Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lava Bantal - Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

  • Nama Tempat:
    Lava Bantal
  • Alamat:
    Jl. Berbah - Prambanan, Jragung, Kalitirto, Kec. Berbah, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55573
  • Jam Buka:
    Senin - Minggu: pukul 06.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Gratis
  • Wahana Tubing:
    Dewasa Rp. 15.000,- per orang
    Anak-anak Rp. 10.000,- per orang
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Parkir:
    Motor Rp. 2000,-
    Mobil Rp. 5000,-

Lava Bantal adalah salah satu destinasi wisata viral dan kekinian di Jogjakarta. Terletak di Sleman, merupakan warisan Geologi atau Geo Heritage yang dikelola oleh pemerintah Sleman sebagai tempat wisata dan edukasi.

Maka, tak heran jika banyak sekali mahasiswa-mahasiswa yang mengunjungi tempat ini. Bencana gunung Meletus sebenarnya tidak hanya memberikan kerugian saja bagi masyarakat. Terkadang memberikan manfaat, misalnya bisa dijadikan wisata alam, salah satunya tempat wisata ini.

Konon keberadaan Lava Bantal berkontribusi besar terhadap terbentuknya Pulau Jawa. Fenomena alam seperti yang terjadi di Lava Bantal ini sangat jarang terjadi. Di Pulau Jawa fenomena sejenis hanya bisa ditemukan di Karangsambung (Kebumen), Ciletuh (Jawa Barat), dan di Berbah (DIY).

Dengan latar belakang sejarah geologi yang panjang, sejak 2 Oktober 2014 silam pemerintah telah menetapkan objek wisata ini sebagai geo heritage. Artinya, semua keunikan geologis yang ada di objek wisata tersebut tergolong sebagai objek yang dilindungi oleh pemerintah.

Keindahan Lava Alami


Lava Bantal Jogja merupakan lava yang sudah membeku dan berbentuk seperti bantal, terbentuk dari lelehan lava Gunung Merapi yang kebetulan mengalir di Sungai Opak.

Jika pada awalnya tempat wisata lava bantal ini hanya sebatas objek batuan di sungai saja, sekarang sudah banyak dilakukan upgrading. Beberapa fasilitas sudah tersedia seperti pendopo, warung makan, gazebo, dan tubing dengan pemandu yang profesional.

Daya Tarik yang Ditawarkan Lava Bantal

Keunikan dari geowisata ini tentu dari bebatuan lava yang membentuk seperti tumpukan bantal di sisi aliran sungai. Berkat geoheritage yang dimilikinya, tak jarang banyak menjadikan bebatuan di sisi sungai ini sebagai latar foto, lho. Unik banget!

Selain bisa berfoto dan menikmati panorama alam sekitar, di Lava Bantal kamu juga bisa banget bermain sepeda di sisi bantaran sungai maupun di atas jembatan. Memang tempatnya sudah disediakan dan nyaman banget.

Spot Foto


Saat senja menjadi momen favorit wisatawan saat datang objek wisata ini. Berfoto dengan latar air sungai dan bebatuan besar serta semburat jingga di langit barat menjadi perpaduan yang memukau di lensa kamera.

Namun untuk mendapatkan perpaduan yang memukau itu, sangat disarankan kepada wisatawan untuk berkunjung ke Lava Bantal saat musim kemarau. Dengan begitu, ufuk barat terlihat sangat cerah saat sore hari.

River Tubing Menantang


Tak hanya mengenal bebatuan dengan sejarah geologi yang panjang, di objek wisata tersebut wisatawan juga bisa menikmati sensasi ber-tubing ria di atas aliran sungai Opak. Tubing adalah wahana wisata di mana dengan menaiki sebuah ban besar, wisatawan mengarungi aliran sungai.

Di objek wisata ini, setiap pengunjng cukup membayar seharga Rp55.000. Dengan tarif segitu, wisatawan bisa mengarungi aliran Sungai Opak sejauh dua kilometer selama kurang lebih 1,5 jam.

Fasilitas Wisata di Lava Bantal


Dari awalnya yang sepi pengunjung, kini Lava Bantal sangat ramai wisatawan. Pihak pengelola pun memberikan kenyamanan kepada pengunjung dengan memberikan sederet fasilitas.

Fasilitas tersebut seperti area parkir, toilet, musala, warung makan, gazebo, dan taman bermain. Kalau berlibur ke Lava Bantal bakal jadi paket lengkap, deh.

Merasakan ketenangan aliran bantaran sungai ditemani bebatuan unik akan terasa menyenangkan. Buat kamu yang berada di Yogyakarta, langsung saja merasakan spot wisata tersebut lewat Lava Bantal. Dijamin seru dan berkesan!

Harga Tiket Masuk Lava Bantal Jogja

Untuk masuk ke tempat wisata ini, hanya akan dikenakan biaya parkir saja, untuk kendaraan roda dua dipatok Rp 2.000,-, untuk bis Rp 10.000,- dan untuk mobil Rp 5.000,- pada hari biasa. Biasanya tarif naik di akhir pekan maupun musim liburan.

Lokasi Lava Bantal Jogja

Tempat wisata ini terletak di Jl. Berbah – Prambanan, Berbah, Kalitirto, Kabupaten Sleman. Lokasinya memang masuk ke jalan yang cukup kecil, namun untuk ukuran satu mobil, bis, dan motor, masih bisa dilalui. Untuk tiba di lokasi ini, dari Pusat Kota Jogja dapat ditempuh dengan waktu sekitar 25 menit jika tidak macet, jarak nya cukup dekat hanya 14 km.

Rute Menuju Lokasi

Dari pusat kota Jogja, anda bisa menggunakan rute Jl. Raya Berbah, Jl. Wonosari, atau Jl. Laksda Adisucipto – Jl Raya Berbah. Setelah masuk ke Jl Raya Berbah, terus ke barat hingga ada Panti Asuhan Bhakti Luhur. Kemudian ikuti jalan, belok kanan hingga menemukan SDN Sumber 1, kemudian masih lurus, setelah menemukan baliho Lava Bantal, tinggal mengikuti baliho tersebut, tempat wisata ini terletak di kiri jalan.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain