Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Hutan Pinus Mangunan - Tiket Masuk, Aktivitas dan Lokasi

  • Alamat:
    Jl raya Jl. Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
  • Jam Buka:
    06:00 - 18:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
Jogja dengan berjuta pesonanya kini hadir dengan menyajikan sebuah kawasan hutan pinus. Hutan Pinus Mangunan yang merupakan hutan lindung ini juga menjadi kawasan ekowisata. Lokasi ini cocok sekali untuk menghilangkan penat dan jauh dari kebisingan kota.

Jejeran pohon pinus menjulang tinggi dengan fasilitas yang menyatu dengan alam. Pengunjung seolah terbawa dalam suasana film twilight di Hollywood. Hal inilah yang menyebabkan Hutan Pinus Mangunan digandrungi para remaja. Selain lokasinya yang Instagramable, kesan romantis juga didapat.


Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Pengunjung yang datang akan perlu membayar harga tiket masuk yang cukup murah. Harga tiket masuk hanya Rp 5.000. Tidak heran jika kawasan ini tak pernah sepi pengunjung sejak terbuka untuk umum tahun 2014 silam.
  • Tiket Masuk Rp 5.000,00
Jam Buka Hutan Pinus Mangunan

Kawasan hutan wisata buka setiap hari. Dengan jam buka mulai pukul 06.00 pagi hingga malam hari.
  • Setiap Hari 06.00 – 19.00 WIB
Aktivitas Menarik di Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Hutan Pinus Mangunan merupakan kawasan resort pengelolaan hutan yang berada di Mangunan. Lokasinya dekat dengan situs makam imogiri, yang juga terkenal dengan sebutan hutan pinus Imogiri. Walaupun secara administratif kawasan ini tidak termasuk dalam wilayah Imogiri.

Kawasan hutan pinus seluas 500 Ha ini dikelola oleh masyarakat sekitar. Pengunjung akan disambut dengan hamparan pohon pinus dan udara yang sejuk. Kawasan ini terbilang masih steril dari sampah.


Lingkungan yang asri dan bersih sangat cocok untuk wisata bersama keluarga. Jika berkunjung ke kawasan ini jangan lupa membawa mantel atau payung. Lokasi wisata yang berada di ruang terbuka mengharuskan pengunjung untuk bersiaga pada saat hujan turun.

1. Lokasi Instagramable incaran wisatawan


Belum lengkap rasanya jika belum berfoto dengan latar hamparan hutan pinus. Terutama bagi yang suka mengunggah foto di Instagram. Kawasan ini menjadi incaran kalangan muda untuk berburu foto dengan spot terbaik.

Terdapat beberapa spot foto yang tersedia seperti rumah pohon dan panggung alam sederhana. Panggung alam ini terletak di tengah hutan pinus, konstruksinya terbuat dari kayu.

Bisa juga berfungsi untuk acara sekolah alam. Dilengkapi dengan gardu pandang yang tinggi. Di sini pengunjung diharuskan naik untuk berswafoto dengan maksimal 2 orang yang boleh naik.

2. Menikmati pemandangan di atas Hammock


Lelah menyusuri hutan pinus, pengunjung bisa menikmati keindahan alam dari atas hammock. Di sini tersedia persewaan hammock dengan tarif yang relatif murah. Hanya merogoh kocek sebesar Rp 10.000 pengunjung bisa bersantai sambil tiduran menikmati teduhnya pepohonan.

Aktivitas ini merupakan salah satu favorit pengunjung, karena sedang tren di kalangan traveler. Hammock yang berwarna-warni terkesan kontras dengan latar Hutan Pinus.

3. Taman Bunga


Di sisi selatan kawasan hutan pinus tersaji pemandangan yang tak kalah bagusnya. Cukup menyusuri jalan setapak, pengunjung akan dapat menyaksikan hamparan bunga berwarna-warni. Pemandangan alam terbuka mengarah pada hamparan perbukitan di selatan Yogyakarta.

Namun di lokasi ini pemandangan hutan pinus tidak begitu tampak. Berfoto di area taman bunga menampakkan sisi feminim. Tidak heran jika lebih banyak perempuan yang berfoto.

4. Berkemah di tengah hutan pinus


Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam di tengah hutan pinus, tak usah khawatir. Karena pengelola kawasan ini menyediakan lokasi khusus berkemah dengan tenda. Selain itu tersedia pula penyewaan jeep wisata untuk merasakan sensasi offroad di sekitar lokasi.

Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan Dlingo


Demi kenyamanan pengunjung, pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas pendukung. Mulai dari area parkir, warung makan, toilet, ruang ganti hingga musala. Ke depannya kawasan Hutan Pinus akan semakin menambah pelayanan bagi wisatawan. Sehingga bisa menarik minat pengunjung dari segala usia.

Lokasi Hutan Pinus

Menuju lokasi kawasan wisata hutan pinus ini akan memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Letaknya di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Kurang lebih 24 Km dari pusat kota Yogyakarta.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain