Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

18 Tempat Wisata Keren di Jepara yang Belum Pernah Anda Ketahui

Jepara terkenal dengan ukirannya, dan juga sebagai kota kelahiran R.A Kartini. Bukan hanya itu, kota ini menyimpan banyak sekali sejarahnya, salah satunya sebagai ibukota kerajaan kalinyamat dan kalingga. Bagi kamu yang hobi traveling, maka kamu harus nih berkunjung ke Jepara cobalah untuk berlibur. Disini terdapat banyak sekali destinasi wisata kekinian yang sedang ngehits mulai dari wisata alam hingga rekreasi yang instagenic.

Apa Saja Obyek Wisata Jepara Hits? 

Tentu yang paling populer dan menjadi ikon wisata di Jepara adalah Karimun jawa. Namun Jepara punya tidak hanya itu saja. Selain Karimun jawa, Jepara juga memiliki ragam destinasi wisata menarik yang tak kalah cakep untuk dieksplor.

Di bawah ini ada beberapa referensi wisata hits di Jepara yang bisa kamu dikunjungi bersama keluarga ataupun teman. Adapun wisatanya, di antaranya bisa kamu capai menggunakan transportasi bus pariwisata. Yuk, kepoin daftarnya sebagai berikut:

1. Danau Blingoh

  • Nama Tempat:
    Danau Blingoh
  • Alamat:
    Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB

Danau Blingoh Jepara memiliki pesona alamnya yang indah dengan bebatuan kapur di sekelilingnya. Adapun lokasi wisata ini berada di Desa Blingoh, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara.

Selain alamnya yang indah, danau ini memiliki air yang sangat jernih dan menarik untuk dilihat. Sebenarnya danau Blingoh merupakan kubangan besar bekas tambang ilegal yang akhirnya membentuk sebuah danau.

Apabila Anda ingin melihat keindahan danau ini kunjungilah saat musim hujan tiba. Pasalnya, setiap musim kemarau tiba danau ini selalu mengering sehingga tidak bisa dinikmati oleh pengunjung.

Nah, bagi Anda yang sedang berlibur di Jepara bisa meluangkan waktu untuk mengunjungi obyek wisata ini. Wisata danau Blingoh cukup ngehits di Jepara, cocok sekali tempat untuk berlibur bersama keluarga.

2. Air Terjun Jurang Nganten

  • Nama Tempat:
    Air Terjun Jurang Nganten
  • Alamat:
    Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00

Air Ter Jurang Nganten menjadi salah satu obyek wisata yang cukup unik di Jepara. Adapun tempat wisata ini terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara. Konon nama Air Terjun Jurang Nganten ini dahulunya terdapat sepasang penganten yang tidak mendapat restu oleh pihak penganten wanita. Sehingga sampai sekarang air terjun ini dinamakan jurang nganten.

Dari kota Jepara ke lokasi membutuhkan waktu sekitar 40 menit dan akses untuk sampai ke air terjun juga cukup mudah. Selain itu, panorama pegunungannya cukup indah menemani perjalanan Anda ke tempat ini.

Di sini terdapat spot menarik yang bisa Anda coba untuk berswafoto atau selfi bareng. Nah, bagi Anda yang ingin berlibur di tempat yang tenang, Air Terjun Jurang Nganten bisa menjadi referensi Anda untuk menghilangkan penat.

3. Air Terjun Banyu Anjlok

  • Nama Tempat:
    Air Terjun Banyu Anjlok
  • Alamat:
    Dukuh Sewengen Desa somosari Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,00

Wisata hits di Jepara selanjutnya yakni Air Terjun Banyu Anjlok yang terletak di Desa Sumosari, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. Penamaan ‘Banyu Anjlok’ memiliki arti yakni air yang turun bebas. Untuk akses ke lokasi tidaklah sulit, hanya saja perlu jalan kaki untuk menuju ke air terjun tersebut. Namun, Anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa saat di perjalanan.

Untuk yang ingin liburan di alam terbuka, Air Terjun Banyu Anjlok sangat direkomendasikan untuk berlibur. Pasalnya, keadaan alam pegunungannya yang masih asri cocok sebagai penghilang penat. Meskipun cukup jauh dari perkampungan, Anda bisa mendapatkan makanan dengan mudah di tempat ini. Di sini terdapat warung-warung yang dikelola oleh masyarakat sekitar, sehingga pengunjung tidak kesusahan saat haus atau lapar.

4. Air Terjun Songgolangit

  • Nama Tempat:
    Air Terjun Songgolangit
  • Alamat:
    Desa Bucu, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    24 Jam

Dengan ketinggian sekitar 80 meter, Air Terjun Songgolangit menyajikan pemandangan alam yang luar biasa menawan.

Sangat cocok buat kamu yang ingin melipir sejenak dari segala kesibukan. Udara yang sejuk, alam yang asri dan air yang begitu segar akan memanjakanmu sehingga pikiran kembali fresh.

5. Bukit Bejagan Jepara

  • Nama Tempat:
    Bukit Bejagan Jepara
  • Alamat:
    Duplak, Tempur, Kec. Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah 59454
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    24 Jam

Ngadem di Bukit Bejagan bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengisi waktu liburanmu di akhir pekan.

Nuansa alam yang hijauterhampar luas di depan mata, membuat lelah dan penatmu hilang seketika.

Menghirup sejuknya udara di atas ketinggian Bukit Bejagan bukan hanya membuat pikiranmu rileks saja tetapi juga membuatmu semakin takjub akan karya Sang Pencipta.

6. Puncak Jehan

  • Nama Tempat:
    Puncak Jehan
  • Alamat:
    Desa Kunir, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    05.00 - 18.00 WIB

Puncak Jehan menawarkan sensasi liburan yang seru dan menyenangkan dengan panorama alam yang begitu menakjubkan.

Meskipun butuh perjuangan ekstra untuk sampai ke Puncak Jehan, namun perjalananmu tidak akan sia-sia. Kamu bisa menjelajahi setiap keindahan Puncak Jehan dan mengabadikannya dalam sebuah bidikan kamera, hasilnya pasti keren!

7. Pantai Empu Rancak

  • Nama Tempat:
    Pantai Empu Rancak
  • Alamat:
    Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,00
  • Jam Buka:
    06.00 - 17.00 WIB

Pantai Empu Rancak merupakan salah pantai yang terdapat di wilayah Mlonggo, Kabupaten Jepara. Obyek wisata pantai ini terbilang masih baru dan dikelola oleh penduduk setempat.

Keunggulan dari Pantai Empu Rancak yakni suasana alam sekitarnya yang masih asri sehingga cukup nyaman untuk dikunjungi. Terutama bagi yang memiliki kesibukan yang padat, tidak ada salahnya mengunjungi pantai ini untuk melepas penat.

Bagi yang sudah memiliki buah hati Pantai Empu Rancak sangat cocok sekali untuk berlibur bersama keluarga. Di sini Anda bisa melihat sunrise maupun sunset sambil menikmati kuliner seafoodnya. Di sisi lain Pantai Empu Rancak ini yakni terdapat masjid yang arsitekturnya mirip dengan Masjid Agung Demak dan juga Menara Kudus. Nah, bagi yang tengah berlibur di Jepara, pantai hits ini patut untuk di kunjungi.

8. Pantai Kartini

  • Nama Tempat:
    Pantai Kartini
  • Alamat:
    Rw. IV, Bulu, Jepara Regency, Central Java 59418, Indonesia
  • Harga Tiket:
    Dewasa Rp. 10.000,00
    Anak-anak Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    08.00 - 18.00 WIB

Setelah Pantai Empu Rancak, jangan lewatkan juga obyek wisata Pantai Kartini. Pantai ini menjadi salah satu obyek wisata yang cukup ngehits di Jepara sehingga sangat wajib untuk dikunjungi. Pantai Kartini berlokasi di Desa Bulu yang letaknya tidak terlalu jauh dari kota Jepara. Setiap satu mingggu setelah hari raya Idul Fitri yakni pada tanggal 8 Syawal, masyarakat lokal mengadakan festival kebudayaan ‘Loban’.

Sedangkan untuk fasilitas di Pantai Kartini cukup lengkap mulai dari permainan anak hingga tempat parkir kendaraan. Di sini juga terdapat kantin atau tempat makan yang bisa Anda coba. Obyek wisata ini buka setiap hari dengan harga tiket masuknya juga cukup terjangkau. Untuk Anda yang ingin berlibur bersama keluarga, Pantai Kartini bisa menjadi referensi terbaik berlibur di Jepara.

9. Pantai Bandengan

  • Nama Tempat:
    Pantai Bandengan
  • Alamat:
    Desa Bandengan, Jepara, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, 59432
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,00
  • Jam Buka:
    07.00 - 18.00 WIB

Pantai bandengan berlokasi di Jepara, memiliki pasir pantai dengan tekstur halus yang berwarna putih bersih. Romantisme di pantai yang sangat indah bagi setiap pasang mata yang memandangnya. Kondisi air laut yang sangat luas, jernih dan baik dapat menimbulkan kesan yang bersih dan indah serta bebas beraktivitas.

Pantai bandengan ialah pantai terindah yang berlokasi di Desa Bandengan, Jepara, Jawa Tengah. Jarak antara pantai dengan pusat kota yakni terpaut kurang lebih 7 kilometer. Pantai ini terletak di sebelah timur kota Semarang yang tidak begitu jauh. Anda bisa mengunjungi wisata pantai bandengan dengan mengendarai kendaraan apapun, bisa motor, mobil, bus. Untuk rute yang dilalui jika menggunakan motor atau mobil yaitu dengan melewati jalan raya yang menuju ke arah Kota Jepara dimulai dari kota Demak atau Kudus yang searah dengan Jepara.

10. Karimun Jawa

  • Nama Tempat:
    Karimun Jawa
  • Alamat:
    Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Indonesia
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00 - Rp. 225.000,00
  • Jam Buka:
    24 Jam

Karimun Jawa merupakan sebuah pulau yang terletak di laut Jepara dan termasuk jajaran destinasi wisata terbaik. Keindahan alam pulau yang masih alami bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Selain itu, keindahan biota bawah lautnya juga tidak kalah menarik, Anda juga bisa melakukan snorkling dan diving untuk melihat keindahannya. Terdapat juga fasilitas lain seperti kursi jemur, untuk yang ingin berjemur sambil menikmati alam sekitar.

Semua cagar alam yang terdapat di Pulau ini sangat dilindungi mulai dari hutan mangrove hingga terumbu karang. Karimun Jawa bukan hanya menjadi daya tarik wisatawan lokal saja, tetapi hingga mancanegara. Nah, untuk Anda yang ingin berkunjung ke Pulau, saat ini sudah banyak tersedia agen tur perjalanan Karimun Jawa. Jadi jangan khawatir, meskipun jauh Anda bisa menikmati keindahan alamnya.

11. Pulau Panjang Jepara

  • Nama Tempat:
    Pulau Panjang Jepara
  • Alamat:
    Kelurahan Ujung Batu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara
  • Harga Tiket:
    Rp. 3.000,00
  • Jam Buka:
    24 Jam

Salah satu tempat liburan yang hits di Jepara yakni Pulau Panjang Jepara yang lokasinya dekat dengan Pantai Kartini. Tidak kalah dengan Karimun Jawa, Pulau ini juga memiliki keindahan alam bawah laut. Pulau Panjang memiliki pasir putih serta di kelilingi laut yang dangkal dengan air yang jernih. Tidak hanya itu, Anda juga bisa snorkeling untuk melihat biota bawah laut seperti terumbu karang.

Fasilitas Pulau Panjang yang bisa dinikmati pengunjung yakni alat snorkeling untuk pengunjung yang hobi menyelam. Selain itu, penyewaan sepeda hingga alat tenda untuk yang ingin berkemah. Bagi Anda yang ingin menikmati indahnya Pulau ini bisa melalui Pantai Kartini dengan menggunakan perahu wisata. Obyek wisata Pulau Panjang buka setiap hari dengan biaya tiketnya juga cukup terjangkau.

12. Pantai Punuk Sapi

  • Nama Tempat:
    Pantai Punuk Sapi
  • Alamat:
    Desa Balong, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Jam Buka:
    24 Jam

Pantai ini masih sangat alami dengan keindahan alamnya yang mempesona.

Pantai yang juga dikenal dengan Pantai Lemah Abang ini memiliki pasir berwarna hitam dengan nuansa tanah merah yang begitu eksotis.

Konon tempat ini dulunya merupakan petilasan Syeh Siti Jenar. Kamu bisa menikmati keindahan pantai dan menanti momen sunset dengan view terbaik di tempat ini.

13. Pantai Bondo Jepara

  • Nama Tempat:
    Pantai Bondo Jepara
  • Alamat:
    Bondo Bangsri, Rw. I, Mulyoharjo, Jepara, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, 59431
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00 - Rp. 10.000,00
  • Jam Buka:
    24 Jam

Garis pantai yang cukup panjang dengan ombak yang tenang membuat kamu puas menjelajahi setiap sudut pantai atau sekedar bermain air.

Pantainya sangat bersih dengan hamparan pasir putih yang lembut. Fasilitas di pantai ini cukup memadai, tersedia juga beberapa spot selfie kece yang akan membuat hasil jepretenmu semakin maksimal.

14. Candi Angin

  • Nama Tempat:
    Candi Angin
  • Alamat:
    Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Gratis
  • Jam Buka:
    24 Jam

Candi Angin merupakan wisata Jepara lainnya yang patut untuk dikunjungi terutama bagi para pelajar. Lokasi cagar budaya ini yakni di Desa Tempur, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara. Menurut sebuah penelitian bahwa Candi Angin lebih tua dari Candi Borobudur di Magelang. Diketahui Candi ini merupakan bangunan peninggalan sejak jaman Kerajaan Kalingga.

Bebeda dengan bangunan candi lainnya, Candi Angin terdapat pusaran angin di lubangnya candi. Dengan begitu bangunan candi ini dinamakan Candi Angin yang menjadi tempat wisata sejarah yang ada di Jepara. Akses menuju obyek wisata ini sangat mudah dan bisa dilalui oleh angkutan umum, mobil, hingga sepeda motor. Selain itu, fasilitasnya cukup lengkap mulai dari tempat ibadah hingga coffe shop.

15. Jepara Ourland Park

  • Nama Tempat:
    Jepara Ourland Park
  • Alamat:
    Pantai Mororejo, RT. 4 / RW. 2, Mlonggo, Rw. I, Bandengan, , Jepara, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, 59452
  • Harga Tiket:
    Rp. 35.000,00 - Rp. 50.000,00
  • Jam Buka:
    09.00 - 15.00 WIB

Jepara Ourland Park merupakan obyek wisata populer yang menjadi kebanggaan warga Jepara. Destinasi wisata ini di bangun dengan luasnya mencapai 11 hektar di tepi Pantai Mororejo. Adapun lokasi berada di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, yang menawarkan beragam wahana hiburan hingga relaksasi. Meskipun terbilang masih baru, Jepara Ourland Park semakin diminati pengunjung.

Jepara Ourland Park memiliki beragam permainan air dengan 36 seluncuran air. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin olahraga air terdapat juga Banana Boat, Jetski, dan lain-lain. Adapun fasilitas Jepara Ourland Park sangat lengkap mulai dari mushola, ruang nursery, klinik, toiler, tempat istirahat, gazebo, hingga kendaraan. Jepara Ourland Park sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga.

16. Tiara Park Waterboom

  • Nama Tempat:
    Tiara Park Waterboom
  • Alamat:
    Jl. Kenari, Purwogondo IV, Purwogondo, Kalinyamatan, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, 59462
  • Harga Tiket:
    Rp. 25.000,00 - Rp. 30.000,00
  • Jam Buka:
    08.30 - 17.00 WIB

Bagi Anda yang tengah mencari wisata untuk anak maka Tiara Park Waterboom Jepara bisa menjadi pilihannya. Di sini Anda bisa mengajak buah hati untuk bermain air sepuasnya. Adapun lokasi Tiara Park Waterboom yakni di Purwogondo, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara. Di sini ada beragam kolam renang yang bisa dipilih pengunjung mulai dari untuk anak-anak hingga dewasa.

Adapun wahana permainan air yang ada di Tiara Park Waterboom seperti Lazy River, main bola, hingga seluncuran air. Selain itu, terdapat juga flying fox, Iguana Slide, Bioskop 3D, hingga ATV Arena.

17. Udara Yoga Jepara

  • Nama Tempat:
    Udara Yoga Jepara
  • Alamat:
    Jokosari, Ngabul, Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    09.00 - 17.00 WIB

Udara yoga adalah destinasi yang baru dibuka pada tahun 2018 di Jepara. Objek wisata ini sedang ramai dibicarakan di media sosial bahkan cenderung hits dikunjungi hingga saat ini.

Bila kamu belum mengunjungi pulau dewata, destinasi ini bisa menjadi alternatif kamu di pulau Jawa. Di sini, kamu bisa berswafoto layaknya sedang liburan di pulau bali.

Beberapa spot foto yang bisa kamu explore lebih jauh di antaranya: pintu gerbang, patung, taman, gazebo layaknya berada di bali.

18. Kampung Batik Kembangmulyo

  • Nama Tempat:
    Kampung Batik Kembangmulyo
  • Alamat:
    Jl. Bougenvil Raya No.18, Mulyoharjo II, Mulyoharjo, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Salah satu eduwisata terbaru yang dibuka di Jepara adalah Kampung Batik Kembangmulyo. Objek wisata ini diresmikan oleh Rumah zakat sekitar bulan maret 2019. Pendirian desa kreatif ini bertujuan untuk menopang pemasaran dan produksi bati dari pengrajin.

Setidaknya terdapat 20 pengrajin batik yang disebar di desa ini dengan batik bermotif khusus yang diberinama kembangmulyo.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain