Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Baturaden Yang Indah & Sejuk

  • Nama Tempat:
    Lokawisata Baturraden
  • Alamat:
    Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53151
  • Harga Tiket:
    Rp. 20.000,00 - Rp. 25.000,00
  • Jam Buka:
    07.00 - 16.00 WIB
Baturraden adalah salah satu pilihan tempat wisata ketika berada di Purwokerto. Selain udara yang sejuk, bentang alamnya juga indah. Salah satu obyek wisata yang sayang untuk dilewatkan adalah Lokawisata Baturraden.

Wisata Baturaden banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar negeri, tidak sedikit hotel dan vila indah berdiri di kawasan ini untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal di kawasan baturaden, dengan hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah membuat wisatawan betah untuk tinggal di setiap hotel maupun vila yang ada di sini.

Pengunjung yang data ke sini biasanya ingin menikmati udara sejuk dan suguhan keindahan lereng Gunung Slamet. Selain beragam aktivitas dan wahana yang tidak kalah seru. Kolam renang, sepeda air, air mancur, serta beberapa aktvitas lainnya.

Sejarah dan Legenda Baturaden

Jika masa kecil kalian sering mendengar akan lenggenda Lutung Kasarung maka tempat inilah yang menjadi latar utama dari dongeng tersebut, dongeng Lutung Kasarung berkembang di masyarakat Baturaden, atas alasan inilah lengenda dan dongeng dari lutung kasarung tak luput dari Kawasan Wisata Baturaden. Baturaden sendiri berasal dari kata ‘Batur’ yang dalam bahasa Jawa berarti Pembantu, Teman, atau Bukit dan ‘Raden’ berarti Bangsawan.

Lokasi Tempat Wisata Baturaden

Untuk mengunjungi lokawisata Baturaden kalian cukup menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar 15 menit, jarak dari Kota Purwokerto sekitar 15 km. Jika kalian ingin menggunakan angkutan umum kalian cukup pergi ke terminal utama Purwokerto dan carilah angkutan umum dengan jurusan Baturaden.

Baturaden sendiri terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Cukup mudah jalur untuk menuju lokawisata Baturaden, namun kalian perlu berhati-hati karena untuk menuju kawasan ini kalian harus menempuh jalan dengan tanjakan yang tajam.

Harga Tiket Masuk Lokawisata Baturraden

  • Harga Tiket:
  • Weekday Rp. 20.000,-
    Weekend Rp. 25.000,-
Beberapa hal yang perlu menjadi perhatian pengunjung: 
  • Anak usia 3 tahun ke atas wajib memiliki tiket masuk.
  • Pembelian tiket masuk di loket.
  • Dengan membayar tiket masuk, pengunjung mendapat akses bermain Kolam Renang, Pemandian Air Hangat Belerang, Sepeda Air, Air Mancur Alami Sendang Mulya, Kolam Renang Papan Luncur.
Aktivitas & Wahana Lokawisata Baturraden

Setelah mengantongi tiket masuk, beragam aktivitas dan wahana bisa dicoba di sini. Mulai dari berenang lanskap alam perbukitan, danau, wahana selfie, dan masih banyak lagi. Berikut beberapa diantaranya.

1. Berenang di Keindahan Alam Perbukitan


Di Lokawisata Baturraden ini terdapat kolam renang yang cukup luas dilengkapi berbagai wahana permainan. Kolam-kolam yang ada bisa dimainkan anak maupun dewasa. Jika membawa anak kecil, tersedia juga kolam khusus anak kecil.

Di sekitar kolam renang juga disediakan tempat untuk menunggu dan menyimpan barang bawaan. Sehingga bagi pengunjung yang ingin beristirahat setelah berenang tetap merasa nyaman.

2. Danau Air Mancur


Pengunjung yang tidak ingin berenang bisa bersantai di danau ini sambil menikmati pemandangan. Jika merasa bosan bisa mencoba bermain sepeda air bebek-bebekan di danau. Selain itu,  melihat dan memberi makan ikan di sini juga tidak kalah menariknya.

3. Berkunjung ke Curug Gumawang


Para pengunjung bisa menikmati keindahan Curug Gumawang setelah melewati pintu masuk loket. Curug dengan tinggi 20 meter ini berada di jantung Lokawisata Baturraden. Selain berfoto-foto ria, pengunjung juga akan mendapatkan suasana yang sangat asri dan sejuk dari Curug ini.

4. Cascade Alam Sendang Mulya


Obyek wisata ini adalah wahana yang berbentuk seperti curug dan air terjun. Dikelilingi oleh bebatuan menjadikan tempat ini seperti tebing. Jika membutuhkan kesegaran alami, wahana ini adalah jawabannya. Namun karena airnya cukup deras dan dikelilingi bebatuan. Pengunjung diharuskan untuk lebih berhati-hati.

5. Pakis Spot Selfie


Wahana ini terbilang baru untuk dicoba. Tempat duduk di atas ketinggian ini menjadi tempat yang cocok untuk berfoto ria. Jika difoto disini, pemandangan sekitar Lokawisata Baturraden akan terlihat lebih jelas.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian, pengunjung harus selalu berhati-hati agar tidak menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Ayunan Gantung dan Sepeda Gantung

Ayunan Gantung

Ayunan yang menggantung di atas tanah ini berada di Area Taman Botani. Akan lebih indah lagi jika momen ini diabadikan menggunakan kamera. Bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan terhadap ketinggian, wahana ini patut dicoba.

Sepeda Gantung

Selain itu, ada juga wahana sepeda gantung. Pengunjung yang menaiki sepeda akan melintas di atas seutas tali dan melewati wahana. Wahana ini cukup menantang dan memicu adrenalin siapa saja yang mencoba wahana ini.

7. Pemandian Air Hangat Belerang


Jika ingin menghangatkan tubuh, Pemandian air hangat ini adalah salah satu pilihannya. Fasilitas yang disediakan ini bisa digunakan oleh anda yang ingin berendam dan bermain air hangat. Setelah berendam jangan lupa menikmati jahe hangat agar tubuh segar dan juga sehat.

8. Beragam Spot Foto Menawan


Karena ini adalah tempat liburan bertemakan alam, maka dipastikan banyak spot foto terbaik dengan tema alam. Dengan suguhan alam yang masih asri, segar dan juga sejuk. Pengunjung bisa memilih tempat terbaik versi dirinya. Misalnya di kolam renang, curug, sepeda gantung, atau bahkan ayunan gantung.

Tetapi pengunjung juga harus sabar dalam mengantre. Karena wisatawan yang datang pun tidak sedikit, pasti tempatnya pun ramai. Jadi lebih baik antre untuk mendapatkan giliran.

9. Teater Alam Baturaden


Teater alam Baturaden merupakan salah satu destinasi wisata di Baturaden yang memiliki tempat yang unik, karena bentuk teater dari tempat ini berada di dalam pesawat. Pesawat jenis Foxer 28 milik Garuda Indonesia itu berdiri tepat di samping pintu masuk di atas tanah seluas 600 meter.

Teater ini tidak menayangkan film-film seperti teater modern lainnya, namun menayangkan tentang Alam Indonesia seperti cerita budaya TMII, bahkan peristiwa alam seperti gunung berapi meletus maupun peristiwa tsunami di Indonesia.

Untuk tiket masuk ke Teater Alam Baturaden cukup mengeluarkan 5000-10.000 kalian sudah dapat menikmati sensasi naik pesawat sambil melihat teater yang belum ada di tempat lain.

10. Telaga Sunyi


Telaga Sunyi juga salah satu destinasi wisata yang ada di Kawasan Wisata Baturaden, Telaga Sunyi merupakan sebuah mata air yang bersih dan jernih, masyarakat men-sakralkan tempat ini untuk itu para wisatawan dilarang untuk mandi maupun berenang di tempat ini demi keselamatan pengunjung.

Ketika kalian pergi ke tempat ini, kalian akan merasakan tidak sedang berada di Indonesia, karena letak dan kondisinya seperti di negara lain seperti Jepang, jernih sejuk disertai dengan kicauan burung yang merdu, bagi kalian yang ingin menenangkan hati perlu coba untuk datang ke tempat ini.

11. Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden


Pancuran Pitu dan Pancuran Telu Baturaden merupakan tempat favorit para wisatawan yang datang ke Wisata Baturaden, kawasan ini merupakan tempat pemandian air panas dengan pemandangan yang indah.

Kalian akan menikmati pemandian alami dengan suhu berkisar antara 60 hingga 70 derajat celcius, tidak sedikit yang datang ke sana untuk terapi air panas banyak penyakit, kawasan ini merupakan salah satu wisata di Baturaden, selain untuk pemandian air panas kalian juga dapat menikmati pijat sulfur yang banyak terdapat di tempat ini, cukup dengan membayar 7.500 hingga 15.000 rupiah kalian sudah bisa menikmati pijatan ini.

12. Pertunjukan Calung

Calung adalah alat musik tradisional yang ada di Indonesia. Disini, pertunjukan calung ditampilkan untuk menemani pengunjung yang sedang bersantap ria. Selain itu, ini adalah cara untuk memperkenalkan warisan budaya yang paling mudah.

Fasilitas

Di Lokawisata Baturraden ini fasilitasnya pun cukup lengkap. Ada masjid untuk shalat, pedagang makanan yang berjejer dan dilengkapi asuransi bagi pengunjung. Oh iya, jangan khawatir juga bagi pengunjung yang menyandang distabilitas dan lansia. Karena disini disediakan fasilitas kursi roda dan jalanan khusus.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain