Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

8 Lokawisata di Sumba yang Bisa Kamu Kunjungi

8 Tempat Wisata di Sumba yang Tidak Boleh Dilewatkan – Keindahan alam Indonesia memang sangatlah kaya, termasuk berbagai destinasi wisata di Pulau Sumba. Tidak hanya Bali yang menjadi daya tarik pariwisata di Indonesia, adapula Nusa Tenggara Timur pun memiliki berbagai keindahan alam yang sangatlah menakjubkan. Pulau Sumba merupakan salah satu dari sekian banyak dataran megah di Nusantara. Indahnya alam di Sumba pun tidak kalah apabila dibandingkan dengan Hawaii, lho! Tak jarang sekarang banyak operator Tour Agency yang menjual Paket Wisata Sumba sekaligus turut serta mengembangkan pariwisata Pulau Sumba.

Berikut ini beberapa destinasi wisata di Pulau Sumba yang akan tidak boleh kamu lewatkan di antaranya yaitu:

1. Bukit Wairinding

  • Nama Tempat:
    Bukit Wairinding
  • Alamat:
    Desa Pambotanjara, Kota Waingapu, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur
  • Harga Tiket :
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Bukit Wairinding yaitu sebuah padang savanna berwarna hijau saat musim hujan, serta berwarna kuning saat kemarau. Hamparan rerumputan yang tertiup angin pun juga akan memanjakan mata. Maka tak heran jika Bukit Wairinding pernah dijadikan lokasi syuting film Pendekar Tongkat Emas karya Mira Lesmana.


Landscape Bukit Wairinding yang sangat indah dengan hamparan padang savana yang terhampar luas dengan warna alam yang tergantung pada cuaca.

Jika kamu mengunjungi Bukit Wairinding di musim kemarau, maka kamu akan menyaksikan hamparan savana layaknya di Afrika dengan warna kuning yang lebih mendominasi.

Suasana akan sangat berbeda jika kamu mengunjunginya di musim penghujan, dimana kamu akan merasakan seperti berada di New Zealand dengan hamparan hijau yang menyejukkan.



Bukit-bukit yang ada di Waingapu atau Sumba Timur ini memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Untuk Bukit Wairinding sendiri memiliki landscape hamparan savana yang sangat luas dan berundak-undak.

Bukit Wairinding sendiri juga dikenal dengan nama Bukit Persahabatan, entah apa yang mendasari hal tersebut. Alamnya yang sangat tenang dan indah, merupakan lokasi yang tepat untuk mengistirahatkan jiwa dan raga barang sejenak.

Tak sedikit pengunjung yang datang hanya untuk menyaksikan cantiknya sunset dari atas Bukit Wairinding ini. Menyaksikan sendiri proses perubahan warna alam yang menjadi jingga kemudian gelap gulita.

Udara akan terasa dingin dengan angin yang cukup kencang, sebaiknya siapkan baju hangat untuk membuatmu tetap bisa menikmati senja di Bukit Wairinding.

Fasilitas yang ada di sekitar Bukit Wairinding diantaranya:
  • Tempat menyimpan kendaraan
  • Saung-saung sederhana
  • Kamar mandi sederhana
  • Warung makanan dan minuman
Bukit Wairinding yang juga merupakan salah satu lokasi untuk pemotretan syuting para artis, seperti Dian Sastrowardoyo yang berfoto di Desa Pambotanjara, Waingapu, Sumba Timur.

Tips Mengunjungi Bukit Wairinding
  • Jika hendak menginginkan suasana yang lebih tenang datanglah di hari biasa.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin, karena kamu akan menapaki jalan yang masih berupa bebatuan.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika berada di Bukit Wairinding, karena tidak tersedia pagar pembatas.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Bukit Wairinding.
  • Nikmatilah keindahan alam yang tersaji tanpa merusaknya.
  • Hindari datang di siang hari karena udara akan terasa panas dan menyilaukan.
2. Pantai Puru Kambera

  • Nama Tempat:
    Pantai Puru Kambera
  • Alamat:
    Desa Mondu, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  • Harga Tiket:
    GRATIS, Hanya parkir saja
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai Puru Kambera berada terletak di 25 kilometer arah timur Kota Waingapu. Lokasi Mondu, Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Tim.

Di Pantai Puru Kambera, anda akan disambut dengan hamparan pasir putih dengan air laut yang berwarna biru serta sejuknya angin laut. Keindahan Pantai Puru Kambera masih sangat alami dan bersih. Di sepanjang bibir pantai membentang pula hamparan pohon cemara yang hijau nan rindang. Berteduh di bawahnya, disertai hembusan angin sepoi-sepoi dan pemandangan pantai merupakan kenikmatan tersendiri di pantai ini.

Ombak pantai ini juga relatif tenang dan tidak terlalu besar, sehingga selain berenang Anda juga bisa bersnorkeling. Waktu yang tepat untuk bersnokeling adalah saat pagi hari yakni ketika air laut sedang surut. Pantai Puru Kambera masih sepi pengunjung. Jadi sangat cocok bagi Anda yang mendambakan ketenangan saat berlibur. Namun sayangnya Pantai Puru Kambera belum dikelola oleh pemerintah daerah setempat ataupun pengusaha.


Hampir tidak ada penduduk di sekitar kawasan pantai ini. Begitu juga dengan rumah makan. Hanya ada beberapa penginapan saja. Pantai Puru Kambera dapat dicapai selama ± 1 jam perjalanan dari kota Waingapu dengan menggunakan kendaraan bermotor. Selama perjalanan, anda akan di suguhi pemandangan eksotik berupa topografi alam dan savana dengan kumpulan hewan-hewan (salah satunya jenis kuda) yang sedang sibuk merumput.



Terdapat pula beberapa hamparan savana hijau yang berada di sekitar pantai. Kamu juga dapat menjumpai beberapa kuda yang terlihat sedang menikmati rumput santapannya di padang hijau tersebut.

Fasilitas Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat, sehingga fasilitasnya pun belum terlalu memadai. Yang ada di sekitar Pantai Puru Kambera hanyalah sebuah gazebo, restoran sederhana serta beberapa penginapan.

Meskipun belum dikelola secara maksimal namun pantai yang satu ini selalu saja dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari berbagai wilayah, karena Pantai Puru Kambera memiliki daya tarik yang luar biasa. Berikut Daya Tarik Pantai Puru Kambera:

Deretan Pohon Cemara


Ikon dari Pantai Puru Kambera ialah keberadaan deretan pohon cemara yang berdiri di sepanjang pantai, dan ternyata pohon cemara ini tumbuh dengan sendirinya. Pohon cemara yang berjajar sudah dapat kamu saksikan ketika pertama kali berada di kawasan pantai yang satu ini, keberadaannya membuat suasana Pantai Puru Kambera menjadi semakin menyejukkan.

Rindangnya pepohonan dapat kamu gunakan untuk berteduh sembari berpiknik bersama keluarga tercinta, daunnya yang rindang akan sedikit melindungimu dari paparan sinar matahari.

Pantai Yang Memanjang dan Sangat Indah


Pantai Puru Kambera membentang sepanjang kira-kira 5 km dengan berhiaskan pasir putih yang sangat cantik, apalagi ditambah dengan birunya air laut membuatnya semakin menakjubkan. Airnya yang relatif tenang membuat anak-anak dapat bermain air di pinggiran pantainya, dan kamu dengan duduk-duduk di atas hamparan pasir putih menyaksikan secara nyata keindahan Pantai Puru Kambera yang membentang dengan sangat indahnya.

Lokasinya yang tidak terlalu ramai membuat tempat wisata yang satu ini cocok sekali untuk menenangkan diri, mengasingkan diri dari semua kesibukan yang ada. Dengan mendengarkan deburan ombak yang tenang, ditemani semilir angin yang menghembus manja, membuatmu betah untuk berlama-lama berada di Pantai Puru Kambera.

Snorkeling atau Menyelam


Pantai Puru Kambera memiliki keadaan air yang sangat jernih dan bersih, tak ada salahnya untuk melakukan kegiatan snorkeling atau menyelam disini. Walaupun memang pantai ini bukanlah spot penyelaman utama di Sumba, namun kamu dapat melihat beberapa coral-coral terumbu karang yang sangat cantik.

Kamupun akan dapat menyaksikan beberapa jenis ikan yang berenang mengelilingi terumbu karang tersebut. Untuk dapat melakukan kegiatan Snorkeling atau menyelam kamu harus membawa perlalatannya sendiri, karena belum tersedianya tempat penyewaan peralatan tersebut.

Tips Mengunjungi Pantai Puru Kambera
  • Perhatikan kondisi cuaca ketika hendak berangkat, karena kamu akan menghabiskan waktu di tempat terbuka.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika bermain air di Pantai Puru Kambera.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian lokasi Pantai Puru Kambera.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Puru Kambera.
  • Gunakan sunblock untuk mengurangi efek paparan sinar matahari.
  • Gunakan topi atau kacamata hitam ketika berjalan-jalan menyusuri Pantai Puru Kambera.
3. Persawahan Mauliru

  • Nama Tempat:
    Persawahan Mauliru
  • Alamat:
    Mauliru, Kambera, East Sumba Regency, East Nusa Tenggara
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Persawahan Mauliru dapat pula dijaikan sebagai tempat wisata. Persawahan Mauliru merupakan salah satu daya tarik dari Sumba Timur. Destinasi wisata di Pulau Sumba ini menyajikan hamparan hijaunya sangat aesteti dan dapat menenangkan hati serta pikiran.

Keunikan persawahan Mauliru menjadi latar foto Instagramable di sana. Hamparan perbukitan yang eksotis di bagian barat, timur, dan selatan turut membungkus kemolekan areal persawahan tersebut. Sejauh mata memandang, lautan biru membentang luas di bagian utara.

Pada persawahan ini, kamu dapat berfoto dengan latar belakang persawahan Mauliru dan sangat Instagramable lho.



Di atas puncak Bukit mauliru  kamu bisa menikmati indahnya hamparan persawahan padi milik para petani di Mauliru dengan petak-petak sawah terjejer rapih, dengan ditumbuhi pohon lontar dan kelapa di antara petak sawah-sawah itu semakin menghipnotis mata kamu.

Bukan hanya itu dari atas puncak bukit itu juga, kamu bisa menyaksikan hamparan padang savana yang terbentang dengan bukit-bukit kecil yang Tuhan lukiskan di bagian Timur, Barat dan Utara. Hamparan padang savana ini juga sejauh mata memkamung.

Selain itu, dari puncak bukit Mauliru juga kamu bisa menyaksikan sinar sunset di sore hari yang hendak terbenam di balik punggung bukit semananjung Sasar. Kamu juga bisa menyaksikan area lapangan atau run way Bkamura Udara Umbu Mehang Kunda secara keseluruhan.


View inilah yang sering dinantikan para wisatawan yang hendak mampir ke bukit ini, karena waktu-waktu tersebut sangat susah untuk dinantikan.

Pesona melihat sunrise dan sunset adalah momen langka, apalagi bagi Anda yang dihadapkan dengan rutinitas yang setiap hari harus beraktivitas dari pagi hingga malam.

Jadi melihat penomena ini adalah sesuatu yang jarang dilakukan. Apalagi momen liburan maka akan dimanfaatkan untuk merefresh otak kita.

4. Danau Weekuri

  • Nama Tempat:
    Danau Weekuri
  • Alamat:
    Desa, Kalena Rongo, Kec. Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam | Waktu yang tepat untuk mengunjungi saat matahari terbenam Jam 16.00

Danau Weekuri merupakan danau yang dikenal memiliki air yang asin. Danau ini berada pada Kabupaten Sumba Barat Daya. Air danau Weekuri memiliki kadar garam yang sangat tinggi, sehingga dapat mengapungkan tubuh wisatawan yang berenang.

Air tersebut masuk melalui celah bebatuan yang berada di gugusan karang sekitar Danau Weekuri. Yang akhirnya membuat danau tersebut airnya menjadi asin. Namun uniknya Danau Weekuri memiliki beberapa titik sumber mata air, yang membuat gradasi warna air yang berbeda di setiap kolamnya.


Ada yang berwarna biru cerah ada juga yang biru kehijau-hijauan. Kondisi airnya pun beragam ada yang hangat ada pula yang dingin. Keunikan yang dimiliki Danau Weekuri merupakan daya tarik tersendiri, yang jarang mungkin bahkan tidak ada duanya.

Kamu dapat melihatnya dari ketinggian dengan menyusuri sebuah jalan jembatan yang terbuat dari kayu. Dari ketinggian kamu dapat melihat indahnya Danau Weekuri serta laut lepas yang ada di balik batu karang. Serta disamping danau terdapat bebatuan gua yang membentuk stalagtit atau stalagmit, dimana selalu digunakan pengunjung untuk berteduh dan bersantai.



Birunya air laut pada danau ini pun dijamin akan menghipnotismu, lho! Lokasi Desa, Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Tim.

Tips Mengunjungi Danau Weekuri
  • Waktu terbaik adalah saat pagi dan sore hari dengan cuaca cerah.
  • Disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil/motor dengan sopirnya.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu jaga kelestarian alam di sekitar danau.
  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.
  • Awasi dan jaga anak-anak ketika bermain air.
  • Berhati-hati ketika berada di puncak bukit.
5. Pantai Mandorak

  • Nama Tempat:
    Pantai Mandorak
  • Alamat:
    Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur
  • Harga Tiket:
    Rp. 50.000,- per mobil
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Pantai Mandorak merupakan pantai yang berada pada posisi kedua setelah Danau Weekuri sebagai objek wisata terbaik di Sumba. Destinasi wisata di Pulau Sumba ini berada di Kabupaten Sumba Barat Daya. Keindahan pantai ini pun tidak kalah indah dari Hawaii. Keunikan dari pantai ini yaitu berada di balik tebing curam.

Selain menawarkan panorama indah, Pantai Mandorak juga menjadi tempat penduduk setempat menyandarkan perahu yang digunakan untuk mencari ikan di laut. Untuk menjaga perahu mereka tetap aman dari gelombang besar, para penduduk setempat akan bekerja sama menarik perahu-perahu tersebut ke area aman.

Selain melakukan aktivitas air, kamu juga bisa trekking ke atas tebing batu karang di sisi timur pantai dan menikmati pemandangan sekitar. Dari ketinggian, kamu bisa merasakan sejuknya udara pantai serta melihat kehidupan biota laut karena airnya yang begitu jernih.




Apabila sore hari, maka semburat cahaya matahari terbenam akan memperindah panorama Pantai Mandorak, yang pasti serasa menemukan kepingan surga. Lokasi Kalena Rongo, Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Tim.

6. Air Terjun Lapopu

  • Nama Tempat:
    Air Terjun Lapopu
  • Alamat:
    Manurara, Katikutana Selatan, Central Sumba Regency, East Nusa Tenggara
  • No Telp:
    0822-2147-7093
  • Harga Tiket:
    Rp. 75.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Air terjun Lapopu merupakan air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Timur. Air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, tepatnya terketak di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

Pulau ini disebut-sebut sebagai pulau terindah di dunia berdasarkan terbitan sebuah majalah yang berasal dari Jerman, dan selalu dikunjungi oleh artis-artis terkenal Indonseia bahkan mancanegara.




Pada air terjun ini memiliki beberapa tingkat, sehingga jatuh airnya tidak langsung ke dalam kolam, akan tetapi masih berundak-undak. Udara yang masih segar serta panorama alam yang masih alami, membuat semuanya terasa sangat sempurna. Hanya ada suara alam yang dapat kamu dengar disini.

Suasana alam yang tenang dan sejuk, sungguh sangat menenangkan hati dan fikiran. Lokasinya yang berada di alam terbuka membuat kita dapat melihat indahnya alam dengan lebih sempurna.

Tips Wisata Air Terjun Lapopu
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Berhati-hatilah ketika melitasi jembatan dan menapaki jalan setapak.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika bermain air.
  • Bawalah makanan dan minuman yang cukup untuk bekal kamu selama di lokasi air terjun.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
7. Pantai Nihiwatu

  • Nama Tempat:
    Pantai Nihiwatu
  • Alamat:
    kawasan Lamboya-Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai Nihiwatu, meskipun tidak sepopuler pantai di Bali, pantai ini menjadi incaran para traveler, terutama para peselancar. Bahkan, destinasi wisata di Pulau Sumba ini dikenal dengan sebutan God’s Left oleh para treveler.

Bahkan para peselancar menjuluki pantai ini dengan sebutan God’s Left. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang berasal dari luar negeri. Untuk dapat menikmati keindahan dan kedahsyatan ombak di Pantai Nihiwatu tidak sembarang orang yang dapat melakukannya, termasuk orang Sumba sendiri. Pantai Nihiwatu memang merupakan salah satu pantai yang mempunyai sifat privasi bagi kalangan tertentu. Hal ini memang terdengar sedikit aneh, tetapi itulah kenyataan yang berlaku untuk Pantai Nihiwatu.


Ombak pada Pantai Nihiwatu menjadi tantangan yang terbaik bagi para peselancar dunia. Ombak di tempat ini merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia bahkan merupakan ombak tercepat di dunia. Pantai Nihiwatu ini bahkan berhasil mengalahkan keindahan panorama terkenal di Hawaii, yaitu Hanalei Bay. Hal tersebut membuat Resort Nihiwatu berhasil memenangkan penghargaan sebagai hotel terbaik ke-2 di Indonesia pada tahun 2012. Walaupun pemilik resort ini adalah seorang warga negara asing, namun karyawannya adalah penduduk asli Warga Negara Indonesia dan mereka menjaga dengan baik kebersihan pantai dan fasilitas yang ditawarkan.


8. Pantai Ratenggaro

  • Nama Tempat:
    Pantai Ratenggaro
  • Alamat:
    Desa Ratenggaro, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur
  • Harga Tiket:
    GRATIS
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam

Selain Pantai Nihiwatu, pada Pantai Ratenggaro juga cocok digunakan untuk berselancar. Ombaknya yang cukup tinggi dan panjang akan menjadi daya tarik bagi para peselancar. Pantai ini terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Berwisata ke Pantai Ratenggaro, akan disuguhi wisata alam dan juga budaya. Kesan pertama yang unik di pantai ini adalah suasana etnik, karena akan melewati banyak desa tradisional. Keadaan alam di sekitar masih sangat alami karena jarang tersentuh wisatawan.


Area pantai yang bersih, tenang, dikelilingi laut biru nan asri akan membuat siapapun merasa nyaman saat mengunjunginya. Pantai Ratenggaron merupakan pertemuan muara sungai dengan laut, membuat siapapun bebas berenang di pesisirnya.

Bagi yang suka surfing, pantai di Sumba ini memiliki ombak besar dengan long roll lho!. Jadi, selain bersantai, kamu juga bisa mencoba adrenalin dengan menjajal ombak tersebut.



Di sini juga dikenal karna pantai ini mengombinasikan wisata alam dan budaya. Di dekat pantai pun terdapat kampung adat Ratenggaro. Wah, sekali mendayung, dua-tiga wisata pun terlampaui! Lokasi Umbu Ngedo, Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Tim.

Tips Wisata di Pantai Ratenggaro
  • Sebaiknya menggunakan sepatu tertutup karena bebatuan karang yang tajam.
  • Taati aturan adat desa setempat.
  • Buat kamu yang ingin membeli oleh-oleh, kawasan tersebut juga dimanfaatkan masyarakat setempat untuk menjual tenunan Sumba yang terkenal dengan motif-motif khasnya. 
  • Jangan mengotori area wisata, jangan merusak maupun melakukan vandalisme.
Demikian ulasan tentang 8 Destinasi Wisata di Pulau Sumba yang Tidak Boleh Dilewatkan yang bisa membantu Anda memilih tempat libuan.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain