Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pantai Tebing Apparalang Bulukumba: Lokasi, Rute, dan Harga Tiket

  • Nama Tempat:
    Pantai Tebing Apparalang Bulukumba
  • Alamat:
    Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga:
    Tiket Masuk Rp. 5.000,00
    Parkir Mobil Rp. 20.000,00

Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan memiliki banyak pantai indah, salah satunya adalah Pantai Apparallang. Dan yang sedang hits saat ini adalah Tebing Apparalang yang memanjakan pengunjung dengan pemandangan tebing pantai yang indah. Ada dimana tebing Apparalang? Rute dan tiket masuk?

Tebing Pantai Apparalang menawarkan pemandangan indah panorama pantai dan tebinng curam. Dipadu dengan warna dan jernihnya air laut. Terbilang wisata baru, namun pesonanya menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan dan traveler penyuka pantai.

Lokasi Tebing Apparalang

Tebing Apparalang berada di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Berjarak sekitar 36 kilometer dari ibukota Kabupaten Bulukumba. Atau sekitar 190 kilometer, sekitar 5 jam perjalanan, dari Pusat Kota Makassar.

Rute Menuju Pantai Apparalang

Pantai Apparalang berada dekat dengan Pantai Tanjung Bira, jarak keduanya sekitar 30 menit perjalanan. Jadi dari Kota Makassar wisatawan bisa menaiki travel menuju Bulukumba dengan harga 40.000 rupiah perorang. Lalu dari Kabupaten Bulukumna wisatawan bisa menyewa mendaraan untuk mengantarkan wisatawan ke Pantai Apparalang dengan tarif sekitar 45.000 rupiah per orang.

Memang lebih nyaman bila menggunakan kendaraan sendiri untuk ke Pantai Apparalang. Karena pantainya masih sepi pengunjung maka angkutan umum belum banyak beroperasi. Kalaupun ada hanya akan sampai Kecamatan Ara, dan bila wisatawan melanjutkan dengan berjalan kaki tentu akan memakan waktu yang lama.

Sebagai alternatif, wisatawan bisa menaiki kendaraan umum sampai ke Pantai Tanjung Bira terlebih dahulu. Dari Kabupaten Bulukumba, wisatawan bisa menaiki kendaraan umum yang disebut penduduk lokal pete-pete menuju ke Pantai Tanjung Bira. Wisatawan akan dikenakan tarif 15.000 rupiah per orang untuk sekali perjalanan.

Lalu di Pantai Tanjung Bira, wisatawan bisa menyewa kendaraan berupa sepeda motor atau mobil SUV, untuk bisa melanjutkan perjalanan ke Pantai Apparalang. Perjalanan dari Pantai Tanjung Bira ke Pantai Apparalang memang tidak terlalu jauh, namun trek jalannya cukup menantang. Sehingga wisatawan diharapkan lebih berhati-hati dalam berkendara.

Bila wisatawan memang ingin menginap, ada baiknya menginap di kawasan Pantai Tanjung Bira saja. Hal ini dikarenakan belum tersedianya fasilitas penginapan di Pantai Apparalang.

Harga TIket Masuk ke Pantai Apparalang

Untuk bisa masuk ke dalam area Pantai Apparalang, wisatawan belum di kenakan biaya alias gratis. Namun mungkin akan dikenakan biaya parkir yang dikelola oleh masyarakat sekitar bila wisatawan menggunakan kendaraan sendiri.

Fasilitas yang ada di pantai ini memang masih sangat minim. Wisatawan hanya akan mendapati adanya beberapa kamar kecil dan gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat.

Tiket Masuk: Rp. 5.000
Mobil: Rp. 20.000

Daya Tarik Tebing Apparalang Bulukumba Sulawesi Selatan

1. Tebing Pantai


Daya tarik yang pertama tentu saja kehadiran sebuah tebing kokoh, yang menjulang  tinggi. Di lokasi tersebut sudah terdapat jalur khusus untuk menikmati keindahan pantai.

Bahkan spot di tebing tersebut ada yang menjulur ke tengah pantai. Sehingga, bagi para pengunjung yang menginjakan kaki di spot itu, akan merasakan sensasi yang luar biasa.

Satu hal lagi, bahwa jalur tersebut menjadi spot yang sangat instagramable bagi wisatawan yang menyukai dunia fotografi.

2. Pantai Apparalang


Daya tarik selanjutnya dari Tebing Apparalang adalah pesona keindahan Pantai Apparalang. Pantai tersebut memiliki air laut yang biru, bersih, dan ombaknya tidak terlalu besar.

Pantai Apparalang adalah pantai yang tidak memiliki pesisir. Namun kelemahan tersebut dapat ditutupi dengan kehadiran Tebing Apparalang. Sehingga para pengunjung masih bisa menikmati keindahannya.

Tebing Apparalang, dan Pantai Apparalang adalah perpaduan keindahan yang menjadi sebuah daya tarik bagi para wisatawan untuk datang ke objek wisata tersebut.

Aktivitas di Pantai Apparalang

Pantai Apparalang memang masih perawan, dan belum banyak di kunjungi wisatawan. Namun, justru disinilah menariknya pantai ini. Dengan suasana pantai yang masih sangat sepi, tentunya akan sangat menenangkan bila wisatawan butuh tempat yang bisa membebaskan pikiran dari kepenatan. Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang bisa wisatawan lakukan di Pantai Apparalang.

1. Menikmati Keindahan Pantai dari Atas Tebing


Salah satu keunikan dari Pantai Apparalang ini adalah letak pantainya yang tersembunyi oleh tebing karang. Pantainya terletak di tepi tebing karang yang curam. Namun ini lah yang menjadikan pantai ini sangat unik dan cantik. Memandang lautan yang luas dari atas tebing karang tentunya akan memberikan pengalaman berbeda dan mendebarkan.

Wisatawan juga akan dibuat berdecak takjub karena melihat bagaimana jernihnya air laut di pantai ini. Sampai-sampai wisatawan bisa memandang jauh ke dasarnya. Bila wisatawan rela menunggu senja, maka pemandangan sunset yang akan wisatawan rasakan akan membuat wisatawan bersyukur telah lahir di negara yang sangat indah, Indonesia.

2. Meloncat dari Atas Tebing


Ingin mencoba sesuatu yang mendebarkan? Bagaimana bila meloncat langsung dari atas tebing ke laut? Namun bukan meloncat dari ketinggian langsung, wisatawan akan meloncat dari dermaga terakhir sebelum tangga menuju ke laut. Tentu saja aktivitas ini akan menantang adrenalin wisatawan semua.

Bila tidak berani, wisatawan cukup melihat banyak warga lokal bahkan anak-anak meloncat dari atas tebing. Pastikan bila ingin mencoba meloncat dari atas tebing langsung ke air laut, ada beberapa rekan yang mengawasi aktivitas wisatawan. Karena di pantai ini belum ada penjaga pantainya.

3. Berenang dan Snorkeling


Pastinya air laut yang sangat jernih akan menggoda wisatawan untuk merasakan nikmatnya berenang di laut. Wisatawan akan dipandu oleh anak tangga yang terbuat dari kayu untuk menuruni tebing. Dan begitu sampai dibawah, wisatawan bisa langsung menikmati serunya berenang dan bersnorkeling.

Namun untuk bersnorkeling, pastikan wisatawan membawa peralatan sendiri. Karena di pantai ini belum disiapkan penyewaan alat snorkeling. Wisatawan bisa meminjamnya di Pantai Tanjung Bira sebelum berangkat ke Pantai Apparalang.

4. Berbelanja Oleh-oleh

Meskipun belum banyak, namun beberapa warung telah ada di kawasan Pantai Apparalang. Warung-warung ini menjajakan berbagai souvenir dan makanan serta minuman. Namun memang warung-warung ini biasanya hanya buka saat weekend atau hari libur saja. Jadi ada baiknya wisatawan menyiapkan sendiri perbekalan sebelum berangkat ke pantai ini.

Keindahan yang disajikan alam Nusantara memang selalu mengajak kita untuk mengeksplorasi tiap jengkal pesonanya. Adalah tugas kita semua untuk selalu menjaga keindahan alam yang dititipkan Tuhan kepada kita dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan. Semoga dengan kesadaran kita semua keindahan alam ini akan terus terjaga kelestariannya.

Kesimpulan

Tebing Apparalang di Pantai Apparalang sangat layak untuk dikunjungi. Jauh dan lama perjalanan, akan setimpal dengan panorama alam yang menakjubkan. Ditambah lagi, hasil-hasil fotomu akan terlihat indah dan cantik di Tebing Apparalang ini.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain