Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

10 Tempat Camping di Tasikmalaya yang Lagi Hits


Membicarakan mengenai tempat wisata di Tasikmalaya, memang tempat wisata di sini tiada habisnya. Kamu dapat menemukan berbagai destinasi wisata alam yang sangat variatif. Kamu bisa pergi ke pantai, tetapi juga bisa menikmati sejuknya udara di perbukitan, bahkan gunung-gunung. Maka tak heran, jika Tasikmalaya memiliki spot camping yang disukai banyak wisatawan.

Lalu muncul pertanyaan, “Di mana spot camping yang bagus di Tasikmalaya?”. Spesial untuk kamu, kami berikan rekomendasi terbaik. Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Tasikmalaya:

Berikut Tempat Camping di Tasikmalaya yang Lagi Hits

1. Pantai Sindangkerta

  • Nama Tempat:
    Pantai Sindangkerta
  • Alamat:
    Sindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat, Indonesia, 46189
  • Harga Tiket:
    Dewasa Rp. 10.000,00
    Anak-anak Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    24 Jam

Selain memiliki bibir pantai yang indah, ternyata Pantai Sindangkerta memiliki area camping ground yang nyaman. Untuk itu, tak mengherankan apabila banyak orang yang suka berkemah di Pantai Sindangkerta.

Lokasi camping ground terletak di area pepohonan, tak jauh dari bibir pantai. Camping ground memang tidak terlalu luas. Untuk itu, di akhir minggu atau musim liburan, bersiap-siaplah berebut tempat camping dengan wisatawan lain. Terutama, daerah yang paling dekat dengan pantai.

Saat malam hari, para Campers biasanya membuat api unggun di depan tenda, menghadap ke lautan. Nyala api temaram kontras dengan pemandangan laut yang disinari cahaya-cahaya bintang.

Di Pantai Sindangkerta, terdapat hamparan pasir pantai yang putih. Warna pasir yang cerah ini membuat pantai terlihat bersih pada saat siang hari. Pasir putihnya terlihat berkilauan disinari oleh cahaya matahari.

Pemandangan bawah lautnya lebih menarik lagi. Pantai Sindangkerta memiliki taman laut yang cantik. Kamu dapat melihat taman ini dengan jelas ketika air sedang surut. Terdapat berbagai terumbu karang dengan warna yang beragam, serta biota laut lain yang tak kalah elok.

Pantai ini juga ramah untuk perenang. Ombaknya tidak terlalu besar. Selain itu, bagian tepiannya dangkal. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa, semua suka berenang di sana.

Jika kamu ogah basah-basahan, kamu tetap bisa kok, menikmati pantai ini. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola cukup lengkap. Mulai dari warung makanan sampai dengan penginapan, semuanya ada di sini.Kamu bisa duduk bersantai di bawah pohon kelapa sambil menikmati makanan yang dijual di sekitar. Atau kamu bisa mendirikan tenda, kemudian tidur sambil mendengar debu suara ombak.

Panorama cantik, lokasi yang mudah dijangkau, dan air laut yang ramah. Tentu tak ada alasan untuk melewatkan pantai ini dari rencana liburan, kan?

2. Gunung Galunggung

  • Nama Tempat:
    Gunung Galunggung
  • Alamat:
    Linggawangi, Leuwisari, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Harga:
    Tiket Masuk Rp. 15.000,00
    Camping Rp. 15.000,00 
  • Jam Buka:
    24 Jam

Gunung Galunggung merupakan sebuah gunung stratovolcano yang terletak sekitar 17 km dari pusat Kota Tasikmalaya. Selain deretan pepohonan yang rimbun dan cantik serta sumber air, ada 1 tempat menarik lain bagi wisatawan. Tempat itu tak lain adalah danau kawah alami. Danau kawah tersebut sangat indah, tenang, dan sejuk.

Para wisatawan yang suka camping biasa mendirikan tenda di dekat kawah. Namun, untuk menuju ke sana, kamu membutuhkan usaha yang cukup keras. Kamu harus menaiki 620 anak tangga supaya bisa sampai ke danau kawah. Menantang sekali, bukan?

Area camping di dekat kawah ditumbuhi pepohonan. Hal itu membuat suasana menjadi sangat rindang. Pada malam hari, campers bisa menikmati keindahan langit malam yang cerah, minim polusi.

Pada saat kasus COVID-19 sedang tinggi-tingginya, area camping ditutup. Hal ini sedikit membuat kecewa para pendaki. Pasalnya, jika tidak berkemah, mereka tidak dapat lama-lama menikmati keindahan gunung dari pagi sampai malam.

Namun, saat ini, area camping kembali dibuka dengan aturan ketat. Selain dilarang membuat kerumunan, campers juga wajib menunjukkan bukti sudah vaksin.

Catatan: Ketinggian Gunung Galunggung adalah sekitar 2.168 mdpl. Tidak terlalu tinggi jika dibandingkan gunung seperti Mahameru. Sehingga, cocok dijadikan sarana “berlatih” untuk pendaki pemula.

3. Bukit Kacapi

  • Nama Tempat:
    Bukit Kacapi
  • Alamat:
    Tanjungkarang, Cigalontang, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Harga Tiket:
    Weekday Rp. 10.000,00, Weekend Rp. 15.000,00 (dewasa)
    Weekday Rp. 5.000,00, Weekend Rp. 10.000,00 (anak-anak)
  • Jam Buka:
    08.00 - 18.00 WIB

Bukit Kacapi adalah lokasi wisata keluarga sekaligus area berkemah ideal. Lokasi camping ground terletak di tempat yang lapang. Pepohonan tumbuh tak terlalu rimbun sehingga kamu bisa melihat sekeliling dengan jelas.

Dari area camping ground, kamu akan disuguhi pemandangan kebun teh dan perbukitan yang cantik. Selain itu, tempat berkemah tidak jauh dari fasilitas yang disediakan.

Selain area camping ground, spot menarik di Bukit Kacapi adalah kolam renang. Kolam renang ini sederhana tanpa macam-macam wahana layaknya waterpark. Namun, yang menarik di sini adalah sensasi berenang di tengah hamparan bukit hijau luas. Rasanya, seperti tengah berendam di kahyangan.

Apalagi, lokasi kolam renang tak jauh dari area camping. Dan di dekat area kolam renang terdapat beberapa gazebo. Di sana, kamu bisa duduk-duduk, menikmati keindahan alam Tasikmalaya yang sejuk serta minum segelas kopi. Harga tiket masuk ke kolam renang juga sangat terjangkau.

Untuk kamu yang menginginkan wisata berkemah yang budget-friendly sekaligus tak terlupakan di Tasikmalaya, datanglah ke sini! Fasilitasnya lengkap, terdapat spot hiburan, pemandangannya juga cantik!

4. Jabal Nur Cisayong

  • Nama Tempat:
    Jabal Nur Cisayong
  • Alamat:
    Sukasetia, Kec. Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46153
  • Harga Tiket:
    Rp. 15.000,00 
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB

Memadukan unsur wisata alam sekaligus buatan, Jabal Nur Cisayong merupakan taman wisata di Desa Sukasetia. Pengelola membangun beberapa spot selfie yang estetik dan menarik. Mulai dari hiasan hati sampai replika menara Eiffel, semua ada! Keberadaan spot selfie ini dipercantik oleh hiasan kincir-kincir angin warna-warni yang serupa bunga. Inilah yang kerap membuat Jabal Nur Cisayong kerap dijuluki Taman Kincir.

Selain untuk kamu yang doyan swafoto, Jabal Nur Cisayong juga menyediakan area camping ground. Perkemahan di sini disukai keluarga, terutama yang membawa anak. Dibandingkan harus berkemah di laut atau gunung, perkemahan di Jabal Nur Cisayong dianggap aman untuk pemula.

Area berkemahnya terletak di padang rumput yang luas. Pepohonan cukup banyak, tetapi mengelilingi area berkemah dan bukan di area padang. Jadi, lebih fleksibel bagimu untuk mendirikan tenda. Area ini dapat menampung banyak tenda, lho. Maka dari itu, pada akhir minggu, Jabal Nur Cisayong dipenuhi oleh tenda-tenda.

Fasilitas yang diberikan oleh pengelola juga lengkap. Fasilitas-fasilitas itu antara lain adalah outbound, kolam renang, area kamar mandi, dan tempat makan.

Keberadaan Jabal Nur Cisayong tidak hanya mampu menyenangkan wisatawan. Tempat berlibur ini juga membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

5. Puncak Pelita Ciawi

  • Nama Tempat:
    Puncak Pelita Ciawi
  • Alamat:
    Sukamaju, Kertamukti, Kec. Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46156
  • Telepon:
    S82299200810
  • Harga Tiket:
    Rp. 15.000,00 
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB

Jika kamu mencari ketenangan saat melancong, maka di sinilah tempatnya. Puncak Pelita Ciawi memberikan sensasi kedamaian yang tiada duanya. Dipeluk oleh Gunung Talaga Bodas, Puncak Pelita Ciawi memiliki hawa yang sangat sejuk. Ketenangan ini dilengkapi oleh pemandangan Tasikmalaya dari atas.

Maka, tak mengherankan kalau area camping ground Puncak Pelita Ciawi menjadi favorit banyak orang. Di area ini, kamu bisa merasakan sensasi berkemah di pegunungan. Sejauh mata memandang, yang kamu lihat adalah bukit-bukit megah dan view permukiman warga.

Selain di depan tenda, campers juga dapat menikmati pemandangan sambil duduk di atas saung. Uniknya, saung-saung ini berbentuk seperti perahu. Fasilitas ini merupakan buatan dari warga lokal, lho.

Warga juga tak lupa memberikan warung-warung tenda. Sehingga, kamu bisa menikmati keindahan alam ini sambil makan atau menyeduh segelas kopi.

Sebetulnya di Puncak Pelita terdapat kolam.  Sayangnya, kolam ini memang agak keruh dan kurang terawat. Sehingga, mau tidak mau kamu hanya bisa menjadikannya sebagai latar belakang selfie saja.

Fasilitas-fasilitas di Puncak Pelita dan kemudahan akses membuatnya ideal sebagai lokasi camping keluarga. Jika kamu membawa anak-anak, atau tak terbiasa dengan pendakian gunung, berkemahlah di sini. Lokasinya aman, kenyamanan terjamin, tetapi kamu tetap bisa merasakan sensasi bak berkemah di gunung.

6. Cipatuh

  • Nama Tempat:
    Cipatuh
  • Alamat:
    Sundakerta, Kec. Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46155
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00 
  • Jam Buka:
    24 Jam

Cipatuh sendiri merupakan singkatan dari Cipanas Pancuran Tujuh Cikahuripan. Masyarakat setempat memercayai bahwa air ini bukanlah air biasa. Selain dapat menyegarkan badan, air kolam panas di Cipatuh dipercaya berkhasiat sebagai pengobatan. Itu ada banyak orang yang membawa pulang air dari Kolam Cipatuh.

Kolam air panas ini bersumber dari tiga jalur mata air alami: Kahuripan, Kajayaan, dan Sirohmat. Warga setempat dan wisatawan mengatakan bahwa airnya unik. Kabarnya, airnya terkadang terasa tawar, kadang asin, asam, bahkan pahit.

Keteduhan dan kesejukannya membuat Cipatuh juga ideal sebagai lokasi berkemah. Warga lokal pun sebetulnya cukup kooperatif. Kamu bisa meminta mereka menunjukkan lokasi ideal berkemah. Mereka juga akan dengan senang hati membantu kamu mempersiapkan berbagai keperluan.

Area berkemah terletak di beberapa titik di Cipatuh. Area yang digunakan biasanya adalah area lapang, tak jauh dari kolam dan juga saung-saung.

Di saung-saung, para campers biasa berkumpul untuk mengobrol atau makan. Area ini juga kerap menjadi tempat untuk tidur bagi campers yang ingin merasakan tidur tanpa sekat dengan alam.

Untuk fasilitas MCK, para pengelola setempat sudah menyediakannya. Unit MCK sudah cukup ideal untuk mengakomodasi kebutuhan para campers. Meskipun, beberapa unit memang agak kotor karena juga digunakan oleh banyak wisatawan.

Sayangnya, Cipatuh agak sulit dijangkau kendaraan. Otomatis, dari kantor Desa Sundakerta, mau tidak mau kamu harus berjalan agak jauh sekitar 5 km.

7. Bukit Pasir Sereh Puspahiang

  • Nama Tempat:
    Bukit Pasir Sereh Puspahiang
  • Alamat:
    Bukit,pasir, sereh, Puspahiang, Kec. Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat 46471
  • Telepon:
    0856-9414-5573
  • Harga Tiket:
    Gratis
  • Jam Buka:
    06.00 - 17.45 WIB

Bukit Pasir Sereh Puspahiang memang ditujukan sebagai wisata perkemahan. Sehingga, segala hal di sana turut menunjang aktivitas camping para wisatawan.

Awalnya, bukit ini hanyalah bekas perkebunan. Atas inisiatif karang taruna dan BUMDES setempat, tempat ini diubah menjadi lokasi wisata. Kini, Bukit Puspahiang begitu elok dan rapi. Terdapat saung-saung, jembatan, deretan pepohonan, dan tempat bermain anak.

Di Bukit Puspahiang, kamu hanya perlu membayar Rp2.000,00 untuk parkir, dan Rp5.000,00 untuk masuk. Bagaimana dengan sewa tenda? Pengelola menyediakan fasilitas ini juga, lho. Kamu cukup membayar sekitar Rp45.000,00 saja.

Camping di Bukit Puspahiang cocok untuk kamu yang ingin merasakan ketentraman. Lokasi camping rapi dan memang dibuat khusus untuk mengakomodasi jenis wisata tersebut. Area camping yang disediakan terdapat di beberapa titik dan rapi, tidak terlalu banyak semak-semak.

Masih di sekitar area camping, terdapat saung-saung dan campcoffee. Tempat ini menyediakan kopi dan camilan-camilan yang enak disantap sembari menikmati pemandangan. Pada malam hari, lampu-lampu temaram di kafe memberikan rasa hangat di hati.

Berkemah di Bukit Puspahiang memang memberikan kesan manis. Di dekat tenda, ada banyak spot berkumpul berupa tempat duduk dan saung bersama.

Bukit Puspahiang juga cukup mudah dijangkau. Kendaraan pribadi bisa dibawa hingga ke area parkir. Selain itu, jalan menuju ke sana juga relatif rapi dan nyaman untuk dilalui.

8. Pantai Karang Kakapa

  • Nama Tempat:
    Pantai Karang Kakapa
  • Alamat:
    Bukit, Pasir, Sereh, Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Harga Tiket:
    Rp. 3.500,00
  • Jam Buka:
    24 Jam

Wisata pantai di Tasikmalaya memang tiada habisnya. Salah satu pantai yang direkomendasikan di Tasikmalaya adalah Pantai Kerang Kakapa.

Terletak di Cipatujah, pantai ini ramah untuk siapa saja. Baik anak-anak mau pun orang dewasa, semua bisa bermain di sana. Keindahan alamnya dipadu dengan fasilitas yang cukup lengkap dari pengelola. Nah, ada apa saja, sih, di sana? Ini dia:
  • Area bilas/toilet.
  • Warung-warung makan.
  • Camping ground.
Ombak Pantai Karang Kakapa tidak terlalu besar. Bagian pinggirnya juga aman untuk berenang dan pasirnya cerah. Kondisi ini membuatnya ideal untuk menjadi camping ground.

Area berkemah memang tak terlalu besar. Namun, bagian ini cukup rapi dan terdapat beberapa pepohonan rindang. Untuk kamu yang penasaran dengan suasana pantai di malam hari, kamu dapat mencobanya.

Karena pengelola tak menyediakan fasilitas tenda, mau tidak mau, kamu harus membawa tenda sendiri. Mendirikan tenda di tepi Pantai Karang Kakapa tidak terlalu sulit. Hanya saja, kamu memang harus menunggu angin berembus tak terlalu kencang. Karena, jika tidak, tenda sulit didirikan.

Di malam hari, kamu bisa menyalakan api unggun, mendengar debur ombak, sembari menyeduh minuman hangat. Terdengar menyenangkan, bukan?

Tidak semua warung di Pantai Karang Kakapa selalu buka. Pada waktu-waktu tertentu, bahkan hanya ada satu warung yang buka. Kamu bisa mempertimbangkan untuk membawa bekal sendiri dari rumah saat camping.

9. Talaga Denuh

  • Nama Tempat:
    Talaga Denuh
  • Alamat:
    Bojongkapol, Bojonggambir, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Harga Tiket:
    Gratis
  • Jam Buka:
    24 Jam

Talaga Denuh merupakan lokasi camping favorit wisatawan. Area berkemah terletak di dataran yang tinggi dan tak jauh dari hamparan pepohonan serta Talaga. Untuk itu, usai mendirikan kemah, kamu bisa bertolak ke bagian telaga. Kejernihan airnya mampu menampilkan bayang-bayang pepohonan di sekitarnya.

Sunyi. Itulah kesan pertama yang kamu tangkap di dekat telaga. Talaga Denuh menciptakan ketenangan yang kerap dicari orang kota.

Pada pagi hari, kamu akan disambut pemandangan matahari terbit yang menyinari Sang Mutiara dari Priangan Timur. Sementara itu, gemeresik daun menemani bak simfoni pagi.

Pengelola tidak menyediakan tenda untuk disewa. Maka dari itu, bawalah tenda sendiri dari rumah. Selain itu, tidak disediakan area parkir, sehingga kamu harus menitipkan kendaraan di rumah warga.

Sebelum bertolak ke sana untuk camping, wajib buatmu meminta izin kepada sesepuh desa. Hal ini merupakan bagian dari sopan santun kepada masyarakat desa yang menjaga lokasi camping ini.

Walaupun cantik, tetapi camping di Talaga Denuh memang bukan buat semua orang. Fasilitasnya kurang banyak dan areanya memang tidak terlalu luas.

10. Campground Puncer Pasir Haur

  • Nama Tempat:
    Campground Puncer Pasirhaur
  • Alamat:
    Kertaraharja, Taraju, Tasikmalaya, Jawa Barat
  • Paket Camping:
    Rp. 35.000,00 per orang 
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.00 WIB

Puncer Pasir Haur adalah tempat untuk kamu yang mencintai perkebunan. Camping ground ini dikelilingi oleh perbukitan dan juga perkebunan yang subur. Suasananya kurang lebih seperti perkebunan-perkebunan di Bandung Utara.

Untuk menuju ke area camping, kamu memang harus melewati jalan setapak yang agak terjal dan tidak rata. Sedikit melelahkan, memang. Bahkan, cukup menantang untuk pengemudi. Lokasinya pun agak jauh dari rumah warga. Namun, ketika sampai, rasanya semua keindahan dan kesejukan melepas rasa lelahmu. Tidak hanya bisa memandanginya, kamu juga bisa melihat aktivitas penanaman buah-buahan dan sayuran dataran tinggi. Jadi, sambil liburan, kamu juga bisa sambil menikmati edukasi baru.

Area camping di Puncer Pasir Haur cukup luas, bahkan bisa menampung puluhan tenda. Areanya terletak di tengah ladang. Dari tempat berkemah, kamu dapat melihat pemandangan lembah dan perbukitan.

Fasilitas penunjang kemah juga cukup lengkap. Terdapat unit-unit toilet untuk MCK, warung makan yang buka hingga malam, dan area berkumpul. Contohnya, saung dari bambu atau gazebo-gazebo dengan payung. Para campers biasa duduk-duduk di sana untuk mengobrol atau ngopi.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain