Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Gili Trawangan Yang Wajib Anda Kunjungi

  • Nama Tempat:
    Pulau Gili Trawangan
  • Alamat:
    Lombok, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    Rp. 50.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Pulau Gili Trawangan, sebuah pulau yang terbesar di antara tiga pulau kecil yang berada di sebelah barat laut pulau Lombok. Jadi pulau ini tidak di Bali, melainkan dekat dengan Lombok – Nusa Tenggara Barat. Pulau Gili Lombok yang lain berdekatan dengan pulau ini adalah pulau Gili Meno dan pulau Gili Air. Pulau Gili Trawangan memiliki ketinggian yang sangat signifikan dari permukaan laut, luas pulau ini dengan panjang pulau kurang lebih 3 kilometer, lebar pulau 2 kilometer, membuat anda dapat mengelilingi pulau dalam waktu 2 jam.


Bagian pulau Gili Trawangan yang memiliki jumlah penduduk terpadat adalah di bagian timur pulau. Di sisi timur perairan pulau, juga di gunakan sebagai lokasi tempat berlabuhnya fast boat.

Selain itu, pada sisi timur pulau anda akan dengan mudah menemukan tempat makan, berupa restoran, tempat menginap, serta Bar. Pada sisi timur pulau Gili, lebih banyak di sukai wisatawan muda yang menyukai aktivitas pesta di malam hari.

Sebaliknya pada sisi barat pulau, suasananya lebih tenang dan lebih banyak di kunjungi wisatawan yang liburan bersama keluarga serta anak-anak.

Di bandingkan dengan pulau Gili Meno dan pulau Gili Air, Gili Trawangan memiliki fasilitas yang paling lengkap untuk tempat wisata, mulai dari hotel, tempat makan dan atraksi wisata terutama wisata bahari atau yang lebih terkenal dengan nama water sport.

Wisata bahari yang paling dominan di lakukan oleh wisatawan adalah menyelam dan snorkeling di atas permukaan air laut, berenang, paddle boarding. Selain itu, beberapa wisatawan juga dapat melakukan aktivitas bermain kayak, surfing dan berkuda.

Jika anda gemar atau ingin mencoba aktivitas snorkeling dan menyelam saat di Bali, anda dapat mencoba di pantai Tanjung Benoa. Untuk pilihan jenis water sport di Tanjung Benoa silakan klik link.

Selain itu, ada banyak pilihan akomodasi di pulau ini yang tersebar di hampir sebagian besar area pulau.

Saat anda berada di pulau Gili Trawangan, anda tidak akan melihat kendaraan bermotor berada di jalanan, hal ini karena peraturan daerah yang melarang menggunakan kendaraan bermotor di pulau ini.

Jika anda ingin berkeliling pulau, anda dapat mengunakan sepeda yang banyak di sewakan oleh masyarakat lokal dan menyewa Cidomo (sejenis kereta kuda khas Lombok). Tidak semua area di sekitar pulau sudah dapat di lalu sepeda dan beberapa jalan masih berupa pasir. Jadi saat anda bersepeda, terkadang anda akan perlu menuntun sepeda.

Pulau ini sangat sering di kunjungi oleh wisatawan, terutama wisatawan asing yang berlibur di Bali. Mereka pastinya akan menyempatkan diri untuk berlibur ke pulau Gili Trawangan. Jika wisatawan asing sangat menyukai pulau ini, pastinya pulau ini memiliki keindahan unik. Di bawah ini kami akan tuliskan, alasan kenapa anda harus berlibur ke pulau Gili Trawangan saat anda di Bali.

Aktivitas Liburan Di Pulau Gili Trawangan

Meskipun Gili Trawangan menawarkan pemandangan pantai pasir putih yang sangat indah, suasana sangat tenang, namun saat malam hari pulau ini berubah menjadi pulau pesta. Selain itu, sebagian besar wisatawan yang liburan ke Gili Trawangan adalah wisatawan asing.

Tujuan dari wisatawan liburan ke pulau Gili Trawangan secara garis besar ingin menikmati suasan pantai, melakukan aktivitas berenang, duduk santai di tepi pantai, menjelajahi pulau serta berpesta saat di malam hari.

1. Snorkeling Untuk Melihat Pemandangan Alam Bawah Laut


Anda seorang yang menyukai aktivitas menyelam atau snorkeling, Gili Trawangan Lombok salah satu pulau yang harus anda kunjungi. Karena pulau ini jauh dari kehidupan perkotaan, membuat air laut tidak terkena polusi. Selain itu dari area pantai anda sudah dapat melihat gradasi warna hijau dan biru lautan.

Karena beningnya air laut di pulau ini, membuat anda mampu melihat pemandangan bawah laut seperti ikan dan terumbu karang dari atas perahu boat.

Dengan keindahan alam bawah laut yang begitu mempesona, membuat para penggemar keindahan bawah laut, tidak merasa cukup hanya melihat keindahan laut Gili Trawangan dari atas perahu. Snorkeling dan menyelam adalah pilihan terbaik, untuk dapat melihat keindahannya alam bawah laut Gili Trawangan secara langsung.

Jika anda berencana melakukan aktivitas snorkeling di pulau ini, sempatkanlah untuk melihat ikan Nemo atau ikan Badut. Selain pemandangan bawah laut, arus bawah laut sangat tenang, membuat wisatawan sangat menyukai aktivitas snorkeling di kepulauan Gili Trawangan untuk rekreasi air.

2. Tidak Ada Kendaraan Bermotor

Saat anda mengunjungi pulau Gili Trawangan, jangan heran jika anda tidak melihat adanya kendaraan bermotor di jalanan. Kendaraan bermotor di larang oleh peraturan daerah. Jadi untuk alat transfortasi, pilihanya adalah sepeda gayung dan kereta kuda khas Lombok yang lebih familiar dengan nama Cidomo.

Tidak adanya kendaraan bermotor di pulau ini, membuat keunikan tersendiri bagi wisatawan yang berlibur di pulau ini.

Luas pulau Gili Trawangan sangatlah kecil, sehingga anda dapat keliling pulau dengan berjalan kaki dan hanya perlu waktu 2 jam.

3. Kebersihan Pantai Gili Trawangan

Penduduk lokal di pulau Gili Trawangan, sangat menjaga kebersihan dari pantai dan pulau mereka. Hal ini membuat anda merasa nyaman untuk duduk di pasir pantai, yang terlihat dari kejahuan putih bersih.

4. Pemandangan Matahari Terbit dan Matahari Terbenam

Letak geografis dari pantai ini membuat dalam satu hari anda dapat melihat pemadangan sunrise dan sunset. Letak pantai satu sisi menghadap timur dan sisi lain menghadap barat, membuat anda memungkinkan untuk melihat sunrise dan sunset. Karena jarak pantai di bagian timur dan barat sangat berdekatan, anda dapat tempuh dengan berjalan kaki atau menaiki Cidomo.

5. Penduduk Ramah dan Aman

Untuk menjadikan sebuah tempat wisata yang menarik wisatawan, tentunya penduduk yang ramah dan lingkungan yang aman, faktor utama yang harus di miliki. Di pulau Gili Trawangan keramahtamahan penduduk dapat anda rasakan dan aman seperti anda berlibur di pulau Bali.

6. Kehidupan Malam

Anda menyukai nighlife, pulau inipun tidak kalah dengan pantai Kuta. Jejeran bar dan kios, anda akan dapat temukan di daerah central atau penduduk lokal meyebut dengan nama pasar seni. Waktu terbaik untuk berkunjung ke central adalah pada pukul 21:00, karena semua bar dan kios telah buka.

7. Tempat Menginap

Sebuah tempat wisata tentunya memerlukan tempat menginap yang memiliki banyak pilihan, mulai dari budget hotel sampai dengan hotel berbintang. Pulau Gili Trawangan saat ini sudah memiliki sarana tempat menginap yang dapat anda sesuaikan dengan budget anda.

Saat ini pulau Gili Trawangan adalah surga tempat wisata untuk wisatawan bule yang gemar akan aktivitas rekreasi air seperti diving dan snorkeling. Untuk wisatawan domestik masih jarang mengunjungi pulau Gili Trawangan.

8. Dekat Dengan Pulau Bali

Karena pulau Bali adalah tujuan utama wisatawan asing berlibur, dan pulau Gili Trawangan yang dapat di jangkau lewat laut dalam waktu 1,5 jam menggunakan Fast Boat. Membuat wisatawan asing yang berlibur di Bali, selalu menyempatkan diri untuk dapat menikmati keindahan alam dari pulau Gili Trawangan.

Hal Yang Wajib Anda Tahu

Ada beberapa hal yang wajib anda tahu sebelum memutuskan untuk liburan ke Gili Trawangan. 
  • Jika tujuan anda liburan ke Gili Trawangan untuk liburan keluarga bersama anak-anak, usahakann anda menginap di hotel yang agak jauh dengan lokasi night club. Apabila anda memilih hotel yang lokasinya berdekatan dengan lokasi pesta malam, kemungkinan besar anda akan kesulitan untuk tidur, karena suara musik akan terdengar.
  • Di area pulau hanya tersedia klinik kesehatan dan tidak ada rumah sakit. Untuk lokasi rumah sakit terdekat pilihannya ada di pulau Bali atau pulau Lombok. 
  • Bagi anda yang hanya ingin menikmati suasana pemandangan pantai, serta mencoba beberapa aktivitas liburan, waktu liburan 2 hari di Gili Trawangan sudah lebih dari cukup. 

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain