Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

37 Tempat Wisata Kuliner Di Bantul Yang Wajib Kamu kunjungi


Kuliner Bantul – Bingung mencari tempat makan di Bantul? Ini daftar rekomendasi tempat wisata kuliner di Bantul yang terkenal wajib dikunjungi. Mulai dari makanan khas tradisional yang legendaris hingga menu modern kekinian, ada semua di sini.

Selain kaya akan pantai dan keindahan alam, Kabupaten Bantul juga dikenal sebagai salah satu surganya kuliner Jogja yang lezat menggoyang lidah. Harganya pun terbilang murah, nyaman di kantong. Tak heran, jika banyak wisatawan mampir ke Bantul untuk mengisi perut dikala lapar.

Nah, buat Anda yang kebetulan sedang liburan di Bantul, berikut ini saya sajikan beberapa wisata kuliner Bantul yang recommended untuk dicoba. Kira-kira ada apa saja ya? Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Daftar Tempat Wisata Kuliner Di Bantul Yang Wajib Dikunjungi

1. Mangut Lele Mbah Marto


Kita awali review pertama kuliner Bantul dengan mengulas Mangut Lele Mbah Marto. Sesuai namanya, tempat makan Mbah Marto ini menyuguhkan menu utama berupa mangut lele. Proses pembuatan mangut lelenya diawali dengan pengasapan ikan lele, kemudian lele asap tersebut dimasak memakai bumbu mangut pedas di dalam wajan besar.

Cita rasa mangut lele legendaris ini sungguh enak bikin nagih. Tekstur daging ikan lelenya berbeda dengan lele penyetan pada umumnya. Dagingnya terasa lebih padat, mirip tekstur ikan laut. Perpaduan rasa gurih dan pedas yang nampol begitu sempurna. Wajib banget bagi para penyuka pedas buat nyobain mangut lele Mbah Marto.

Bagi Anda yang bukan penyuka pedas, tak usah kuatir karena tersedia juga mangut lele tidak pedas. Selain mangut lele, warung langganan artis dan pejabat ini juga menyediakan gudeg, krecek, daun pepaya, opor ayam, dan garang asem. Semua menu makanan tersebut disajikan langsung di dalam dapur rumah (Bahasa Jawa : Pawon).

Pembeli langsung mengambil secara prasmanan mulai dari nasi hingga lauknya. Di sana disediakan tempat duduk dan meja untuk menyantap makanan. Rate harga seporsi mangut lelenya sekitar 25 – 30 ribu rupiah, tergantung lauk yang dipilih.

Lokasi warung makan Mangut Lele Mbah Marto berada di dalam perkampungan / desa, tepatnya Jl. Sewon Indah Ngerahan No.RT.04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 10.00 – 21.00 WIB.

2. Sate Klathak Pak Pong


Kuliner Bantul legendaris berikutnya yang wajib dicoba adalah Sate Klathak Pak Pong. Lokasinya terletak di Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec. Pleret, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 09.00 – 23.30 WIB.

Sate klatak sendiri termasuk salah satu makanan khas Yogyakarta berupa olahan daging kambing muda bercita rasa asin dan gurih. Makanan ini populer di daerah Wonokromo, Kec. Pleret, Kab. Bantul. Berbeda dengan sate kambing pada umumnya, Sate Klathak Pak Pong menggunakan jeruji besi sepeda sebagai tusukan sate.

Penggunaan jeruji sepeda ini membuat daging kambing matang secara merata sehingga teksturnya empuk saat di gigit. Seporsi satenya berisi 2 tusuk sate dengan potongan daging lumayan besar, lengkap dengan kuah gulai. Selain sate, tersedia juga menu tongseng, tengkleng, gulai dan nasi goreng kambing.

Warung Sate Klathak Pak Pong dilengkapi dengan fasilitas lengkap, mulai dari ruang makan luas, mushola, mukena, tempat wudhu, tempat bermain anak (playground), toilet, hingga area parkir luas. Jika ingin lebih nyaman, datanglah saat weekdays, karena ketika musim liburan atau weekend biasanya ramai banget.

3. Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung


Meskipun banyak bermunculan olahan ayam goreng crispy kekinian, namun racikan ayam goreng warung Mbah Cemplung tetaplah juara rasanya. Tekstur dagingnya empuk, rasa gurihnya pas, semakin sedap disantap bersama nasi putih hangat, sambal, dan lalapan (kemangi & mentimun). Maknyus banget!

Warung Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung sangatlah sederhana, kesan tradisional pedesaan akan Anda rasakan ketika berkunjung ke sana. Menu makanan yang disajikan antara lain ayam utuh, paha, dada, kepala, ati, oseng, tempe, terong, dan pete. Sedangkan minumannya ada beras kencur, kunir asem, teh, jeruk, kopi, wedang uwuh, serta wedang tape.

Rate harga ayam gorengnya sekitar 25 – 180 ribu rupiah. Lokasi / alamat warung yang berdiri sejak tahun 1980-an ini terletak di Jl. Sembungan No.05, Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 08.00 – 17.00 WIB.

4. Sambel Welut Pak Sabar


Selain ayam goreng Mbah Cemplung, ada satu lagi kuliner khas Bantul yang menyuguhkan menu tradisional dengan cita rasa autentik khas pedesaan, namanya Sambel Welut Pak Sabar. Apa itu welut? Welut merupakan nama Jawa dari belut.

Sesuai namanya, warung Pak Sabar menawarkan hidangan utama berupa sambal welut / sambal belut. Makanan ini berupa belut goreng setengah matang yang dicampur dengan bumbu sambal (bawang putih, kencur, cabai, daun jeruk & garam), lalu ditumbuk hingga halus.

Cita rasa sambalnya sungguh enak, rasa gurih dan pedas bercampur menjadi satu. Semakin segar dengan aroma daun jeruk. Sambal belut ini cocok disantap bersama sepiring nasi pitih hangat, belut goreng, dan lalapan. Selain sambal welut dan welut goreng, tersedia juga oseng welut, ikan wader, gabus goreng, oseng gabus, tahu, maupun tempe.

Rate harga Sambel Welut Pak Sabar sekitar 15 ribu per 100 gram. Lokasi / alamat warungnya terletak di Glagah Kidul, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 10.00 – 22.00 WIB.

5. Nasi Godog Pak Pethel (Sego Godog Pak Pethel)


Nasi godog atau sego godog sebenarnya termasuk kuliner khas Magelang Jawa Tengah. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, makanan ini mulai menyebar ke daerah Yogyakarta, termasuk Bantul. Nah, salah satu tempat makan sego godog paling enak di Bantul adalah Nasi Godog Pak Pethel.

Sesuai namanya, nasi godog terbuat dari nasi yang direbus dalam wajan (Bahasa Jawa : godog = rebus). Seporsi nasi godog racikan Pak Pethel berisi nasi, bihun, kol, tomat, daun bawang, suwiran ayam kampung, telor ayam, bumbu rempah, kuah kaldu, seledri, dan bawang goreng.

Cita nasi godognya sungguh lezat, gurih dan rempahnya nendang di lidah. Porsinya juga terbilang banyak, sekali makan bikin kenyang. Harga seporsi Nasi Godog Pak Pethel terbilang murah, hanya 12 ribu rupiah. Selain nasi godog, tersedia juga menu nasi goreng, magelangan, mie godog, mie goreng, dan mie nyemek.

Lokasi / alamat warung Nasi Godog Pak Pethel terletak di Ngaglik, Pendowoharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 19.00 – 00.00 WIB. Mengingat antriannya panjang, Anda sebaiknya datang lebih awal sebelum jam buka agar tidak kehabisan.

6. Pecel Belut & Mangut Lele Mbah Warno (Pecel Baywatch)


Sesuai namanya, kuliner Bantul legendaris yang satu ini menyajikan menu utama berupa pecel belut dan mangut lele. Seporsi pecel belutnya berisi aneka sayuran mulai dari daun bayam, daun pepaya, kembang turi, daun kenikir, kacang panjang hingga kecambah / tauge.

Campuran sayuran tersebut semakin sedap dengan guyuran sambal pecel dan potongan belut goreng. Selain belut goreng, tersedia juga lauk lainnya seperti lele goreng, mangut lele, tahu tempe bacem, dan peyek belut.

Lokasi warung Mbah Warno terletak di Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 08.00 – 15.00 WIB. Rate harga sepertinya masih dibawah 20 ribu rupiah per porsi.

7. Bakmi Jawa Mbah Mo


Seperti halnya gudeg, bakmi Jawa nampaknya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari Provinsi D.I. Yogyakarta. Pasalnya, hampir di setiap sudut wilayahnya, bisa ditemukan penjual bakmi Jawa, tak kecuali Bantul.

Salah satu warung bakmi Jawa di Bantul yang recommended adalah Bakmi Jawa Mbah Mo. Lokasinya terletak di Jl. Parangtritis No.Km.11, Code, Trirenggo, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 17.00 – 23.00 WIB.

Cita rasa racikan bakmi rebus Mbah Mo sungguh juara banget lezatnya, kaya akan rempah. Kuah asin gurihnya berpadu pas dengan isian bakminya seperti mie kuning, telur bebek, daging ayam kampung, kubis, seledri, dan bawang goreng. Pantas rasanya memasukkannya ke dalam daftar bakmi Jawa terenak di Jogja yang wajib dicoba.

Selain bakmi Jawa rebus (godhog), pembeli juga bisa memesan bakmi goreng dan nyemek. Untuk pilihan minuman tersedia teh panas, teh jahe, jeruk panas, jeruh jahe, kopi, kopi jahe, wedang jahe, dan wedang uwuh. Rate harga bakmi Jawanya sekitar 21 ribu rupiah ke atas.

8. Sate Kambing Sor Talok


Bagi penggemar olahan daging kambing di kawasan Bantul, mungkin sudah tak asing lagi dengan warung Sate Kambing Sor Talok. Dagingnya begitu empuk dan tidak bau prengus, semakin enak dengan racikan bumbu yang kaya akan rempah. Tak heran, jika pelanggan / pembelinya cukup banyak.

Ciri khas sate kambing di sini berupa potongan dagingnya yang cukup besar dan memakai jeruji besi sepeda sebagai tusukkannya. Sekilas memang hampir sama dengan sate klatak, tapi bumbunya berbeda. Sate kambing di warung Sor Talok memakai bumbu kecap yang ditambah bawang, kemiri, ketumbar, daun jeruk, cabai, gula merah, dan garam.

Selain sate kambing, ada juga tongseng dan tengkleng. Untuk makan di warung Sate Kambing Sor Talok, Anda setidaknya harus menyiapkan uang 50 ribuan ke atas. Jika penasaran dengan cita rasanya, Anda bisa langsung ke lokasinya di Jl. Pramuka No.RT. 03, Area Sawah, Trirenggo, Kec. Bantul, Kab. Bantul, D. I. Yogyakarta. Jam buka pukul 07.00 – 21.00 WIB.

9. Mides Bu Yanti


Mides merupakan makanan khas daerah Pundong, Bantul, yang berupa olahan mie rebus / goreng dengan isian mie dari tepung kanji / pati singkong, kol, udang, telur, dan irisan mentimun. Salah satu warung mides yang populer di sana adalah Mides Bu Yanti.

Sekilas, mungkin mides seperti bakmi Jawa, namun tambahan udang membuatnya semakin sedap. Lokasi warungnya terletak di Monggang, Srihardono, Kec. Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 17.00 – 23.00 WIB. Rate harga masih dibawah 20 ribu rupiah (NB : harga bisa berubah sewaktu-waktu).

10. Mie Lethek Bantul Mbah Mendes


Selain mides, ada mie lethek yang juga terkenal sebagai makanan khas Bantul. Lethek dalam bahasa Jawa berarti kusam / kotor. Dinamakan mie lethek karena tampilan mie ini tampak keruh kecoklatan, tak secerah mie pada umumnya.

Meskipun tampilannya kurang menarik, namun mie lethek memiliki cita rasa yang tak kalah enak, dan tanpa bahan pengawet. Sentra produksi mie lethek berada di Kecamatan Srandakan, Bantul. Ada cukup banyak penjual mie yang memakai mie lethek, salah satunya adalah warung Mie Lethek Bantul Mbah Mendes.

Seporsi mie lethek Mbah Mendes berisi mie lethek, telur, daun bawang, kubis, seledri, irisan wortel, suwiran daging ayam dan tomat. Sebagai pelengkap, ada acar mentimun dan cabai rawit. Untuk variasi menunya, ada mie lethek rebus, goreng, dan mie plencing.

Lokasi / alamat Mie Lethek Bantul Mbah Mendes terletak di Jl. Murtigading, Sorobayan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 16.30 – 23.00 WIB.

11. Rumah Makan Manggar Manding


Bagi Anda pecinta gudeg, wajib rasanya mampir ke Rumah Makan Manggar Manding. Pasalnya, di sana ada menu spesial berupa gudeg yang terbuat dari manggar (bunga kelapa). Berbeda dengan gudeg Jogja pada umumnya yang bercita rasa manis, gudeg manggar cenderung gurih dengan tekstur renyah.

Jika Anda tak terlalu suka gudeg, tak usah kuatir karena ada menu lain seperti seafood, nasi goreng, pecel, dan sebagainya. Rumah makan ini cukup luas, fasilitasnya pun lengkap ada mushola, tempat parkir, dan toilet.

Lokasi / alamat Rumah Makan Manggar Manding terletak di Jl. Parangtritis No.11,5, Kadibeso, Sabdodadi, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB.

12. Tongseng Ayam Sudimoro


Ngomongin tongseng ayam terenak di Bantul yang legendaris, rasanya tak akan lepas dari warung Tongseng Ayam Sudimoro. Racikan tongseng ayam kampungnya sungguh lezat, tekstur dagingnya begitu empuk berpadu pas dengan kuah gurih, manis, dan pedas.

Berdiri sejak tahun 1965, Tongseng Ayam Sudimoro masih tetap eksis hingga sekarang dengan cita rasa otentik. Lokasinya terletak di Jl. Jend. Sudirman No.59B, Nyangkringan, Bantul, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 07.00 – 15.00 WIB.

13. Seafood Pantai Depok


Bantul termasuk salah satu Kabupaten di D.I. Yogyakarta yang sebelah selatannya berbatasan langsung dengan laut. Tak ayal, daerah ini pun punya deretan pantai bagus untuk wisata sekaligus kaya akan hasil laut.

Nah, buat Anda yang ingin menikmati kuliner seafood khas Bantul, bisa berkunjung ke Pantai Depok. Di sana, ada banyak warung yang menawarkan ikan segar, udang, lobster, cumi, kepiting, dan kerang, untuk dimasak dengan dibakar, goreng, saus tiram, maupun asam manis.

Jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan nelayan yang baru pulang melaut membawa ikan segar. Jika Anda pandai menawar, maka bisa mendapatkan harga lebih murah dari pada harga di pasar atau supermarket.
Lokasi Pantai Depok terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

14. Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hj. Hadi S


Dari namanya, tentu Anda sudah bisa menebak jika spot destinasi kuliner ini menyuguhkan menu berupa soto ayam. Iya, tak salah lagi, menu utama di warung Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hj. Hadi S memang soto ayam dengan cita rasa begitu lezat. Cocok buat sarapan pagi maupun makan siang.

Meskipun porsinya lumayan banyak, tapi rasa sotonya masih tetap mantap, kaya akan rempah. Tekstur daging ayam kampungnya empuk, berpadu pas dengan kuah gurih manis. Pantas rasanya memasukkan warung ini ke dalam list soto Jogja terenak yang wajib dicoba.

Sebagai pelengkap, tersedia aneka lauk tahu tempe bacem, tempe goreng, perkedel, dan ayam kampung goreng. Lokasi / alamat warung Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hj. Hadi S terletak di Jl. Soragan No.13, Cungkuk, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 07.00 – 15.30 WIB.

15. Warung Soto Kadipiro


Kalau warung soto yang satu ini, sudah tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Berdiri sejak tahun 1928, Warung Soto Kadipiro sudah sangat melegenda dikalangan pecinta kuliner, baik warga lokal maupun wisatawan.

Seporsi sotonya berisi kubis, seledri, taoge, nasi, suwiran daging ayam kampung, bawang goreng, dan kuah kaldu. Untuk lauk pendamping, tersedia gorengan, perkedel, sate telur puyuh, tahu tempe bacem, dan ayam kampung goreng.
Rate harga soto per porsinya masih di bawah 20 ribu rupiah (NB : harga bisa berubah sewaktu-waktu).

Lokasi / alamat Warung Soto Kadipiro terletak di Jl. Wates No.33, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabarnya, ini adalah warung Soto Kadipiro yang asli. Jam buka pukul 07.30 – 14.30 WIB.

16. Ingkung Mbah Kentol


Sesuai namanya, destinasi kuliner Bantul ini menyuguhkan menu utama berupa ingkung, yaitu ayam utuh yang dimasak dengan bumbu rempah dan kuah santan kental. Ciri khas / keunikan dari Ingkung Mbah Kentol terletak pada penggunaan ayam kampung dan kreneng (anyaman bambu) dalam memasak ayam ingkungnya.

Meskipun memakai ayam kampung, namun tekstur daging ayam di rumah makan Ingkung Mbah Kentol terasa empuk, berpadu pas dengan rasa gurih kuahnya. Rate harga untuk 1 ekor ingkung lumayan mahal, namun sebanding dengan cita rasa yang didapatkan.

Lokasi / alamat Ingkung Mbah Kentol terletak di Kentolan Lor,, Kentolan Lor, Guwosari, Kec. Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 10.00 – 19.00 WIB.

17. Sate Petir Pak Nano


Masakan daerah Jogja termasuk Bantul, memang terkenal dengan cita rasa serba manis. Namun, bukan berarti di sana tak ada makanan pedas. Cobain deh, berkunjung ke Sate Petir Pak Nano, di sana Anda akan dimanjakan dengan olahan daging kambing super pedas.

Asyiknya lagi, pembeli bisa memesan sesuai level kepedasan yang diinginkan. Bila kurang pedas, bisa ditambahkan lagi tingkat pedasnya. Untuk menunya, ada sate, tongseng, tengkleng, gulai, dan nasi goreng kambing. Rate harga sekitar 25 ribu rupiah per porsi.

Lokasi / alamat warung Sate Petir Pak Nano terletak di Jl. Jogja Ring Road Sel. No.90, Menayu Kidul, Tirtonirmolo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 12.00 – 18.30 WIB.

18. Sate Klathak Pak Bari Pasar Wonokromo


Apakah Anda pernah menonton film AADC 2? Jika iya, maka Anda akan melihat satu potongan adegan dimana Rangga dan Cinta bersantap malam di sebuah warung sate. Nah, warung tersebut adalah Sate Klathak Pak Bari.

Racikan sate klatak warung Pak Bari terkenal begitu empuk dan enak, porsinya pun pas bagi penderita hipertensi karena tidak terlalu besar. Satu porsi sate klathaknya ada 2 tusuk dengan masing-masing tusuk berisi 6 potong daging kambing, lengkap beserta nasi dan kuah gulai.

Selain sate klatak, ada juga menu sate goreng, gulai jeroan, tongseng, tengkleng, nasi goreng, dan nasi godhog. Rate harga Sate Klathak Pak Bari dibanderol sekitar 20 ribu rupiah per porsi.

Tempat wisata kuliner malam Jogja yang populer ini buka mulai pukul 18.30 – 24.00 WIB. Lokasi / alamatnya berada di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Wonokromo II, Wonokromo, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

19. Warung Bakso Pak Jam Ironayan


Beralih ke kuliner sejuta umat alias bakso. Makanan yang satu ini menjadi favorit banyak orang, mulai dari kelas bawah hingga kelas atas. Nah, apabila Anda kebetulan sedang berada di kawasan Banguntapan Bantul, bisa mampir ke warung Bakso Pak Jam Ironayan untuk mencicipi bakso bercita rasa enak.

Berbeda dengan bakso lain, bakso racikan warung Pak Jam ini sekitar 95 persen memakai daging sapi, 5 persennya tepung, tanpa campuran bahan lain. Hal ini membuat rasa daging baksonya benar-benar kuat menggugah selera. Apalagi disantap dengan kuahnya saat masih hangat. Maknyus banget deh!

Seporsi bakso di sana berisi 4 buah bakso, mie, bakso goreng, sawi, tahu, dan kuah. Harganya dibanderol sekitar 15 ribu rupiah per porsi. Lokasi / alamat Warung Bakso Pak Jam Ironayan terletak di Ironayan RT. 03, Baturetno, Banguntapan, Plakaran, Baturetno, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 10.00 – 18.30 WIB (Jumat tutup).

20. Mie Ayam Ibu Edi Sutrisno


Selain bakso, mie ayam juga tak kalah populer dikalangan masyarakat pada umumnya. Bantul sendiri bisa dibilang surganya mie ayam, pasalnya ada banyak sekali penjual mie ayam enak yang tersebar di setiap sudutnya.

Salah satu mie ayam terenak di Bantul selain mie ayam Tumini adalah Mie Ayam Ibu Edi Sutrisno. Lokasinya yang cukup jauh dari perkotaan, alias “Mblusuk” jauh di pedesaan, tak membuat warung ini sepi pembeli. Hampir setiap hari, apalagi pas jam makan siang, warungnya hampir selalu ramai pembeli.

Seporsi mie ayamnya berisi mie, sawi, acar mentimun, potongan daging ayam, dan kuah. Cita rasanya cenderung manis gurih khas Jogja banget, tapi tak terlalu manis. Recommended dimasukkan dalam daftar mie ayam terenak di Jogja. Harga mie ayamnya murah meriah alias murmer banget, sekitar 8 ribu rupiah per porsi.

Lokasi / alamat warung Mie Ayam Ibu Edi Sutrisno terletak jauh dipelosok desa, tepatnya di Pedukuhan Jayan, Dusun Kebonagung, Desa Wisata Kebonagung, Kec. Imogiri, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 07.30 – 20.00 WIB.

21. Tahu Gimbal Dilla


Tahu gimbal sebenarnya merupakan kuliner khas Semarang Jawa Tengah, tapi makanan ini kini telah menyebar ke berbagai daerah, termasuk Bantul Yogyakarta. Jadi, jika Anda kebetulan sedang ingin mencicipinya, tak perlu jauh-jauh ke Semarang. Cukup datang saja ke kedai Tahu Gimbal Dilla.

Racikan tahu gimbalnya tak kalah enak bila dibandingkan dengan tahu gimbal yang ada di Semarang. Seporsi tahu gimbal Dilla berisi potongan ketupat, tahu goreng, telor ceplok, gimbal (bakwan udang / udang tepung goreng), irisan kol, sambal kacang, dan kecap.

Lokasi / alamat Tahu Gimbal Dilla terletak di Jl. Parangtritis No.138, Dadapan, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Sebelah Utara SMP N 1 Sewon). Jam buka pukul 09.00 – 17.00 WIB. Rate harga sekitar 13 ribu rupiah per porsi.

22. Gubug Makan Mang Engking Soragan Castle


Gubug Makan Mang Engking Soragan Castle termasuk salah satu tempat makan di Jogja yang terkenal nyaman buat rombongan keluarga. Selain tempatnya luas, di sana juga banyak spot foto instagramable, dan masakannya enak dengan beragam menu mulai dari seafood, ikan air tawar, ayam, aneka sayuran, maupun minuman.

Lokasi destinasi kuliner ini terletak di Jl. Soragan No.13, Kembang, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB.

23. Warung Pak Bejo


Buat Anda pecinta kuliner tradisional “hiden germ”, wajib rasanya mampir ke Warung Pak Bejo di Kalangan, Baturetno, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di sana, ada 2 menu spesial alias istimewa yang patut dicoba yaitu pecel wader dan es campur.

Pecelnya berisi aneka sayuran, sambal kacang, dan ikan wader goreng. Sedangkan isian es campurnya ada ketan hitam, kacang hijau, dan cincau. Ada juga menu sambel welut, sego kutuk, dan ayam bakar. Rate harga sekitar 6 – 15 ribu rupiah. Jam buka pukul 08.00 – 18.00 WIB (Jumat tutup).

24. Kafe 80’s Bocor Alus


Sesuai namanya, Kafe 80’s Bocor Alus menyuguhkan tema / konsep tahun 1980-an. Saat memasuki cafe ini, Anda akan disuguhi interior cafe dengan nuansa serba “jadul”, mulai dari dinding, pintu, hiasan, hingga beberapa koleksi barang lawas seperti TV, radio, sepeda motor, dan perabot rumah tangga memenuhi interior ruangannya.

Meskipun terkesan “jadul”, namun menu makanan dan minuman yang disajikan terbilang lengkap, tak kalah dengan menu tempat nongkrong di Jogja pada umumnya. Di sana, tersedia nasi goreng, ayam bakar, pecel lele, mendoan, french fries, aneka pisang goreng, es teh, wedang jahe, secang, aneka jus, dan sebagainya.

Harga menunya lumayan murah, nyaman di kantong mahasiswa. Lokasi / alamat Kafe 80’s Bocor Alus terletak di Jalan Parangtritis 5.5, Kulon No.RT. 007, Tarudan, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka mulai pukul 14.00 hingga 21.00 WIB.

25. Warung Enaak


Ada cukup banyak pilihan tempat makan keluarga di Bantul yang recommended dengan suasana nyaman. Satu diantaranya adalah Warung Enaak. Tempat makan ini mengusung konsep “Natural and Cozy Place” dan menyajikan menu makanan khas Nusantara seperti olahan ayam, bebek, ikan / seafood, sayuran, steak, dan mie.

Lokasi / alamat Warung Enaak terletak di Jl. Jend. A. Yani No.2, Badegan, Bantul, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 11.00 – 20.30 WIB.

26. Waroeng Pohon Omah Sawah


Bosan dengan suasana bising perkotaan? Cobain deh, datang ke Waroeng Pohon Omah Sawah di Jl. Parangtritis No.KM. 6, Glondong, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Begitu memasukinya, Anda akan merasakan nuansa alami yang sejuk dan tenang penuh pepohonan.

Menu yang ditawarkan oleh restoran ini terbilang enak, meskipun berkonsep ala rumahan. Beberapa contoh makanannya antara lain sego sarang ingkung, berbagai ikan (goreng/bakar), udang, lalapan, aneka sambal, dan lainnya.

Asyiknya lagi, ada banyak spot foto instagramable di sana sehingga bisa sekalian ambil gambar buat mengisi feed instagram. Soal harga, tak usah kuatir karena masih standar seperti halnya rumah makan pada umumnya. Jam buka operasional Waroeng Pohon Omah Sawah pukul 10.00 – 20.00 WIB.

27. RM & Restoran Parangtritis


Buat Anda yang sedang mencari tempat wisata kuliner di Bantul untuk acara rombongan, maka RM & Restoran Parangtritis bisa menjadi pilihan tepat. Ruangannya cukup luas dengan pilihan menu makanan / minuman beragam. Harganya pun tak terlalu mahal, masih nyaman di kantong wisatawan.

Lokasinya pun cukup strategis, berada di Jl. Parangtritis, Balong, Timbulharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 09.00 – 20.00 WIB.

28. Bebek Goreng Kang Dono


Warung Bebek Goreng Kang Dono tampak sederhana, tapi olahan daging bebeknya super enak, berani diadu dengan tempat makan bebek goreng yang sudah terkenal di Jogja. Daging bebeknya terasa empuk dan tidak bau amis, semakin mantap dicocol dengan sambal pedas.

Selain bebek goreng, tersedia juga ayam dan puyuh. Rate harga sekitar 20 ribuan ke atas. Lokasinya terletak di Jl. Parangtritis Dadapan Kidul No.Rt.03, Gatak, Timbulharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 13.00 – 23.00 WIB (Kamis tutup).

29. Enthok Rempah Imogiri


Bukan hanya bebek, kuliner olahan enthok juga mulai digemari oleh banyak orang. Terbukti, sekarang mulai bermunculan warung makan dengan menu daging enthok. Satu diantaranya adalah Enthok Rempah Imogiri.

Menu unggulan di sana ada 2 macam yaitu Enthok Bakar Rempah Pedas dan Enthok Bakar Rempah Legit. Sesuai namanya, daging enthoknya kaya akan rempah karena sebelum dibakar daging entoknya dimasak terlebih dahulu dengan bumbu rempah, seperti serai, daun jeruk, kunir, jahe, dan rempah lainnya.

Tekstur dagingnya empuk dan tidak bau amis. Rasa rempahnya juga pas, tidak berlebihan. Pas banget disantap bersama sambal matah atau sambal korek. Menu makanan lainnya antara lain rica-rica enthok, soup kuning enthok, ayam kampung, lele, nila, ca kangkung, cap cay, dan sebagainya.

Rate harga makanan / minuman di sana termasuk murah, tidak terlalu mahal sekitar 9 – 20 ribuan rupiah. Tempatnya juga lumayan luas, cocok buat rombongan keluarga, rekan kerja / kantor, kumpul bersama teman/ sahabat, maupun komunitas.

Lokasi / alamat warung Enthok Rempah Imogiri terletak di Jl. Imogiri Timur KM. 8 Botokenceng, Botokencana, Wirokerten, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 09.00 – 22.00 WIB.

30. Lesehan Mbanyumili, Bakso Tumpeng


Kreasi hidangan khas Nusantara khususnya bakso nampaknya tidak ada habisnya. Hampir setiap saat, muncul ide unik dan kreatif dalam mengolah makanan baik dari segi tampilan / bentuk, nama, maupun cita rasa. Misalnya saja bakso beranak, bakso rusuk, bakso klenger (super besar), bakso granat, bakso lava (super pedas), dan bakso tumpeng.

Khusus bakso tumpeng, Anda bisa mampir ke Lesehan Mbanyumili di Jl. Imogiri Tim. No.12, Singosaren, Wukirsari, Kec. Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sesuai namanya, bakso tumpeng berbentuk seperti nasi tumpeng (kerucut).

Ukuran bakso tumpeng sendiri bervariasi, mulai dari S, M, hingga L. Bakso tumpeng di dalamnya berisi telur rebus, dan disajikan seperti bakso umumnya dengan mie kuning, irisan tahu goreng, daun seledri, bawang, dan kuah. Selain bakso tumpeng, ada juga bakso burger dan mie ayam goreng.

Rate harga makanan di sana sekitar 10 – 25 ribu rupiah, masih lumayan murah untuk kalangan wisatawan. Jam buka Lesehan Mbanyumili, Bakso Tumpeng mulai pukul 08.30 – 20.30 WIB.

31. Sate Klathak Mak Adi


Kawasan Bantul sebelah timur, khususnya Jl. Imogiri Timur, merupakan pusatnya sate klatak Jogja. Di sepanjang jalan tersebut, Anda bisa menemukan deretan warung sate klatak, satu diantaranya adalah Sate Klathak Mak Adi.

Tak berbeda jauh dengan warung sate kambing pada umumnya, menu yang ditawarkan cukup beragam mulai dari sate klathak, tongseng, tengkleng, dan gulai. Namun, ada satu menu spesial di warung Mak Adi, yaitu krenyos berupa lemak daging kambing yang digoreng krispi.

Rate harga sekitar 20 ribuan rupiah. Dengan cita rasa masakannya yang enak dan harga lumayan murah, tempat ini hampir selalu ramai pembeli. Kabarnya, dalam satu hari bisa ludes 5 – 10 ekor kambing.

Lokasi / alamat Sate Klathak Mak Adi terletak di Jl. Imogiri Tim. No.KM 10, Jati, Wonokromo, Kec. Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 10.00 – 02.00 WIB.

32. Kampoeng Mataraman


Kampoeng Mataraman adalah salah satu rumah makan enak di Bantul yang menyuguhkan konsep tradisional gaya mataram kuno. Bukan hanya desain interior ruangannya, menu makanannya pun tradisional seperti sayur lodeh, oseng, apem, tempe goreng garit, es dawet, mendoan, dan lainnya.

Konsepnya juga prasmanan, jadi Anda bisa bebas memilih menu yang disukai dengan porsi sesuai selera. Soal harga tak usah kuatir, masih nyaman kok di kantong alias standar murah.

Bangunan rumah makannya bergaya joglo dengan halaman luas. Fasilitasnya pun lengkap, tersedia mushola, tempat wudhu, area parkir, dan toilet. Cocok banget buat tempat kongkow bareng keluarga maupun teman.

Lokasi / alamat Kampoeng Mataraman terletak di Jl. Ringroad Selatan No.93, Glugo, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 11.00 – 21.00 WIB (Senin tutup).

33. Gudeg Bu Tjitro 1925


Ngomongin tentang gudeg Jogja yang legendaris, tentu tak akan bisa lepas dari Gudeg Bu Tjitro 1925. Racikan gudegnya sudah tak perlu ditanya lagi rasanya, alias enak juara top markotop. Saya pribadi pernah mencicipi satu kali gudeg di sana, tempatnya luas, mampu menampung sekitar 100 – 200-an orang.

Menurut saya, ciri khas gudegnya terletak pada krecek dan kuah arehnya yang kental gurih. Begitu digigit, kreceknya terasa lembut banget. Menu makanan di restoran ini tak hanya gudeg, ada beragam makanan berat, ringan, camilan, maupun minuman.

Beberapa contoh menu di sana antara lain olahan bebek, ayam, nasi goreng jawa, bakmi, ikan gurame, sayuran, aneka sup, minuman kesehatan seperti kunir asem, aneka es / minuman dingin / minuman panas, dessert (hidangan penutup), dan sebagainya.

Oya, Gudeg Bu Tjitro 1925 menyediakan gudeg kaleng juga lho yang bisa dibawa pulang sebagai oleh oleh khas Bantul. Lokasi / alamatnya cukup strategis, di depan Jogja Expo Center (JEC), tepatnya Jl. Raya Janti No.330, Modalan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kab. Bantul, D. I. Yogyakarta. Jam buka pukul 09.00 – 20.00 WIB.

34. Joglo Dahar Gedhang Mas


Bingung mau makan apa hari ini? Datang saja ke Joglo Dahar Gedhang Mas. Di sana, menu makanannya lengkap banget, mulai dari olahan daging ayam, bebek, ikan air tawar, seafood, daging sapi, sayuran, snack, hingga aneka minuman ada semua.

Asyiknya lagi, di rumah makan ini ada acara live cookingnya lho pada jam tertentu dengan menu berganti-ganti setiap harinya. Contoh menu live cooking antara lain bakso ala GM, mie lethek, sate klathak, nasi goreng kambing, mie oriental Java, bubur ayam, bubur candil, bubur sumsum, bubur kacang hijau, dan bubur ketan hitam.

Tak hanya makanannya yang enak dan komplit, suasana tempatnya pun cozy banget, asri, tenang, dan damai. Bisa dibilang, salah satu rumah makan ternyaman di Bantul untuk kumpul bersama keluarga, teman / sahabat, rekan kerja, atau komunitas.

35. Gudeg Manggar Ibu Jumilan


Selain di Rumah Makan Manggar Manding, Anda juga bisa mencicipi sajian gudeg manggar di warung Gudeg Manggar Ibu Jumilan. Lokasinya berada di kawasan Bantul Selatan, tepatnya Jl. Srandakan Jl. Kp. Bendo Mangiran, Puluhan Kidul, Trimurti, Kec. Srandakan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Racikan gudeg manggar warung Ibu Jumilan sungguh enak, teksturnya lebih padat dan berserat bila dibandingkan gudeg nangka. Manggar sendiri merupakan bunga kelapa yang masih muda. Kabarnya, gudeg manggar ini aman bagi para penderita maag karena tidak menghasilkan gas seperti gudeg nangka.

Untuk cita rasa gudeg manggar cenderung gurih, ada manisnya tapi pas. Rate harga sekitar 8 – 25 ribu rupiah tergantung lauk. Pilihan lauknya ada telor dan ayam. Jam buka Gudeg Manggar Ibu Jumilan pukul 05.00 – 14.00 WIB.

36. Bale Ayu Giwangan


Bale Ayu Giwangan sangat cocok digunakan untuk makan bersama rombongan keluarga, teman / sahabat, rekan kerja, maupun komunitas. Dari luar memang nampak kecil, namun ketika masuk ternyata luas memanjang. Ada meeting roomnya juga, fasilitasnya pun lengkap tersedia mushola, parkir, dan toilet.

Soal menu makanan, sudah pasti super lengkap. Rumah makan ini menyediakan menu aneka ikan air tawar seperti gurame dengan beragam olahan, seafood, olahan daging ayam, bebek, sapi, aneka sayur, dessert, beragam minuman, dan sebagainya. Cita rasanya enak dengan harga tak terlalu mahal.

Lokasi / alamat Bale Ayu Giwangan cukup dekat dengan Terminal Giwangan, tepatnya Jl. Imogiri Tim. No.KM 6, Nglebeng, Tamanan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 10.00 – 22.00 WIB.

37. Pondok Bakaran Giwangan


Tak kalah enak dengan Bale Ayu Giwangan, Pondok Bakaran Giwangan juga recommended buat makan bersama maupun bukber dengan keluarga, teman, rekan kerja, komunitas, rombongan wisatawan, maupun acara instansi. Menunya pun lengkap banget, ada ikan air tawar, seafood, ayam, sapi, bebek, sop, nasi goreng, aneka minuman, dan lainnya.

Ruang makannya cukup luas dengan fasilitas komplit ada mushola, parkir, dan toilet. Lokasi resto Pondok Bakaran Giwangan terletak di Jl. Imogiri Tim. No.139C, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jam buka pukul 10.00 – 21.00 WIB.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain