Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

14 Lokawisata Semarang Saat Jalan-jalan ke Jawa Tengah

Sebagai pusat perdagangan internasional sejak abad ke-16, Semarang adalah ibu kota Jawa Tengah. Di permukaan, mungkin tidak terlihat semenarik tetangga Yogyakarta , tetapi jika Anda menghabiskan satu atau dua hari, Anda pasti akan menemukan pesona tersembunyinya!

Dipengaruhi oleh budaya yang dibawa oleh imigran Cina dan Belanda, Semarang adalah tempat peleburan di mana keragaman dianut, terbukti dari arsitektur kota yang megah dan masakan yang menggugah selera.

Semarang pada dasarnya terbagi menjadi dua. Yang pertama adalah Semarang Bawah, jantung kota tempat aksi terjadi, dan ini juga merupakan rumah bagi Kota Lama di mana Anda dapat menemukan arsitektur era kolonial.

Semarang Atas terletak di selatan pusat kota, di kaki Gunung Ungaran – sehingga Anda dapat mengharapkan cuaca lebih sejuk di sini (alasan untuk menghindari panas!).

Inilah alasan mengapa Anda harus mampir ke Semarang pada perjalanan Anda berikutnya ke Jawa Tengah!

1. Taman Nasional Karimunjawa

  • Nama Tempat:
    Taman Nasional Karimunjawa
  • Alamat:
    Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Telp:
    (024) 76738248
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Cara Kesana:
    Feri ke Karimunjawa sangat terbatas, dan hanya dua yang berangkat dari Semarang setiap bulan. Anda harus melakukan perjalanan ke Jepara (3 jam perjalanan) di mana Express Bahari (speed boat) berangkat setiap hari Senin, Selasa, Jumat dan Sabtu. Kapal berangkat jam 9 pagi, jadi naik bus jam 5 pagi dengan biaya Rp 15.000 (USD 1,12) per orang. Naik becak (becak) selama 10 menit dari terminal ke pelabuhan. Jangan lupa untuk mengatur perjalanan Anda kembali sebelum meninggalkan pelabuhan.
Meskipun kota pesisir, pantai yang akan Anda temukan di Semarang tidak sepenuhnya 'matahari, pasir, dan laut'. Tetapi jika Anda melakukan perjalanan 90 kilometer ke utara, Anda akan menemukan sekelompok 27 pulau yang menunggu untuk dijelajahi, yang sebagian besar tidak berpenghuni!


Jauh dari pengaruh kapitalisme yang bergerak cepat, kehidupan pulau yang santai dipertahankan di Karimunjawa, dengan restoran-restoran yang menyajikan hidangan laut rumahan dan homestay sebagai pilihan akomodasi umum di pulau utama.


Awalnya merupakan cagar alam, Karimunjawa memiliki banyak koleksi flora dan fauna laut, mulai dari kaleidoskop ikan tropis di antara terumbu karang hingga burung-burung yang mengelilingi di atas.


Jika Anda merasa telah melihat semuanya, mengapa tidak mencoba berenang bersama hiu di Pulau Menjangan Besar?


Ada lebih dari sekadar hamparan pantai berpasir yang tak ada habisnya di Karimunjawa. Bukit Joko Tuwo, puncak tertinggi di pulau utama, memberikan sudut pandang di mana Anda bisa mendapatkan pemandangan pulau yang indah – cocok untuk menyaksikan matahari terbit juga!


Dan coba tebak, itu juga rumah bagi sisa-sisa paus prasejarah yang ditemukan di pulau-pulau!


2. Brown Canyon

  • Nama Tempat:
    Brown Canyon
  • Alamat:
    Rowosari, Meteseh, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50279
  • Harga Tiket:
    Gratis
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Cara ke Sana:
    Dari Semarang, ke timur di Jl. Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng). Belok kiri menuju Klipang, melewati Klipang Golf. Lanjutkan ke depan, melewati tiga jembatan. Lurus terus di pertigaan, dan Anda akan mencapai sekitar 2 kilometer. 
Alih-alih memprotes perusakan lanskap, penduduk setempat menemukan keindahan di sisa-sisa tambang di luar kota.


Selalu melihat sisi baiknya adalah sikap lokal yang khas – bukankah ini hal positif yang bisa kita pelajari?


Penambangan dengan bahan peledak dan alat berat selama beberapa dekade telah meninggalkan bekas yang hampir alami, memahat dinding dan pilar yang menjulang setinggi puluhan meter – cita rasa Arizona's Grand Canyon tepat di tengah Jawa.


Tambang ini telah mengukir serangkaian jalur di sekitar lokasi, membuat jalur bersepeda yang ideal untuk pecandu adrenalin. Tapi hati-hati, masih ada truk di sini selama jam kerja jadi mungkin ide yang baik untuk membawa sepotong kain dan kacamata untuk menangkis debu.


Terletak setengah jam ke pedesaan, praktis tidak ada rambu-rambu jalan yang dapat mengarahkan Anda karena Brown Canyon bukanlah tujuan wisata resmi. Anda akan membutuhkan kendaraan yang mumpuni dan pemandu lokal untuk menunjukkan jalan jika Anda tidak dapat menanyakan arah dalam Bahasa Indonesia.


3. Umbul Sidomukti

  • Nama Tempat:
    Umbul Sidomukti
  • Alamat:
    Kawasan Wisata Umbul Sidomukti, Sidomukti, Bandungan, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50661 
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
    Paket Outbound Rp 40.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB
Terletak di kaki Gunung Ungaran, Umbul Sidomukti dibangun khusus untuk menghargai kontur lanskap yang indah di Semarang Atas.


Menampilkan jalur rintangan outbound kelas militer, ini pasti akan menantang jiwa yang paling berani sekalipun. Terbang melintasi lembah dengan jarak lebih dari seratus meter di atas zipline, atau merangkak di jembatan tali yang tergantung tiga belas lantai di atas dasar lembah.


Jika Anda mencari alternatif yang lebih santai untuk menikmati pemandangan, berenanglah di kolam batu mata air tepat di seberang kafetaria. Terdiri dari lapisan menaik, menciptakan sudut pandang alami kota di bawahnya.


Tidak puas dengan pemandangan pegunungan? Umbul Sidomukti juga menawarkan pilihan akomodasi. Pastikan untuk memesan di muka karena mereka biasanya penuh dipesan sepanjang tahun!

3-a. Pondok Kopi

Berada di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, Pondok Kopi terletak sedikit di atas taman Umbul Sidomukti, sehingga Anda bisa melihat pemandangan alam yang memesona dengan lebih baik.


Ketika kabut telah hilang, pilih area meja piknik luar ruangan untuk sudut terbaik untuk menikmati tanaman hijau subur. Kedai kopi di pegunungan ini menyajikan lebih dari sekadar minuman panas. Dari roti bakar wajib hingga bakmi jawa , rasa lapar Anda ada di tangan yang tepat!


3-b. Goa Tirta Mulya

Jika pengasingan adalah ide liburan yang sempurna, pastikan untuk tidak melewatkan Goa Tirta Mulya yang terletak di antara taman-taman di sekitar Umbul Sidomukti.


Terowongan buatan manusia selebar tiga meter ini membentang beberapa ratus meter ke dalam lanskap, hanya dilengkapi dengan lampu redup yang jarang, jadi Anda mungkin perlu menggunakan ponsel sebagai senter.


Di ujung terowongan ada balkon kecil di muka tebing, menghadap ke perbukitan dan kota di ujung cakrawala.

4. Eling Bening

  • Nama Tempat:
    Eling Bening
  • Alamat:
    Jl. Sarjono, Bawen, Kec. Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661
  • Harga Tiket:
    Weekday Rp. 25.000,-
    Weekend Rp. 30.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    Restoran 07.00 - 18.30 WIB
    Wahana 07.00 - 16.00 WIB
Latar belakang yang populer untuk pernikahan, Eling Bening dengan cepat mendapatkan reputasi sebagai tempat tujuan Semarang untuk sudut pandang terbaik di distrik Ambarawa.


Berhektar-hektar taman terbuka memungkinkan Anda untuk menikmati suasana sekitar dan udara pegunungan yang sejuk dan segar saat Anda menikmati makanan hangat di atas bukit.

Anda juga dapat menikmati pemandangan Danau Rawa Pening yang sempurna di bawah, dibingkai oleh perbukitan di sekitarnya dengan jalan berkelok-kelok di tengahnya.


Masakan lokal disajikan setiap hari di restoran minimalis serba putih, di mana Anda pasti dapat mengambil banyak foto Instagrammable yang elegan!

Eling Bening juga mengusung konsep taman rekreasi keluarga, jadi Anda bebas membawa keranjang piknik sendiri dan menggelar tikar di atas rerumputan untuk benar-benar menikmati cuaca yang dingin.


Anak-anak dapat berkeliaran dan mencoba segala macam kegiatan mulai dari flying fox hingga panahan, sementara Anda dapat duduk dan bersantai dengan minuman hangat.

Jika Anda berani melawan dingin, Anda bahkan bisa melompat ke kolam untuk berenang!


5. River Tubing di Genting Kendal

  • Nama Tempat:
    River Tubing di Genting Kendal
  • Alamat:
    Jl Genting Baru No 94 Singorojo Kendal, Kedungboto, Kendal, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51382
  • Harga Tiket:
    Rp. 45.000,-
  • Telp:
    0856-4270-5606
  • Jam Buka:
    09.00 - 17.00 WIB
Bukan untuk yang lemah hati, river tubing sama bermanfaatnya dengan bahayanya, terutama saat Anda menyusuri sungai pegunungan yang dijalin dengan batu-batu besar.



Setelah mengenakan peralatan keselamatan dari homebase, perjalanan Anda dimulai dengan berjalan kaki selama 15 menit melalui hutan untuk mencapai titik awal, di mana jalur 13 jeram menanti Anda. Ini benar-benar ujian kelincahan dan daya tahan Anda untuk tetap fokus selama dua jam penuh!



Anda akan menemukan perairan yang lebih tenang di antara jeram, dihiasi dengan beberapa formasi batuan paling aneh yang ditemukan secara simetris di kedua sisi sungai. Ditumpuk dan dikemas dengan rapi, mereka hampir tampak seperti buatan manusia! Bahkan diyakini bahwa dukun mengatur mereka untuk alasan yang belum diketahui.


Setelah berjuang melawan arus yang melelahkan, bersantailah di 'warung' lokal dengan teh dan isi dengan mi cangkir hangat.

6. Candi Gedong Songo

  • Nama Tempat:
    Candi Gedong Songo
  • Alamat:
    Jalan Ke Candi Gedong Songo, Candi, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614
  • Harga Tiket:
    Rp. 75.000,-
  • Sewa Kuda:
    Rp. 80.000,-
  • Jam Buka:
    06.00 - 17.00 WIB
Sebagai peninggalan Dinasti Sanjaya pada abad ke-8, kompleks candi yang ditemukan oleh koloni Belanda ini tersebar di kaki Gunung Ungaran. Terlepas dari namanya, Gedong Songo, yang berarti 'sembilan bangunan', hanya lima bangunan yang masih berdiri hingga saat ini.


Jika Anda pergi untuk wisata menunggang kuda, Anda akan ditemani oleh seorang pemandu, yang akan memberi Anda pelajaran sejarah tempat tersebut dan membantu untuk mengabadikan momen terbaik Anda.


Anda bahkan dapat memilih untuk mengendarai sendiri jika Anda adalah pengendara yang berpengalaman! Berlari melintasi hutan pinus di antara kuil-kuil akan membuat Anda merasa seperti berada di lokasi syuting Game of Thrones, terutama dengan efek tambahan kabut sesekali di pegunungan.


Setelah menjelajah, rilekskan dan kendurkan otot-otot yang pegal dengan berendam sebentar di pemandian air panas alami. Wanita perhatikan - itu diyakini secara luas memiliki sifat mempercantik juga!

Atau, ambil beberapa makanan ringan di kafetaria dan nikmati piknik di lapangan terbuka tempat para peziarah pernah berkumpul.

7. Masjid Agung Jawa Tengah

  • Nama Tempat:
    Masjid Agung Jawa Tengah
  • Alamat:
    Masjid Agung Semarang, Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah 50613
  • Tiket Masuk:
    Tower Rp. 4.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    Masjid 24 Jam
    Menara 08.00 - 21.00 WIB
Semarang merangkul keragaman dalam harmoni. Hal ini terlihat dari berbagai elemen yang membentuk Masjid Agung Jawa Tengah.


Di bagian depan terdapat 25 pilar yang dirangkai dengan gaya yang menyerupai perpaduan antara Renaissance Italia dan kaligrafi Arab. Pengaruh Arab terlihat di halaman tempat berdirinya enam payung raksasa yang identik dengan yang ada di Masjid an-Nabawi di Medinah.


Bangunan masjid sendiri merupakan perpaduan arsitektur masjid tradisional Jawa dan Arab, sedangkan interiornya merupakan penghargaan masjid bergaya Jawa, terlihat dari furnitur dan material yang digunakan.

Lebih dari sekedar tempat ibadah, kompleks Masjid Agung juga menjadi tempat berdirinya Menara Asma al-Husna. Dua lantai pertamanya menampilkan museum yang menggambarkan sejarah Islam dan bagaimana penyebarannya di Jawa.


Jika Anda naik lift ke lantai atas, Anda bisa mendapatkan pemandangan kota Semarang yang terbentang dari Laut Jawa hingga pegunungan menuju Semarang Atas!


8. Lawang Sewu

  • Nama Tempat:
    Lawang Sewu
  • Alamat:
    Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah 13220
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
    Tur Basement: Rp. 20.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    06.00 - 18.00 WIB
Jangan biarkan reputasinya sebagai salah satu tempat paling angker di Indonesia menjauhkan Anda dari salah satu ikon kota yang paling megah. Lawang Sewu wajib dikunjungi jika Anda berada di Semarang.


Masuklah ke dalam halaman dan Anda akan dibawa seratus tahun ke masa lalu. Dengan begitu banyak sudut pengambilan gambar yang sempurna, satu-satunya tempat menghantui yang akan Anda lihat di siang hari adalah turis dengan tongkat selfie!


Dibangun sebagai kantor pusat Perusahaan Kereta Api Hindia Belanda, nama Lawang Sewu diterjemahkan menjadi 'seribu pintu', karena desainnya terdiri dari banyak pintu dan jendela. Pada masa pendudukan Jepang pada Perang Dunia II, bangunan tersebut dinyatakan sebagai pangkalan Jepang dan ruang bawah tanah digunakan sebagai penjara.


Lawang Sewu sekarang menjadi museum yang dioperasikan oleh perusahaan kereta api nasional, memamerkan artefak yang menunjukkan kemajuan yang dibuat oleh perkeretaapian Indonesia selama ini.

9. Wisata Kuliner Semarang

9-a. Pasar Semawis

  • Nama Tempat:
    Pasar Semawis
  • Alamat:
    Jalan Gang Warung No. 50, Semarang Tengah, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139
  • Jam Buka:
    18:00 – 23:00 WIB pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu
Tempat apa yang lebih baik untuk melakukannya selain di pasar makanan jalanan? Mulai Jumat malam, gang-gang belakang distrik Pecinan ditutup dari pukul 18:00 hingga 22:00 selama akhir pekan untuk memberi jalan bagi pesta makanan jalanan ini.


Berasal dari pasar malam Tahun Baru Imlek, Pasar Semawis telah menjadi acara mingguan di Semarang sejak tahun 2004.


Mulai dari makanan tradisional Tiongkok hingga hidangan lokal dengan sentuhan modern, Pasar Semawis adalah surga bagi pecinta makanan. Camilan mulai dari pisang rebus hingga pesta steamboat!


Sama seperti pasar malam lainnya, Anda tidak akan pernah bisa memprediksi apa yang akan Anda temukan. Harapkan untuk melihat pembuat mainan, penjual perhiasan tradisional, dan seniman jalanan saat Anda berjalan-jalan!

9-b. Bandeng Presto

  • Nama Tempat:
    Bandeng Presto
  • Alamat:
    Jalan Pandanaran No. 67-69, Randusari, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244
  • Telp:
    (024) 8313530
  • Jam Buka:
    06.30 - 21.00 WIB
Apakah Anda setuju bahwa memisahkan daging dari tulang terlalu sulit saat makan ikan?

Nah, seseorang telah menemukan solusi untuk memungkinkan Anda menikmati ikan tanpa mempermasalahkan tulang kecil!


Pada tahun 1977, Hanna Budimulya menemukan bahwa dengan memasak ikan bandeng dengan tekanan , yang terkenal dengan tulangnya yang kecil dan tajam, tulangnya menjadi lunak dan dapat dimakan. Ini dengan cepat menjadi hidangan khas Semarang!

Dibalut dengan daun pisang, kombinasi sederhana bawang putih, kunyit dan garam pada bandeng meninggalkan sensasi gurih di lidah Anda. Padukan dengan sambal manis dan pedas dan Anda memiliki kombinasi yang sempurna!


Meski sudah banyak rumah makan yang mulai memproduksi hidangan ini, jika ingin merasakan cita rasa aslinya, kunjungi Jalan Pandanaran untuk resep asli Hanna Budimulya di Bandeng Presto.

Merek populer untuk versi kemasan yang bisa Anda bawa pulang adalah Bandeng Juwana yang ditemukan di hampir setiap toko suvenir di Semarang.

9-c. Lumpia Semarang

  • Nama Tempat:
    Lumpia Gang Lombok
  • Alamat:
    Jalan Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kauman, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50137
  • Telp:
    0816-4881-194
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB
Dibawa ke Semarang oleh pedagang Cina awal, lumpia Semarang (juga dikenal sebagai lumpia) telah mengalami adaptasi dari generasi ke generasi sebelum sampai pada rasa yang unik hari ini.

Rebung, ayam dan udang digulung, dan digoreng (untuk rasa yang lebih renyah) atau tidak (untuk rasa yang lembut). Seperti hidangan Indonesia lainnya, disajikan dengan saus manis dan pedasnya sendiri yang meleleh di mulut Anda!


Anda dapat menemukan hidangan ini di banyak restoran di sini, beberapa dengan variasi mereka sendiri seperti Lumpia Basah ala Vietnam. Salah satu restoran yang populer adalah Lumpia Gang Lombok di dekat kawasan Pecinan.


10. Skypool di Hotel Bintang

  • Nama Tempat:
    Skypool (Hotel Bintang)
  • Alamat:
    Hotel Bintang, Jl. Gunung Haryono, Lamper Kidul, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50242 
  • Telp:
    (024) 86448888
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    06.00 - 22.00 WIB
Terkenal sebagai kolam renang tertinggi di Indonesia, Hotel Bintang (sebelumnya dikenal sebagai Best Western Semarang) memungkinkan para tamu untuk melihat pemandangan kota dari tepi kolam di gedung pencakar langit tertinggi di Semarang.


Berenang di infinity pool bukan satu-satunya cara untuk menikmati pemandangan. Sky Pool Bar menawarkan minuman, termasuk koleksi anggur untuk Anda nikmati sambil bersantai di kursi geladak di tepi kolam renang di puncak gedung.


Anda dapat menikmati pesta barbekyu pada hari Jumat dan Sabtu mulai sore hari dan seterusnya. Selain hidangan panggang, hotel ini juga menawarkan prasmanan dengan berbagai hidangan lokal dan internasional, serta bar terbuka tepat di tepi kolam renang!


Terletak di kota, Hotel Bintang menyediakan akses yang sangat baik ke semua hotspot di Semarang dan dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Java Supermall.

11. Kuil Sam Poo Kong

  • Nama Tempat:
    Kuil Sam Poo Kong
  • Alamat:
    Sam Poo Kong, Jalan Simongan No.129, Bongsari, Semarang Barat, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50148
  • Harga Tiket:
    Rp. 15.000,-
    Area Ibadah Rp. 20.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Telp:
    (024) 7605277
Klenteng Sam Poo Kong dibangun untuk memperingati kunjungan Laksamana Cina Zheng He ke Semarang pada abad ke-15, memperkuat pengaruh budaya Kerajaan Cina di Jawa.


Sebagai seorang musafir Cina, Laksamana Zheng He dikirim dalam misi perdagangan dan diplomatik ke beberapa negara di Asia, termasuk di Asia Tenggara. Kunjungannya dirayakan oleh penduduk setempat karena ekspedisi membawa barang-barang eksotis serta pertukaran orang dan budaya.

Awalnya sebuah gua tempat anak buah Zheng He akan bernaung, tempat itu kemudian digunakan sebagai kuil untuk meditasi oleh orang-orang yang tinggal di Semarang untuk pengembangan dan pembangunan kota. Kompleks candi juga merupakan rumah bagi makam mereka, dan relief batu tergantung di dinding pintu masuk, menggambarkan kunjungan mereka ke Indonesia.


Ritual tahunan Kuil Sam Poo Kong berlangsung pada akhir bulan ke-6 Imlek, di mana patung-patung diarak melalui jalan-jalan dari Jalan Lombok, Pecinan Semarang, ke kuil untuk berkah tahun ini.


Untuk merasakan budaya Tiongkok yang otentik, pengunjung dapat menyewa pakaian tradisional untuk berfoto, yang melengkapi latar belakang kuil merah. Paket termasuk fotografer serta pencetakan, dan tersedia dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore, dengan biaya tambahan sebesar Rp 80.000 per orang.

12. Kebun Teh Medini, Kendal

  • Nama Tempat:
    Kebun Teh Madinah
  • Alamat:
    Kebun Teh Medini, Limbangan, Jatirejo, Ngampel, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51357
  • Harga Tiket:
    Rp. 3.000,-
  • Jam Buka:
    24 Jam
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Cara Ke Sana:
    Dari Pasar Jerakah, menuju Selatan ke Boja, melewati Mijen dan Cangkiran. Setelah sampai di Boja, belok kiri menuju Kabupaten Tamanredjo. Dari sana, jalanan menjadi kasar, jadi pastikan kendaraan Anda memiliki ground clearance dan dalam kondisi baik.
Medan berbukit dan suhu sejuk di selatan Semarang merupakan kondisi sempurna bagi perkebunan teh untuk berkembang. Dan sejak awal 1900-an, para pelancong menyukai tanaman hijau yang semarak di daerah tersebut.


Perjalanan panjang dan sulit untuk sampai ke sini berarti Anda bisa menikmati pemandangan tanpa harus berpapasan dengan terlalu banyak turis. Di ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, suasana khas menjadi alasan utama untuk mengunjungi Kebun Teh Medini.


Rasakan kesendirian yang sesungguhnya saat Anda menyesap secangkir teh yang baru diseduh dari puncak bukit, sambil memandangi perkebunan yang luas. Bukankah ini merupakan rangsangan untuk mata lelah Anda saat Anda menyerap setiap detail kecil dari semak-semak yang dipangkas rapi yang dikemas secara seragam di seluruh perbukitan dan dataran tinggi?

Sering digunakan sebagai bumi perkemahan bagi pendaki gunung Ungaran, Kebun Teh Medini juga menawarkan pemandangan lain, seperti Goa Jepang – tempat tentara Jepang berlindung selama invasi PD II.


Juga, jangan lewatkan Candi Promasan, yang memiliki rumah pemandian kerajaan yang dibangun di atas sumber air panas alami!

13. Curug Lawe dan Curug Benowo

  • Nama Tempat:
    Curug Lawe dan Curug Benowo
  • Alamat:
    Desa Kalisidi, RT.01/RW.06, Indrakila, Lerep, Kec. Ungaran Bar., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50519
  • Harga Tiket:
    Rp. 8.000,-
  • Jam Buka:
    08.00 - 16.00 WIB
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Cara Ke Sana:
    Dari Pasar Jerakah, menuju Boja. Setelah melewati Kabupaten Mijen, belok kiri ke Jl. Raya Cankiran-Gunungpati. Terus lurus di jalan, Anda akan tiba sekitar setengah jam dari sana. Catatan: Ini terletak di dekat Medini Tea Gardens, jadi kamu bisa berwisata ke dua tempat wisata ini bersama-sama! 
Jika suara petualangan membuat Anda bersemangat, coba lihat air terjun yang megah ini.


Dikhususkan untuk yang berjiwa paling berani, jalur menuju dua air terjun termegah di Semarang ini membutuhkan kewaspadaan dan kelincahan.

Terletak di sisi barat Gunung Ungaran, kedua air terjun ini sangat penting bagi penduduk setempat. Selain telah memasok air selama berabad-abad, ini adalah tempat ketenangan yang tak terbayangkan untuk retret.


Semakin sulit perjalanannya, semakin manis hadiahnya. Datanglah dengan sepasang sepatu yang bagus, karena jalannya penuh lumut dan licin!

Curug Lawe terletak di permukaan tebing yang cekung, menghujani pengunjung dengan 25 air terjun yang menyembur setinggi empat puluh meter dari permukaan tanah. Suara surround benar-benar menghipnotis!


Curug Benowo adalah rangkaian air terjun yang mengalir dengan ketinggian beberapa lantai. Dengan setiap level, semburan air berkurang, sehingga Anda dapat dengan aman berendam di kolam sebanyak yang Anda suka!

14. Gunung Merbabu

  • Nama Tempat:
    Gunung Merbabu
  • Harga Tiket:
    Perorangan WNI Weekdays Rp. 5.000,00
    Perorangan WNI Weekends Rp. 7.500,00
    Rombongan WNI Weekdays Rp. 3.000,00
    Rombongan WNI Weekends Rp. 4.500,00
    Perorangan WNA Weekdays Rp. 150.000,00
    Perorangan WNA Weekends Rp. 225.000,00
    Rombongan WNA Weekdays Rp. 100.000,00
    Rombongan WNA Weekends Rp. 150.000,00
    Trekking, Hiking, Camping Perorangan Rp. 5.000,00
    Trekking, Hiking, Camping Rombongan Rp. 2.500,00
    SIMAKSI Rp. 10.000,00
    Pendakian Rp. 15.000,00
    Asuransi Rp. 1.000,00
  • Jam Buka:
    24 Jam
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Cara Ke Sana:
    Selain jalur yang paling tidak sulit, hiking dari Selo menawarkan pemandangan terbaik. Naik bus Semarang-Solo dan berhenti di Pasar Sapi, Boyolali. Kemudian, naik minibus ke Cepogo, dan lanjutkan dengan minibus lain ke Pasar Selo. Ini adalah satu jam berjalan kaki ke Selo Base Camp, jadi Anda mungkin ingin naik ojek ke sana. Dari base camp, puncaknya sekitar 6 jam pendakian dengan tiga pos utama. Pastikan untuk mengemas air ekstra karena langka di jalan setapak.
Menawarkan pemandangan spektakuler di setiap langkah, tidak mengherankan bahwa ratusan pendaki berduyun-duyun ke Gunung Merbabu setiap akhir pekan, meskipun mengetahui bahwa mereka harus bertahan hingga sembilan jam perjalanan yang melelahkan di jalur gunung.


Berdiri lebih dari 3000 meter di atas laut, Gunung Merbabu terletak tepat di sebelah Gunung Merapi, melukis pemandangan dengan 'puncak kembar' yang indah yang banyak kita kenal.

Ada beberapa jalur yang dapat Anda ambil untuk mendaki epik ini . Jalur Selo dari Boyolali adalah jalur yang paling sedikit menuntut dan memiliki pemandangan terbaik, tetapi tidak ada perhentian air di sepanjang jalan. Sementara jalur Wekas ​​adalah yang tercepat, jalur Cuntel menyambut Anda dengan 'Bukit Harapan' di mana pohon mati yang terlihat sangat rapi berdiri.


Untuk pengatur waktu pertama, penting untuk mendapatkan panduan untuk perjalanan Anda. Ada tujuh puncak untuk dipilih dan bahkan lebih banyak pilihan untuk tempat berkemah.

Selain membantu Anda membawa barang-barang Anda, pemandu akan memberi tahu Anda tentang tempat terbaik hari itu, karena cuaca, kelelahan, dan kondisi tanah adalah faktor serius yang perlu dipertimbangkan. Panduan mudah ditemukan di sekitar pintu masuk kantor dan akan membebankan biaya yang wajar untuk layanan mereka.


Saat Anda keluar dari hutan lebat di awal jalan setapak, Anda akan langsung disuguhi pemandangan megah untuk memotivasi kaki Anda yang lelah – ombak tak berujung dari tanaman hijau luas yang dihiasi dengan flora dataran tinggi yang eksotis.

Pada malam hari, pertunjukan dibawa ke langit, di mana rasi bintang yang berkilauan membuat Anda merasa lebih dekat ke surga.


Saksikan fajar menyingsing, saat ufuk ungu diserap perlahan oleh pancaran sinar mentari.


Dan Anda akan terpukau dengan pemandangan megah matahari terbit di puncak Gunung Merbabu ini. Di kejauhan, selain Merapi tetangga, Anda juga dapat melihat 6 puncak tertinggi Jawa Tengah lainnya termasuk Sindoro, Sumbing dan Slamet. Ini benar-benar pemandangan yang layak untuk hiking!

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain