Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Mata Langit Magelang - Pesona Enam Gunung

  • Nama Tempat:
    Mata Langit
  • Alamat:
    Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56553
  • Harga:
    Paket Breakfast Mata Langit Borobudur Rp. 175.000/orang
    Picnic Breakfast Mata Langit By Plataran Rp .500.000/orang
    Romantic Dinner Mata Langit Magelang Rp. 1.800.000 untuk 2 orang
    Paket Makanan di Mata Langit Rp. 200.000
  • Jam Buka:
    05.00 - 19.00 WIB

Mata Langit Magelang, sebuah objek wisata yang wajib dikunjungi bersama keluarga atau orang terkasih ketika liburan tiba. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat cuaca nya sejuk, nyaman, dan pastinya asri. Pemandangannya pun indah memanjakan mata. Setiap hari selalu ada pengunjung yang datang, setidaknya mencapai ratusan.

Konsep tempat wisata ini merupakan perpaduan antara keindahan alam, resto, dan berbagai macam spot foto. Nama lain yang dikenal pelancong dari berbagai penjuru nusantara adalah Mata Langit Borobudur. Ini dikarenakan lokasinya yang tidak jauh dari candi terbesar di dunia tersebut, hanya sekitar 6 kilometer ke arah Selatan.

Siapa yang tidak ingin menikmati makanan diatas perbukitan dan ditemani keindahan alam yang mempesona di Magelang. Mereka yang suka menghabiskan waktu dengan berlibur pastinya tertarik dengan tempat ini. Dari semua pengunjung yang datang, sebagian besar didominasi oleh wisatawan yang berwisata kuliner dan pemuda yang berburu spot foto.

Daya Tarik Wisata Mata Langit Magelang


Objek wisata di Magelang memang tidak lepas dari keindahan alamnya yang mempesona. Alam di sana sebagian besar masih asri, ikon Gunung Merapi pun ada di sini. Mata Langit juga demikian, ada berbagai daya tarik yang memikat wisatawan.

1. Pemandangan 6 Gunung

Daya tarik yang pertama adalah pesona enam gunung yang dapat di lihat dari lokasi yang sama. Di atas ketinggian, kegagahan dari gunung ini semakin memperindah suasana. Sebagian gunung terlihat cukup jelas, sebagian lagi samar-samar karena lokasinya yang terlalu jauh. Meski demikian, tetap saja elok dipandang dan membuat betah.

Keenam gunung yang dimaksud adalah Gunung Merapi, Merbabu, Gunung Andong, Prau, Telomoyo, dan Gunung Sumbing. Pesonanya semakin indah tatkala beberapa gunung terlihat berhimpitan dari sudut tertentu. Adanya panorama 6 gunung ini menjadikan Mata Langit juga memiliki nama lain Enam Langit by Plataran.

Selain gunung pesona yang tidak kalah cantik yaitu pematang sawah. Dari atas ketinggian ini terlihat petakan sawah yang cantik, mirip dengan lukisan alam. Perbukitan yang seolah membatasi antara gunung dan sawah menambah kesan eksotis. Cuaca cerah membuat pemandangan di sini semakin sempurna, terutama untuk warna hijaunya.

Bkan berarti cuaca mendung tidak menarik, datangnya kabut tipis yang menyapa memberikan kesan unik. Gradasi warna tercipta secara alami dari putih, biru, dan juga hijau. Dengan pesona alam yang dimiliki ini, tidak mengherankan Mata Langit menjadi tujuan utama pengunjung dari kalangan menengah ke atas.

2. Resto dan Cafe

Berikutnya dari konsep wisata yang mengusung rumah makan model resto dan cafe. Daya tarik ini merupakan yang utama dan wajib dilakukan bagi wisatawan yang datang. Maksudnya, wisatawan wajib memesan kuliner sesuai menu yang disediakan untuk mengunjungi tempat ini, jadi tidak hanya menikmati panorama alamnya yang indah.

Resto ini tergolong unik karena memadukan bangunan modern dengan tradisional khas jawa. Di beberapa titik masih terlihat Rumah Joglo yang merupakan rumah adat jawa. Konsep ini digunakan untuk rumah makannya atau bagian resto. Sedangkan bagian cafe berkonsep outdoor dengan bangunan modern dilengkapi pagar pembatas dari kaca.

Ada beberapa lokasi resto di Mata Langit yang dapat dipilih sesuai dengan pemandangan alam yang disajikan. Sebenarnya, semua titik lokasi menawarkan keindahan alam yang mempesona. Hanya saja dari view atau landscape ya yang berbeda karena titik pandangan juga berbeda.


3. Pesona Sunset dan Sunrise

Lokasinya yang berada di ketinggian sangat memungkinkan wisatawan untuk menikmati pemandangan alam yang disajikan. Menariknya, bukan hanya gunung, bukit, dan bentangan sawah yang dikatakan indah di sini. Ada keindahan lain yang tidak dapat disaksikan sepanjang waktu, yakni indahnya matahari terbit dan tenggelam.

Siapa saja pengunjung yang datang ke Mata Langit Magelang kebanyakan menanti pesona dari warna jingga yang muncul dibalik perbukitan. Di pagi hari, hawa yang awalnya dingin menjadi sedikit hangat dengan kehadiran sang surya. Merambat pelan namun pasti, cahaya sinar matahari yang awalnya jauh semakin mendekat menghangatkan tubuh.


4. Dilengkapi Spot Foto

Meski bukan yang utama, namun adanya spot ini seringkali dijadikan oleh-oleh digital. Spot liar pada umumnya berupa pemandangan alam yang indah, mulai dari gunung, bukit, dan bentangan alam lainnya. Sementara untuk spot lain yang khusus dibuat untuk pengunjung Mata Langit yakni sangkar burung berbentuk lingkaran yang unik.

Semakin unik ketika bahan yang digunakan untuk foto ini terbuat dari rating pohon yang telah dikeringkan. Sama-sama berlatar keindahan alam, namun untuk kali ini pengunjung dapat duduk santai di tengah lingkaran sambil bergelantungan. Spot lain yang tidak kalah menarik adalah patung singa yang terletak di tepi tebing dengan pesona pematang sawah.

Alamat dan Rute Perjalanan Menuju Lokasi

Sesuai namanya, Mata Langit tepatnya berada di Desa Ngargogondo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Letaknya yang berada di dataran tinggi tidak membuatnya sulit ditemukan. Bahkan dari pusat kota jaraknya cukup dekat dari yang dibayangkan, yaitu sekitar 22 kilometer dari Alun-alun Magelang.

Jarak ini dapat ditempuh sekitar 45 menit jika berkendara dengan kecepatan normal. Itu juga kalau kondisi jalan lancar terkendali, artinya tidak macet. Rute nya sendiri sangat mudah, sama dengan arah ketika menuju ke Candi Borobudur. Dari pusat kota, langsung saja menuju ke candi tersebut dan mengambil jalur utama Jalan Sudirman.

Perjalanan dilanjutkan dengan menuju ke Jalan Wanurejo yang searah dengan Desa Wisata Candirejo. Sekitar 200 meter ada pertigaan, ambil arah kanan yang menuju ke Pertapaan Hyang Agung. Wisata Mata Langit tidak jauh lagi, kira-kira 1,5 kilometer dari titik terakhir yang disebutkan, tepatnya setelah Masjid Baithu Solikhin.

Harga Tiket Masuk Mata Langit

Secara teknis, tidak ada tiket masuk yang dibebankan untuk mengunjungi objek wisata ini. Hanya saja semua wisatawan yang berkunjung wajib memesan tempat untuk wisata kuliner. Artinya, wisatawan yang ingin menikmati pesona alam dari Mata Langit diwajibkan memesan makanan terlebih dahulu.

Pemesanan ini lebih baik dilakukan jauh hari untuk menghindari penuh, atau istilahnya melakukan reservasi. Adapun paket yang tersedia yakni sarapan sebesar 175.000 per orang. Jika ingin sarapan dibarengi dengan piknik, sediakan 500.000 per orang untuk paket Picnic Breakfast. Paket Romantic Dinner di banderol dengan harga 1.800.000 per dua orang.

Selain itu, masih ada paket lain yang termasuk umum sebesar 200.000 rupiah. Untuk menunya sendiri bervariasi, seperti Spaghetti, Lasagna Verde, Pesto Risotto, dan Spinach Soup. Setiap menu makanan disesuaikan dengan waktunya, misalnya sarapan untuk pagi hari dan dinner untuk makan malam.

Ragam Aktivitas yang Menarik Dilakukan

Memang secara garis besar Mata Langit cocok dijadikan aktivitas berburu wisata kuliner. Namun karena konsepnya yang unik dipadukan dengan panorama alam, ada beberapa aktivitas lain yang tetap menarik dilakukan. Apa saja aktivitas yang dimaksud? Sebagian telah kami rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

1. Menikmati Pemandangan Alam

Bukan hanya ketika berada di lokasi resto atau tempat lainnya, pemandangan indah pun didapatkan selama dalam perjalanan. Namun tidak dapat di pungkiri bahwa di tempat utama wisata berkonsep resto inilah yang memiliki bentang alam menakjubkan. Enam gunung yang berjejer rapi terlihat sempurna dengan adanya perbukitan dan sawah.

2. Wisata Kuliner Lezat

Senikmat apapun makanan yang dihidangkan, akan jauh lebih nikmat jika disantap di Mata Langit. Ini dikarenakan suasana alamnya yang indah, serta udara sejuk yang selalu menemani setiap suapan makanan. Ditambah lagi jika anda datang dengan orang terkasih, bubur tawar pun dianggap manis dan gurih.

3. Berburu Spot Foto

Adanya spot foto yang ada di lokasi resto ini bukan hanya sebagai pajangan, namun juga bagi mereka yang ingin mendapatkan hasil jepretan lebih sempurna. Meski sebenarnya cukup menggunakan latar indah panorama alam di depan Mata Langit Magelang, tidak ada salahnya jika sedikit berbeda dengan menggunakan spot yang disediakan.

Fasilitas Tersedia di Mata Langit Magelang


Fasilitas yang ada di Mata Langit tergolong lengkap baik dari kategori fasilitas umum maupun tambahan. Untuk fasilitas umumnya ada lokasi parkir luas, toilet dan kamar mandi, serta mushola. Sedangkan fasilitas tambahan terdiri dari Wifi dan stop kontak sebagai sumber aliran listrik untuk keperluan perangkat elektronik.

Demikian ulasan tempat wisata yang layak dikunjungi bersama keluarga atau orang terdekat. Meski memiliki berbagai daya tarik yang mempesona dan menggiurkan, faktanya tidak semua orang dapat mengunjungi Mata Langit di Magelang. Bukan karena akses jalan atau perjalanan yang berat, melainkan harga menunya yang tergolong mahal.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain