Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Bukit Pethu Kulon Progo

  • Alamat:
    Tegalrejo, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653
  • Jam Buka:
    06:30 - 17:30 WIB
  • Harga Tiket:
    Gratis
Yogyakarta adalah provinsi dengan sejuta keindahan alamnya yang mempesona. Tidak heran ada banyak destinasi wisata mulai dari pantai, bukit, gunung, goa, hutan dan lainnya tersebar di seluruh sudut provinsi. Bukit Pethu merupakan tempat wisata dengan pemandangan alamnya yang indah dan udara segar khas pedesaan.


Terletak di Kulon Progo yang memang terkenal sebagai kabupaten dengan sejuta pesona wisata alamnya, konsep yang diusung oleh destinasi wisata ini adalah wisata di alam terbuka dekat dengan waduk sermo. Tidak hanya keindahan dari waduk sermo saja, namun wisata menawan ini juga dikelilingi oleh pepohonan hijau yang subur.

Dengan adanya bukit ini, maka spot untuk mengamati Waduk Sermo bertambah tidak hanya di Kalibiru saja. Banyak keluarga, organisasi, kantor dan lainnya menjadikan Bukit Pethu Jogja sebagai tempat untuk menghabiskan waktu di akhir pekan dan melepas penat. Selain keindahan pesona alamnya, tempat wisata ini juga menyajikan berbagai atraksi yang menyenangkan.

Tiket Masuk Bukit Pethu

Bukan hanya pesona alam dan spot fotonya saja yang menjadikan tempat menjadi populer. Wisata Bukit Pethu juga tergolong salah satu tempat wisata murah di Jogja yang recommended. Wisatawan hanya akan dikenakan tarif HTM Bukit Pethu Kulon Progo sebesar 0 Rp alias Gratis, hanya saja wisatawan harus melewati pintu gerbang waduk sermo dan akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp 5.000. Sehinga sangat disayangkan jika sudah berada di Jogja khususnya di Kabupaten Kulon Progo jika tidak mampir untuk berkunjung ke wisata Bukit Pethu.

Jam Buka Bukit Pethu

Mengenai Jam Operasional Bukit Pethu Kulon Progo / Jam Buka Bukit Pethu Kulon Progo ini dibuka mulai pukul 06.30 - 17.30 WIB pada setiap harinya.

Daya Tarik Bukit Pethu


Bukit Pethu menghadirkan beragam daya tarik yang menjadikan tempat ini destinasi wisata favorit masyarakat Yogyakarta. Dengan biaya masuk yang sangat terjangkau, wisatawan bisa menikmati berbagai keindahan alam luar biasa baik dari Waduk Sermo maupun panorama alami perbukitan di sekitarnya.

1. Pesona Keindahan Waduk Sermo


Daya tarik utama yang ditawarkan oleh Bukit Pethu tentu saja pesona keindahan Waduk Sermo yang mengelilingi wisata hits ini. Air Waduk Sermo yang tenang dan jernih sangat memanjakan mata serta membuat hati menjadi damai. Bahkan, pesona dari air Waduk Sermo yang biru menjadi latar utama background foto di atas gardu pandang.

Dari atas gardu pandang, wisatawan bisa melihat keindahan air waduk yang jernih dan berwarna biru dengan sangat jelas. Waktu terbaik untuk mengamati waduk dari atas gardu pandang adalah pagi dan sore hari karena akan sangat panas jika siang hari.

2. Pesona Keindahan Bukit Pethu


Bukit Pethu menawarkan daya tarik berupa pesona keindahan bukitnya yang menawan. Spot wisata ini dikelilingi oleh deretan bukit dengan pepohonan tinggi yang hijau. Ditambah lagi udara di sekitar bukit yang sangat segar khas pegunungan membuat wisata menarik ini sangat cocok dipilih untuk melepas penat dan refreshing di akhir pekan.

3. Jembatan Gantung


Daya tarik yang dimiliki oleh Bukit Pethu berikutnya adalah jembatan gantung yang berfungsi sebagai gardu pandang untuk mengamati Waduk Sermo sehingga bisa terlihat jelas. Di bagian ujung dari jembatan gantung ini terdapat miniatur balon udara yang menambah keindahan gardu pandang.

Fasilitas Wisata yang Tersedia

Untuk memastikan kenyamanan para pengunjung yang sedang berwisata di Bukit Pethu, pihak penyelenggara sudah menyiapkan beberapa fasilitas pendukung. Fasilitas umum yang tersedia di dalam areal wisata adalah tempat parkir kendaraan, toilet umum, mushola, kamar mandi, dan gazebo untuk duduk santai.

Wisatawan bisa menikmati bekal dari rumah dengan duduk di gazebo yang ada di sekitar area wisata. Jika malas repot-repot menyiapkan bekal, wisatawan bisa langsung memesan aneka makanan dan minuman di kedai makanan yang ada di sekitar wisata.

Bukit Pethu adalah destinasi wisata alam yang berada dekat Waduk Sermo sehingga digunakan sebagai tempat untuk mengamati pemandangan waduk dari jarak dekat. Tidak hanya dikelilingi oleh keindahan alam pepohonan dan bukit saja, namun tempat ini juga memiliki beragam atraksi menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Rute Menuju Lokasi Bukit Pethu

Sementara Rute Bukit Pethu Kulon Progo bisa dimulai dari pusat kota Jogja. Pertama ambil arah jalan menuju ke arah Ringroad Barat kemudian melewati Jalan Wates - Sedayu lalu memasuki ke daerah Sermo. Sesampainya di daerah sermo kalian dapat melanjutkan perjalanan ke daerah Kokap untuk menuju ke waduk sermo. Jika sudah sampai di Waduk Sermo, tak jauh dari waduk sermo ini kalian akan menemukan Bukit Pethu yang berada persis di sebelah baratnya dari waduk sermo.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain