Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Kesegaran Air Terjun Curug Winong di Wonosobo

  • Alamat:
    Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56364
  • Jam Buka:
    08:00 - 16:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 2.000,00
Curug Winong merupakan curug atau air terjun tersembunyi yang ada di Desa Wisata Winongsari, sebuah tempat wisata alam yang menjanjikan keindahan aliran air yang masih alami.

Kabupaten Wonosobo memiliki cukup banyak tempat wisata yang masih alami dan tersembunyi, Curug Winong misalnya meski sudah ada sejak lama namun pengelolaannya masih belum sempurna.

Inilah yang membuat Curug Winong kurang mendapat perhatian dari wisatawan umum, hanya dikunjungi oleh mereka yang menyukai wisata alam nan menantang.

Berikut ulasan dari Curug Winong Wonosobo sebagai bahan referensi awal dalam menentukan tempat wisata air terjun untuk dikunjungi akhir pekan ini.


Lokasi Curug Winong

Lokasi Curug Winong berada di Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Rute Menuju Curug Winong

Rute menuju Curug Winong jika berangkat dari sekitar Alun-Alun Wonosobo ialah dengan menuju Jl. Merdeka, lalu belok kanan ke Jl. Sabuk Alu. Belok kanan kembali untuk tiba di Jl. Kyai Muntang dan belok kiri ke Jl. Ajibarang Secang.

Akses jalan menuju Curug Winong semakin lama semakin mengecil, maka sebaiknya menggunakan motor saja. Selain itu kurangnya petunjuk jalan mengharuskanmu untuk senantiasa bertanya pada warga sekitar.

Estimasi waktu yang harus ditempuh sekitar 30 menit dengan jarak tempuh kira-kira 16 km. Paling bener jika datangnya rombongan, agar suasana semakin seru dan menyenangkan.

Jam Buka Curug Winong
  • Jam buka Curug Winong setiap hari Senin hingga Minggu
  • Beroperasi mulai pukul 08.00 – 16.00
Waktu terbaik mengunjungi Curug Winong ialah di pagi hari, karena akses jalan dan juga area Curug atau Air Terjun Winong belum dilengkapi dengan penerangan yang memadai.

Harga Tiket Masuk Curug Winong

Tiket masuk Curug Winong sangat murah meriah, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp. 2.000,- saja per orangnya.

Fasilitas Curug Winong


Fasilitas wisata yang ada di sekitar kawasan Curug atau Air Terjun Winong memang belum terlalu memadai, hanya ada area parkir sederhana, gazebo, serta warung makanan dan minuman. Namun, warungnya tidak selalu buka jadi bawalah persediaan makan atau minum.

Trekking Curug Winong

Layaknya wisata air terjun tersembunyi pada umumnya, kamu harus melakukan perjalanan di alam terbuka lebih dulu atau bahasa kerennya trekking.

Trekking diawali setelah kamu menyimpan kendaraan yang digunakan, akses jalannya masih sangat alami jalurnya pun hanya berupa jalan setapak dengan kiri kanan yang dihiasi oleh tumbuhan.

Oleh karena itu, waktu terbaik mengunjungi Curug Winong ialah di pagi hari agar sang surya dengan setia menyinari perjalananmu. Ketika melihat aliran air sungai, itu artinya perjalanan menuju Curug Winong akan segera berakhir.

Daya Tarik Curug Winong


Susah untuk menggambarkan keindahan dari sebuah air terjun tersembunyi, begitu banyak misteri dan keindahan yang saling melengkapi.

Curug Winong memiliki tinggi sekitar 50 meter atau bahkan mungkin mencapai 100 meter, melihat kondisi air terjunnya yang berundak dengan tebing batuan besar yang mengagumkan. Selain itu aliran airnya sangat deras, bahkan di musim kemarau.

Di sebelah kiri air terjun terdapat akses jalan yang akan membawamu ke undakan yang paling atas, bentuknya sangat unik dengan akar-akar yang menjuntai layaknya tirai.

Kamu harus berhati-hati ketika melewati akses jalan tersebut, karena jalurnya berupa bebatuan yang akan licin jika kondisinya sedang basah.

Curug Winong memang sangat menakjubkan, air terjun mengalir dengan tertib melewati bebatuan kemudian mengalir langsung menjadi sebuah aliran sungai dimana airnya banyak dimanfaatkan untuk mengairi area pesawahan warga.

Penutup

Alam memang akan selalu mengagumkan, apalagi jika kita menjaganya dengan baik. Jika kita menjaga alam, maka alam pun akan menjaga kita.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain