Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pesona Pantai Batu Bengkung Di Malang Selatan

  • Nama Tempat:
    Pantai Batu Bengkung
  • Alamat:
    Desa Gajahrejo, Kec. Gedangan, Kab. Malang, Jawa Timur.
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,-
  • Parkir:
    Motor Rp. 5000,-
    Mobil Rp. 10.000,-
    Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    24 Jam
Pantai Batu Bengkung, salah satu pantai di Malang Selatan yang saat ini sudah dibuka kembali. Panorama pantai ini sangat unik, dimana kamu akan menyaksikan bukit-bukit yang cukup dominan.

Pantai Batu Bengkung menambah kekayaan pariwisata Malang. Pantai unik ini terletak di Desa Gajahrejo, yang pada saat ini menjadi salah satu cagar alam yang dilindungi.

Di sekitar pantai terdapat bukit yang dapat kamu eksplor, kemudian menyaksikan keindahan pantai serta hamparan Samudera Hindia dari ketinggian.

Meski jalan yang dilalui terjal, banyak pengunjung yang mencoba untuk mendaki bukit tersebut karena ingin menyaksikan keindahan alam yang lebih maksimal.

Sekilas Tentang Pantai Batu Bengkung


Hal yang membedakan Pantai ini dengan pantai-pantai lain adalah garis pantai yang berada di sisi kiri dan kanannya. Terdapat pantai yang menghadap barat dan juga selatan yang membuat pantai ini seperti dua pantai berbeda.

Seperti kebanyakan pantai di pesisir selatan Jawa pada umumnya ombak di Pantai ini sangat kencang dan besar. Sehingga cukup berbahaya bila terlalu ke tengah dan tergulung ombak menuju laut.

Namun karena kontur karang yang unik, Anda bisa bermain air dengan pengawasan dari tim SAR di sanan. Karang sisi selatan Pantai Batu Bengkung terlihat seperti membentuk sebuah benteng sehingga ombak yang datang dapat tertahan sementara di pinggiran.

Air laut yang tertahan ini kemudian membentuk sebuah kolam yang bisa digunakan pengunjung untuk berenang. Sekitar Pantai ini juga terdapat bukit karang besar yang hampir terlihat seperti sebuah pulau dengan pepohonan yang tumbuh diatasnya.

Nama batu bengkung sendiri diambil dari bentuk pantainya yang unik tersebut. Garis pantai yang terbentuk dan Batu karang besar ini terlihat seperti perut yang sedang dibengkung atau diikat menggunakan stagen.

Sehingga pantai ini terlihat ramping seperti perut wanita yang diikat oleh stagen saat selesai melahirkan. Keunikan nya inilah yang membuat Pantai ini sangat menarik untuk Anda kunjungi saat berada di Malang.

Fasilitas Pantai Batu Bengkung

Meski Pantai Batu Bengkung terbilang baru, namun fasilitas penunjang yang ada cukup memadai. Yakni diantaranya;
  • Area parkir yang memadai
  • Toilet umum
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Area untuk mendirikan tenda
Daya Tarik Pantai Batu Bengkung

Daya tarik yang dimiliki Pantai Batu Bengkung diantaranya:

1. Keindahan Alam Dari Ketinggian


Jika berada di ketinggian kita dapat melihat apapun lebih jelas dan menyeluruh, nah oleh sebab itu untuk kamu yang hendak menyaksikan keindahan Pantai Batu Bengkung secara keseluruhan dapat mendaki sebuah bukit yang ada di sisi sebelah selatan.

Memang untuk mendaki bukit tersebut, kamu harus mengeluarkan tenaga yang cukup ekstra. Karena akses jalannya sangat sempit juga curam, sehingga harus sangat berhati-hati dan waspada. Jangan sampai keseruan menyaksikan panorama alam yang indah berakhir dengan keharuan.

Dari atas bukit akan tergambar dengan jelas, birunya Samudera Hindia, batu karang yang melengkung dimana seakan menjadi pembatas antara daratan dan lautan, kolam alami yang memanjang diantara batu karang dan pasir, serta hamparan pasirnya yang berwarna putih.

Dengan keindahan yang seperti itu maka tak heran jika banyak pengunjung yang rela bersusah payah untuk mendaki ke atas bukitnya.

2. Berenang Di Kolam Alami


Daya tarik yang paling unik menurut penulis ialah adanya sebuah kolam dengan bentuk memanjang, yang berada diantara batuan karang yang cukup tinggi serta hamparan pasirnya.

Kolam tersebut sering digunakan pengunjung untuk bermain air atau bahkan mandi, kedalamannya cukup beragam sehingga sebaiknya berhati-hati ketika berada di kolam tersebut apalagi untuk anak-anak.

Pantai Batu Bengkung berada di kawasan Samudera Hindia, sehingga memiliki ombak yang kencang dan tidak aman untuk berenang di lautannya. Pengelola dari Pantai Batu Bengkung sendiri sangat melarang pengunjung untuk mandi di lautnya.

Kehadiran kolam alami tersebut seakan menjadi alternatif lain untuk kamu yang ingin bermain air. Pantai Batu Bengkung memiliki pasir yang berwarna putih, sayangnya hamparan pasirnya dihiasi oleh karang-karang sehingga jika tidak menggunakan alas kaki akan terasa sakit.

3. Menyaksikan Sunset


Salah satu sisi Pantai Batu Bengkung juga bisa Anda manfaatkan untuk menyaksikan indahnya momen matahari terbenam. Pantai yang menghadap barat memberikan pemandangan sunset yang jelas tanpa penghalang apapun.

Anda bisa menikmati indahnya momen matahari terbenam sambil bersantai duduk menikmati makanan bersama teman maupun pasangan. Suasana romantis langit senja Pantai ini menjadi momen indah yang selalu ditunggu-tunggu wisatawan.

Jepretan kamera untuk mengabadikan momen indah ini pun tidak pernah berhenti hingga langit mulai gelap. Pemandangan indah sunset Pantai Batu Bengkung bisa menjadi view terbaik dan foto terindah yang Anda miliki saat liburan.

4. Mendaki Bukit Karang


Bosan hanya bermain air dan bermain pasir di pinggiran pantai, cobalah mendaki bukit karang di Pantai Batu Bengkung. Dari ketinggian bukit karang ini Anda dapat melihat dengan jelas keindahan panorama pantai dan laut luas di hadapannya.

Bukit ini juga selalu menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto karena memiliki latar belakang yang indah. Untuk menuju puncak bukit, Anda harus melewati jalanan sempit di tepian dengan bantuan tali pengaman yang sudah terpasang.

Meskipun terasa sulit, namun pemandangan yang terlihat dari atas bukit membangkitkan semangat para pengunjung untuk terus berjalan. Namun ingat untuk selalu berhati-hati agar tidak terpeleset dan terjatuh dari bukit karang.

5. Camping


Kegiatan seru lain seperti berkemah juga bisa Anda lakukan di Pantai Batu Bengkung. Camping ini sering menjadi pilihan bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan ini lebih lama.

Camping atau berkemah di pantai memang berbeda vibenya ketika camping di puncak gunung. Ketika berada di pantai, suasana malam akan dipenuhi dengan suara ombak.

Namun untuk berkemah Anda harus mempersiapkan sendiri peralatan dan perlengkapan camping dari rumah. Di sekitar Pantai ini masih belum tersedia tempat penyewaan yang bisa Anda gunakan.

6. Wisata Kuliner

Mengunjungi Pantai Batu Bengkung tentu semakin lengkap bila Anda menikmati makanan khas Malang yang tersedia. Berbagai menu olahan seafood bisa Anda nikmati di sini mulai dari udang, kepiting, dan ikan laut segar semua ada.

Menu seperti kepiting saus pedas dan ikan asam manis menjadi menu favorit yang wajib Anda coba saat berkunjung. Harga yang dipatok pun cukup terjangkau dengan rasa yang tidak kalah dari tempat makan di tengah kota.

Di pinggiran pantai juga tersedia toko-toko yang menjual berbagai pernak-pernik dan oleh-oleh khas Malang yang bisa Anda bawa pulang. Liburan Anda ke Pantai Batu Bengkung pun menjadi sempurna sambil menikmati keindahan alam dan berbelanja.

Menuju Pantai Batu Bengkung

Pantai Batu Bengkung terletak di Jalur Lintas Selatan, RT.42/RW.05, Hutan, Desa Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Lokasinya tidak terlalu jauh dari beberapa pantai terkenal lain di Malang seperti Pantai Bajul Mati dan Pantai Goa Cina.

Jaraknya sekitar 64 km dari pusat Kota Malang dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Rute terbaik menuju pantai ini bisa Anda dapatkan menggunakan Google Maps yang akan menunjukan jalan dari titik Anda berangkat.

Bisa juga dengan memanfaatkan jasa sopir dari sewa alphard Malang atau biro perjalanan yang siap mengantar Anda langsung menuju lokasi. Dengan begitu Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan jalan mana yang harus dilalui untuk mengunjungi Pantai ini.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain