Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

9 Tempat Wisata Unik Yogyakarta Wajib Dikunjungi, Untuk Petualangan Alam yang Menakjubkan


Indonesia adalah tujuan liburan populer yang tetap mengundang wisatawan sepanjang tahun. Baik itu pantai berpasir putih dan air jernih Bintan, atau pusat kota Jakarta yang ramai – daya pikat negara ini benar-benar tidak bisa dijelaskan. Namun, lihat di balik surga pantai yang indah dan jantung keuangan negara, dan Anda akan menemukan permata tersembunyi yang sering diabaikan – kota Yogyakarta yang indah!

Dikenal sebagai Jogja, Yogyakarta terletak di pulau Jawa dan bahkan dapat digambarkan sebagai jantung budaya Indonesia itu sendiri! Hal ini terkenal dengan landmark budaya tradisional seperti kuil, serta banyak gunung, hutan dan air terjun di mana pengunjung dapat menyerap keajaiban alam di setiap kesempatan.

Kedengarannya mengasyikkan, bukan? Jika Anda belum pernah ke Yogyakarta, jangan khawatir! Berikut adalah daftar untuk membantu Anda memulai apa yang harus dilihat dan dilakukan pada perjalanan pertama Anda:

1. Gumuk Pasir


Sebutkan bukit pasir dan orang mungkin akan berpikir tentang tumpukan pasir emas di Sahara Afrika atau mungkin Gurun Gobi di Mongolia. Tapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa bersenang-senang di bukit pasir, Gumuk Pasir, di Yogyakarta ini? Ya, Anda membacanya dengan benar! Siapkan papan pasir Anda saat meluncur ke bawah gundukan pasir raksasa!


Jangan khawatir jika ini pertama kalinya Anda karena akan ada seseorang yang membimbing Anda. Kunci untuk perjalanan yang mulus adalah dengan mengoleskan lilin ke permukaan papan Anda sebelum Anda pergi! Ada juga 'rute' berbeda yang bisa Anda lewati dengan papan pasir, jadi jika Anda tidak percaya diri, ambil saja yang mudah pada beberapa percobaan pertama Anda. Kami juga merekomendasikan pergi pagi-pagi sekali atau sore hari saat pasir tidak terlalu panas. Pastikan Anda membawa baju ekstra juga karena Anda akan tertutup pasir begitu sampai di bawah!

  • Alamat:
    Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1 Grogol 10, Parangtritis, Kec. Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772
  • Jam Buka:
    07.00 - 18.00 WIB
  • Biaya:
    Rp. 90.000 jam untuk sewa sandboard
    Rp. 140.000 waktu tak terbatas
  • Cara Menuju ke Sana:
    Lebih baik naik taksi atau sewa mobil. Dari Yogyakarta, berkendara ke selatan menuju Parangtritis sampai Anda mencapai pintu gerbang masuk Pantai Parangtritis. Daripada lewat, ambil kanan dan belok kiri di Pantai Depok. Lurus sampai Anda mencapai Gumuk Pasir.
2. Gua Jomblang


Jika Anda ingin meningkatkan petualangan alam Anda dari cave tubing, maka ini adalah sesuatu  yang dinanti-nantikan! Gua Jomblang adalah gua vertikal dengan doline yang runtuh, dibangun dari proses geologis ketika reruntuhan membentuk lubang pembuangan, yang mengakibatkan gua memiliki mulut yang lebar. Dari dasar gua, Anda akan dapat melihat sinar cahaya yang agung memancar masuk.


Untuk wisata gua ini, kru akan memandu Anda melalui penggunaan peralatan rappelling, serta membantu Anda turun 60 meter dari tebing ke kedalaman gua. Ketika Anda mencapai bagian bawah, Anda akan menyaksikan ketenangan kegelapan yang sangat tenang. Lanjutkan petualangan Anda dengan menelusuri terowongan dan gua penghubung lainnya, sebelum keluar dari Gua Grubug di mana Anda akan melihat dan mengambil foto di bawah 'cahaya dari surga'! Seberapa mencerahkan itu?

  • Alamat:
    Jetis, Pacarejo, Kec. Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893
  • Jam Buka:
    09.00 - 14.00 WIB
  • Tiket Masuk:
    Rp. 450.000,-
  • Cara Menuju Lokasi:
    Transportasi akan ditanggung oleh operator wisata gua.
3. Goa Pindul


Penggemar alam pasti akan menikmati yang satu ini! Jika Anda menyukai aktivitas luar ruangan yang bagus, mengapa tidak pergi ke goa Pindul untuk cave tubing? Tapi tunggu! Apa itu cave tubing, tepatnya? Idenya cukup mudah – cave tubing melibatkan tur gua melalui naik tabung karet ke saluran air di dalam gua itu sendiri. Karena sungai yang mengalir di dalam gua dapat mencapai kedalaman 15 meter, penduduk setempat menemukan cara yang jauh lebih efisien, mudah (dan menyenangkan!) untuk menjelajahi gua melalui terombang-ambing menyusuri sungai di tabung ini! Bagaimana ini untuk sungai malas alam?


Pada tur gua, Anda akan melihat lebih dekat dan pribadi dengan kelompok kelelawar yang berada di dalam gua, serta melihat formasi stalaktit dan stalagmit alami yang indah. Biaya tiket kira-kira seharga Rp45.000 (~SGD5) per orang dan ini termasuk helm, tabung karet, pelampung, sepatu karet, dan pemandu wisata gua berpengalaman yang akan membantu Anda menavigasi sungai gua! Jangan khawatir, airnya sangat aman dan lembut bahkan anak-anak pun diizinkan untuk ikut dalam pengalaman cave tubing ini!

Sebaiknya berangkat pagi hari sekitar jam 9-10 pagi agar airnya tidak terlalu dingin. Anda juga akan dapat menangkap beberapa sinar matahari yang masuk ke dalam gua. Ini adalah pemandangan dan pengalaman spektakuler yang tidak boleh dilewatkan!

  • Alamat:
    Jalan Goa Pindul Gelaran 2, RT.3/RW.16, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55813
  • Jam Buka:
    07.00 - 16.00 WIB
  • Biaya:
    Rp 45.000,-
  • Cara Menuju Lokasi:
    Transportasi akan diselesaikan oleh operator wisata gua, yang biasanya melakukan layanan penjemputan dari pintu ke pintu
4. Gunung Merapi


Gunung Merapi atau Gunung Merapi adalah gunung berapi paling aktif di Indonesia yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Jika Anda ingin berpetualang, kami sarankan untuk menikmatinya dengan menyaksikan matahari terbit dari puncak Gunung Merapi yang tinggi! Ditambah dengan pemandangan yang menakjubkan dan indah, saksikan sinar matahari pagi mengintip dan akhirnya menyebar ke cakrawala, menghiasi segalanya dalam warna merah dan emas yang lembut namun berapi-api. Pendakian ini benar-benar membuat pengalaman spiritual yang cukup!


Selain itu, Anda juga dapat memilih wisata Lava Merapi yang merupakan tur jeep ke berbagai daerah seperti Museum Sisa Hartaku , yang diterjemahkan menjadi ' Museum Harta Karun Saya yang Tersisa '. Museum ini memamerkan berbagai artefak yang terkait dengan letusan Merapi pada tahun 2010. Anda juga dapat menjelajahi bunker tua yang tidak terpakai! Pilih dari rute pendek, menengah atau panjang untuk tur ini; untuk ukuran kasar, tur rute pendek berkisar antara 1,5-2 jam atau lebih. Pastikan untuk mengemas air, makanan ringan, kacamata hitam, dan topi matahari – dan Anda semua siap berangkat!

  • Alamat:
    Desa Kepuharjo Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Tiket Masuk:
    Rp. 16.000,-
  • Cara Menuju Lokasi:
    Tur sangat direkomendasikan untuk pengalaman yang bebas repot
5. Taman Nasional Kalibiru


Saat berada di Yogyakarta, sisihkan satu hari untuk melakukan perjalanan sehari ke Taman Nasional Kalibiru. Mendaki melalui hutan hijau yang indah dan kagumi keajaiban alam dengan setiap langkah yang Anda ambil. Namun, bagian terbaik dari Taman Nasional ini bukan hanya kesempatan untuk menikmati alam tetapi juga fitur lain di sepanjang jalan setapak yang menambah keseruan pendakian Anda, seperti ziplining, rappelling, dan hiking hingga spot foto. Sudut pandang dari 'pohon foto' atau 'panggung pohon' memberikan pemandangan menakjubkan yang tiada duanya bagi para pejalan kaki. Plus, beberapa di antaranya berbentuk menggemaskan seperti hati kecil!


Bertengger tinggi di atas pada platform kecil, ayunkan kaki Anda dari tepi dan tarik napas dalam-dalam saat Anda mengagumi panorama indah dari dedaunan lebat, Perbukitan Menoreh dan Waduk Sermo (Bendungan Sermo) terbentang di depan mata Anda. Jangan lupa membawa kamera Anda untuk mengambil beberapa bidikan pemandangan indah ini!

  • Alamat:
    Jalan Waduk Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  • Jam Buka:
    07.00 -.17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000 - Rp. 35.000
  • Cara Menuju Kesana:
    Pilihan yang populer adalah menyewa sopir atau taksi untuk hari itu. Jika tidak, transportasi umum ke taman melibatkan banyak perubahan dan beberapa rute
6. Kebun Buah Mangunan


Terkenal dengan pemandangan matahari terbitnya yang memukau, menyaksikan matahari terbit di Kebun Buah Mangunan tentu tidak akan membuat Anda mengantuk. Kami menyarankan Anda mencapai sekitar jam 5 pagi untuk pengalaman terbaik. Saat fajar, Anda akan disambut oleh lautan awan yang menyelimuti kanopi hutan di bawahnya, pemandangan yang sangat indah untuk dilihat saat Anda berdiri di teras yang memandang ke cakrawala di luar. Rentangkan tangan Anda dan Anda akan merasa seolah-olah Anda hampir bisa menyentuh awan, pemandangan luar biasa yang membanjiri indra Anda saat sinar keemasan sinar matahari mengalir melalui celah-celah. Setelah kabut menghilang, Anda akan disuguhi pemandangan Sungai Oyo yang sangat indah, berkelok-kelok melalui lembah yang subur.


  • Alamat:
    Jl. Imogiri - Dlingo, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
  • Jam Buka:
    05.00 - 18.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
  • Cara Menuju Kesana:
    Pilihan yang populer adalah menyewa sopir atau taksi untuk hari itu. Transportasi umum ke taman sebaliknya melibatkan banyak perubahan dan beberapa rute
7. Hutan Pinus Imogiri


Terletak di dataran tinggi Mangunan yang sejuk dan beriklim sedang, Hutan Pinus Imogiri adalah tempat yang menarik untuk dijelajahi. Juga dikenal sebagai Hutan Pinus Imogiri , Anda akan menemukan area luas ini dipenuhi dengan berton-ton pohon pinus yang menjulang tinggi, yang berpuncak pada pemandangan yang indah. Penduduk setempat sering mengunjungi area ini selama akhir pekan untuk piknik dan acara outdoor, karena terdapat amfiteater melingkar kecil dengan panggung terbuka di tengah hutan. Ambil napas dalam-dalam dari udara segar dan diremajakan oleh keindahan alam saat Anda menikmati suasana dunia lain ini. Ada berbagai ayunan, tempat pengamatan, dan bangku di sepanjang jalan yang menjadi tempat berfoto yang bagus, jadi jangan lupa untuk membawa kamera Anda dan memotret!


  • Alamat:
    Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 66783
  • Jam Buka:
    09.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,-
  • Cara Menuju Kesana:
    Pilihan yang populer adalah menyewa sopir atau taksi untuk hari itu. Transportasi umum ke taman sebaliknya melibatkan banyak perubahan dan beberapa rute
8. Pergi ke kuil

Tidak ada pertanyaan tentang itu – di Yogyakarta, pengunjung pasti harus memasukkan candi dan reruntuhan candi yang menakjubkan dalam rencana perjalanan mereka. Kagumi keajaiban arsitektur ini, yang membangkitkan rasa misteri dan keagungan tertentu, dan bayangkan kemuliaan dan kemegahan masa lalu mereka. Ada tiga yang perlu diperhatikan secara khusus: Borobudur, Candi Prambanan, dan Ratu Boko.
  • Borobudur

Candi Borobudur adalah pemandangan yang menakjubkan untuk dilihat. Kuil Buddha Mahayana abad ke-9 ini adalah Kuil Buddha terbesar di dunia, dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Tak heran jika tempat ini menjadi tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia! Kuil yang megah ini terdiri dari platform bertumpuk, di atasnya terdapat kubah pusat dan dihiasi dengan lebih dari 2.500 panel dan 504 patung Buddha – 72 di antaranya digunakan untuk mengelilingi kubah pusat. Di sini, pengunjung dapat mengagumi contoh arsitektur Buddha tradisional Jawa yang bagus dan pengaruh seni Gupta dari India.

Untuk menghindari keramaian, pilihlah tur matahari terbit, yang akan memungkinkan Anda untuk menyaksikan keajaiban matahari terbit di atas halaman kuil yang diselimuti kabut pagi – pemandangan menakjubkan yang akan benar-benar terukir dalam ingatan Anda selamanya.

  • Alamat:
    Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 66783
  • Jam Buka:
    08.00 - 15.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 450.000,- untuk orang dewasa
  • Cara Menuju Kesana:
    Naik minibus sebagai bagian dari tur pagi yang terorganisir, atau naik bus umum di Terminal Bus Jombor yang akan membawa Anda ke Borobudur. Perjalanan bus akan berlangsung selama kurang lebih 60 hingga 90 menit.
  • Candi Prambanan

Terletak tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur adalah Situs Warisan Dunia UNESCO lainnya dan candi – Candi Prambanan , candi Hindu abad ke-9 yang didedikasikan untuk dewa Hindu, Brahma, Wisnu dan Siwa. Prambanan adalah situs candi Hindu terbesar di Indonesia juga! Berdirilah dengan kagum pada struktur megah dan menjulang yang menyerupai pagoda mini dengan desain runcingnya.

Gaya dan arsitektur Candi Prambanan menggunakan desain arsitektur khas dengan pengaruh Hindu berdasarkan Vastu Shastra , yang mengacu pada gaya arsitektur tradisional Hindu berdasarkan teori "ilmu arsitektur" dari India kuno. Fitur candi termasuk pengaturan rencana candi mandala dan menara yang menjulang tinggi. Seluruh candi dibangun untuk meniru gunung suci, Meru, yang diyakini sebagai rumah Siwa dan kompleks candi, sejajar dengan alam semesta Hindu menurut kosmologi Hindu.


Pertunjukan Sendratari Ramayana diadakan setiap malam mulai pukul 19.30 hingga 21.30, dengan latar belakang Candi Prambanan yang menawan. Sendratari Ramayana adalah tarian tradisional berdasarkan epos Hindu Raja Rama. Tarian ini menggabungkan budaya, gaya, dan musik Jawa lokal sehingga pertunjukan ini tentu saja merupakan cara yang baik bagi seseorang untuk merasakan budaya seni lokal. Dengan lebih dari 200 penari dan musisi profesional di panggung terbuka, saksikan kisah Raja Rama menjadi nyata di depan mata Anda dalam pertunjukan yang memikat ini! Untuk jadwal pertunjukan dan harga tiket, klik di sini.

  • Alamat:
    Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571
  • Jam Buka:
    06.30 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 325.000,-
  • Cara Menuju Kesana:
    Naik bus TransJogja (no. 1A) dari Jalan Malioboro langsung ke Prambanan. Atau, naik bus dari terminal bus Ubulharjo.
  • Ratu Boko

Meskipun ini bukan candi, situs lain yang masih layak dikunjungi adalah Ratu Boko , yang terletak di dataran tinggi sekitar beberapa kilometer di selatan kompleks candi Prambanan. Penduduk setempat menamai situs arkeologi ini setelah Raja Boko, seorang raja legendaris dari cerita rakyat setempat.

Tujuan awalnya masih menjadi misteri hingga saat ini. Para peneliti pertama kali sampai pada kesimpulan bahwa situs ini pastilah sebuah istana – karena sisa-sisa yang mereka gali, termasuk pilar-pilar batu dan patung-patung berornamen lainnya. Setelah patung Buddha digali, itu kemudian dianggap sebagai tempat dengan pengaruh Buddha. Namun, selama bertahun-tahun, artefak seperti dewa Hindu telah ditemukan juga. Itu kemudian diubah menjadi benteng pertahanan yang digunakan selama berbagai pertempuran. Bukankah keindahan situs yang beraneka ragam hanya membuat Anda ingin mengunjunginya? Reruntuhan megah ini pasti patut dikunjungi! Datanglah ke sini untuk menyaksikan matahari terbenam di balik tiang-tiang batu – ini benar-benar pemandangan yang menakjubkan.

  • Alamat:
    Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 5572
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 325.000,-
  • Cara Menuju Kesana:
    Gunakan layanan antar-jemput gratis (yang disertakan dengan tiket masuk kombo) yang beroperasi antara Prambanan dan Ratu Boko.
9. Pantai Timang


Anda mungkin tidak mengira ini akan masuk dalam daftar, tetapi itulah yang meringkas Jogja – negara dengan kejutan di setiap sudutnya. Pantai Timang adalah pantai pasir putih alami yang terletak di antara pantai Siung dan Sundak. Namun, ketika Anda berada di sini, jangan hanya berbaring di bawah sinar matahari dan bermain-main dengan ombak, tetapi cobalah gondola pantai yang terkenal! Kereta gantung kecil ini terbuat dari kayu dan disambungkan ke sistem katrol tali, memungkinkan para tamu untuk memperbesar karang yang berombak di bawah.


Bicara tentang kegembiraan murni memang! Bersiaplah saat Anda meninggalkan platform tebing dan biarkan angin menerbangkan rambut Anda ke wajah Anda, sambil meredam teriakan kegembiraan Anda. Hanya dalam beberapa detik, Anda akan mencapai platform lain – mungkin basah kuyup tapi pasti terhuyung-huyung dari perjalanan liar! Ini adalah kegiatan untuk para pencari sensasi, tetapi perhatikan bahwa asuransi tidak mencakup perjalanan ini. Jika perjalanan ini tampak terlalu menakutkan bagi Anda, Anda juga dapat memilih untuk menyeberang melalui jembatan gantung saja!

Merasa lapar setelah adrenalin itu? Nikmati lobster segar yang telah dipanggang sempurna dengan mentega bawang putih di restoran terdekat! Kupas dagingnya yang lembut dan berair dari cangkangnya dan makan utuh – Anda akan merasakan pengalaman gastronomi yang tidak akan pernah Anda lupakan.

  • Alamat:
    Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Rp. 200.000,-
  • Cara Menuju Kesana:
    Tidak ada transportasi umum ke pantai, jadi pilihan terbaik Anda adalah melakukan tur sehari, menyewa sopir lokal, atau menyewa mobil/motor Anda sendiri.
Jadi, begitulah – daftar utama kami tentang hal-hal yang dapat dilihat dan dilakukan di Yogyakarta yang akan menjamin Anda mendapatkan kunjungan pertama yang luar biasa. Selain memuaskan pecinta alam dan pecandu adrenalin, perjalanan ke Yogyakarta juga akan menarik bagi mereka yang suka berkeliling monumen dan landmark bersejarah.

Dari candi dan aktivitas petualangan hingga kemegahan alam yang indah, Yogyakarta adalah tempat yang paling tepat untuk liburan Anda berikutnya.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain