Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pesona Pantai Pondok Bali Subang dan Tiket Masuk

  • Alamat:
    Mayangan, Legonkulon, Subang, Jawa Barat, Indonesia, 41254
  • Tiket Masuk:
    Rp 10.000 - Rp 15.000
  • Jam Buka:
    24 Jam

Subang menjadi salah satu kawasan di Jawa Barat yang terbilang memiliki wisata alam lengkap. Betapa tidak, di sini terdapat wisata berupa pantai, dataran tinggi, serta pegunungan. Pantainya pun terbilang indah, dengan pasir putih yang menawan. Salah satunya adalah Pantai Pondok Bali, yang berlokasi di Subang.

Meskipun memiliki nama Bali, objek wisata ini tidak ada kaitannya dengan pantai yang ada di Pulau Bali. Meski demikian, keindahannya tak kalah dengan pantai yang ada di Pulau Dewata tersebut. Wisatawan akan dibuat terpana dengan keindahannya. Apalagi, ada cerita unik terkait penamaannya ini.

Tiket Masuk

Objek wisata ini menerapkan tarif tiket masuk yang sangat terjangkau mulai dari Rp 10.000 – Rp 15.000. Tiket masuk tidak berbeda antara orang dewasa dan anak-anak. Begitu juga waktu kunjungan, tidak ada perbedaan saat hari biasa atau hari libur.

  • Tiket Masuk Anak        Rp 10.000
  • Tiket Masuk Dewasa    Rp 15.000

Jam Buka

Umumnya, wisatawan datang ke tempat ini sejak pagi hingga sore hari. Waktu yang paling tepat adalah saat matahari terbenam. Karena pemandangannya begitu indah, seolah sedang berada di pantai Pulau Bali.

Menikmati Keindahan Pantai Pondok Bali

Objek wisata ini mengingatkan pada keindahan pantai di Bali. Betapa tidak, pasirnya yang putih kecoklatan mendominasi seluruh tepian pantai. Menghampar luas seperti karpet lembut yang menawan. Dan sangat menyenangkan memijakkan kaki di atasnya, merasakan butiran lembutnya menyelimuti kaki.

Tepian pantai begitu lebar, tidak terhalangi oleh batuan karang. Hanya beberapa batu yang bertumpuk seperti menjadi pagar pembatas. Antara air laut dengan wilayah daratan. Namun, hanya di sebagian tempat saja yang memiliki area batuan ini.

Air pantai begitu jernih, dengan ombak yang cenderung tenang. Suara deburannya begitu syahdu menghanyutkan. Tidak banyak pepohonan di sini, namun wisatawan masih dapat menemukan pohon kelapa yang berdiri gagah. Umumnya, pohon-pohon ini berdiri sendiri, dengan pohon yang tumbuh sangat tinggi.

Asal Mula Nama Pondok Bali

Penamaan objek wisata ini dengan nama Pondok Bali bukanlah semata karena tempat ini mirip dengan pantai di Bali. Bahkan, tidak ada hubungannya juga penamaan tempat ini dengan pantai di Pulau Dewata. Melainkan berdasarkan sejarah masa lalu yang ada di tempat ini. Dimana, dulunya tempat ini adalah tempat tinggal dan tempat musyawarah para wali.

Tempat ini diberi nama “Pondok”, yang mengartikan rumah atau tempat tinggal. Dulunya para wali tinggal di kawasan ini. Sementara “Bali”, merupakan plesetan dari kata “Wali”. Dimana huruf depannya diganti menjadi “b”.

Jika di Bali banyak turis mancanegara, tidak demikian di sini. Kebanyakan turis di sini adalah turis lokal, dengan pakaian sopan. Bahkan, beberapa wisatawan yang datang tidak hanya untuk berwisata. Tapi ada juga yang menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk menyepi, karena tenangnya suasana pantai.

Pemandangan Matahari Terbenam

Objek wisata ini terkenal sebagai lokasi yang tepat terutama untuk menyaksikan matahari terbenam. Tak heran, wisatawan semakin memadati lokasi wisata jelang sore hari. Wisatawan langsung mencari tempat yang pas untuk duduk sambil menghadap arah barat. Ada juga yang menunggu waktu tenggelamnya mentari dengan bermain bola.

Sementara memasuki waktu senja, matahari perlahan mulai bergeser menuju ke peraduan. Tampak bulatan kuning yang berubah berwarna oranye. Yang juga nampak bulat dengan sempurna di kejauhan. Menampilkan langit dan permukaan laut di bawahnya ikut berwarna oranye.

Saat-saat inilah yang menjadi momen tepat bagi wisatawan untuk berfoto. Mengambil gambar dengan bayang-bayang matahari, atau bermain-main dengan matahari sangatlah seru. Bahkan dari kejauhan tampak kapal-kapal nelayan yang mulai berlayar menuju pantai. Sehingga membuat pemandangan sore hari di pantai ini begitu memorable.

Pantai Bersih dan Penuh Dengan Sejarah

Area sekitar pantai tampak begitu bersih. Wisatawan tidak akan menemukan sampah berserakan di sini. Karena, di sekitar pantai pun banyak dijumpai tempat sampah untuk memudahkan membuang sampah. Sehingga kawasan pantai tampak rapi serta tidak banyak sampah.

Mengingat tempat ini dulunya adalah tempat tinggal para wali, tentu ada bekas sejarah yang tertinggal. Wisatawan dapat menemukan sebuah sumur peninggalan para Wali. Sumur ini dulunya digunakan untuk berwudhu yang airnya memiliki rasa tawar. Hal ini cukup aneh, karena air di kawasan pantai biasanya memiliki rasa asin.

Berenang di Pantai

Ombak di Pantai Pondok Bali tidaklah besar. Sehingga wisatawan dapat dengan bebas berenang di kawasan pantai. Batu karang juga tidak menghalangi sepanjang tepian pantai. Sehingga aman untuk bermain dan berenang di sini.

Namun tentu perlu diingat, bahwa wisatawan harus tetap berada dalam batas aman. Serta tidak melanggar batas yang telah ditetapkan oleh pengelola.

Memancing dan Berlayar di Lautan

Tidak hanya berenang, wisatawan juga dapat mencari hasil laut dengan memancing. Ada spot-spot favorit warga lokal yang biasa memancing. Sedangkan ikan yang didapatkan pun beraneka macam. Dimana wisatawan dapat langsung minta untuk dimasak di salah satu warung kawasan pantai.

Wisatawan juga dapat berlayar dengan perahu nelayan yang disewakan. Merasakan angin laut serta ombak di atas perahu. Tentu akan memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Lokasi

Objek wisata ini berlokasi di Desa Mayangan, Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Berjarak 49 Kilometer dari kota Subang. Untuk mencapai lokasi membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam berkendara ke arah utara.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain