Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Kesegaran Air Curug Jenggala Purwokerto - April 2023


  • Alamat:
    Jl. Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152
  • Telepon:
    0857-4222-7771
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,00
  • Jam Buka:
    07.00 - 15.30 WIB
Curug Jenggala Purwokerto adalah salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Jawa Tengah. Curug ini terletak di ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut dan berada di kaki Gunung Slamet. Meskipun terletak di daerah pegunungan, Curug Jenggala Purwokerto mudah diakses dan tidak terlalu jauh dari kota Purwokerto.

Curug Jenggala Purwokerto memiliki keindahan alam yang sangat memukau. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan airnya yang jernih mengalir dari atas tebing yang curam. Di sekitar curug, terdapat juga hutan yang masih asri dan lebat sehingga membuat suasana di sekitar curug menjadi sangat sejuk dan menyegarkan.

Selain menikmati keindahan alamnya, di Curug Jenggala Purwokerto pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seperti trekking, hiking, dan camping. Pengunjung juga dapat menikmati panorama alam dari atas bukit yang berada di sekitar curug.

Untuk mencapai Curug Jenggala Purwokerto, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum seperti angkutan kota. Jarak dari kota Purwokerto ke Curug Jenggala Purwokerto sekitar 17 km dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Tiket masuk ke Curug Jenggala Purwokerto cukup terjangkau yaitu hanya sekitar Rp10.000,- per orang.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan alam dan suasana yang tenang, Curug Jenggala Purwokerto bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, destinasi wisata ini juga sangat cocok bagi Anda yang ingin melarikan diri sejenak dari kepenatan aktivitas sehari-hari. Jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen indah Anda di Curug Jenggala Purwokerto!

Tiket Masuk

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan biaya tiket masuk Curug Jenggala. Tarif tiket masuknya sangat terjangkau dan berlaku untuk hari biasa maupun hari libur. Tiket masuk ini sudah termasuk tarif memasuki objek wisata Kalipagu, sepert Curug Panganten dan Curug Muntu.
  • Tiket Masuk Rp 10.000,00
Jam Buka

Objek wisata air terjun ini bisa dikunjungi oleh kalangan umum setiap hari. Biasanya, Curug Jenggala ramai pada musim liburan sebagai destinasi wisata keluarga.
  • Setiap hari 07.00 – 16.00 WIB
Pesona Curug Jenggala Banyumas


Curug Jenggal adalah air terjun setinggi kurang lebih 30 meter yang berada di Banyumas. Air terjun ini merupakan salah satu rangkaian air terjun yang berada di kawasan Gunung Slamet. Sebelumnya, Curug Jenggala memiliki nama Curug Tempuan, mewakili kondisinya yang menjadi pertemuan Sungai Banjaran dan Sungai Mertelu.

Tempat wisata ini semakin menarik banyak pengunjung, terutama dari kalangan anak muda, setelah ditata menjadi tempat yang cantik dan menarik untuk berswafoto. Meski membutuhkan waktu untuk dicapai, namun akses jalan menuju air terjun kini sudah sangat rapi dan tertata. Rasa lelah akan terlupakan dengan pemandangan alam Gunung Slamet yang masih hijau dan terjaga.

1. Jalur Trekking Mempesona


Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus melalui jalan setapak sekitar 800 meter. Jalan ini bisa dilalui dengan berjalan kaki atau menggunakan jasa ojek. Kendaraan pribadi akan diparkirkan di halaman rumah warga setempat.

Jalan setapak yang harus dilalui dari area parkir berupa jalan berlapis bebatuan yang rapi dengan lebar 1 meter. Jangan khawatir, karena perjalanan ini akan dimanjakan oleh pemandangan sekitar yang indah. Mulai dari jalur pipa air PLTA Ketenger, sawah dan kebun, serta Gunung Slamet yang menjulang di kejauhan. Hati-hati ketika mulai memasuki kawasan hutan, karena kondisi jalan akan semakin terjal, curam, dan licin.

2. Panorama Asri


Setelah menyusuri jalan setapak, pengunjung akan tiba di gapura Jenggala. Dari sini tinggal 150 meter lagi menuju lokasi curug. Jika sempat, kunjungi Sendang Candrakirana sebelum melanjutkan perjalanan. Sendang ini memiliki air terjun kecil dan menampung air langsung dari mata air pegunungan, sehingga jernih dan bersih.

Curug Jenggala dapat dicapai setelah 150 meter menyusuri jalan setapak berbatu. Panorama tiga air terjun dari atas tebing akan langsung menyambut wisatawan. Jika ingin melihat lebih dekat, pengunjung tinggal turun ke bawah melalui tangga batu dan jembatan.

Karena arus dan debit air yang tinggi, terdapat larangan untuk berenang atau bermain air di dekat air terjun. Namun, pengunjung tetap diperbolehkan menikmatinya dari pinggir sungai atau dari bebatuan yang tersebar di sungai. Angin akan mengembuskan butiran-butiran air dan memberikan hawa sejuk.

3. Spot Swafoto Hits


Ciri khas dari objek wisata Curug Jenggala adalah dek berbentuk hati yang langsung menghadap ke air terjun dari atas tebing. Jika berfoto di dek ini, pengunjung akan mendapatkan latar panorama Curug Jenggala secara keseluruhan. Dek ini menjadi tempat wajib untuk mengabadikan kenang-kenangan berwisata di sini.


Tempat lainnya yang juga cocok menjadi spot foto cantik adalah jembatan cinta. Jembatan tersebut berada di bawah tebing dan melintasi sungai yang dialiri air dari air terjun ini. Awalnya, jembatan  ini hanya berupa jembatan bamboo sederhana. Setelah direnovasi, jembatan besi berwarna-warni ini kini menjadi salah satu ikon Curug Jenggala lainnya yang sayang untuk dilewatkan.

4. Objek Wisata Sekitar

Setelah puas meikmati keindahan Curug Jenggala, tidak ada salahnya berkunjung ke objek wisata lain yang ada di sekitarnya. Selain Sendang Candrakirana, terdapat dek swafoto lainnya yang berbentuk dua hati saling bertumpuk. Dek ini menawarkan pemandangan langsung ke DAM PLTA Ketenger.

Tidak jauh dari DAM PLTA, terdapat curug lainnya yang tidak kalah indah, yaitu Curug Muntu. Curug lainnya yang ada di sekitar Curug Jenggala adalah Curug Panganten dan Curug Cipokol yang menawan. Ada juga Pancuran Tujuh atau Pancuran Pitu, sebuah lokasi pemandian air panas alami dengan tujuh pancurannya yang unik.

Fasilitas Curug Jenggala

Fasilitas yang tersedia di kawasan objek wisata ini yaitu area parkir, toilet, ruang ganti, mushola, dan kios-kios makanan. Tersedia beragam jenis penginapan di sekitar kawasan wisata. Bagi yang tidak kuat berjalan kaki, dapat menggunakan ojek dengan tarif tertentu.

Lokasi Curug Jenggala

Curug Jenggala adalah bagian dari kompleks dusun wisata Kalipagu. Lokasinya berada di Jalan Pangeran Limboro, Dusun III Kalipagu, Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain