Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Mengungkap Keindahan Bukit Parang Endog

  • Alamat:
    Parang Reja, Girijati, Kec. Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Rp 5.000,00
Bukit Parang Endog merupakan bukit yang berada di sebelah timur Pantai Parangtritis, tepatnya berada di Pantai Parang Endog. Pantai Parang Endog ini tidak begitu populer sebagaimana Pantai Parangtritis. Namun, keberadaan Bukit Parang Endog menjadi salah satu yang membuat Pantai Parang Endog menjadi populer.


Bukit Parang Endog atau Bukit Paralayang Watu Gupit adalah obyek wisata sekaligus wahana olahraga udara yang terdapat di Jogja. Dengan memanfaatkan paket wisata jogja, Anda bisa mengunjungi salah satu dari beberapa obyek wisata Jogja yang menampilkan pesona keindahan pantai dari ketinggian seperti ini.

Meskipun baru saja dimanfaatkan sebagai lokasi yang bisa dikunjungi untuk wisata, namun Bukit Parang Endog memiliki pesona yang bisa jadi tidak ditemukan di lokasi-lokasi lainnya.

Bukit Parang Endog

Dinamakan bukit Parang Endog karena terdapat banyak bebatuan karang besar yang berbentuk endog (telur). Bukit ini lebih akrab di mata para atlit paralayang karena memang di sini biasa diadakan even atraksi olahraga udara Jogja Air Show.

Namun bukan berarti tidak memiliki daya tarik wisata, justru sebaliknya. Seperti halnya Puncak kosakora di Gunungkidul, bukit ini menyuguhkan pemandangan pantai dan samudera yang luar biasa. Pantai parangtritis dan pantai pada bukit ini adalah pantai yang terbentang membujur dan dihiasi dengan bebatuan serta bukit karang. Di tambah dengan keindahan suasana alam hijau yang bersambung dengan pantai dan perbukitan, tentu saja ini menjadi pemandangan yang berbeda.

Hal yang menarik dari pantai-pantai yang berada di sekitaran lokasi ini adalah pasir hitamnya. Pemandangan pesisir pantai dari atas biasanya dijadikan untuk latar foto. Selain itu, bukit ini merupakan lokasi olah raga udara seperti paralayang. Sehingga Anda bisa melihat aktivitas olahraga paralayang dari dekat.

Tiket Masuk

Wisatawan yang akan memasuki bukit parang endog bantul akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Harga tersebut belum termasuk dengan biaya spot foto dan wahana paralayang.
  • Harga Tiket Masuk (HTM) Rp 10.000
  • Parkir Motor                         Rp 2.000
  • Parkir Mobil                         Rp 5.000
  • Wahana Paralyang                 Rp 350.000
Informasi: Harga tiket masuk dapat berubah setiap waktu terutama saat musim liburan hari besar. Oleh sebab itu dapatkan informasi lebih lanjut dari situs resmi wisata.

Jam Buka
  • Wisata Bukit Parang Endog ini buka setiap hari dari pukul 05.00 pagi hingga 18.30 malam.
Fasilitas Bukit Parang Endong

Tempat wisata bantul ini memiliki panorama alam yang sangat indah. Selain itu, tempat ini juga dilengkap dengan fasilitas bagus. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya sebagai berikut:
  • Tempat parkir
  • Kamar mandi
  • Caferia
  • Gazebo
  • Warung makan
  • Wahana paralayang
Daya Tarik


Pengunjung dapat melihat keindahan pantai selatan dari puncak bukit. Deretan pantai selatan mulai dari pantai Parangtritis hingga depok dapat kalian lihat secara langsung. Selain itu pengunjung dapat melihat hamparan hijau perbukitan yang berada disekitarnya.

Keindahan Bukit


Bukit Parang Endog juga memiliki spot yang baus untuk menikmati keindahan Pantai Parangtritis. hal ini karena lokasinya yang berada di perbukitan oleh sebab itu pantai selatan seperti Pantai Parangkusuomo dan Pantai Parangtritis terlihat dengan jelas.

Selain itu, puncak ini juga memiliki bebatuan karang yang cukup besar menyerupai endog yang artinya telur. Mesekipun begitu, bukit ini masih kalah populer dengan wisata bukit paralayang yang lokasinya tidak jauh. Bagi wisatawan yang mengunjungi bukit paralayang bisa mencoba juga bukit parang endog.

Wahana Paralayang


Tempat ini juga digunakan untuk wahana paralayang. Lokasinya yang berada diketinggian membuat orang yang mencoba wahana satu ini semakin memacu adrenaline. Pada tahun 2014 bukit parang endog digunakan untuk event bergengsi seperti Jogja air Show.

Biasanya wisatawan yang akan mencoba wahana ini akan lepas landas dari puncak Bukit Gupit dan mendarat di Pantai Parangkusumo atau Pantai Depok. Wahana Paralayang ini hanya di kusukan bagi atlet, pengunjung hanya dapat melihat saja.

Tempat Menikmati Senja


Bukit Parang Endog juga menjadi destinasi favorit bagi para penikmat senja. Dari atas ketinggian pengunjung dapat melihat matahari tenggelam (Sunset). Menjelang Sore banyak pengunjung yang memadati lokasi ini tak terkecuali anak muda.

Pengunjung dapat menikmati senja sambil menikmati secangkir kopi dan beberapa makanan yang dapat kalian beli. Pengunjung dapat menikmati fasilitas bangku yang sudah disediakan.

Di tempat sederhana yang terbuat dari bambu kayu uang menghadap secara langsung ke laut menambah susana semakin cantik, banyak wisatawan yang mengabadikan foto sunset dengan berfoto-foto.

Cafe

Bagi wisatawan yang ingin membeli makanan bisa mencoba salah satu cafe yang letaknya di bawah bukit. Pengunjung dapat membeli aneka makanan ringan mulai dari kopi, kentang goreng, mendoan hingga makanan.

Hal yang bikin kangen di tempat ini adalah menyantap makanan sesambil menikmati Jogja Air Show yang di adakan di pantai parangtritis setiap tahunya.

Rute dan Lokasi

Lokasi bukit ini berada kurang lebih 3 km sebelah timur pantai parangtritis tepatnya di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul. Kondisi jalan menanjak menuju bukit lebih menatang sehingga disarankan untuk tidak menggunakan kendaraan bagi yang tidak mampu. Namun begitu, meskipun mampu dengan kendaraan yang cocok, untuk menuju ke lokasi wisatanya persis Anda juga tetap harus memarkir kendaraan dan berjalan kaki.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain