Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

  • Alamat:
    Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1 Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772
  • Jam Buka:
    07:00 - 18:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00

Yogyakarta atau Jogja selalu memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri. Baik itu dari masyarakatnya, dari budayanya hingga destinasi wisatanya. Salah satu keunikan destinasi wisata di Jogja yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia bahkan di Dunia adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Apa itu Gumuk Pasir Parangkusumo? Gumuk Pasir Parangkusumo adalah suatu gundukan pasir yang biasanya terletak di dekat pantai yang terbentuk secara alami dengan jangka waktu yang lama. Yang membuat istimewa adalah Gumuk Pasir Parangkusumo ini hanya terdapat 2 di Dunia yaitu di Mexico dan satu lagi ada di kawasan Pantai Parangkusumo Bantul Yogyakarta. Gumuk Pasir Parangkusumo ini merupakan fenomena alam yang sangat langka dan menakjubkan yang saat ini menjadi destinasi wisata favorit di Jogja. Bagaimana tidak, jika anda berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo ini anda akan berasa seperti di padang pasir atau seperti sedang berada di gurun pasir yang sangat luas yang umumnya berada di belahan bumi timur tengah.

Konon keberadaan Gumuk Pasir Parangkusumo ini berkaitan langsung dengan keberadaan Gunung Merapi yang berada di sebelah utara kota Yogyakarta. Bagaimana bisa demikian? Padahal Gumuk Pasir Parangkusumo ini berada di pesisir daerah selatan kota Yogyakarta namun mengapa dipengaruhi oleh Gunung Merapi yang berada di sebelah utara? Ternyata hal tersebut konon diakibatkan karena jaman dahulu Gunung Merapi pernah meletus dengan kekuatan super dahsyat sehingga muatan vulkanik berupa pasir maupun debu bertebaran dan tersebar diseluruh pelosok Yogyakarta. Lambat laun karena Gunung Merapi berada di sebelah utara yang keadaant tanahnya lebih tinggi muatan vulkanik tersebut terbawa oleh hujan dan aliran sungai hingga bermuara di Pantai Selatan. Setelah sesampainya di Pantai Selatan muatan vulkanik tersebut beradu dengan ganasnya ombak Pantai Selatan yang terkenal ganas sehingga muatan vulkanik tersebut menjadi partikel-partikel kecil dan akhirnya terbawa angin menuju daerah dimana sekarang Gumuk Pasir Parangkusumo berada. Tentu saja fenomena alam tersebut berlangsung sangat lama bahkan hingga sekarang.


Gumuk Pasir Parangkusumo yang dulunya hanya dipandang sebagai tumpukan atau gundukan pasir yang tidak berguna kini telah menjelma menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jogja. Di Gumuk Pasir Parangkusumo ini anda dapat melakukan berbagai aktivitas sesuai keinginan. Salah satu aktivitas kekinian yang mulai banyak diburu wisatawa adalah bermain sand boarding atau meluncur di gundukan pasir menggunakan papan. Permainan atau olahraga ini mirip seperti snow boarding namun dengan media pasir. Selain itu jika anda hobi fotografi Gumuk Pasir Parangkusumo adalah tempat yang sangat tepat untuk berburu gambar menarik terutama saat sore hari tiba untuk berburu sunset. Tidak jarang dijumpai juga pasangan yang melakukan foto pre-wedding di Gumuk Pasir Parangkusumo ini karena memiliki keunikannya tersendiri.

Selain pemandangan hamparan padang pasir yang menakjubkan, jika anda sudah merasa bosan dan ingin mengunjungi destinasi wisata lainnya anda tidak perlu khawatir karena Gumuk Pasir Parangkusumo ini berada di antara Pantai Parangtritis yang sudah sangat populer dan Pantai Parangkusumo serta Pantai Depok yang terkenal dengan olahan seafood yang menggoda. Sehingga jika anda sudah puas berkeliling di kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo ini anda dapat mengisi perut dan mencoba lezatnya olahan seafood khas Pantai Depok yang pastinya sangat fresh karena berasal dari tangkapan nelayan setempat. Atau jika anda menginginkan sesuatu yang menantang adrenalin, anda dapat mencoba untuk tandem paralayang di Bukit Paralayang Parangtritis. Akan menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan juga mendebarkan ketika anda mencoba paralayang disini karena pemandangannya adalah samudera hindia yang sangat luas dan hamparan bibir pantai selatan yang panjang.


Lokasi & Rute Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ini sangat mudah dijangkau karena berada di kawasan wisata populer Pantai Parangtritis. Memang lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ini lumayan jauh dari pusat Kota Yogyakarta namun untuk jalan atau aksesibilitas dari dan menuju Gumuk Pasir Parangkusumo sudah sangat layak dan bagus serta mudah untuk dicapai.

Alamat Gumuk Pasir Parangkusumo berada di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1 Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772.

Tiket Masuk Gumuk Pasir Parangkusumo

Harga tiket masuk Gumuk Pasir Parangkusumo adalah Rp 5.000,00 saja, sangat terjangkau bukan? Sedangkan biaya parkir untuk sepeda motor Rp 2.000,00 dan untuk mobil Rp 5.000,00.

Fasilitas Gumuk Pasir Parangkusumo

Fasilitas Gumuk Pasir Parangkusumo saat ini dapat dikatakan memiliki fasilitas seadanya bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo, diantaranya adalah:
  • Warung Makan
  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Spot Foto
Aktivitas seru di Gumuk Pasir Parangkusumo


Salah satu hal seru yang bisa kamu lakukan adalah sandboarding. Berseluncur dengan bebas menggunakan papan di atas lembutnya pasir semakin membuat liburan makin menyenangkan.

Papan tersebut disewakan seharga Rp 70.000,00 sudah lengkap dengan helm dan pelindung siku.


Selain itu, banyak spot foto kece seperti gundukan gumuk, pepohonan kaktus, dan ayunan. Ada pula taman bunga berbentuk hati yang sangat Instagrammable.

Semakin sore, suasananya semakin menyenangkan. Apalagi pemandangan sunset-nya benar-benar menawan.

Kalau bosan mengelilingi kawasan gumuk pasir, kamu bisa berjalan ke Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, atau Pantai Cemara Sewu.

Ketiga pantai tersebut berada di garis yang sama. Namun, yang paling dekat dengan gumuk adalah Pantau Parangkusumo. Deruan suara ombak bakal langsung menghilangkan semua penatmu.


Tips mengunjungi Gumuk Pasir Parangkusumo

Tips-tips liburan ke Gumuk Pasir:
  1. Memang ada beberapa warung di sini, tapi gak ada salahnya kamu membawa bekal sendiri, terutama minuman. Udaranya sangat panas, sehingga kamu harus banyak minum air putih biar gak dehidrasi.
  2. Pakailah pakaian yang nyaman. Pilih bahan pakaian yang ringan dan mudah menyerap keringat. Selain itu, bawalah topi atau payung untuk berjaga-jaga jika merasa terlalu kepanasan.
  3. Jaga kebersihan gumuk pasir. Kalau sedang memegang sampah, seperti botol minum plastik, simpan dulu. Kemudian, buang ketika sudah menemukan tempat sampah. Jangan mengotori lingkungan ya!

Nah, itulah sejumlah informasi seputar wisata Gumuk Pasir Parangkusumo di Yogyakarta yang bisa jadi panduanmu ketika berlibur ke sana.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain