Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Curug Pulosari - Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

  • Nama Tempat:
    Curug Pulosari
  • Alamat:
    Krebet, Sendangsari, Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751
  • Harga Tiket:
    Rp. 2000,-
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB
  • Parkir:
    Motor Rp. 2000,-
    Mobil Rp. 5000,-
Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, kuliner serta wisata pantainya, tetapi Yogyakarta juga memiliki air terjun yang unik dan indah. Salah satu kabupaten yang tidak pernah sepi dari munculnya potensi wisata alam yang baru adalah Kabupaten Bantul. Di daerah Bantul banyak sekali destinasi wisata yang sangat indah dan wajib untuk dikunjungi para wisatawan, salah satu nya yaitu Curug Pulosari.

Asal usul dari nama Curug Pulosari adalah berasal dari kata “Curug” yang berarti air terjun yan ukurannya kecil dan Pulosari adalah wilayah dari nama tempat tersebut. Air terjun ini letaknya berada di bawah jurang. Saat sampai disini pengunjung akan mendapatkan pemandangan air terjun yang indah dan pesona alam terbuka yang diiringi dengan air jernih gemercik yang mengalir. Pengunjung juga akan merasakan asrinya pepohonan disekitar air terjun, hal tersebut yang menambah daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang singgah ke destinasi wisata tersebut.

Ketinggian air terjun ini tidak terlalu tinggi yaitu hanya sekitar 5 sampai 7 meter saja, walaupun begitu tempat ini nyaman untuk dikunjungi. destinasi wisata ini sangat cocok untuk refreshing karena tempat ini tersembunyi, jauh dari keramaian serta nuasa sunyi dan hening akan terasa. Yang menarik dari air terjun ini adalah cara jatuhnya air seperti membentuk tirai tirai putih yang sangat cantik dan dibawahnya terdapat kolam yang biasa digunakan untuk berenang dan bermain air.

Pada saat musim hujan volume air dapat mengalir secara maksimal dan pada saat ini juga pemandangan atau keasliannya dapat terlihat jelas. Tetapi apabila musim kemarau debit air dapat mengalir tetapi volumenya tidak sederas pada saat musim hujan. Pada musim kemarau para pengunjung juga bias melhat keasliannya dari air terjun tersebut tetapi tidak seindah pada musim penghujan.

Di Curug Pulosari pengunjung juga dapat melakukan beberapa kegiatan olahraga fisik yang dapat menantang adrenalin, diantaranya adalah panjat tebing (climbing) dan turun tebing (repling) untuk di area ini biasanya berada di sebelah barat air terjun dan tepatnya berada di perbukitan. Curug Pulosari ini juga biasa digunakan untuk pemrotetan prewedding, pemrotetan untuk studi kasus atau studi banding, dikarenakan di tempat ini pengunjung akan menemukan keasrian alam yang sebenarnya.


Daya Tarik yang Dimiliki Curug Pulosari

1. Pesona Air Terjun Curug

Air terjun Pulosari yang memiliki ketinggian sekitar 6 sampai dengan 7 meter ini merupakan salah satu air terjun terindah di daerah Bantul. Air terjunn berada di perbukitan yang masih sejuk dengan hamparan tumbuhan-tumbuhan hijau. Air ini turun dengan deras dan cepat membentuk lebaran ke dalam kolam.

Di bawah tepi air terjun terdapat sungai yang seperti kolam, tidak terlalu lebar tetapi cukup cantik. Sungai ini nantinya mengalir mengikuti arus sungai yang menyempit. Air terjun curug akan semakin deras mengalir disaat memasuki musim penghujan dengan genangan sungai yang dalam.

Di musim penghujan air terjun yang runtuh deras dan kuat menyentuh bibir tepi bawah. Pengunjung dapat menikmati keindahan tersebut. Tetapi, selain musim penghujan, yaitu di musim kemarau air terjun ini juga sangat menarik untuk dilihat walaupun tidak deras tetapi tetap mengaliri sungai di bawahnya.

2. Keindahan Alam Sekitar

Pesona Curug Pulosari memang tidak main-main. Curug ini berada di dalam perbukitan sehingga saat memasuki lokasi curug, pengunjung akan disuguhkan keindahan alam sekitar yang menarik. Terdapat perbukitan-perbukitan dengan tumbuhan-tumbuhan hijau yang mewarnai.

Tumbuhan ini hidup dengan subur. Selain tumbuhan hijau, pengunjung juga akan melihat beberapa hewan-hewan bukit. Tak heran, bukit ini membentuk pepohonan yang lebat dengan hutan belantara. Masih banyak terdapat hewan seperti berbagai jenis serangga hutan, musang besar, kera yang bergelantungan ataupun hewan ular.

Tetapi anda tidak perlu khawatir, saat memasuki lokasi pengunjung akan bersama dengan pemandu jalan dari warga sekitar. Petugas ini akan menjelaskan berbagai macam kehidupan di perbukitan dan pemandu juga akan menjaga pengunjung.

3. Wahana Curug Pulosari

Menariknya, Curug ini menyediakan wahana alam yang asri seperti panjat tebing. Pengelola membuat panjat tebing dari memanfaatkan berbagai tebing-tebing di sekitar curug. Kegiatan ini dapat merefreshing dan menjadi hiburan tersendiri bagi beberapa pengunjung.

Selain panjat tebing, curug ini juga menyediakan wahana outbond dengan khas alam yang asri. Beberapa aktivitas outbond dapat dilakukan di curug. Terlebih bagi para pengunjung yang datang berkelompok. Bermain bersama menghabiskan hari yang panjang di curug yang indah ini.

Harga Tiket

Harga tiket masuk Curug Pulosari sangat murah, pengunjung hanya dikenakan biaya yaitu Rp 2.000,-/orang. Harga tersebut sudah sangat murah untuk memasuki destinasi wisata di Daerah Bantul.

Sedangkan untuk biaya parkir di Curug Pulosari yaitu Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk parkir mobil.

Fasilitas

Fasilitas Curug Pulosari sudah lumayan lengkap bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Curug Pulosari, diantaranya adalah:
  1. Ruang ganti naju
  2. Warung makan
  3. Tempat parkir
  4. Penyewaan ban renang
  5. Gazebo
  6. Warung oleh-oleh
Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Wisata alam yang menarik ini berada di Desa Krebet Sendangsari Kecamatan Bantu, Kabupaten Bantul, Kota Yogyakarta. Lokasi wisata Curug Pulosari lumayan dekat dari titik pusat kota Yogyakarta.

Waktu tempuh perjalanan dari pusat titik kota Yogyakarta ke lokasi curug sekitar 50 menit di perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 16 kilometer perjalanan. Rute perjalanan yang dapat diambil dari pusat kota Yogyakarta menuju ke arah barat Jalan KH. Ahmad Dahlan. Setelah itu anda akan melewati Jalan Wates.

Setelah melewati Jalan Wates, terdapat di perempatan, pengunjung dapat menuju ke arah selatan dari perempatan tersebut terus ke Jembatan Gamping sampai menuju ke Jalan Ringroad Barat. Setelah melewati Jalan tersebut, anda akan bertemu dengan simpang pertigaan, pilih Jalan Nasional III dari pertigaan lanjut menuju ke perempatan.

Sampai di perempatan, lanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju Jalan Rindang. Kemudian melaju sampai ke Jalan Bangunjiwo. Setelah lurus anda akan menemui perempatan lagi, silahkan lanjut ke arah selatan menuju Jalan Gua Selarong. Teruskan perjalanan sampai perempatan menuju ke Jalan Pandu Dewonto.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain