Anda Membutuhkan Villa Untuk Penginapan Liburan Anda? Klik Disini

Goa Lawa Purbalingga, Goa Penuh Sejarah Dan Warna

Goa Lawa Purbalingga merupakan lokawisata alam yang berada di Purbalingga. Goa lawa ini memiliki seribu sejarah didalamnya. Berikut deskripsinya
Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa Purbalingga, mungkin kalian mengenal destinasi wisata alam yang satu ini. Tempat wisata yang dikenal dengan sebutan GOLAGA ini memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik banyak wisatawan lokal maupun nasional.

Selain itu, Lokawisata Purbalingga yang satu ini juga memiliki sejarah menarik. Mulai dari terbentuknya goa ini hingga cerita rakyat yang terkandung didalam sejarh goa ini.

Lalu apa saja yang menarik dari Wisata Pratin Purbalingga ini? Dan bagaimana sejarah serta cerita rakyat goa ini? Untuk lebih jelasnya simak ulasan Tourism Rank Indonesia.

Deskripsi Goa Lawa Purbalingga

Goa Lawa memiliki arti Goa Kekelawar, sehingga saat kalian masuk, kalian akan disambut dengan patung kekelawar yang menjadi ikon tempat wisata ini.

Penamaan goa lawa ini diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga di tahun 1979 ketika seorang warga menemukan goa ini sebagai tempat bersarangnya ribuan kekelawar.

Goa ini yang mempunya panorama indah dan kesejukan alam khas pegunungan. Ini karena letaknya yang berada tepat dikaki Gunung Slamet.

Asal Usul Goa Lawa Purbalingga

GOLAGA ini tidak sama dengan goa pada umumnya yang terbentuk dari bebatuan kapur. Goa Lawa Purbalingga ini terbentuk dari erupsi Gunung Slamet yang bersifat efusif, sehingga lahar panas atau lava mengalir kebawah.

Lahar panas dibagian atas mengeras atau menjadi batu, sedangkan lahar panas pada bagian dalam terus mengalir sehingga terbentuk ruang pada bagian dalamnya.

Sejarah Goa Lawa Purbalingga

Selain asal usul terbentuknya Goa Lawa, terdapat sebuah cerita sejarah diawal agama islam yang mulai melebar di Pulau jawa, terutama di Kabupaten Purbalingga.

Kisah yang berfokus pada dua tokoh penyebar agama islam bernama Akhmad dan Mohamad. Mereka merupakan pengikut Ki Sutaraga yang merupakan seorang sosok terkemuka agama. Lalu, Akhmad dan Mohamad diberi tugas untuk menyebarkan agama islam serta menjaga daerah gua.

Didalam tugasnya itu, mereka terpikat dengan dua petapa cantik bernama Endang Murdaningsih dan Endang Murdaningrum, sehingga Akhmad dan Mohamad sering masuk ke dalam gua untuk merayu Endang Murdaningsih dan Endang Murdaningrum.

Kabar kelakuan Akhmad dan Mohamad ini terdengar oleh Ki Sutaraga. Sehingga beliau mencari mereka berdua. Setelah mereka bertemu, Mohamad dan Akhmad dikutuk menjadi seorang badak atau warak dalam bahasa jawa.

Kisah ini juga yang menjadi cikal bakal penamaan desa siwarak, desa yang menjadi lokasi tempat goa lawa ini berada.

Lokasi Goa Lawa Purbalingga

Peta dan Alamat Lengkap Goa Lawa Purbalingga

Alamat Lengkap Goa Lawa Purblingga ini di Desa Siwarak, RT. 01 RW. 07, Dusun IV Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingg, Jawa Tengah. Untuk lebih jelasnya bisa lihat goa lawa purbalingga berikut:

Jalan Menuju Goa Lawa Purbalingga

Lokasi tidak jauh dari jalan utama Pemalang - Purbalingga, hanya berjarak 2,6 km atau hanya 6 menit dengan kendaraan pribadi.

Sedangkan jarak antara pusat kota Purbalingga ke Goa Lawa ini hanya 24 km dan dengan waktu tempuh kurang lebih 37 menit dengan kendaraan pribadi.

Arah ke goa lawa purbalingga ini cukup dengan kearah barat dipersimpangan Purwosari, Pemalang - Purbalingga. Jadi sangat mudah ditemukan.

Biaya Masuk Goa Lawa Purbalingga

Harga tiket masuk goa lawa purbalingga tergolong murah, hanya Rp.. 20.000 per orang untuk hari biasa dan Rp. 25.000 orang untuk hari libur dan akhir minggu.

Tarif Goa Lawa Purbalingga ini tidak berlaku untuk anak dibawah 3 tahun, atau dengan kata lain anak dibawah 3 tahun gratis.

Jam Operasional Goa Lawa Purbalingga

Wisata Purbalingga yang satu ini buka setiap hari dari hari senin sampai dengan hari minggu dan mulai dari jam 08.00 sampai dengan jam 16.00. Jadi kalian bisa mengunjunginya kapanpun kalian sempat.

Fasilitas Goa Lawa Purbalingga

Fasilatas umum di lokawisata ini tergolong cukup lengkap, diantaranya:

  • Tempat parkir dengan lahan yang cukup luas, sehingga kalian tidak perlu takut untuk membawa kendaraan pribadi
  • Kamar kecil, yang bisa kalian gunakan untuk membuang air kecil dan air besar serta keperluan lainnya.
  • Tempat untuk beristirahat (Gazebo), sehingga kalian bisa beristirahat sejenak setelah lelah menelusuri goa.
  • Rumah ibadah (Mushola), jadi kalian tidak perlu keluar area jika ingin beribadah.
  • Warung makan dan minum, jika kalian lupa membawa bekal, kalian tidak perlu keluar area wisata ini. Kalian bisa membelinya didalam area wisata.
  • Zona bermain anak, kalian bisa mengajak bermain anak kalian di zona bermain anak.
  • Spot foto, kalian bisa berfoto ria dispot foto yang sudah disediakan pihak pengelola lokawisata ini.

Bagaimana? Fasilatas yang disediakan tergelong lengkap bukan? Jadi kalian tidak perlu keluar zona wisata ini untuk keperluan kecil.

Hal Menarik Dari Goa Lawa Purbalingga

Tidak hanya cerita sejarah dan asal usul dari goa ini saja yang menarik. Namun banyak hal yang membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun nasional. Diantaranya:

Berjelajah Goa

Gambar Goa Lawa Purbalingga

Seperti namanya wisata yang satu ini memiliki daya tarik utama berupa goa. Keadaan goa disini tergolong lembab, bahkan dibeberapa bagian dinding goa masih mengeluarkan tetesan air. Tetesan air ini bersumber dari rembesan dari permukaan atas goa.

Untuk menarik perhatian wisatawan serta menerangi jalan, pihak pengelola telah memasang lampu dibeberapa bagian goa dengan lampu yang penuh dengan warna.

Saat kalian berjelajah, kalian akan menemukan 14 bagian goa diantaranya, Goa Naga, Goa Lorong Penembahan, Goa Poso, Goa Danau, Goa Rahayu, Goa Cepet, Goa Museum Batu, Goa Ratu Ayu, Goa Langgar, Goa Angin, Goa Dada Lawa, Goa Batu Keris, Goa Batu Semar, Serta Goa Waringin.

Selain itu juga terdapat Pancuran Sendang Drajat yang diyakini airnya tidak pernah surut, serta Balai Pertemuan Agung yang merupakan tempat berkumpulnya para petinggi agama pada masa silam.

Zona Permainan Anak

Permainan Anak Goa Lawa Purbalingga

Jika kalian sudah puas jelajah goa, maka kalian bisa beralih ke zona permainan anak yang seru pastinya. Disini kalian bisa mengajak anak kalian bermain bersama. Selain membuat anak kalian bahagia, kalian juga bisa lebih mendekatkan diri bersama mereka.

Lava Coffee Shop

Lava Coffee Shop Goa Lawa Purbalingga

Ingin merasakan sensasi minum kopi didalam goa? Tenang, pihak pengelola sudah menyiapkannya. Cafe dengan tema coffee lava ini akan memberikan sensasi ngopi yang berbeda. Dengan kopi hangat sambil menikmati suasana goa yang sejuk.

Spot Foto Instagramable

Spot Foto Goa Lawa Purbalingga

Kurang pas jika kita berkunjung ke tempat wisata namun tidak mengabadikan momen itu. Mungkin hal ini juga yang terpikir oleh pihak pengelola, sehingga terdapat spot foto yang menarik dan tentunya instagramable di goa lawa purbalingga ini.

Kalian bisa mengambil foto dan mengabadikan momen liburan kalian bersama keluarga di lokawisata yang satu ini. Banyak spot foto yang instagramable, seperti patung kekelawar yang menjadi ikonik tempat ini, serta pemandangan dalam goa yang menakjubkan.

Paket Caving

Paket Caving Goa Lawa Purbalingga

Masih kurang puas dengan susur goa yang biasa? Tenang, pihak pengelola masih menyediakan caving yang bisa memacu adrenalin kalian. Kalian akan dibawa caving lebih dalam lagi.

Namun untuk fasilitas ini kalian akan dikenakan tarif tambahan sebesar Rp. 150.000 per orang dan dengan jumlah minimal 5 orang. Harga itu sudah termasuk penyewaan helm, headlamp, sepatu boot, p3k, pemandu, serta kalian juga mendapatkan 1x makan, coffee break dan dokumentasi.

Paket Outbond

Paket Outbond Goa Lawa Purbalingga

Lahan yang luas menjadi kelebihan dari wisata yang satu ini, melihat peluang itu, pihak pengelola menyediakan satu paket yang menarik untuk kalian coba, yaitu paket outbond.

Kalian bisa ber outbond ria dengan membayar biaya tambahan sebesar Rp. 150.000 sampai dengan Rp. 250.000 per orang dengan batas minimal 30 orang.

Harga itu sudah termasuk 1x makan dengan menu yang kalian suka, coffee break, tiket gratis masuk goa lawa purbalingga, sewa lahan lengkap dengan peralataan permainan fun game serta fasilitator untuk kegiatan fun game, dan dokumentasi.

Penginapan Di Goa Lawa Purbalingga

Penginapan Di Goa Lawa Purbalingga

Jika kalian berniat bermalam di daerah goa lawa purbalingga ini terdapat homestay yang unik. Terdapat 4 unit homestay berbentuk nanas dan satu bangunan publik yang bisa kalian sewa. Namun, untuk harganya kami belum tau. Mungkin bisa kalian tulis dikolom komentar.

Itulah informasi yang bisa Tourism Rank Indonesia berikan tentang Goa Lawa Purbalingga atau GOLAGA. Tentu masih banyak informasi yang tidak kami cantumkan, jika kalian memiliki informasi tambahan, kalian bisa tulis dikolom komentar.

Untuk kritik serta saran kalian juga bisa tulis dikolom komentar. Terima kasih.

Posting Komentar