Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pantai Sumur Gemuling Blitar - Tiket Masuk, Daya Tarik dan Lokasi

  • Alamat:
    Dusun Krajan, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur 66173
  • Tiket Masuk:
    Gratis
  • Jam Buka:
    24 Jam
Pantai Sumur Gemuling Blitar menjadi salah satu destinasi rekomen bagi wisatan yang suka sekali dengan lautan. Sumur Gemuling menjadi hidde wisata laut selatan yang masih sangat alami.

Pantai ini belum dikelola sebagai kawasan wisata, namun justru menjadikannya tempat yang menyenangkan untuk healing karena masih sangat sepi. "Pantai yang sangat asri dan jarang pengunjung yang datang ke pantai ini sehingga cocok untuk pemburu pantai yang bernuansa alam," ulasan akun google Budi.


Dijelaskan oleh beberapa pengunjung, bahwa Pantai Sumur Gemuling memiliki pemandangan yang menarik, warna air biru jernih dengan hiasan pasir putih sebagai pemanisnya. Di kanan kiri pantai ini adalah tebing-tebing, namun memiliki garis pantai yang cukup panjang. Di tepiannya, dipenuhi dengan bebatuan karang yang akan terlihat jelas saat air laut surut.

Kesannya memang panas, namun jangan khawatir karena pantai tersebut punya banyak sekali pepohonan yang membuat kawasan itu sejuk dan asri. Pantai Sumur Gemuling juga cocok jadi tempat camping. Saat kesini kamu bisa membawa peralatan kemah lengkap. Sebab disini belum ada fasilitas penunjang yang memadai, seperti toilet maupun tempat ibadah.

Tiket Masuk

Pantai Gemuling pun hampir sama dengan beberapa pantai di Jawa Timur, khususnya untuk pantai daerah Blitar. Karena, pantai ini juga masuk dalam kategori pantai baru dan minim pengelolaan. Maka biaya untuk tiket masuk masih ditiadakan atau gratis.

Jam Buka

Seperti kawasan pantai baru pada umumnya, kawasan pantai Gemuling yang terdapat di daerah Blitar ini belum dikelola dengan maksimal dan menetapkan jam buka selama 24 jam penuh dalam sehari tanpa henti. Hal tersebut berlaku setiap harinya dalam seminggu.

Pantai Gemuling hampir sama dengan beberapa tipe pantai disekitarnya, karena memiliki kondisi dan aturan yang tidak jauh beda dalam hal kunjungan para wisatawan. Tapi untuk masalah kelebihan dan potensi daya tariknya tentunya memiliki perbedaan dengan pantai lainnya yang berada di daerah sekitarnya.

Daya Tarik di Pantai Gemuling

Sebelum beranjak mengunjungi pantai Gemuling yang penuh pesona, ketahui lebih detail apa saja daya tarik yang bisa Anda nikmati nantinya. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Eksotik Alam

Wisata pantai mengedepankan eksotik alam yang sangat luar biasa indah, karena banyak elemen alam yang terdapat di sekitar pantai dan mendukung keindahan tempat tersebut seperti pantai yang satu ini. Meskipun tidak banyak wahana yang terdapat di pantai ini, tapi unsur alamnya masih sangat natural dan belum tersentuh tangan manusia.

Pemandangan alam di pantai ini terlihat sangat eksotik, dengan semua kecantikan yang ada pada pantai. Yang menarik lagi dari tempat ini, karena benar-benar masih sangat alami, maka diadakan kegiatan penyelamatan bumi dengan penanaman pohon di sekitar pantai.

Beberapa jenis tanamannya adalah cemarang udang, aplikatus, mangrove, tunas kelapa, trembesi, dan banyak lagi jenis tanaman yang disesuaikan dengan kawasan pantai.

2. Wisata Air

Pantai termasuk salah satu jenis wisata air yang juga sangat berhubungan dengan alam, dimana wisata air disini hanya memanfaatkan ombak pantai dan air laut. Tidak lupa dengan pasir pantai yang terlihat bersih, karena kondisi pantai ini memang terbilang bersih dan sangat alami. 

Tempat ini hanya menyajikan kecantikan pantai tanpa ada unsur buatan atau sentuhan tangan manusia, sehingga benar-benar sangat alami. Lingkungannya juga sangat mendukung pengunjung untuk melakukan wisata air.

3. Menikmati Sunset

Karena belum banyak wahana atau kegiatan tertentu yang bisa dilakukan, dan pantai ini memang sangat sepi dan bersih maka sangat cocok untuk menikmati suasana sunset di sore hari.

4. Kegiatan Memancing

Obyek wisata pantai ini ternyata terletak di seberang dermaga pelabuhan ikan, sehingga kealamiannya masih terasa. Dengan begitu, ada satu kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini yaitu memancing.

5. Suasana Tenang

Karena pantai terbilang sepi, maka suasana yang tenang sangat bisa didapatkan. Sudah jarang sekarang ini pantai yang sejuk dan menenangkan, karena sudah terisi banyak manusia biarpun masih terbilang bersih. Tapi di pantai ini, Anda bisa merasakan ketenangan yang sempurna bagi yang sedang menghindari kebisingan.

Bahkan, Anda bisa merasakan ketenangan dan menciptakan kehangatan dan waktu yang berkualitas bersama keluarga saat berwisata ke pantai ini.

6. Mencari Spot Foto Terbaik

Bukan obyek wisata namanya kalau tidak dijadikan sebagai spot foto terbaik, salah satunya untuk kegiatan berselfie.  Suasana pantai dengan ombak menari sudah menjadi spot paling menarik di kawasan pantai.

Fasilitas di Pantai Gemuling

Apa saja fasilitas umum yang tersedia dan mendukung kegiatan wisata di pantai Gemuling ini. Diantaranya adalah:

1. Toilet Umum

Toilet umum adalah yang paling penting sebagai sebuah fasilitas umum, terutama di tempat wisata seperti ini. Oleh karena itu, meskipun tidak dibangun secara langsung untuk kawasan wisata ini tapi sudah tersedia.

2. Warung Makan

Selanjutnya adalah warung kecil yang biasanya menyediakan makan atau tempat makan yang ada di sekitar pantai. Karena tempat ini jarang bahkan belum ada resto atau kafe dan sejenisnya, maka warga berinisiatif untuk menyediakan tempat makan ala kadarnya tapi bisa memuaskan wisatawan. 

3. Area Parkir

Masih ada fasilitas lahan parkir yang bertujuan untuk menampung para wisatawan yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sampai saat ini, pantai tersebut masih cukup menampung semua kendaraan para pengunjung yang datang.

4. Gazebo

Meskipun kondisi pantai sepi dan bersih, tapi di pinggiran pantai yang sudah menjorok ke jalan terdapat gazebo yang sudah ada sebelumnya. Gazebo ini memang tidak dibuat secara khusus, tapi fungsinya cukup besar bagi wisatawan. 

5. Penginapan

Kawasan wisata pantai ini tidak menyediakan langsung, tapi daerah di sekitarnya banyak ditemukan penginapan yang bisa Anda tempati.

Lokasi

Pantai Sumur Gemuling ini berlokasi di Dusun Krajan, Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar.

Lokasi Pantai Sumur Gemuling tersebut dekat dengan Pantai Tambakrejo jadi sangat mudah dijangkau.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain