Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

29 Lokawisata Situbondo Paling Hits Untuk Dikunjungi

Rutinitas sehari-hari yang monoton seringkali bikin penat dan stres. Kalau sudah begini, liburan sebentar bisa jadi solusinya.

Situbondo termasuk salah satu kawasan yang menyimpan segudang keindahan alam, sehingga Anda wajib memasukkannya dalam daftar kunjungan berikutnya. Lokasinya yang berada di daerah pesisir, tidak mengherankan jika Situbondo memiliki gugusan pantai cantik yang sayang dilewatkan. Selain wisata bahari, Anda bisa mengunjungi objek wisata lain, seperti bangunan bersejarah yang tidak kalah menarik.

Selagi menyusuri jalanan Kabupaten Situbondo, Buat kamu yang tinggal di Jawa Timur atau sekitarnya, berkunjung ke Situbondo bisa menjadi pilihan yang tepat saat akhir pekan. Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi beberapa tempat menarik yang siap menghibur Anda.  Berikut rekomendasi tempat wisata di Situbondo yang bisa kamu kunjungi.

1. Kolam Renang Tirta Pandawa

  • Nama Tempat:
    Kolam Renang Tirta Pandawa
  • Alamat:
    Jl. PB Sudirman (depan pom bensin) Karangasem, Karangasem, Patokan, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68322
  • Harga Tiket:
    Rp. 15.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB

Menghabiskan waktu berlibur dengan berenang bersama keluarga maupun teman adalah pilihan yang tepat. Situbondo memiliki tempat wisata kolam renang Tirta Pandawa yang cocok Anda kunjungi saat liburan. Tempat ini berada di Jalan Pb. Sudirman No. 3 Karangasem, Patokan, Kecamatan Situbondo. Destinasi ini selalu ramai dikunjungi banyak orang.

Kolam renang Tirta Pandawa memiliki 2 fasilitas kolam, yaitu untuk dewasa dan anak-anak. Sehingga tidak perlu khawatir dengan kedalaman kolam, dijamin akan aman dan nyaman. Disisi lain sumber air untuk kolam juga jernih, sehingga saat berenang tubuh Anda akan merasa segar. Memilih berlibur dengan berenang akan memberikan kesenangan juga kesehatan bagi tubuh.

2. Pantai Pasir Putih

  • Nama Tempat:
    Pantai Pasir Putih
  • Alamat:
    Desa Kembang Sambi Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo Jawa Timur
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
  • Parkir:
    Mobil Rp. 5000,-
    Motor Rp 3000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Berbicara tentang Situbondo, maka hal pertama yang akan diingat adalah Pantai Pasir Putih yang sudah terkenal akan keindahanya. Objek wisata bahari satu ini bahkan sangat mudah ditemukan, karena lokasinya berada tepat di bahu jalan sehingga wisatawan bisa menyaksikan keindahannya secara langsung saat melaju di kawasan wisatanya.

Jangan berhenti menikmati keindahannya dari jauh saja, karena Anda bisa mendekat ke arah bibir pantainya. Berkat kejernihan air lautnya, Anda bisa menyaksikan langsung keindahan bawah lautnya yang masih terjaga dengan baik. Bagi wisatawan yang tertarik melihatnya lebih dekat, tidak ada salahnya menyewa perahu layar.

3. Pantai Tamporah

  • Nama Tempat:
    Pantai Tamporah
  • Alamat:
    Tampora, Kalianget, Kec. Banyuglugur, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68359
  • Harga Tiket:
    Rp. 5000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Wisata bahari yang tidak kalah populer dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah yaitu Pantai Tamporah. Sejak memasuki kawasan wisatanya, hamparan pasir putih yang berpadu dengan kejernihan air laut berhasil memanjakan mata. Tidak jauh dari tempat Anda berdiri, kemungkinan terlihat batu karang serta rumput laut yang bertebaran di sekitar bibir pantainya.

Sebagai destinasi wisata populer, pihak pengelola pun menambahkan sejumlah fasilitas demi menunjang kebutuhan wisatawan. Beberapa sarana dan prasarana yang disajikan seperti mushola, gazebo, toilet, serta tempat khusus untuk beristirahat sejenak. Wajar saja jika wisatawan merasa betah berada di kawasan wisatanya.

4. Pantai Bama Taman Nasional Baluran

  • Nama Tempat:
    Pantai Bama Taman Nasional Baluran
  • Alamat:
    Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374
  • Harga Tiket:
    Wisatawan Lokal Rp. 20.000,-
    Wisatawan Mancanegara Rp. 150.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Taman Nasional Baluran termasuk destinasi wisata alam yang sayang dilewatkan. Pasalnya wisatawan dapat menikmati keindahan alam yang terjaga dengan sangat baik, serta menyaksikan berbagai hewan liar yang menyatu dengan alam. Tidak mengherankan jika destinasi wisata ini tidak pernah sepi dikunjungi setiap harinya.

Dari sekian banyak spot wisata menarik, Anda wajib mengunjungi Pantai Bama yang sudah terkenal akan keindahan alam tiada dua. Setibanya di kawasan pantainya, wisatawan disambut dengan hutan bakau yang menjadi habitat dari berbagai hewan liar. Anda juga bisa menyusuri kawasan hutannya dengan melewati jembatan sederhana.

5. Pelabuhan Panarukan

  • Nama Tempat:
    Pelabuhan Panarukan
  • Alamat:
    Ditjen Perhubungan Laut Panarukan Jatim Jl. Kalimas Baru 101, Pesisir Tengah, Kilensari, Panarukan, Situbondo Regency, East Java 68351
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Tak hanya wisata alam, Anda juga bisa melakukan tur wisata ke tempat bersejarah di Situbondo. Salah satu tempat bersejarah tersebut adalah Pelabuhan Panarukan. Pelabuhan ini adalah dermaga peninggalan dari kolonial Belanda pada tahun 1880 dengan nama Maatschappij Panaroekan. Dahulu pelabuhan ini sering dijadikan tempat transit untuk kapal besar.

Saat ini pelabuhan ini sering dikunjungi oleh para wisatawan karena memberikan pemandangan dermaga yang sangat indah. Terlebih saat matahari terbenam, pemandangan senja disini sangat memukau dan berhasil memikat hati banyak pengunjung. Disisi lain, banyaknya perahu-perahu nelayan yang berjejer rapi disini menjadi pesona tersendiri.

6. Pantai Pathek

  • Nama Tempat:
    Pantai Pathek
  • Alamat:
    Jalan Pantai Pathek, Gelung Selatan, Gelung, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68351
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai Pathek atau lebih familiar disebut Pantai Gelung merupakan salah satu wisata bahari di Kabupaten Situbondo yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Lokasinya yang berada tepat di jalur pantura, membuatnya mudah ditemukan dan kerap dijadikan sebagai tempat singgah sementara sebelum melanjutkan perjalanan kembali.

Ketika singgah di sana, sempatkan diri untuk mencicipi kuliner lezatnya yang menggoda selera. Selain dijadikan sebagai tempat singgah, wisata bahari satu ini dijadikan sebagai spot terbaik bagi para pemancing tradisional. Sehingga tidak perlu heran ketika mendapati beberapa pemancing tengah sibuk memancing di tengah teriknya sinar matahari Situbondo.

7. Pantai Bilik Situbondo

  • Nama Tempat:
    Pantai Bilik Situbondo
  • Alamat:
    Kecamatan banyu putih kabupaten Situbondo, Jawa Timur
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Bosan dengan wisata bahari biasa ? Sepertinya Anda akan tertarik mengunjungi Pantai Bilik Situbondo, karena pantainya bak memiliki gradasi warna berbeda yang terdiri dari warna abu abu, coklat muda, coklat tua, serta warna emas. Perpaduan warna melahirkan keindahan tiada tara, sehingga banyak wisatawan yang tertarik mengabadikannya.

8. Waduk Bajul Mati

  • Nama Tempat:
    Waduk Bajul Mati
  • Alamat:
    Area Hutan, baluran, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374
  • Harga Tiket:
    Rp. 5000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Memasuki musim liburan, Waduk Bajul Mati termasuk destinasi wisata yang cukup populer dikunjungi wisatawan dari berbagai wilayah. Termasuk wisata yang menarik dikunjungi, karena wisatawan dapat melihat pesona keindahan alam asri serta merasakan semilir angin yang membawa kesejukan di tengah teriknya sinar mentari.

Ketika memasuki kawasan wisatanya, Anda akan dibuat takjub tiada henti berkat keindahan alamnya. Bahkan keindahannya bak miniatur Raja Amat, karena hamparan lautnya dihiasi dengan gundukan perbukitan yang tersebar di beberapa titik. Meski keindahannya masih terpaut jauh dengan Raja Ampat, namun tidak ada salahnya menjadikan Waduk Bajul Mati sebagai tujuan wisata selanjutnya.

9. Samir Rafting

  • Nama Tempat:
    Samir Rafting
  • Alamat:
    Desa Bantal, Kec. Asembagus, Dusun Tenggara, Bantal, Kec. Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68373
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Harga Tiket:
    GRATIS

Wisata selanjutnya yang tidak kalah menariknya adalah Samir Rafting yang menyediakan berbagai macam keseruan maksimal. Menyusuri air sungai dengan waktu tempuh kurang lebih 9 jam lamanya dengan berbagai macam kesulitan yang berbeda-beda.

Tidak hanya arung jeram saja, yang bisa anda lakukan disini. Melainkan, ada juga area camping, outbound dengan pemandangan alam yang benar-benar alami. Seperti, pegunungan, perbukitan dan bebatuan yang memanjakan mata anda.

Bagi anda yang ingin menikmati pesona wisata di tempat ini anda bisa memulai titik awalan dari Kabupaten Banyuwangi dan akan selesai di Kabupaten Situbondo. Oleh karena itu, banyak wisatawan mengira objek wisata ini masuk dalam kategori wisata di Situbondo

Hal lain yang menjadi daya tarik dari Samir Rafting adalah Perjalanan malam hari yang lebih memacu adrenalin anda. Air sungai yang sangat deras dan keamanan pada malam hari yang terjamin, membuat banyak wisatawan datang silih berganti.

10. Pantai Tangsi Situbondo

  • Nama Tempat:
    Pantai Tangsi Situbondo
  • Alamat:
    Dusun Seimiring, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68363
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai Tangsi Situbondo masuk dalam daftar destinasi wisata yang sayang dilewatkan begitu saja. Sebelum terkenal seperti sekarang, siapa yang menyangka bila kawasan wisatanya dulu merupakan bekas kilang minyak. Meski pernah difungsikan sebagai kilang minyak, kecantikan alam di sekitar pantainya masih sama hingga sekarang.

11. Kebun Kopi Kayu Mas

  • Nama Tempat:
    Kebun Kopi Kayu Mas
  • Alamat:
    Kecamatan Arjasa, atau sekitar 47 kilometer dari pusat kota Situbondo
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.00 WIB

Pecinta suasana perkebunan juga bisa menghabiskan waktu liburannya dengan menyenangkan di Situbondo. Kebun Kopi Kayu Mas adalah salah satu tempat wisata yang menarik perhatian wisatawan dengan pesona perkebunannya yang menyejukkan. Suasana udara yang dingin bercampur dengan aroma tanaman kopi adalah daya tarik tempat ini.

Berlokasi di Kayumas Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo, tempat ini berada di daerah dengan ketinggian mencapai 760-1550 mdpl. Tak heran apabila perkebunan kopi disini dapat tumbuh dengan sangat baik. Anda bisa belajar banyak mengenai kopi dan cara menanamnya di tempat wisata ini. Selain itu Kebun Kopi Kayu Mas juga sudah memiliki brand kopi sendiri.

12. Pantai Lempuyang Situbondo

  • Nama Tempat:
    Pantai Lempuyang Situbondo
  • Alamat:
    Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Ketika mendengar nama Lempuyang, kemungkinan besar Akan mengingatkan Anda pada stasiun kereta api yang berada di Yogyakarta. Sedangkan penggunaan nama Lempuyang di Situbondo, digunakan sebagai nama pantai cantik nan eksotis yang memiliki pasir putih lembut ketika menyentuh permukaan kulit.

13. Pantai Banongan

  • Nama Tempat:
    Pantai Banongan
  • Alamat:
    Desa Wringin Anom, Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68373
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Jika destinasi wisata bahari umumnya dihiasi dengan hutan mangrove, maka di Pantai Banongan akan disuguhkan dengan pepohonan kelapa yang tumbuh subur di sekitar bibir pantainya. Sedangkan hamparan pasir berwarna putih bersih tersebut, tampak menyatu indah dengan air lautnya yang jernih dan menyegarkan.

14. Padang Rumput Sikasur

  • Nama Tempat:
    Padang Rumput Sikasur
  • Alamat:
    Desa Baderan, kecamatan Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Bagi Anda yang melewati jalur pendakian Gunung Argopuro, tentu sempat melihat Padang Rumput Sikasur. Sesuai pemberian namanya sendiri, dimana Anda disuguhkan dengan pemandangan cantik berupa hamparan rerumputan luas yang berhasil memanjakan mata bagi siapapun yang memandangnya.

Berada tidak jauh dari hamparan rerumputannya, terlihat sebuah danau eksotis yang berhasil menyihir wisatawan untuk mendekat kesana. Pasalnya danau yang diberi nama Danau Sitanjung ini diberkahi dengan air yang begitu jernih dan menyejukkan, sehingga banyak yang tertarik mengunjunginya untuk sekedar melepaskan penat.

15. Pabrik Gula Olean

  • Nama Tempat:
    Pabrik Gula Olean
  • Alamat:
    Jl. Laksda Adi Sucipto, Olean Tengah, Olean, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68316
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.00 WIB

Bosan mengunjungi wisata alam ? Tidak ada salahnya mengunjungi Pabrik Gula Olean yang berada di tanah Kabupaten Situbondo. Pabrik tua tersebut telah berdiri sejak 1864, dan hingga kini masih terus beroperasi untuk menghasilkan gula terbaik. Ketika sampai di kawasan wisatanya, Anda seakan diseret masuk ke masa lampau berkat gaya bangunannya yang khas.

16. Bendungan Curah Cottok

  • Nama Tempat:
    Bendungan Curah Cottok
  • Alamat:
    Dusun Curah Cottok, Desa Curah Cottok, Kecamatan Curah Cottok , Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Bosan dengan pemandangan pegunungan dan savana, Anda bisa mengunjungi salah satu destinasi wisata berupa bendungan di Situbondo. Wisata tersebut sering disebut dengan Bendungan Curah Cottok. Nama tersebut disematkan karena bendungan ini terletak di Desa Curah Cottok Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Bendungan ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang.

Bendungan ini dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk sarana imigrasi sawah dan pertanianan di daerah tersebut. Sumber air dari waduk alami ini berasal dari mata air waduk dan juga air hujan. Memiliki suasana yang sejuk dan juga asri, membuat banyak orang mengunjungi tempat ini disaat hari libur. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan senja yang cantik disini.

17. Air Terjun Talempong

  • Nama Tempat:
    Air Terjun Talempong
  • Alamat:
    Desa Talempong , Kecamatan Banyu Glugur , Kabupaten Situbondo , Provinsi Jawa Timur
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.00 WIB

Bagi wisatawan yang tertarik menikmati sajian alam indah dan cenderung tenang, tampaknya mengunjungi Air Terjun Talempong bisa menjadi keputusan tepat. Air terjun yang tidak seberapa tinggi tersebut, menumpahkan debit air yang cukup deras yang berhasil membuat suasana sekitarnya terasa sejuk dan menyegarkan dalam satu waktu.

18. Air Terjun Setancak

  • Nama Tempat:
    Air Terjun Setancak
  • Alamat:
    Desa Mojo Sari , kecamatan Asembagus , kabupaten Situbondo , provinsi Jawa Timur
  • Harga Tiket:
    Rp. 15.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB

Air Terjun Setancak termasuk objek yang wajib dikunjungi ketika singgah di Kabupaten Situbondo. Di balik suguhan pesonanya yang begitu menawan, ternyata objek wisata ini sarat tentang kisah misteri. Berdasarkan penuturan dari masyarakat setempat, dulunya air terjun satu ini tidak ada hingga suatu saat muncullah air dari tanah yang mengalir deras hingga sekarang.

19. Savana Bekol

  • Nama Tempat:
    Savana Bekol
  • Alamat:
    Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374
  • Harga Tiket:
    Rp. 15.000,- per orang
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 16.00 WIB

Masih berada di kawasan Taman Nasional Baluran, terdapat wisata menarik yang patut Anda kunjungi saat berada di Situbondo. Menyuguhkan suasana savana yang sangat luas, Savana Bekol adalah salah satu rekomendasi wisata paling populer di Situbondo. Seperti layaknya berada di luar negeri, tumbuhan di savana ini didominasi oleh hamparan rumput dan pepohonan.

Tumbuhan yang paling banyak ditemui di Savana Bekol adalah tanaman Acacia nilotica. Dimana pertumbuhannya mengikuti musim yang sedang terjadi disana, apabila hujan tumbuhan akan tumbuh lebat dan saat musim kemarau akan mengering dengan sendirinya. Lokasi Savana Bekol ini berada di Sumberwaru Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo.

20. Kampung Kerapu

  • Nama Tempat:
    Kampung Kerapu
  • Alamat:
    Gundil, Klatakan, Kec. Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68352
  • Harga Tiket:
    Rp. 35.000,- per 3 jam
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    08.00 - 22.00 WIB

Kampung Kerapu wajib masuk dalam daftar kunjungan selanjutnya ketika bertandang ke Kabupaten Situbondo. Daya tarik utamanya terletak pada puluhan keramba Kerapu serta dermaga apung yang menghiasi kawasan wisatanya. Wisatawan juga bisa menyaksikan ikan lezat tersebut tampak berenang santai di bawah lautan dengan menyewa perahu wisata.

Selain melihatnya dari atas perahu, ternyata wisatawan juga diperbolehkan memancing berbagai jenis ikan yang memang sengaja dibudidayakan di dermaga tersebut. Sesuai dengan pemberian nama wisatanya, Kampung Kerapu dibuat dengan tujuan memperkenalkan sumber daya perairan sekaligus menjadi wilayah konservasi hayati.

21. Kampung Blekok

  • Nama Tempat:
    Kampung Blekok
  • Alamat:
    Krojan Barat, Klatakan, Kec. Kendit, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68352
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.00 WIB

Kampung Blekok adalah objek wisata terbaik yang wajib dikunjungi bagi mereka yang membutuhkan suasana nyaman dan menenangkan. Sejak menginjakkan kaki di kawasan wisatanya, Anda disuguhkan dengan hamparan lautan lepas yang bersatu dengan kesegaran dedaunan hijau yang berasal dari hutan mangrove.

Hutan mangrove tidak hanya memberikan kesan sejuk atau mencegah terjadinya abrasi, namun juga dijadikan sebagai habitat asli dari beragam jenis burung air. Wisatawan yang beruntung, bisa melihat keindahan dari banyaknya Burung Blekok yang beterbangan mencari makan atau kembali ke sarang. Pemandangan tersebut tentunya tidak ditawarkan pada objek wisata lainnya.

22. Puncak Rengganis Argopuro

  • Nama Tempat:
    Puncak Rengganis Argopuro
  • Alamat:
    Jl. Puncak Jl. Argopuro, Area Hutan, Baderan, Kec. Sumbermalang, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68355
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Situbondo tidak hanya memiliki destinasi wisata bahari semata, karena wisatawan juga bisa mengunjungi Puncak Rengganis Argopuro yang berada di atas ketinggian mencapai 3.088 mdpl. Sebelum dikelola menjadi destinasi wisata, ternyata dulunya kawasan tersebut merupakan bekas dari gunung berapi aktif.

Gunung cantik ini sebenarnya memiliki beberapa puncak, dimana Puncak Rengganis Argopuro adalah titik paling terkenal berkat keindahan alam yang disuguhkannya. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan alam dari atas ketinggian, karena disana terdapat situs peninggalan yang berasal dari zaman purbakala.

23. Gunung Baluran

  • Nama Tempat:
    Gunung Baluran
  • Alamat:
    Area Hutanatau Kebun, Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
  • Harga Tiket:
    Senin - Jum’at
    Wisatawan Lokal Rp. 15.000,-
    Wisatawan Mancanegara Rp. 150.000,-
    Weekend atau hari libur (tanggal merah)
    Wisatawan Lokal Rp. 17.500,-
    Wisatawan Mancanegara Rp. 225.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.30 - 16.30 WIB

Situbondo menjadi salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki banyak destinasi wisata. Ada begitu banyak objek wisata dari wisata alam, bersejarah, situs budaya dan sebagainya. Salah satu destinasi wisata alam yang wajib Anda kunjungi selama di Situbondo adalah Gunung Baluran. Gunung ini dapat Anda lihat secara jelas di kawasan Taman Nasional Baluran.

Dengan padang savananya yang sangat luas, pengunjung disuguhkan pemandangan Gunung Baluran yang gagah dan memukau. Gunung setinggi 1.247 mdpl ini sudah tidak aktif lagi dan mempunyai dinding kawah dengan kedalaman 600 meter. Membuat pendaki pemula maupun yang sudah professional banyak yang tertarik untuk mendaki Gunung Baluran.

Gunung Baluran memiliki puncak yang sangat cantik dengan lereng gunung yang seolah dibelah membentuk lembah dengan jurang-jurang berbatu. Hal tersebut merupakan pesona yang menjadi daya tarik paling menarik dari Gunung Baluran. Saat musim hujan, lembah tersebut akan terisi membentuk waduk alami dan saat musim kemarau akan membentuk cekungan curam.

24. Klenteng Poo Tong Biaw

  • Nama Tempat:
    Klenteng Poo Tong Biaw
  • Alamat:
    JL. Teratai Besuki Situbond, Rw4, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61212
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Objek wisata yang tidak kalah menarik dikunjungi selanjutnya adalah Klenteng Poo Tong. Bukan sekedar bangunan peribadatan semata, karena daya tarik utamanya berada pada gaya arsitektur yang disematkan pada bangunannya. Ketika dilihat sekilas, kemungkinan bangunan satu ini tampak serupa dengan klenteng pada umumnya.

Namun kesan yang berbeda bisa didapatkan ketika masuk ke dalam kawasan klentengnya. Sebab di pintu masuknya, sudah terlihat beberapa benda khas agama Budha tampak tertata rapi seakan menyambut kedatangan para wisatawan. Alhasil orang yang hendak beribadah merasa senang ketika beribadah di tempat tersebut.

25. Wisata Karang Kenek

  • Nama Tempat:
    Wisata Karang Kenek
  • Alamat:
    Kandang Barat, Olean, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68316
  • Harga:
    Tiket Masuk: Rp. 5.000,-
    Kolam Mandi: Rp. 5.000,-
    Parkir Sepeda Motor: Rp. 2.000,-
    Parkir Mobil: Rp. 5.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.30 - 18.00 WIB

Karang Kenek merupakan sebuah desa di Situbondo yang dikenal dengan keunikan jumlah kepala keluarga setempat. Sejak dulu sampai sekarang, jumlah kepala keluarga di sana tidak pernah melebihi angka 26.

Itulah mengapa tempat wisata ini juga dikenal dengan sebutan KK26. Bangunan-bangunan yang menarik dengan tanaman-tanaman indah tumbuh subur menjadikannya tak pernah sepi pengunjung.

26. Kawah Ijen

  • Nama Tempat:
    Kawah Ijen
  • Alamat:
    Pt. Perk. Lidjen, Tamansari, Licin, Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia, 68454
  • Harga Tiket:
    Hari Biasa Wisatawan Lokal Rp. 5.000,-
    Hari Biasa Wisatawan Mancanegara Rp. 100.000,-
    Hari Libur Wisatawan Lokal Rp. 7.500,-
    Hari Libur Wisatawan Mancanegara Rp. 150.000,-
  • Harga Parkir:
    Roda Dua Rp. 5.000,-
    Roda Empat Rp. 10.000,-
    Berkemah Rp. 5.000,-
  • Harga Dokumentasi:
    Video Komersil Rp. 10.000.000,-
    Handycam Rp. 1.000.000,-
    Fotografi Rp. 250.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    03.00 - 12.00 WIB

Objek wisata selanjutnya adalah kawah ijen yang namanya sudah cukup terkenal hingga ke mancanegara. Pesona Blue firenya memang tidak ada yang bisa mengalahkannya. Tidak hanya sampai disitu saja, ada pula penambang belerang yang bisa anda beli dengan harga yang cukup murah.

Bagi anda yang menemukan mereka di perjalanan menuju ke kawah. Sebaiknya, memberikan mereka jalan. Maklum saja, berat belerang yang mereka bawa tidak sepadan dengan apa yang akan mereka dapatkan. Sehingga, memberikan mereka jalan adalah salah satu cara membantu pekerjaan mereka.

Pesona matahari terbitnya pun juga bisa kamu nikmati lho. Waktu terbaik mengunjungi kawah ijen adalah bulan Desember hingga Februari. Dimana, di bulan-bulan ini anda akan mendapati pesona matahari yang lebih indah karena, posisinya yang berada di selatan.

27. Pantai Balanan

  • Nama Tempat:
    Pantai Balanan
  • Alamat:
    Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68374
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    07.00 - 18.00 WIB

Diantara semua pantai yang ada di Situbondo mungkin, Pantai Balanan menjadi salah satu tempat yang paling direkomendasikan. Selain keindahan pantainya, kamu juga bisa merasakan bagaimana penduduk sekitar yang sangat bersahaja dan ramah bagaikan saudara.

Tetapi, ada satu hal yang harus kamu persiapkan sebelum pergi menuju ke dusun Balanan. Dimana, sinyal yang kurang bersahabat. Maklum saja, desa ini bisa dibilang sangat terpencil dan akses menuju kesana pun bisa dikatakan tidak mudah.

Walau begitu, pesona dari dusun balanan yang membuat semua perjuangan anda menjadi tidak sia-sia.

Menariknya, anda tidak hanya disuguhkan dengan pesona pasir pantai dan ombak di lautan saja. Melainkan, anda juga bisa melihat kawasan mangrove yang mempunyai udara sangat sejuk dan Asri. Sungguh nikmat yang tidak bisa didustakan lagi bila anda mengunjungi objek wisata ini.

Aktivitas yang bisa anda lakukan saat berada di Pantai Balanan adalah memancing. Perlu diakui bila ikan-ikan di tempat ini memang banyak dan memiliki ukuran yang cukup besar. Selain itu, anda juga bisa melakukan olahraga snorkeling.

Bagi mereka yang sudah pernah pergi ke tempat ini selalu menyarankan untuk menikmati panorama bawah laut yang seakan terlihat sangat sempurna. Hanya saja, anda harus membawa semua peralatan tersebut dari rumah. Karena, disini belum tersedianya tempat penyewaan alat pancing dan snorkeling.

28. Alun-Alun Situbondo

  • Nama Tempat:
    Alun-Alun Situbondo
  • Alamat:
    Palraman, Dawuhan, Kec. Situbondo, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur 68311
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Tempat wisata keluarga di Situbondo ini memang harus kamu kunjungi bila berada di Situbondo. Dimana, kawasan ini mempunyai sebuah pohon besar yang menjulang tinggi yang membuat kawasan ini sangat sejuk dan cocok digunakan sebagai tempat untuk berteduh atau juga nongkrong.

Menariknya dari alun-alun ini adalah hadirnya Ornamen Perahu Layar yang bisa anda jadikan sebagai spot foto. Beberapa fasilitas bermain  untuk anak-anak juga sudah disediakan disini. Biasanya masyarakat situbondo akan memanfaatkan tempat ini untuk berolahraga pagi atau juga sore.

Di minggu pagi pula anda bisa menikmati sajian senam pagi yang diikuti oleh puluhan hingga ratusan orang. Dengan instruktur senam yang memukau dengan gerakan-gerakan yang membuat anda menjadi lebih sehat dan bertenaga.

Di malam hari, kawasan ini semakin ramai apalagi saat memasuki hari libur. Banyak sajian kuliner yang akan memanjakan lidah anda mulai dari yang tradisional hingga yang kekinian.

29. Pantai Keperan

  • Nama Tempat:
    Pantai Keperan
  • Alamat:
    Lombok, Nusa Tenggara Barat
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai Keperan yang terkenal memiliki ombak sangat besar ini berlokasi di Desa Semiring, Kecamatan Manggaran, Kabupaten Situbondo. Pantai ini menjadi tempat pelelangan hasil laut para nelayan. 

Wisata Pantai Keperan Situbondo merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Lumajang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kota Situbondo juga terkenal akan wisata Pantai Keperan Situbondo yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai Keperan terletak sesudah Pantai Tangsi, ombak di Pantai ini cukup besar, merupakan tempat para nelayan menjual hasil tangkapan, di pantai ini sering terjadi ROB (banjir air laut). Pemandangan sekitar pantai keperan berupa tambak ikan dengan tanaman bakau cukup bagus. Pemandangan di Pantai Keperan cukup bagus, dihiasi dengan perahu-perahu nelayan, tambak ikan, dan tanaman bakau akan membuat seni fotografi humanisme Anda semakin menarik. Ombak Pantai Keperan cukup besar. Dipantai ini Anda dapat Menemukan Perahu-perahu milik para nelayan terparkir sangat rapi di sekitar pantai yang membuat pemandangan di pantai Keperan semakin bagus saja.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain