Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Keindahan Alam Dataran Tinggi Dieng Wonosobo

Lokawisata Keindahan alam Dieng memang sudah tidak diragukan lagi, semua orang mengetahui akan keindahan alam yang terhampar di Dataran Tinggi Dieng.

Jika kamu melewati jalur Dataran Tinggi Dieng, jangan lewatkan untuk mengunjungi air terjun atau curug yang bisa dikatakan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa.

Ada yang menyebutnya dengan Air Terjun Sikarim ada juga yang menyebutnya dengan Curug Sikarim. Keduanya menuju lokasi yang sama.

Berikut saya ulas lebih jauh mengenai Air Terjun Sikarim.

Jalur Menuju Air Terjun Sikarim

Untuk menuju lokasi Air Terjun Sikarim, kamu harus melewati jalur yang sangat menantang. Air Terjun Sikarim ini berada di dataran tinggi Dieng juga berada di antara Gunung Bisma dan Gunung Sikunir.

Lokasi Air Terjun Sikarim berada di atas ketinggian 1.800 mdpl (meter diatas permukaan laut), sehingga jalur untuk menuju Air Terjun Sikarim akan melewati jalanan belokan dan tanjakan.

Perjalanan yang menegangkan tersebut akan diawali ketika kamu melewati gapura PLTA, belokan yang cukup tajam akan kamu lewati di sepanjang perjalanan.

Jalur pegunungan memang identik dengan jalan yang berkelok-kelok, kamu harus sangat menyiapkan kondisi kendaraanmu sebaik mungkin.


Karena selain belokan yang tajam, terdapat sebagian jalan yang menanjak dan berbelok sangat curam. Jika kamu tidak hati-hati bisa ambyar semuanya.

Keadaan jalannya pun tidak terlalu lebar, jadi bisa saja kamu berpapasan dengan kendaraan lain disebuah belokan. Juga terdapat jalur tanjakan yang sangat curam, jika kendaraanmu kurang baik bisa jadi tidak kuat menanjak.

Namun meskipun jalur perjalanannya sangat ekstrim dan sangat menyita fokus kamu, pemandangan yang tersaji sungguh luar biasa menakjubkan.

Kamu akan dapat melihat gunung-gunung indah didepan mata, selain itu pesawahan yang berjajar rapih menjadi pemandangan selanjutnya. Juga terdapat beberapa tempat penanaman wasabi yang siap diekspor keluar negeri.

Setelah melewati beberapa jalur perjalanan yang ekstrim, akhirnya kamu dapat melihat aliran Air terjun Sikarim dari kejauhan. Dari lokasi parkir menuju Air Terjun Sikarim hanya berjarak sekitar 30 meter, jadi kamu tidak akan melakukan melakukan trekking yang melelahkan. Jalan menuju air terjun pun sudah tertata dengan rapih.


Pesona Keindahan Air Terjun Sikarim

  • Nama Tempat:
    Air Terjun Sikarim
  • Alamat:
    Sawah & Hutan, Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
  • Jam Buka:
    Sabtu, Minggu dan Senin dibuka selama 24 jam
    Selasa, Rabu, Kamis, Jum’at dibuka mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 wib
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Tiket Masuk:
    Rp. 10.000,-
Air Terjun atau Curug Sikarim merupakan curug tertinggi yang ada di Pulau Jawa, karena memiliki ketinggian sekitar 125 meter. Dan berada di sebelah Desa Sembungan, yang merupakan Desa tertinggi yang ada di Pulau Jawa.


Airnya mengalir melewati tebing batu yang sangat tinggi, terdapat beberapa aliran air di tebing tersebut. Air yang mengalir tersebut berasal dari Telaga Cebong.

Kamu akan merasakan udara yang sangat dingin ketika berada di Air Terjun Sikarim, keadaan alam yang berkabut pun akan kamu temui disini. Bahkan bagian atas Air Terjun Sikarim akan seakan hilang tertutup kabut.

Kamu dapat mendekati aliran Air Terjun Sikarim dengan cara menaiki beberapa batu yang terdapat disekitarnya, namun kamu harus berhati-hati saat menapaki bebatuan tersebut.


Aliran airnya sangat jernih dan bersih, terus mengalir diatas tebing yang tinggi kemudian mengalirkan airnya untuk terus mengalir menuju Sungai Mlandi.

Dari atas ketinggian tersebut kamu dapat melihat hamparan keindahan yang luar biasa, sungguh sangat menakjubkan. Keindahan alam yang Tuhan berikan sungguh luar biasa dan tidak ada yang dapat menandinginya.


Ragam wisata Air Terjun Sikarim

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan saat berada di Air Terjun Sikarim diantaranya:

1. Menikmati kesegaran Air Terjun Sikarim

Menikmati keindahan alam yang tersaji di area Air Terjun Sikarim memang merupakan suatu keharusan, namun menikmati kesegaran air yang mengalirnya pun wajib kamu coba.

Kamu dapat merasakan kesegaran aliran airnya dari dekat dengan menaiki beberapa bebatuan yang akan mengarahkanmu kesana.

Berada tepat didepan aliran airnya, kamu akan merasakan hembusan cipratan air terjunnya. Jika kamu bisa tahan dengan udara dingin kamu bisa bermain airnya lebih lama lagi.


Namun jika kamu tidak kuat akan udara dingin sebaiknya kamu hindari, karena dapat dipastikan airnya akan sedingin air kulkas bahkan mungkin bisa lebih dari itu.

2. Berburu Spot Foto Terbaik

Hamparan keindahan alam Dieng memang sungguh sangat menakjubkan, sayang jika kamu tidak mengabadikannya. Sepanjang mata memandang hanya keindahan alam yang tersaji.


Dari ketinggian kamu dapat melihat pesawahan dan perkebunan yang menyejukkan mata, Jalan yang berkelok-kelok yang kamu lewati ternyata menakjubkan jika dilihat dari ketinggian.


Banyak sekali spot foto yang dapat kamu incar saat berada di area Air Terjun Sikarim, namun tentunya kamu harus tetap berhati-hati saat berfoto ya.

3. Camping

Area Air terjun Sikarim menyediakan tempat untuk kamu para pencinta alam, kamu dapat menikmati suasana malam dengan melakukan kegiatan camping. Merasakan dinginnya malam diiringi deburan air yang terus mengalir.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain