Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Segarnya Lokawisata Air dan Aneka Permainan di Tirtania Waterpark Bogor

  • Alamat:
    Jalan R.E. Sumantadiredja, Komplek Pamoyanan Hijau,, Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16136
  • Jam Buka:
    08:00 - 18:00 WIB
  • Telepon:
    0251 8211058
  • Harga Tiket:
    Rp. 20.000,00 - Rp. 40.000,00
Mencari tempat liburan keluarga di Bogor bisa mengunjungi Tirtania Waterpark. Waterpark yang tergolong sepuh ini bakal memberikan pengalaman berlibur yang menyenangkan dengan banyaknya wahana yang tersedia.


Selain wahana, kebersihan dan kesejukan kawasan juga menjadi kelebihan waterpark ini sehingga sangat nyaman sebagai tempat berkumpul keluarga.

Nah, sembari menyusun rencana perjalanan liburan ke Bogor, simak dulu ulasan lengkap tentang obyek wisata Tirtania Waterpark berikut ini.

Sekilas Tirtania Waterpark

Tirtania Waterpark sudah ada sejak tahun 2006. Meski sudah sangat tua, namun waterpark ini terus mendapatkan jatah kunjungan setiap harinya hingga saat ini.

Bertandang ke waterpark di Bogor ini, kita akan mendapati sebuah taman bermain air yang cukup luas dengan fasilitas serta wahana yang cukup lengkap.

Di dalam kawasan seluas 1,5 hektar, waterpark ini menyediakan 6 buah kolam renang yang terbagi menjadi 2 kolam renang khusus dewasa, 2 kolam renang anak, dan 2 kolam renang balita.

Kolam renang dewasa memiliki kedalaman sekitar 1 hingga 2 meter, lalu kolam khusus anak sedalam 1 meter, kemudian kolam khusus balita dibuat dengan kedalaman 0,5 meter.

Aktifitas dan Wahana di Tirtania Waterpark

1. Kebun Binatang Mini


Petualangan di Tirtania Waterpark, bermula dengan pameran binatang yang diberi tajuk kebun binatang mini. Di kebun binatang mini ini, pengunjung bisa melihat beberapa koleksi binatang yang milik Tirtania Waterpark. Koleksi binatang di Tirtania terdiri dari burung, buaya, kera ekor panjang dan lain-lain.

2. Kolam Renang dan Bermain


Pengunjung akan betah dan aman beraktivitas di tirtania dengan tersedianya kolam khusus orang dewasa dan anak. Pemisahan dua jenis kolam ini bertujuan untuk menjaga keselamatan pengunjung anak-anak. karena pengunjung anak-anak tidak memiliki kemampuan berenang yang sama.

Kolam renang untuk anak memiliki desain khusus dengan kedalaman 20 hingga 30 cm. Selain faktor keamanan, faktor kepuasan pengunjung juga sangat diperhatikan di Tirtania Waterpark. Dengan beberapa perosotan, pengunjung anak akan merasa betah bermain di kolam ini.

3. Slider dan Ember Tumpah


Di tengah-tengah kolam anak terdapat sebuah arena bermain seperti perosotan, tangga warna warni. Di atas arena bermain tersebut, ember berukuran raksasa siap menumpahkan air. Keseruan bermain di sini akan bertambah dengan wahana yang berwarna warni.

4. Perosotan Gurita


Wahana yang satu ini sangat unik dan sangat menyita perhatian pengunjung. Sebuah water slider berwarna-warni dengan kepala gurita di atasnya siap membuat pengujung meluncur cepat.

5. Terapi Ikan

Selain berenang dan bermain air, juga terdapat kolam terapi ikan. Orang tua yang sedang mengantar anaknya berenang bisa menggunakan waktunya untuk terapi. Ikan-ikan kecil akan menggigit geli kaki pengunjung untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada.

6. Permainan Anak


Tirtania Waterpark terus berinovasi untuk terus memberikan kepuasan kepada para pengunjungnya. Untuk anak-anak bermain air sudah sangat menyenangkan, tapi dengan wahana ini akan semakin betah bermain. Wahana ini berupa permainan ang terbuat dari bahan yang berisi udara.

Di wahana ini anak-anak akan bermain petualangan memanjat, berseluncur di atas wahana yang berisi udara. Dengan isi udara ini, keamanan bermain anak-anak akan lebih terjamin. Keseruan lainnya, wahana ini berada di atas air yang pastinya anak-anak akan sangat menyukainya.

7. Panggung Hiburan

Di Tirtania Waterpark sendiri terdapat satu area yang khusus menampilkan hiburan. Biasanya penampilan di sini adalah berupa konser organ tunggal dengan penyanyi yang siap menghibur. Pengunjung tidak hanya menyaksikan namun bisa ikut bernyanyi bersama biduan-biduan.

8. Warung Kuliner di Tirtania Waterpark

Sesudah puas bermain bersama keluarga atau teman di kolam renang, pengunjung bisa mengisi perut kosongnya. Di tirtania terdapat warung-warung yang menjajakan berbagai macam makananan. Warung-warung makanan tersebut ada yang berkonsep resto dan street food.

9. Aktivitas Selain Berenang

Di Tirtania Waterpark juga menyediakan satu tempat untuk pengunjung yang ingin merayakan moment tertentu. Pengunjung bisa memesan tempat tersebut dengan paket yang sudah disediakan. Moment-moment seperti pernikahan dan merayakan ulang tahun bisa pengunjung rayakan di sini.

Aktivitas lainnya yang bisa dilakukan adalah berfoto. Dengan berbagai latar menarik yang ada di Tirtania, pengunjung bisa berfoto selfie di beberapa spot. Beberapa spot foto yang bisa dijadikan latar berfoto adalah Ornament khas bali, patung-patung dan aktivitas berenangnya.

Selain itu, bagi pengunjung yang tiba-tiba lapar setelah berenang ataupun menikmati aneka wahana, di sekitar lokasi juga sudah terdapat beberapa warung yang menyediakan berbagai macam menu kuliner khas Bandung.

Kemudian ada juga wahana atau lebih tepatnya fasilitas berupa area untuk menggelar acara-acara tertentu seperti misalnya perayaan ulang tahun yang bisa disewa.

Dan yang tidak kalah pentingnya lagi, di sektiar lokasi juga terdapat spot-spot foto dengan latar pemandangan hijau ataupun property-property khas Bali.

Harga Tiket Masuk Tirtania Waterpark

Obyek wisata ini semakin menggoda untuk dikunjungi karena kita bisa menikmati banyak fasilitas dan wahana hanya dengan membayar tiket masuk yang sangat terjangkau.

Tiket masuknya dijual dengan harga Rp.20.000 hingga Rp.40.000 tergantung hari kunjungan.
  • Tiket Masuk Senin – Kamis & Sabtu Rp 25.000
  • Tiket Masuk Jumat Rp 20.000
  • Tiket Masuk Minggu & Hari Libur Rp 40.000
Selain tiket masuk, bagi kita yang membawa kendaraan pribadi juga harus membayar retribusi parkir beberapa ribu rupiah saja.

Jam Buka Tirtania Waterpark

Obyek wisata ini buka selama 10 jam setiap harinya. Jam operasional nya dimulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore.
  • Setiap Hari 08.00 – 18.00 WIB
Adapun perihal waktu berkunjung yang paling pas, untuk menghindari keramaian dan mendapatkan suasana yang sejuk kita bisa datang pada hari kerja pada pukul 3 siang sampai pukul 5 sore.

Lokasi Tirtania Waterpark

Taman wisata air ini berada di alamat Jalan R.E. Sumantadiredja, Komplek Pamoyanan Hijau, Bogor Selatan, Pamoyanan, Bogor Sel., Kota Bogor, Jawa Barat 16136. Informasi dan kontak lebih lanjut silahkan menghubungi Telp: (0251) 8210058 atau instagram.

Bagi yang datang dari luar kota, titik lokasi serta rute ke Tirtania Waterpark bisa dengan mudah di dapatkan dengan bantuan aplikasi Google Maps.

Selain itu, tidak jauh dari lokasi taman bermain air ini juga terdapat beberapa obyek wisata terkenal lainnya di Kota Bogor seperti The Jungle Waterpark Bogor, DevoyageBogor, dan The Jungle Fest Bogor.

Meski mungkin tidak sejalur, namun lokasi obyek-obyek wisata tersebut cukup dekat sehingga bisa dijadikan patokan untuk menemukan lokasi Tirtania Waterpark.

Fasilitas Umum di Tirtania Waterpark

Keberadaan fasilitas di sebuah lokasi wisata adalah hal penting untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung.

Mengenai hal ini, di lokasi Tirtania Waterpark sudah tersedia fasilitas umum antara lain :
  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Kafe
  • Kedai
  • Loker Barang
Sementara untuk keperluan menginap bagi pengunjung dari luar kota, tidak jauh dari lokasi wisata juga sudah berdiri beberapa hotel dengan fasilitas bergantung harga sewanya.

pengInapan di Tirtania Waterpark antara lain Hotel Amaris Pakuan, Hotel Permata, Hotel Rancamaya, D’Anaya Hotel, dan The 101 Bogor Suryakencana Hotel.

Harga sewa masing-masing hotel di atas berkisar antara 300 ribu hingga 1 juta rupiah per malamnya.

Kesimpulan

Tirtania Waterpark bisa dijadikan sebagai alternatif destinasi wisata saat berlibur ke bogor. Apalagi bagi yang datang bersama anggota keluarga termasuk anak-anak, maka waterpark ini sangat pas untuk dijadikan pilihan.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain