Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Destinasi Wisata Museum Macan yang Bisa Kamu Kunjungi

  • Alamat:
    AKR Tower Level M, Jl. Panjang No.5, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530
  • No. Telepon:
    +62 21 2212 1888, 
    (WhatsApp) +62 877 1222 8881
  • Email:
    info@museummacan.org
  • Jam Buka:
    10:00 - 16:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 80.000,00 - Rp. 100.000,00
Museum Macan mungkin bagi yang belum tahu sama sekali, akan menganggap sebagai museum yang ada hewan macannya. Atau membayangkan seputar tentang permacanan lah, dari mulai macan yang diawetkan, replika macan, hingga macan- macan lainnya.

Bayangan tersebut ternyata sangat-sangat jauh berbeda dengan kenyataan. Serius mas bro, di museum tersebut nggak ada satupun macannya, bahkan anak macanpun nggak ada.


Ternyata Museum Macan adalah kependekan kata dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara, yang disingkat MACAN.

Meskipun Museum Macan adalah museum seni, namun konsepnya, penyajian hasil karya, dan spot-spot yang ada di dalamnya sangat keren. Serius loh, sangat memenuhi kebutuhan jaman akan spot yang instagramable.

Museum Macan Jakarta saat ini tutup sementara, karena kebijakan PPKM yang harus dipatuhi bersama untuk memutus mata rantai Covid-19.

Dan inilah review tentang Museum Macan Jakarta yang sudah kami persiapkan untuk anda. sebagai referensi awal menentukan tempat wisata di Jakarta saat level PPKM di Jakarta menurun.

Lokasi Dan Alamat Museum Macan

Lokasi Museum Macan terletak di AKR Tower Level M. Adapun alamat Museum Macan berada di Jalan Panjang NO.5, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Rute Menuju Museum Macan Jakarta

Jalan menuju Museum Macan bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat. Bisa juga dengan menggunakan moda transportasi umum, apalagi dengan menggunakan jasa transportasi online.

Tetapi bagi anda yang ingin menggunakan KRL, terutama yang dari luar Jakarta, caranya memilih tujuan stasiun yang paling dekat dengan Museum Macan.

Setelah itu lanjutkan dengan pesan jasa armada online, atau naik bus Transjakarta. Memang, untuk naik KRL bisa beberapa kali turun di stasiun yang berbeda.

Jam Buka Museum Macan
  • Museum Macan buka dari hari Selasa – Minggu.
  • Museum Macan buka dari pukul 10.00 – 16.00.
Harga Tiket Masuk Museum Macan

Tiket museum macan dibagi menjadi 2, yaitu tiket Museum Macan hari biasa, dan tiket masuk Museum Macan saat akhir pekan, dan libur nasional.

Adapun tiket Museum Macan hari – hari biasa adalah sebagai berikut:
  • Rp. 70.000,00 untuk dewasa
  • Rp. 63.000,00 untuk pelajar
  • Rp. 56.000,00 anak-anak usia 3 – 12 taun
Tiket masuk Museum Macan Jakarta saat akhir pekan:
  • Rp. 90.000,00 untuk dewasa
  • Rp. 81.000,00 untuk pelajar
  • Rp. 72.000,00 untuk anak usia 3 – 12 tahun
Beli tiket Museum Macan disarankan membeli secara online. Karena pembelian tiket secara langsung quotanya dibatasi.

Fasilitas Di Museum Macan Jakarta

  1. Karya seni modern
  2. Karya seni tradisional
  3. Toko museum
  4. Area parkir
  5. Toilet
  6. Ruang seni anak
  7. Ruang ibu dan anak
Aturan Wajib Bagi Pengunjung

Bagi anda yang ingin berkunjung Museum Macan, ada baiknya memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
  • Dilarang membawa makanan, dan minuman ke dalam museum,
  • Dilarang membawa kamera DSLR,
  • Wajib mematuhi protokol kesehatan.
  • Disarankan menggunakan tas kecil saja.
Daya Tarik Museum Macan


Sejarah Museum Macan berdiri dari kesamaan visi beberapa orang yang peduli akan perkembangan dunia seni, baik seni tradisional, hingga karya seni modern di berbagai negara di dunia.

Adapun tujuannya untuk memberikan nilai edukatif, khususnya bagi para pengunjung yang datang ke museum tersebut. Konsep Museum Macan sangat keren, menyentuh semua lapisan usia, kekinian, serta ada kritik sosialnya juga.

Dan inilah daya tarik dari Museum Macan:

1. Karya Seni Tradisional, Dan Modern

Daya tarik yang pertama dari Museum Macan adalah karya seni lintas masa. Dari mulai karya seni tradisional di masa lampau, hingga karya seni modern dan kekinian.

Karya-karya seni di Museum Macan bukan hanya hasil karya seniman asal Indonesia saja. Terdapat beberapa seniman dari luar negeri yang terlibat di Museum Macan Jakarta.

2. Ruang Kreasi Anak

Museum Macan sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga di Jakarta yang edukatif. Hal tersebut dipertegas dengan keberadaan spot khusus bagi anak-anak.

Di ruangan tersebut, anak-anak bisa menggambar di dinding, sambil selfie dengan latar ruangan yang berwarna-warni. Banyaknya anak-anak yang ingin masuk ke Ruang Kreasi Anak, maka setiap pengunjung dibatasi waktunya di dalam ruangan tersebut.

3. Spot Kekinian

Daya tarik selanjutnya di Museum Macan adalah banyaknya spot, dan hasil karya seni yang instagramable, atau kekinian.

Bahkan, di beberapa ruangan terdapat spot 3D yang akan membuat manipulasi pandangan mata. Tak perlu susah untuk eksis di media sosial, cukup datang saja ke Museum Macan.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain