Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Wahana Telabang Sakti Sijunjung, Area Bermain dan Penginapan

  • Nama Tempat:
    Telabang Sakti
  • Alamat:
    Kunangan Parit Rantang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Dewasa Rp 5.000,00
    Anak-anak Gratis
    Lain-lain Rp 50.000
Jika Kota Bukittinggi identik dengan Jam Gadang, Kota Solok dengan Pulau Belibis, Sawahlunto denganTaman Kandih, Istano Basa Pagaruyung di Tanahdatar, Kabupaten Sijunjung juga punya objek wisata populer, yakni Taman Wisata Wahana Telabang Sakti. Seperti apa konsepnya?

Ketika berkunjung ke Kabupaten Sijunjung, sejenak singgahlah ke Taman Wisata Wahana Telabang Sakti.  Bila tidak, rugi. Kenapa?  Karena wahana Telabang Sakti adalah salah-satu taman rekreasi terbilang spesifik di Sijunjung.


Berdiri sejak puluhan tahun lalu, menyajikan hamparan taman tertata apik, menyejukkan. Plus pepohonan kelapa sawit, tumbuh berbaris. Dan di dalamanya terdapat beberapa petak kolam pemandian, berair jernih.

Bila waktu terlanjur mepet, pengunjung bisa hubungi pihak pengelola wahana, sehingga dapat langsung menginap di penginapan kompleks Telabang Sakti. Lokasi parkirnya cukup luas, aman, bebas pungli.

Wahana Telabang Sakti tak kalah mengesankan bila dikunjungi bersama keluarga tercinta. Serta membawa anak-anak. Sebab di kompleks ini juga tersedia wahana bermain anak, seperti tempat/papan seluncuran, buayan, hingga permainan outbond orang dewasa.


Disaat perut terasa lapar, dalam kompleks juga terdapat kafe/ kantin makan, kios-kios kuliner,  dengan menyajikan beraneka kuliner dan khas Sijunjung. Serta aneka jus, minuman segar, yang harganya murah meriah.

Jangan heran bila ketika berada di Telabang Sakti, pengunjung cenderung menjadi lupa waktu. Apalagi pasangan muda-mudi, dunia seakan milik mereka berdua. Tapi awas, jangan macam-macam, sebab di sini sistem pengawasannya ketat. Begitupun bersama orang-orang terdekat, rekan kerja, atau secara rombongan dengan teman organisasi/ lembaga pemerintahan, swasta.


Selain untuk menikmati waktu santai,  pengunjung juga bisa menggelar kegiatan rapat, acara pertemuan, hiburan di gedung yang tersedia di kompleks Telabang Sakti. Diiringi musik/organ tunggal untuk karaokean hingga berjoget di panggung dekat kantin.

Wahana Telabang Sakti cukup mudah diakses, berjarak hanya 9 kilometer dari Simpang Terminal Kiliranjao, Nagari Muarotakung. Titik lokasinya persis berada di pinggir jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Sijunjung – Riau, yakni Kenagarian Kamang, Kecamatan Kamangbaru, Kabupaten Sijunjung.


Pemilik Wahana Telabang Sakti, Syahbuddin Dt.Sinaro, atau akrab dipanggil Datuak Abu menuturkan, taman wisata tersebut telah menjadi kebanggaan Sijunjung. Berikut sempat bercerita panjang lebar soal keunggulan tempat rekreasi yang dikelolanya itu.

“Sejak berdiri tahun 90-an lalu, Telabang Sakti menjadi tujuan wisata, terutama dihari libur Sabtu dan Minggu. Baik pengunjung secara perorangan, keluarga, komunitas, sampai kalangan organisasi pemerintahan dan swasta. Kini di sini juga telah tersedia Lapangan Tembak dibawah binaan/pengawasan Kodim 0310 SSD,” jelas Datuak Abu.

Lokasi ini secara keseluruhan memiliki luas sekitar 250 hektare, dikelola secara pribadi.  Dt Abu tercatat sebagai seorang pengusaha sukses, serta saat ini menjabat Ketua Forum Wali Nagari (Forwana) Kabupaten Sijunjung. Ia sendiri dipercaya sebagai Wali Nagari Kunangan Paritrantang.

Diungkapkannya Wahana Telabang Sakti awalnya hanya berupa taman yang dilengkapi dengan fasilitas kolam pemandian, sumber air (sejuk dan jernih) berasal dari aliran anak sungai berhulu ke hutan ulayat. Karena tingginya animo masyarakat, secara bertahap area Telabang Sakti terus dikembangkan, dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung.

“Saya menjadi tergerak untuk membangun Wahana Rekreasi dan Hiburan Telabang Sakti semata untuk menjawab kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Selama ini masyarakat cenderung susah mencari tempat yang pas dan aman untuk rekreasi. Hingga tak jarang terpaksa harus pergi ke luar daerah untuk berekreasi.  Terutama di hari libur, hari raya, serta berbagai waktu senggang lainnya. Kini tak perlu lagi jauh-jauh lagi pergi ke negeri orang.

Terkait tarif dan biaya kunjungan, semuanya gratis, kecuali biaya belanja makanan di kantin, tentu ditanggung pengunjung. Berikut biaya sewa penginapan. Karena yang menggelar dagangan di dalam komplek Telabang Sakti adalah masyarakat sekitar.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain