Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

24 Lokawisata Trawas Yang Bisa Kamu Kunjungi


Lokawisata Trawas, Mojokerto menjadi salah satu tempat wisata yang menarik dikunjungi di Jawa Timur. Tidak hanya memiliki pemandangan yang mengesankan, banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di salah satu kecamatan paling hits di Mojokerto ini.

Tempat wisata di Trawas memiliki pesona yang tak kalah keren dengan yang ada di Batu. Dari air terjun hingga taman bermain, banyak keseruan yang ditawarkan dan harus dinikmati oleh pecinta wisata lokal di Indonesia.

Penasaran dengan keseruan dan keindahan tempat wisata yang ditawarkan di Trawas, Mojokerto, berikut rekomendasi Tourismrank Indonesia di bawah ini!

Air Terjun Dlundung


Air Terjun Dlundung sangat populer di Trawas. Tidak heran, karena aksesnya sudah nyaman dan tertata rapi. Air terjunnya pun aman untuk berenang.

Kamu akan disuguhi pemandangan taman yang indah sepanjang perjalanan menuju air terjun. Kalau ingin lebih lama menikmati udara segarnya, ada pula bumi perkemahan yang juga digemari pengunjung. Pasti kamu akan bangun dengan tubuh yang lebih segar di sini!

Sumber Gempong


Sumber Gempong menyajikan panorama yang indah bak lukisan. Kamu akan teringat dengan gambaran pedesaan begitu tiba di kawasan wisata yang asri ini. Apalagi ditambah dengan fasilitas yang disediakan pengelola, kamu dapat menikmati Sumber Gempong dengan lebih nyaman.

Mata air yang terkenal di Sumber Gempong membentuk sebuah kolam dengan latar belakang Gunung Penanggungan. Kamu dapat berendam untuk menghilangkan penat di sini. Selain berbagai wahana seperti sepeda air dan ATV, kamu juga dapat menyewa tenda agar liburanmu di Sumber Gempong makin maksimal.

Candi Jolotundo


Candi Jolotundo adalah situs peninggalan Kerajaan Majapahit yang wajib kamu kunjungi di Trawas. Tidak hanya bersejarah, tetapi Candi Jolotundo juga menghadirkan lanskap yang apik. Sumber mata air yang tidak pernah berhenti menjadi asal mula dari Petirtaan Jolotundo yang kondang ini.

Konon air yang mengalir mengandung kadar mineral tinggi dan dipercaya bisa membuatmu awet muda. Ingin membuktikan sendiri? Datang saja dan nikmati juga pahatan-pahatan indah yang ada di setiap sudutnya!

Coban Talun


Kenapa beramai-ramai? Karena Coban Talun ini merupakan tempat wisata yang juga populer dan digemari pelancong. Coban Talun di Trawas disebut juga Coban Watu Gilang dan berketinggian sekitar 25 meter. Bebatuan besar yang ada di air terjun ini semakin menambah keindahannya dan jadi lokasi favorit untuk berfoto. Tidak ketinggalan pemandangan ke arah Gunung Penanggungan yang terbuka membuat wisatamu ke Coban Talun terasa makin berkesan.

Terasering Selotapak


Gambaran hamparan sawah dengan kemegahan gunung di latarnya dapat membuatmu bernostalgia. Ingin melihat keindahan aslinya? Kunjungi Terasering Selotapak yang menjadikan kecantikan warna-warni sawah sebagai daya tariknya.

Walau tampak sederhana, namun lanskap seperti ini adalah hal yang mewah terutama bagi kamu yang biasa tinggal di perkotaan. Terasering Selotapak juga sudah dilengkapi kedai yaitu Cafe Gartenhutte. Selain bisa mengisi perut, di kedai ini juga ada anjungan untuk mengabadikan diri yang bakal membuat feed media sosialmu makin berbeda!

Gunung Penanggungan


Gunung Penanggungan dapat didaki melalui beberapa jalur, salah satunya melewati Jolotundo. Asyiknya, melewati jalur ini kamu akan menjumpai banyak situs bersejarah seperti Candi Bayi, Candi Sinta, Candi Gentong dan lain-lain. Karena itu, jalur ini juga dikenal sebagai jalur peziarah. Jalur pendakiannya tidak sulit dan sudah cukup nyaman, jadi kamu tidak perlu khawatir. Siapkan saja staminamu dan kenakan atribut yang sesuai agar tidak gagal muncak. Puncak Garuda dengan pemandangan indahnya sudah menunggumu di sini!

Reco Lanang


Reco yang berarti arca dan lanang yang berarti laki-laki sudah menggambarkan apa yang akan kamu temukan di sini. Arca dengan tinggi sekitar 5,7 meter ini merupakan salah satu penggambaran dari Buddha dan menjadi peninggalan Kerajaan Majapahit yang dilestarikan. Sepanjang perjalanan menuju Reco Lanang, kamu akan melewati pepohonan yang rindang dan beragam arca lainnya. Reco Lanang juga masih menjadi tujuan ziarah bagi umat Buddha di Trawas sehingga kamu dapat menemukan warga yang berkunjung untuk bersembahyang.

Fasilitas

Wisata Reco Lanang Mojokerto bisa dibilang sebuah wisata alam yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :
  • Area Parkir
  • Tempat Istirahat
  • Mck
  • Dll
PPLH Seloliman


Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup alias PPLH Seloliman adalah salah satu organisasi yang mengelola ekowisata di Desa Seloliman. Bila kamu ingin mencicipi berbagai aktivitas yang akan membuatmu makin menyatu dengan alam, maka PPLH Seloliman wajib kamu kunjungi.

Di sini kamu bisa merasakan memanen buah dan tanaman herbal yang berkhasiat. Kamu juga dapat mengisi perut di restoran dengan menu-menu Indonesia yang nikmat. Pemandangan di sekitarnya yang aduhai akan menggodamu untuk menginap di ecolodge yang ada agar bisa menghabiskan waktu lebih lama.

Poetoek Soeko


Poetoek Soeko menyajikan keindahan warna-warni bak pelangi yang tidak boleh dilewatkan. Beragam bunga yang ada di sini disusun sedemikian rupa. Ditambah dengan pemandangan pegunungan, lengkap sudah sensasi yang akan membuat matamu terpesona.

Memang tidak salah untuk mengagumi dan mengabadikan diri di tiap sudut tempat ini. Namun jangan lupa juga untuk sejenak beristirahat dan memesan segelas kopi untuk menemanimu mengagumi keindahan alam. Selain itu ada pula wahana ATV dan berkuda yang dapat kamu coba. Seru!

Duyung Trawas Hill


Duyung Trawas Hill menyediakan hiburan serba ada yang bisa kamu temukan dalam satu tempat. Anjungan yang menghadap ke perbukitan ini akan menjadi salah satu fasilitas yang pasti sulit kamu tolak! Apa lagi yang bisa kamu lakukan selain selfie di sini?

Ada waterpark yang mengasyikkan untuk bermain air hingga berbagai wahana outbound. Kamu dapat menjajal mulai dari flying fox sampai arung jeram. Selain itu wisata alam di sekitarnya pun seru untuk dijelajahi. Kamu dapat mengunjungi air terjun dengan kolam yang dangkal dan cocok untuk berenang. Lengkap kan?

Taman Kelinci


Taman Kelinci menjadi salah satu tempat yang menyenangkan apalagi bila kamu berwisata bersama anak-anak. Si kecil dapat berinteraksi dengan hewan menggemaskan berbulu lembut ini. Kamu pun pasti tidak akan tahan untuk sekedar mengelus atau memberi makan kelinci-kelinci yang ada!

Tidak hanya kelinci, ada pula kolam ikan yang membuat suasana terasa makin adem. Taman yang tertata rapi dan tempat makan yang ada bakal membuatmu betah duduk santai di sini. Udara sejuk akan menjadikan hidangan yang kamu nikmati terasa makin enak lho!

Taman Ghanjaran


Taman Ghanjaran menyediakan fasilitas wisata taman dan wahana yang dapat kamu coba. Kamu dapat mengenang masa kecil dengan menjajal permainan bianglala, pontang panting atau sky bike yang unik.

Tetapi kalau kamu hanya ingin berkeliling mencari udara segar, maka duduk-duduk di taman adalah pilihan yang pas. Terdapat fasilitas di beberapa titik untuk beristirahat dan berfoto yang sudah disediakan oleh pengelola. Jangan sampai lupa berdiri kalau kamu sudah duduk di sini ya!

Fresh Green


Warna hijau memang ampuh untuk menyegarkan mata, jadi tidak salah jika tempat ini diberi nama Fresh Green. Lokasinya masih dikelilingi pepohonan rindang dan daya tarik dari tempat ini adalah buah durian. Warga sekitar juga menjuluki tempat ini sebagai Wisata Mendem Duren.

Di tempat seluas sekitar 5000 hektar ini kamu bisa mencoba panen durian dan menikmati minuman Mendem Duren. Ditambah dengan berbagai topping, minuman durian ini akan menggodamu dengan tampilan yang menggiurkan. Untuk menu-menu lainnya, kamu bisa mengunjungi area kuliner durian yang ada. Yummy!

Kampung Organik Brenjonk


Wisata bunga identik dengan Hokkaido. Namun di Trawas, kamu juga bisa menemukan taman bunga penuh warna tak kalah keren, yaitu di Kampung Organik Brenjonk.

Tidak hanya menawarkan suasana yang sejuk dan nuansa yang asyik, tempat wisata di Trawas ini juga mengesankan karena keberadaan taman bunga Refugia dengan latar belakang Gunung Penanggungan yang megah. Berfoto di sini dijamin bakal menghasilkan gambar yang super keren.

Bukit Paralayang Trawas


Ikon baru dan pertama di Mojokerto ini patut dikunjungi. Banyak atlet paralayang yang datang ke bukit ini meskipun jalannya agak tricky.

Sesampainya di atas bukit, kamu bisa melihat pemandangan para atlet yang memainkan paralayang. Panorama pegunungannya juga tak kalah menarik untuk diabadikan ke dalam beberapa foto.

Bukit Paralayang Trawas terletak di Jl. Keramat, Trawas, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Ubaya Training Center (UTC)


Salah satu tempat wisata yang unik dan memastikan waktu liburan anda akan lebih meyenangkan. Berlokasi di Desa Tamiajeng kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, menjadikan kemudahan akses anda menuju lokasi ini. Lokasi yang berada di kaki gunung penanggungan ini menjadikan kita betah berlama-lama untuk menikmati liburan.

Ubaya Training Center yang lebih di kenal dengan UTC Trawas.  merupakan tempat penginapan paling cocok untuk anda yang akan melakukan kegiatan program pelatihan. Tersedianya banyaknya kamar, aula dari berbagai ukuran, kolam renang, Area Outbound, Kantin yang cukup terjangkau harganya.

UTC juga menyediakan fasilitas ruang/hall, diantaranya Multifunction Hall, Hall A dan Hall B. Hall berkapasitas hingga 400 kursi, sedangkan Hall A dan Hall B masing-masing dapat menampung hingga 75 orang. Untuk acara meeting kecil bisa menggunakan Welirang room dan Arjuna room yang berkapasitas 75 orang.

Banyak aktifitas yang dapat Anda lakukan di lokasi UTC, mulai dari pertemuan bisnis, rekreasi keluarga, acara seminar dan retreat, pelatihan, camping, outbound dan permainan luar ruang seperti Flying Fox dan Kids High Rope Course, outdoor games, berkebun, ataupun proses pembelajaran tentang alam. Fasilitas yang memadai dan suasana alam hijau pegunungan yang sehat dan nyaman.

Blessing Hills Family & Resort


Blessing Hills merupakan tempat yang tak kalah menarik juga dengan tempat penginapan keluarga lainnya. Tempat yang terkenal dengan “Kolam LOVE” menjadikan daya tarik dari pengunjung luar Mojokerto untuk berdatangan. Lokasi yang beralamatkan di Jalan Grand Boulevard No.8 Dsn Slepi, RT.2/RW.1, Ketapanrame, Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.

Blessing Hills merupakan hotel & family resort yang terletak berdekatan dengan gunung Penanggungan dan gunung Welirang. Lokasi yang indah dan bangunan yang elegan menyediakan fasilitas mulai dari penginapan model Deluxe sampai dormitory dengan kapasitas besar. Selain penginapan, lokasi ini juga mempunyai fasilitas gedung pertemuan baik untuk kapasitas kecil maupun besar.

Hotel Grand Whiz Trawas


Salah satu destinasi wisata Mojokerto yang layak untuk liburan anda dan cocok untuk kegiatan program Outbound adalah Grand Whiz Trawas.  Lokasi ini adalah salah satu penginapan Hotel yang memiliki keunikan tersendiri, yaitu kamar dalam bentuk Kapsul. Anda belum merasakan kan bagaimana tidur didalam kamar kapsul? Yuuk, segera kunjungi lokasi ini.

Lokasi yang terletak di Jalan Raya Trawas Desa Ketapanrame kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Jika anda dari surabaya maka ± 60 menit ditempuh perjalanan untuk menuju lokasi ini. Selain penginapan hotel, juga di sediakan fasilitasnya yang tak kalah menarik. Kolam renang yang luas dan dengan View Background gunung Penanggungan menjadikan momen terkesan di area wisata daerah pegunungan. Selain itu juga disediakan resto & cafe buat anda yang ingin bersantai untuk menikmati sejuknya daerah Trawas ini.

Tersedianya area Play ground untuk anak-anak, menjadikan lokasi ini disaat musim liburan atau weekand banyak pengunjung yang berdatangan. Selain itu juga tersedia fasilitas ATV, Flaying fox, Berkuda, dan lapangan tenis. untuk anda yang punya hobi kuliner pun disini juga tersedia warung Pujasera dengan berbagai menu makanan khas Jawa.

Grand Whiz Trawas memiliki lebih dari 1 ruang pertemuan untuk anda, jadi buat anda yang berminat untuk kegiatan Raker, Outing, atau  Workshop setidaknya tempat ini juga cocok untuk anda. Selain itu Grand Whiz Trawas tersedia fasilitas kamar jenis superior room, deluxe room, dan jenis capsule room. Banyak di antaranya pengunjung yang sangat penasaran dengan kamar jenis Capsule ini.

Puncak Ayana Hotel & Resort


Puncak Ayana Hotel adalah tempat penginapan baru di daerah trawas. Terletak di Jalan Udayana Desa Trawas Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Lokasi ini memiliki panorama yang begitu indah karena saat anda berkunjung maka anda akan di suguhkan dengan hamparan sawah yang hijau. Tentu anda akan sangat betah disini, karena dilengkapi berbagai fasilitas kolam renang, penginapan, aula yang berkapasitas 500 orang, area parkir yang luas.

Tempat yang strategis ini selain menyediakan penginapan hotel, juga disediakan penginapan rumah kayu yang berkapasitas untuk 4 orang. Harganya pun juga sangat terjangkau, terbukti banyak dari kalangan Siswa / sekolahan yang sering mengadakan acara kegiatan disini. Selain itu juga banyak Instansi Pemerintahan dan Perusahaan mengadakan acara outing, outbound, meeting, seminar bahkan sampai Program Pelatihan.

Fasilitas di puncak ayana hotel ini juga sangat lengkap, mulai penginapan dari berbagai level dari penginapan VIP sampai penginapan Dormitori. Gedung pertemuannya juga sangat luas, ruang makan yang mempunyai view menghadap ke Gunung Penanggungan dan Area lapangan outbound juga luas.

Waroeng Desa (WarDes)


WARDES adalah sebuah Restoran yang memiliki Fasilitas seperti hotel. Diantaranya, memiliki Penginapan dalam bentuk kamaran maupun jenis Barak, Kolam renang anak-anak & dewasa, Aula yang cukup luas, Gasebo-gasebo, berkuda, Flaying fox, Atv dan lain-lain.

Dari kalangan Instansi sekolahan, Pemerintahan dan Perusahaan sering kali menggunakan WARDES sebagai lokasi outbound ataupun Family Gathering. View yang cukup bagus untuk anda yang ingin berfoto di tempat ini, karena saat anda mengarah ke sebelah timur maka pemandangan gunung Penanggungan pun terlihat cukup indah.

Banyak dari pengunjung untuk berdatangan kes lokasi ini selain menikmati menu makanan di Restoran juga mengabadikan momen terindah dan view yang terbaik. Untuk anda yang hanya ingin menikmati liburan bersama keluarga pun bisa untuk bermalam di lokasi ini.

Dari beberapa lokasi outbound yang memiliki keindahan panoramanya adalah di waroeng desa ini. Saat anda masuk di area kolam renang maka, akan terlihat pemandangan gunung penanggungan. Untuk anda yang ingin aktivitas ber renang saja tempat ini memberikan harga spesial. Dengan harga tiket masu kolam renang Rp. 25.000/orang.

Royal Caravan


Anda pasti tidak asing lagi mendengar nama ROYAL CAMP / ROYAL CARAVAN. Salah satu tempat yang memang menyediakan untuk anda berkegiatan Outbound atau kegiatan Pengembangan sumber Daya Manusia. Lokasi yang terletak di Jalan Raya Trawas Desa Sukosari Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto.

Royal camp ini mempunyai jenis penginapan yang didesain Countainer memberikan keunikan tersendiri. Dilengkapi dengan 4 aula yang cukup luas, area parkiran yang luas, Area Outbound, dan Kolam Renang anak&dewasa.

Villa Puncak Trawas


Villa Puncak Trawas merupakan salah satu lokasi komplek villa yang berada di Trawas. Loksai ini menjadi salah satu destinasi wisata di mojokerto. Mojokerto sendiri memanglah memiliki segudang tempat wisata yang begitu indah. Di pastikan bahwa saat musim liburan sudah tiba, maka disinalah lokasi yang tepat untuk menghabiskan waktu libur dengan keluarga.

Selain itu lokasi trawas juga menjanjikan panorama keindahan gunung penanggungan dan gunung welirangnya. Berjarak tempuh dengan durasi waktu sekitar 2 jam dari surabaya ini, trawas menjadi pusat wisata yang cukup diandalkan. Tidak mengherankan jika berbagai upaya dilakukan untuk mendukung perkembangan pariwisata di wilayah ini.

Keindahan Puncak Trawas ini akan membuat para pengunjung kagum. Kawasan yang cukup padat dengan bangunan Rumah-rumah mewah yang memang mayoritas disewakan kepada pengunjung yang ingin bermalam di wilayah ini. Villa yang ada di Puncak Trawas dijadikan sebagai kawasan dengan isi villa-villa dengan desain yang indah. Pengunjung bisa memilih serta menyewa villa-villa yang terdapat di kompleks ini. Seperti banyaknya kompleks villa lainnya,Lokasi ini juga terdapat beberapa fasilitas khusus bagi para pengunjung. Seperti halnya kolam renang, taman bermain anak-anak, sampai sarana olahraga seperti berkuda.

Fasilitas Villa Puncak Trawas
  • Penginapan
  • Kolam Renang
  • Lapangan Tenis
  • Bilyard
  • Joging Track area
  • Berkuda
  • Gasebo
  • Caffe
Pengunjung yang datang untuk menikmati salah satu fasilitas diatas juga tidak ada masalah. Cukup dengan mengeluarkan biaya Rp. 25.000/orang anda bisa menikmati fasilitas di kolam renang. Sedangkan jika anda ingin menikmati suasana berkeliling di kompleks villa dengan berkuda maka anda cukup membayar dengan biaya Rp. 50.000,- /orang.

GBR (Gunung Bale Resort)


Sesuai dengan namanya Gunung Balai Resort atau lebih dikenal dengan GBR merupakan sebuah tempat istirahat yang cocok untuk anda yang kesehariannya di daerah perkotaan. Tempat yang terletak di kaki gunung Penanggungan ini menjadikan anda bisa lebih relax saat butuh waktu bersantai.

GBR mempunyai luas sekitar ± 2 hektar yang terbagi dari beberapa fitur diantaranya area parkir yang luas, area resto, Kolam renang anak & kolam renang dewasa, Aula, Peninapan jenis barak, Penginapan jenis kamar single bad dan  Area Outbound. Lokasi yang beralamatkan di di daerah Desa Tamiajeng Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto. Akses menuju lokasi ini sangat mudah, lebih tepatnya di sebelah pintu masuk pendakian gunung penanggungan. Banyak juga pengunjung yang setelah turun pendakian untuk beristirahat, sekedar melepas rasa haus dan lapar saja.

Untuk anda yang tidak bermalam/menginap pun juga bisa menikmati  fasilitas kolam renang. Cukup hanya dengan membayar Rp. 15.000 untuk anak-anak dan Rp.20.000 untuk dewasa. Selain itu juga untuk harga makanan di resto pun juga sangat bersahabat dan familiar. Jenis masakannya pun juga ala desa, dan menjadikan nuansa pedesaan yang didukung kesejukan udaranya.

Beberapa fasilitas yang ada di Gunung Bale Resort Trawas adalah :
  • Halaman parkir luas
  • Penginapan/Hotel
  • Penginapan Barak kapasitas 100 – 150 orang
  • Gedung pertemuan kapasitas 100 – 150 orang
  • Lesehan/resto
  • Kolam renang
  • Play ground anak
  • Lapangan outbound
  • Flying fox

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain