyaksikan momen matahari terbit dan tenggelam. Para pecinta fotografi tentu akan sangat menyukai tempat ini.

Bahkan sebagian ada yang rela pergi sejak pagi buta hanya untuk menyaksikan matahari terbit dari puncak ini. Namun keindahan matahari terbit dan terbenam ini hanya terlihat bila cuaca tidak sedang berkabut. Kabut yang muncul sering kali menutupi pesona alam dan membuat jarak pandang terbatas.

3. Danau di Atas Awan

Salah satu ikon menarik sekaligus menjadi sebab dinamainya embung pada wisata ini yaitu adanya danau atau telaga buatan. Danau ini sengaja dibuat dengan bentuk elips tidak beraturan. Alasannya agar tampak cantik serta dapat memikat hati para pengunjung.

Danau yang terletak di puncak bukit ini awalnya adalah tempat penampungan air untuk pengairan berbagai kebutuhan di lereng saat musim kemarau. Berbagai pertanian dan perkebunan di sekitar embung memperoleh sumber air dari telaga ini. Seiring berjalannya waktu, keberadaannya menjadi salah satu destinasi terkenal dan sering menjadi incaran wisatawan.

Fasilitas Embung Batara Sriten

Sejak diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X akhir 2014 lalu sebagai tempat wisata terdapat berbagai fasilitas yang membuat pengunjung nyaman selama di sana. Beberapa diantaranya yaitu tempat parkir, toilet, mushola, gazebo, area kemah, tempat cuci tangan hingga berbagai warung makan yang menyediakan aneka jajanan.

Lokasi Embung Batara Srinten

Embung Batara Sriten terletak di bukit Sumilir, Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Akses jalan menuju lokasi ini memang belum teraspal namun sudah cukup baik dengan lapisan beton. Sementara medannya terbilang cukup terjal dan sempit. Dari Kota Yogyakarta jaraknya kurang lebih 45 Kilometer dengan waktu tempuh sekitar 1,5 Jam.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain