Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

44 Tempat Wisata di Kuningan Yang Bisa Kamu Kunjungi

Tempat Wisata di Kuningan – Kuningan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang memiliki banyak potensi wisata. Alamnya yang indah, potensi air terjun serta dan air panasnya membuat Kuningan bisa anda jadikan sebagai alternatif liburan bersama keluarga.

Kuningan sendiri memiliki 32 Kecamatan dan 361 Desa. Kawasan Kuningan memiliki kontur yang datar dan berbukit di kawasan bagian barat dan selatannya.

Kabupaten Kuningan memiliki luas sekitar 1.178,58 km2 dan berbatasan dengan beberapa Kabupaten lainnya, di Sebelah Utara : Kabupaten Cirebon, Sebelah Timur : Kabupaten Brebes (Jawa Tengah), Sebelah Selatan : Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap (Jawa Tengah), Sebelah Barat : Kabupaten Majalengka.

Beberapa tempat wisata di Kuningan yang sudah tidak asing lagi terutama bagi warga aslinya seperti pemandian Cibulan, Curug Sidomba, Curug Putri dan sebagainya. Namun masih ada beberapa lagi diantara tempat wisata di Kuningan yang belum terlalu diekspos.

Nah, kali ini kita akan mengajak anda jalan-jalan ke tempat wisata di Kuningan, baik yang sudah terkenal ataupun yang belum terkenal. Akan lebih baik lagi kalau pembaca berkenan untuk membagikan artikel ini agar lebih banyak lagi wisatawan yang datang berkunjung ke Kuningan Jawa Barat.

Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

Berikut ini 46 tempat wisata di Kuningan yang menarik untuk dikunjungi saat liburan tiba:

1. Pemandian Cibulan Kuningan


Tempat wisata di Kuningan yang pertama adalah pemandian Cibulan yang sudah sangat populer bagi masyarakat Jawa Barat, khususnya Kuningan.

Objek wisata cibulan ini memiliki sejarah panjang peradaban islam di tanah Jawa. Menurut ceritanya, disini pernah menjaditempat persinggahan Prabu Siliwangi. Pemandian Cibulan ini berada di desa Manis Kidul , Kuningan Jawa Barat.

Di kolam pemandian disini ada ikan dewa yang kono usianya sudah berumur ratusan tahun, dan percaya tidak percaya ikan ini hilang ketika kolam di bersihkan, adapula warga setempat yang melihat ikan tersebut berubah menjadi duri-duri ikan ketika malam bulan purnama. Namun ini semua tentu hanya mitos yang berkembang di masyarakat.

2. Taman Nasional Gunung Ciremai


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah taman nasional Gunung Cermai yang merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan pecinta alam.

Di taman nasional ini terdapat air terjun yang tidak boleh kita lewatkan. Keindahan alamnya yang masih terjaga membuat taman nasional ini terlihat asri dan sangat menawan.

Disini juga terdapat tempat bascamp para pendakian Gunung Ciremai dan bentangan luas perkebunan, jadi tempat ini sangat lah cocok dan wajib untuk anda kunjungi.

3. Situs Purbakala Cipari Kuningan


Situs Purbakala Cipari menjadi tempat wisata di Kuningan yang tidak boleh anda lewatkan. Situs ini merupakan peninggalan masa prasejarah era megalitikum dari masyarakat purba yang hidup di daratan sunda Besar, yaitu dataran yang mencakup daratan tinggi Sumatra, jawa, Kalimantan serta laut yang menghubungkan ketiganya pada sekitar tahun 10.000 tahun yang lalu.

Situs ini terhitung cukup lengkap menggambarkan kehidupan di masa lalu, sehingga banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini salah satunya dari kalangan Mahasiswa bahkan sekolah dasar.

4. Curug Sidomba Kuningan


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah curug Sibonda yang terletak di desa Peusing kecamatan Jalaksana Kuningan. Curu ini menjadi objek wisata Kuningan yang tidak boleh nada lewatkan.

Untuk penamaan Curug ini senidir berasal dari ‘Cidomba’ yang memiliki arti binatang domba atau kambing karena di daerah ini banyak terdapat binatang domba.

Curug sidomba memiliki ketinggian sekitar 3 meter saja dan sudah terdapat fasilitas pendukung objek wisata ini, seperti restaurant, ‘saung’, tempat bermain anak dan juga terdapat binatang aneh salah satunya kambing bertanduk 3.

Dilokasi ini juga terdapat masjid dengan menara tinggi dengan jumlah 99 anak tangga. Dari atas menara anda dapat menikmati pesona alam yang tak kalah indahnya dengan objek wisata kuningan lainnya.

5. Linggarjati Kuningan


Taman wisata alam linggarjati menjadi tempat wisata di Kuningan selanjutnya, nama Linggarjati tentu sudah tidak asing lagi bagi kita, nanti akan kita ulas juga mengenai Linggarjati lebih detail.

Di Taman ini, udaranya sangat segar dan sejuk, taman ini sangat cocok untuk tempat rekreasi dan perkemahan, dengan fasilitas kolam renang, kolam pemancingan, sepeda air, dan sarana akomodasi.

Lokasinya taman wisata alam linggarjati berada di Desa Linggarjati Kec. Cilimus, Kab. Kuningan. Jarak dari Kota Kuningan 14 km kearah utara dan 26 km dari kota Cirebon. Luas areal 11,5 ha, dengan suasana sejuk, cocok sebagai.

6. Waduk Darma Kuningan


Waduk darma menjadi tempat wisata di Kuningan selanjutnya, waduk ini sudah dikembangkan menjadi objek wisata keluarga.

Disini anda bisa berkeliling waduk dengan menggunakan perahu. Udaranya yang sejuk dan pemandangan yang indah pasti membuat anda betah berlama-lama disini.

Anda bisa melihat pemandangan di pinggir waduk berupa pemandangan menghijau dan bukit yang menjulang tinggi. Waduk ini berlokasi di Kec. Darma, 12 km dari Kota Kuningan ke arah Barat Daya, atau sekitar 37 km dari Kota Cirebon.

7. Sumur Tujuh Cibulan


Sumur tujuh berada di kawasan pemandian Cibulan seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 1 di atas.

Sumur ini konon merupakan merupakan tempat patilasan Prabu Siliwangi yang digunakan untuk bersuci ketika bersemedi dan juga merupakan salah satu tempat bersejarah dalam penyebaran Islam di Kuningan melalui kegiatan para Wali Songo.

Sumur tujuh berada di Desa Manis Kidul Kec. Jalaksana, 7 Km dari kota Kuningan ke arah Utara, atau sekitar 28 Km dari Kota Cirebon menuju Selatan.

8. Telaga Remis Kuningan


Satu lagi tempat wisata alam di Kuningan yang bisa anda kunjungi, telaga Remis. Telaga remis ini berada di kaki gunung Ciremai. Sehingga membuat hawa disini sangat sejuk dan pemandangannya juga Asri.

Jika anda tertarik untuk liburan bersama keluarga disini, datang saja ke Desa Kaduela, Kuningan, Kecamatan Mandirancan, berjarak kurang lebih sekitar 37 km dari pusat kota Kuningan.

Telaga ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga atau anak-anak, dengan perpaduan pesona alam pergunungan, hutan serta air. yang jernih dan udara yang sejuk.

9. Kebun Raya Kuningan


Masih berupa wisata alam, ada satu lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi, yakni kebun raya Kuningan. Kebun Raya Kuningan ini bisa anda jadikan tempat liburan bersama keluarga.

Kebun Raya Kuningan ini berada di Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan, dengan luas sekitar 176 ha, dengan topografi berbukit-bukit (490-870 m dpl).

Objek wisata ini juga akan dikembangkan kedepannya sebagai wahana wisata alam dan ilmiah (ecoturism), guna lebih mengenal flora dan fauna endemik Gunung Ciremai.

10. Open Space Gallery Kuningan


Bagi pecinta seni, Open Space Gallerry menjadi tempat wisata di Kuningan yang wajib anda kunjungi.

Disini anda akan merasakan suasana yang sarat akan nilai-nilai budaya dengan konsep terbuka.

Disini juga sering diadakan untuk pagelaran kesenian/budaya, terutama pada penyambutan tahun baru.

Open Space Gallerry terletak di kawasan wisata Linggarjati Cilimus, atau sekitar 14 km dari kota Kuningan ke arah Utara.

11. Gedung Perundingan Linggarjati


Gedung ini menjadi saksi sejarah perjanjian ini bangsa ini dengan Penajah Belanda pada 10-13 November 1946. Gedung ini berada tidak jauh dari Taman Wisata Linggarjati Indah (+100 m).

Bangunan ini masih dirawat dengan baik, dan perabotan yang ada di gedung ini masih sama persis seperti yang digunakan dalam Perundingan Linggarjati. Terdapat sejumlah foto dokumentasi yang terpajang di dinding, termasuk foto Ketua Delegasi Indonesia yaitu Sutan Sjahrir serta beberapa delegasi Belanda seperti Ivo Samkalden, Schermerhorn dan P Sanders.

Untuk menuju gedung museum ini, Anda bisa naik elf dari Cirebon ke Kuningan dan turun di Cilimus. Kemudian naik angkot jurusan Cilimus-Linggarjati. Museum ini buka mulai jam 07.00-15.00 WIB untuk hari Senin – Jumat dan jam 08.00-17.00 WIB untuk hari Sabtu – Minggu.

12. Pemandian Air Panas Sangkanurip Alami Kuningan


Tempat wisata di Kuningan berupa pemandian air panas ada di Desa Sangkanhurip, Kecamatan Cilimus, tidak jauh dari Kawasan wisata Linggarjati atau 1 km ke sebelah timur dari Taman Wisata Linggarjati Indah.

Pemandian ini menjadi tempat favorit untuk mengendorkan urat-urat yang tegang, sekaligus untuk mencicipi olahan hidangan ikan air tawar dan hangatnya air panas alami.

Sangkanhurip Alami merupakan sebuah tempat rekreasi pemandian air panas alami beryodium. Kawasan Sangkanhurip Alami tersedia banyak penginapan, dari mulai kelas melati hingga bintang, dengan fasilitas SPA serta fasilitas wisata kuliner gurame bakar.

13. Lembah Cilengkrang Kuningan


Lembah Cilengkrang menjadi tempat wisata di Kuningan yang menawarkan keindahan alam yang masih asri. Bagi anda yang suka dengan wisata petualang, lembah ini wajib dikunjungi saat di Kuningan.

Wisatawan disini akan merasakan sensasi mendaki (hiking) dan berkemah, serta dengan keistimewaan adanya 2 buah curug (C. Sawer dan C. Sabuk), ditambah dengan adanya pemandian air panas alami, dan jika beruntung akan dapat melihat Burung Elang Jawa (Spizaetus bartelsi). Terletak di sebelah Barat Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya atau +13,5 km dari pusat kota Kuningan ke arah Utara.

14. Balong Cigugur Kuningan


Balong Cigugur lokasinya terletak di Kecamatan Cigugur, berada di pinggir jalan raya Cirebon- Kuningan-Ciamis. Lokasinya tidak jauh (+1km) dari Taman Purbakala Cipari.

Disini anda dapat berendam / berenang dengan ditemani Ikan Kancra Bodas, namun saat ini terutama pada hari libur, sedang trend / lebih ramai digunakan untuk mendapatkan terapi ”pijat” dari Ikan ”Nilem Mangut”, terutama pada bagian kaki kita. Untuk tiket masuknya hanya Rp3.000,- Anda sudah dapat menikmati sensasi unik gigitan ikan yang dapat membuat kulit Anda sehat dan bersih.

Tidak jauh dari sini (+100m ke arah selatan) anda juga dapat mengunjungi Cagar Budaya Nasional Gedung Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur, yang setiap tahunnya menjadi pusat diadakannya acara tradisional Seren Taun.

15. Palutungan Kuningan


Satu lagi tempat wisata di Kuningan yang tidak boleh anda lewatkan yakni Palutungan yang berada di kawasan Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, atau + 9 km dari kota Kuningan ke arah Barat.

Disini menjadi tempat terbaik untuk berkemah dan berwisata, dengan dukungan lokasi yang luas, mudah dicapai dan kondisi udara yang sejuk, air yang jernih serta dihiasi oleh pohon pinus yang menjulang tinggi.

Di sekitar area bumi perkemahan terdapat dua buah curug yaitu Curug Ciputri dan Curug Landung yang menyajikan keindahan air terjun alami.

16. The Mountain Recreation Park Kuningan


Wahana liburan di Kuningan terbaru yang bisa anda kunjungi adalah The Mountain Recreation Park. Waterboom ini sangat cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama keluarga terutama anak-anak juga oleh orang dewasa.

Lokasi The Mountain Recreation Park berada di Komplek Pesona Alam Kuningan Residence, Jalan Raya Cirendang-Cigugur Kuningan.

Untuk menuju tempat ini cukup mudah, karena akses jalan yang ada sudah cukup bagus dan letaknya tidak jauh dari kota. Wahana air ini terletak di Jalan Cirendang-Cigugur, Meskipun terhitung baru taman rekreasi ini bisa menjadi pilihan tempat wisata di Kuningan yang layak dicoba.

17. Curug Bangkong Kuningan


Satu lagi tempat wisata di Kuningan berupa air terjun yang bisa anda kunjungi yaitu Curug Bangkong. Curug Bangkong ini berada di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Air terjun ini lokasinya tidak jauh dari objek wisata Waduk Darma. Curug Bangkong ini memiliki tinggi lebih dari 20 meter dan telah dibangun tanggul untuk pengaman dari abrasi sungai.

Bagi pecinta alam, air terjun menjadi destinasi wisata yang wajib anda kunjungi di Kuningan.

18. Taman Salsabila Kuningan


Taman Salsabila bisa anda jadikan sebagai tujuan liburan di Kuningan bersama keluarga.Taman Salsabila berada di Jalan Desa Panawuan, Cigandamekar, Kuningan, bungalow yang ada di Salsabila memiliki keunggulan dari segi artistik dan juga kenyamanan.

Dengan mengusung gaya rumah khas Eropa, diyakini penginapannya tersebut adalah tempat yang nyaman dan jauh dari kebisingan saat pengunjung mencobanya.

19. Situ Cicerem Kuningan (Telaga Biru Cicerem)


Situ Cicerem menjadi tempat wisata di Kuningan selanjutnya yang wajib anda kunjungi, dengan air biru dan jernih membuat Situ atau danau ini sangat eksotis.

Danau ini memiliki kedalaman sekitar 4-5 meter saja dengan luasnya yang tidak terlalu lebar. Situ Cicerem dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan tinggi sehingga menjadikan tempat ini sangat sejuk dan berudara yang segar.

Situ Cicerem ini juga bisa anda jadikan sebagai tempat berenang, bahkan kegiatan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah air dan melihat ikan-ikan yang ada. Bagi kamu yang tidak dapat berenang, kita juga dapat menikmati pemandangan sekitar Situ Cicerem dari bawah pohon yang ada ditepi situ dapat menjadi  pilihan  aktivitas untuk kita yang bisa dilakukan.

20. Gunung Ciremai


Bagi anda yang memiliki hobi mendaki, coba taklukan gunung Ciremai dengan ketinggian sekitar 3.078 Meter di atas permukaan laut.

Di puncak gunung ini anda bisa melihat sepasang kawah yang berpotongan, yaitu di ketinggian sekitar 2.900 Meter di atas permukaan laut.

Gunung Ciremai merupakan gunung soliter yang terpisah dari gunung-gunung lain, dan masuk kedalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai dengan luas sekitar 15.000 Hektar.

Gunung ini menjadi salah satu tujuan mendaki favorit wisatawan baik wisatawan lokal maupun dari daerah lainnya.

Untuk anda yang tertarik mendaki, anda bisa melalui 3 jalur yang terdapat di desa Palutungan, desa Linggarjati dan desa Padabeunghar. Agar perjalanan Anda aman dan nyaman sebaiknya Anda menyewa guide yang merupakan anak-anak komunitas yang gemar mendaki gunung tersebut. Masalah tarif, tentu saja bisa dikompromikan.

21. Desa Sitonjul Kuningan


Salah satu desa wisata di Kuningan yang bisa anda kunjungi yaitu Desa Sitonjul. Desa ini masih di daerah Sangkanhurip ata sekitar ± 13 km ke arah utara dari Kuningan atau ± 24 km dari arah kota Cirebon ke arah selatan.

Di tempat ini anda akan melihat suasana pedesaan yang asri dengan berjalan kaki sekitar 4 Km menyusuri alam perdesaan dimulai dari Dusun Simenyan Kidul, Hutan Rakyat, Makam Umum, Tegalan dan Pesawahan, Bulak Jati, Dusun Tonjong, Pesawahan, Tanggul Irigasi, Bendung Katiga diakhiri di Dusun Munjul Kaler.

Selain pemandangan dan keunikan alam pedesaan yang indah, selama perjalanan anda akan menyebragi sungai bahkan bisa mandi di sungai tersebut layaknya menjadi penduduk desa setempat.

22. Telaga Nilem Kuningan


Satu lagi tempat wisata di Kuningan yang akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan yakni Telaga Nilem yang masih ada di dalam kawasan kompleks wisata Telaga Remis Kabupaten Kuningan yang tak jauh dari Kabupaten Cirebon dan Majalengka, lokasi tepatnya ada di Desa Kaduela, Kec. Paswahan – Kuningan.

Telaga ini memiliki kedalaman paling dalam sekitar 3 meter saja. Di tepi telaga juga terdapat 2 buah gazebo untuk beristirahat menikmati suasana, selain sebuah warung yang terdapat disisi sebalahnya.

Telaga nilem ini setiap harinya selalu ramai pengunjung, terutama saat siang menjelang sore hari. Demikian seperti yang diungkapkan pemilik warung di tepi telaga.

23. Kolam Renang Sanggariang Kuningan


Kolam renang Sanggariang menjadi tempat wisata di Kuningan berupa kolam renang yang bisa anda kunjungi saat liburan bersama keluarga atau rekan-rekan.

Sanggar Riang, merupakan kebanggaan Kuningan karena satu-satunya Kolam Renang yang lokasinya berada di tengah-tengah perkotaan Kabupaten Kuningan sehingga Kuningan menjadi lebih indah, segar dan mempesona.

24. Pemandian Air Panas Subang Kuningan


Tempat wisata di Kuningan yang terakhir yang bisa anda kunjungi ada di Desa Subang. Pemandian di Desa Subang ini memang belum terekspos ke luar.

Kalau untuk warga sekitar memang pemandian ini dijadikan sebagai tempat untuk merelaks dan mengendorkan otot-otot yang kaku.

25. Taman Cisantana


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah Taman Cisantana Taman ini merupakan salah satu tempat nongkrong muda mudi di Kuningan. Lokasi yang berada di desa Cisantana ini adalah salah satu tempat yang amat instagramable. Tak heran jika Anda banyak menemukan foto-foto tempat indah ini.

26. Pusat Oleh-Oleh Kuningan


Kalau anda mencari tempat membeli oleh-oleh, anda bisa mencatangi pusat perbelanjaan di jalan Siliwangi Kuningan ataupun Jalan Raya Bojong Cilimus. Di tempat ini Anda dapat membeli beragam makanan dan cinderamata khas Kuningan.

Oleh-oleh khas tersebut antara lain kaos kuningan, batik kuningan, jajanan tape ketan dalam ember, kripik gemplong, opak bakar, dan jeruk nipis peras. Selain itu beragam kerajinan juga dapat Anda pilih di tempat ini. Nah tak bingung kan kalau ke Kuningan mau beli oleh-oleh ke mana?

27. Wisata Hutan Desa Setianegara


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah hutan desa setianegara. Hutan ini menawarkan sensasi liburan di alam dengan udara yang sejuk dan segar tentunya.

Hutan yang masuk di kecamatan Cilimus ini kaya dengan flora dan fauna. Dari desa ini Anda dapat menikmati pemandangan indah sembari melihat kegiatan masyarakat bertani di kaki gunung.

Hal yang menarik Anda lakukan di kawasan desa ini adalah wisata edukasi di hutan, kemah, mendaki gunung, dan agrowisata. Menginap di desa ini akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi Anda karena keramahan dan kearifan lokal yang dimiliki penduduknya.

28. Curug Ceret Kuningan


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah curug ceret yang memiliki ketinggian sekitar 5 meter. Lokasi air terjun ini ada Balai Taman Nasional Gn. Ciremai, Linggarjati, Cilimus, Kabupaten Kuningan tepatnya sebelum pos Cibunar, jalur pendakian Gunung Ciremai via Linggajati. Tak sulit untuk mencapai lokasi air terjun ini adalah alasan mengapa air terjun ini menjadi salah satu curug yang sering dikunjungi.

29. Gua Maria Rahmat Sawer Cigugur


Tempat wisata di Kuningan berikutnya adalah gua maria rahmat sawer yang ada di desa Cisantana kecamatan Cigugur Kuningan. Desa ini merupakan desa yang memiliki masyarkat yang beranekaragam budaya dan agama. Sebuah Gua yang memiliki patung di mukanya ini merupakan gua yang berada di bukit Tatombok.

30. Balong Keramat Darmaloka


Tempat wisata di Kuningan yang bisa anda kunjungi selanjutnya adalah balong keramat darmaloka yang ada sudah ada sejak zaman Walisongo, ratusan tahun yang lalu. Di sini Anda dapat melihat ikan keramat yang indah berwana hitam.

Airnya yang jernih juga menjadi daya tarik tersendiri. Suasana tenang, tentram dan damai akan Anda rasakan di tempat ini. Balong Keramat Darmaloka  terletak di desa Darma, kecamatan Darma dan berada tepat di tepi lintasan jalan Cirebon – Kuningan – Ciamis.

31. Bumi Perkemahan Ipukan Cisantana Kuningan 


Objek wisata di Kuningan selanjutnya yaitu bumi perkemahan Ipukan Cisantana, lokasinya masih ada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai. Tempat ini memberikan pemandangan alam dan kesejukan yang amat menenangkan.

Suasana romantis akan terasa ketika Anda menikmati senja di tempat ini. Pemandangan alam yang dikelilingi bukit menghijau dan sinar indah matahari terbenam benar-benar membuat suasana terasa syahdu.

Jika Anda sedang memilih tempat kemah, Bumi Perkemahan Ipukan Cisantana Kuningan ini layak untuk jadi tempat pilihan Anda. Letaknya yaitu di dusun Palutungan desa Cisantana kecamatan Cigugur berdampingan dengan pesona tempat wisata lainnya.

Tempat ini letaknya tidak terlalu jauh dengan Curug Putri Landung dan Curug Putri Palutungan sehingga menambah kesan alami dan asri di perkemahan.

32. Wisata Bukit Panembongan Kuningan


Tempat wisata di Kuningan yang tidak kalah menarik untuk kita kunjungi adalah bukit Panembongan. Keindahan view di bukit ini tidak kalah dengan kalibiru di Jogja. Disini wisatawan bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang begitu mempesona. Keindahan view di tempat ini menjadikannya sebagai tempat favorit foto di Kuningan. Hanya dengan Rp5.000,- Anda dapat memasuki objek wisata yang terletak di Desa Tembong Kecamatan Garawangi ini.

Bukit ini sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti outbound, arena camping, hingga sesi pemotretan prewedding disini juga disediakan.

33. Curug Gongseng


Curug Gongseng menjadi tempat wisata di Kuningan selanjutnya. Curug ini memiliki keindahan yang memikat. Air terjun yang dikelola dengan baik oleh masyarakat setempat ini merupakan potret air terjun dengan kontur yang berbeda.

Untuk anda yang tertarik liburan ke curug ini, silahkan langsung saja meluncur ke Desa Cibuntu Kecamatan Pasawahan kabupaten Kuningan, berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Kuningan. Anda yang masuk ke objek wisata ini akan dikenakan tiket masuk Rp2.000,- dan arif parkirnya Rp2.000 untuk mobil dan Rp1.000 untuk sepeda motor. Meski fasilitas terbilang minim, tetap saja tempat ini amat menarik untuk dikunjungi.

34. Curug Nyandung Kuningan


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah Curug Nyandung. Curug ini terletak di dusun Ciawitali, desa Cimenga kecamatan Darma kabupaten Kuningan.

Curug dengan ketinggian sekitar 20an meter ini memiliki keindahan yang menawan. Wisatawan yang tertarik mengunjungi curug ini harus menempuh perjalanan sekitar 700 meter namun rasa lelah tersebut terbayar ketika Anda melihat dan merasakan segarnya curug Nyandung ini.

Silahkan parkirkan kendaraan anda di desa Cimenga, dengan biaya parkir Rp3.000,- untuk setiap kendaraan. Untuk masuk ke air terjun ini tak ada biaya alias gratis. Sangat direkomendasikan bagi Anda para pecinta alam yang datang ke Kuningan.

35. Pemandangan Indah Sukageuri Kuningan


Objek wisata di Kuningan yang bisa anda kunjungi selanjutnya adalah Sukagueri view yang sedang hits saat ini. Objek wisata ini mendadak ramai dikunjungi karena banyak pengguna media sosial yang mengupload foto-foto mereka disini.

Wisatawan yang datang kesini bisa menikmati keindahan yang menakjubkan dari atas bukit ini. Lokasi bukit Sukageuri ini tidak jauh dari curug putri yaitu masih di kampung Palutungan Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan.

36. Curug Payung Kuningan


Tempat wisata di Kuningan berikutnya adalah curug payung. Curug ini ada di Dusun Ciraharja desa Gunung Manik kecamatan Hantara kabupaten Kuningan. Meski harus berlelah-lelah berjalan kaki menyusuri jalan setapak, rasa lelah akan hilang ketika melihat pesona indah curug ini.

37. Curug Ciputri Kuningan


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah curug putri. Curug yang memiliki keindahan alam sekitar yang menawan ini bisa anda jadikan tempat liburan kalau anda sedang berada di sekitar kecamatan Cigugur, Kuningan. Untuk lokasi tepatnya, ada di bumi perkemahan Patulungan yaitu di  RT.07 / RW.03, Cisantana, Cigugur, Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Curug yang memiliki udara segar serta hawa yang sejuk ini akan membuat siapa saja yang datang menjadi lebih rileks dan adem. Ketinggian curug putri ini sekitar 20 meter, dengan air yang jernih dan segar berasal dari mata air di hutan Gunung Ciremai.

38. Kolam Terapi Ikan Cigugur Kuningan


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah Kolam Terapi Ikan Cigugur Kuningan. Lokasi kolam terapi ikan ini ada di Cigugur. Silahkan datang saja mulai jam 09.00 – 17.00 WIB setiap harinya. Kolam terapi ikan ini dibuka setiap hari.

Untuk info lebih lanjutnya anda bisa menghubungi no  +62 817 613 246. Untuk wisatawan yang datang akan dikenakan tarif sebesar Rp. 10.000 perorang.

Di kolam Terapi Ikan Cigugur memiliki ribuan Ikan Mangut yang juga diistimewakan disini. Di sekeliling kolam, pengunjung dapat menceburkan kakinya ke dalam air untuk kemudian dikerubuti oleh beberapa ikan kecil ini.

Pengunjung tidak perlu khawatir ikan ini akan melukai manusia, karena tujuan ikan ini adalah untuk memakan sel-sel kulit mati pada kaki pengunjung. Hal ini dipercaya dapat menjadi terapi guna relaksasi bagi otot kaki dan merangsang titik syaraf pada bagian sekitar kaki.

39. Paseban Tri Panca Tunggal


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah sebuah cagar budaya yang terletak di Jl. Cigugur Sukamulya, Cigugur. Untuk objek wisata sejarah di Kuningan ini sudah admin sebutkan pada poin no 14. Untuk jam buka sendiri anda bisa datang ke cagar budaya ini setiap hari pada pukul 09.00 – 17.00. Untuk info lebih lanjut anda bisa menghubungi no  +62 853 9999 9351. Dan anda tidak akan dikenakan tiket masuk kesini.

Paseban Tri Panca Tunggal adalah salah satu museum yang juga merupakan cagar budaya berupa padepokan untuk menuntut ilmu kebatinan dan seni budaya. Di sebelah kiri gedung ini terdapat sebuah pendopo yang dihiasi payung unik sehingga menambah keeksotisan tempat ini.

Di tengah gedung sendiri ada sebuah patung atau replika burung Garuda yang sedang mengepakan sayapnya. Patung tersebut memiliki posisi sedang berdiri di atas sebuah longkaran yang bertuliskan Purwa Wisada.

40. Wisata Hutan Kota Mayasih Kuningan


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah hutan kota Mayasih yang ada di Jl. Lumbu, Kecamatan Cigugur. Hutan Kota ini dibuka 24 jam dan anda akan dikenakan tiket untuk masuk sebesar Rp. 5.000 perorang.

Ruang hijau yang sekaligus menjadi objek wisata ini layak untuk anda kunjungi bersama keluarga tercinta. Disini wisatawan bisa duduk santai terdapat saung-saung kecil atau gazebo yang disediakan bagi pengunjung guna beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan alam sekitarnya. Terdapat juga kolam ikan yang menjadi tampilan tambahan menarik untuk Hutan Kota Mayasih.

41. Hutan Kota Bungkirit Kuningan


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah hutan Kota Bungkrit yang ada di Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan. Taman yang buka 24 jam ini tidak mengenakan tiket masuk kepada wisatawan yang datang.

Hutan yang dikelola oleh Pmda ini menjadi menjadi objek wisata umum bagi masyarakat. hutan kotai ni sendiri letaknya dekat dengan Alun-alun Kuningan atau Taman Kota Kuningan itu sendiri.

Wisatawan bisa menikmati liburan yang alami dan asri sambil mendaki jalanan yang menanjak karena memang bentuknya merupakan sebuah lembah. Fasilitas lain seperti taman bermain bagi anak-anak juga disediakan lengkap disini bersama wahana seperti ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, dan lain sebagainya.

42. Taman Kota Kuningan


Tempat wisata di Kuningan berikutnya adalah taman kota yang juga merupakan alun-alun kota Kuningan. Taman kota Kuningan sendiri buka 24 jam untuk warga dan anda tidak akan dikenakan tiket masuk untuk bisa berekreasi di taman ini.

Lokasi taman ini tidak jauh dari taman bungkrit. Hanya sekitar 2 km saja. Letak taman atau alun-alun ini ada di Jl. Veteran, Kecamatan Kuningan.

Taman ini juga menjadi tempat nongkrong di Kuningan untuk anak muda. Lokasi dari Taman Kota Kuningan ini sendiri sangat strategis karena dikelilingi oleh ruko pedagang dari awah taman kota dan pertokoan taman barat. Salah satu spot menarik di Taman Kota Kuningan ini adalah adanya patung kuda yang dibuat di tengah taman sebagai lambang tertentu.

43. Taman Cirendang Kuningan


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah taman Cirendang yang ada di Jl. Siliwangi, Cirendang, Kecamatan Kuningan Taman ini buka setiap hari dan wisatawan yang masuk tidak dikenakan biaya. Untuk jam bukanya sendiri mulai pukul 13.00 – 00.00 WIB.

Taman ini pada mulanya merupakan terminal, namun kini dijadikan daerah konservasi tata ruang hijau. Di dalam taman kota yang umum ini, pengunjung dapat menikmati suasana sejuk dan sepi disertai gemericik suara air mancur yang dibuat di dalamnya.

Terdapat satu patung delman lengkap dengan patung kudanya yang bisa digunakan sebagai spot berfoto atau selfie. Tangga untuk memasuki taman sendiri diapit oleh dua sungai buatan yang airnya mengalir sangat jernih bahkan bisa digunakan untuk mencuci kaki.

44. Sangkan Resort Aqua Park


Tempat wisata di Kuningan selanjutnya adalah Sangkan Resort aqua park yang ada di Jl. Bandorasa KM 12, Bandorasa Wetan, Kecamatan Kuningan. Objek wisata ini dibuka setiap hari mulai jam 09.00 – 17.00 WIB.

Untuk wisatawan yang datang dikenakan tiket masuk  Rp. 35.000 (Senin – Jumat), Rp. 45.000 (Sabtu dan Minggu). Berbagai wahana liburan bisa anda nikmati disini, fasilitas disini termasuk lengkap, ada cottage, restoran, hotel, villa, hingga function hall untuk keperluan acara tertentu.

Untuk wahana hiburan, anda bisa merasakan sensasi kolam ombak, kolam dengan seluncuran bermodel gurita, tumpahan layaknya air terjun buatan, dan lain sebagainya. Untuk kolam renang anak-anak disediakan kiddy pool dan baby pool yang lebih aman.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain