Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Destinasi Wisata Pulau Kangean di Madura

  • Alamat:
    Kabupaten Sumenep, Madura, Provinsi Jawa Timur
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Rp. 30.000,00
Ketika kamu berada di madura, kamu tidak boleh melewatkan keindahan alam yang memanjakan mata di Pulau Kangean.

Madura memiliki beragam pesona wisata. Jika kamu tengah berada di daerah ini jangan lewatkan untuk berkunjung ke Pulau Kangean. Pasalnya, pulau yang satu kawasan dengan Madura ini menyimpan keindahan. Dahulu masyarakat di pulau ini merupakan perpaduan orang Jawa, Bali, Kalimantan dan Sulawesi.


Sekilas mengenai Destinasi Wisata Pulau Kangean

Pulau ini merupakan gugusan dari pulau yang berjumlah setidaknya 60 pulau kecil. Kangean satu diantara pulau terbesar selain Pulau Sepanjang dan Pulau Paliat. Luasnya hampir mencapai 500 km dan menyimpan sederet spot wisata menarik.

Mulai dari Pemandian Celgung, Jembatan Ajaib, Pemandian Oblek, Goa Kuning hingga Pulau Mamburit yang keren dijadikan tempat diving. Daerah ini juga memiliki beberapa makanan khas. Seperti kue lanon, gurubik, kamboya, pes-pes, keripik tekai dan masih banyak lainnya.


Rute Perjalanan dan Akses Menuju Pulau Kangean

Dari Kabupaten Sumenep, Pulau Kangean berjarak sekitar 100 km. Transportasi yang tersedia  saat ini adalah kapal laut yang salah satunya dikelola oleh Pemkab Sumenep dan PT Dharma Lautan Indonesia. Pada saat cuaca cerah, kamu bisa menuju pulau dengan menempuh waktu sekitar 9 sampai 10 jam dari Pelabuhan Kalianget.

Selain menggunakan kapal, pengunjung juga bisa menyewa kapal Express dari beberapa perusahaan swasta yang hanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Adanya transportasi ini, membuat masyarakat desa dapat menjalankan berbagai macam kegiatan baik personal maupun muat dagang.


Harga Tiket Kapal Menuju Pulau Kangean

Pulau yang berjuluk “Pulau Ayam Cukir “ ini memang patut dikunjungi. Keindahan bawah laut yang memukau masih menjadi primadona dari wisata ini. Gugusan pulau kecil disekitarnya juga menambah eksotik.

Adapun tiket kapal menuju pulau ini berbeda sesuai kelas. Untuk kelas VIP dibanderol sekitar Rp. 200.000,00. Sedangkan untuk Eksekutif sekitar Rp.180.000. Namun jika berniat menggunakan kelas biasa cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 85.000,00 saja.

Harga Tiket Masuk Pulau Kangean

Secara umum harga tiket setiap wisata berbeda antara hari biasa atau saat libur. Untuk harga tiket masuk pulau sekitar Rp. 30.000,00. Harga tersebut bisa saja berubah sesuai kebijakan pengelola wisata.

Jam Buka Operasional Pulau Kangean

Setiap tempat wisata memiliki jam buka dan tutup masing-masing. Begitupun dengan Pulau Kangean ini. Destinasi ini buka selama 24 jam. Jadi kapanpun kamu ingin berlibur, pulau di Madura ini siap menemani.

Penginapan Destinasi Wisata Pulau Kangean

Walaupun memiliki wisata yang menakjubkan, namun sektor wisata di pulau ini belum begitu berkembang. Oleh karenanya mencari akomodasi di tempat ini tergolong sulit. Penginapan pun sangat terbatas. Jadi disarankan sebaiknya membawa peralatan camping sendiri dari rumah jika ingin bermalam disini.

Nuansa Keindahan Pulau Kangean


Pulau Kangean menyimpan banyak spot menarik yang wajib dicoba. Nuansa alam yang masih asri serta area yang begitu bersih sangat cocok untuk melepaskan penat di tengah rutinitas padat. Apa saja? Berikut selengkapnya:

1. Pantai Batu Gulok

Pantai Batu Gulok adalah pantai yang terletak di Desa Bilis-bilis, Arjasa. Pantai ini juga tidak jauh dari kawasan Pelabuhan Batu Gulok. Yakni Pelabuhan utama menuju Madura. Pasir putih ditambah adanya bukit menambah keindahan pantai ini. Terlebih air lautnya yang terlihat jernih.

2. Goa Kuning

Satu spot menarik lain dari Pulau Kangean adalah Goa Kuning. Goa ini merupakan Goa buatan pada masa penjajahan Belanda. Dahulu konon, goa ini merupakan tempat persembunyian warga. Di bagian dalam goa tersimpan banyak perabotan yang dulunya dipakai dan terbuat dari bahan batu.

Goa ini berada di Desa Kalikatak, Dusun Nyamplong Undung, Arjasa. Bebatuan yang berwarna dominan kuning inilah yang membuat goa ini disebut goa kuning. Hingga kini masyarakat menyebutkan dengan nama Goa Kuning.

3. Pemandian Celgung

Pemandian ini terletak di Desa Pabian. Destinasi satu ini terkenal sebagai objek wisata andalan masyarakat Kangean. Satu yang menjadi unggulan pemandian ini adalah mata air yang masih alami bawah tanah. Uniknya, pengunjung dapat menyaksikan fenomena ketika air laut tengah pasang. Mata air dan air laut yang tidak dapat menyatu disebut-sebut menyerupai fenomena di kawasan Timur Tengah.

4. Pulau Saebus

Masih bicara mengenai destinasi wisata Pulau Kangean. Kali ini ada tempat indah yang bernama Pulau Saebus. Keindahan pulau ini pasti membuat siapapun terpukau. Pasalnya, hamparan pasir putih serta air yang berwarna biru jernih begitu memanjakan mata. Kamu juga bisa menyelam untuk melihat keindahan bawah lautnya. Beberapa fasilitas pendukung juga disediakan.

Fakta Unik Pulau Ayam Cukir

Tidak menutup kemungkinan jika pulau yang memiliki sebutan Ayam Cukir ini menyimpan berbagai fakta menarik. Berikut fakta unik yang patut ketahui:

1. Perbedaan Bahasa dengan Dataran Madura Asli

Jika secara umum wilayah Madura seperti Pamekasan, Sumenep, Ra’as dan lainnya menggunakan bahasa sama. Namun tidak dengan masyarakat pulau Kangean ini. Warga disini menggunakan bahasa sendiri yang cukup berbeda dengan pulau lain.

2. Perbedaan Soal Tradisi

Selain bahasa, masyarakat Kangean juga memiliki tradisi yang sedikit beda dengan orang Madura. Satu yang terkenal adalah tradisi “Kokocoran”. Tradisi ini adalah kesenian yang umumnya tampil jika ada acara besar seperti hari kemerdekaan atau hajatan.

3. Letak Wilayah Yang Hampir masuk Indonesia Tengah

Dilansir dari beberapa situs seperti Wikipedia.id. Kangean terletak antara 120 km di sebelah utara Bali. Sekitar 120 km sebelah timur Madura. Adapun administratif daerah ini masuk Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Meski berada lebih dekat dengan wilayah Indonesia Tengah, namun daerah ini masih menggunakan waktu Indonesia Barat(WIB).

Mengenali keragaman budaya negeri sendiri lebih baik daripada menggaungkan keindahan Negara tetangga. Keindahan Pulau Kangean nyatanya mampu bersaing dengan daerah lain yang terkenal menakjubkan. Hanya saja perlu dukungan dari pemerintah setempat agar wisata semakin dikenal.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain