Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pantai Cemara Indah, Pantai Pasir Putih dengan Panorama yang Spektakuler

  • Alamat:
    South Gosong Telaga, Singkil Utara, Aceh Singkil Regency, Aceh 24472
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
Selain Pulau Banyak yang mempesona, Kabupaten Singkil Aceh di wilayah selatan Provinsi Aceh masih memegang kejutan indah yang lain yaitu Pantai Cemara Indah. Pantai Cemara indah ini terletak di Desa Gosong Telaga, Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, di Provinsi Aceh, sekitar25 Km dari pusat Kabupaten Singkil, yang sering disebut sebagai Desa Gosong Telaga.


Pantai Cemara Indah memiliki panorama yang spektakuler dari bentangan luas pasir putih yang bersih dihiasi dengan pohon cemara sebagai tempat berteduh. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, berbaring dan hanya menikmati angin lembut dan pemandangan yang menarik disertai dengan suara ombak merangkul pantai. Ada juga gazebo di mana Anda dapat beristirahat dan bersantai.

Pantai Cemara Indah telah dilengkapi dengan fasilitas seperti kafe, warung, mushalla, parkir, dan Taman Bermain Anak-anak. Saat ini, taman rekreasi Waterboom sedang dibangun untuk menambah daya tarik pantai.

Pantai Cemara merupakan tempat rekreasi yang populer bagi penduduk setempat. Salah satu fitur utama, apalagi bukan buatan manusia yaitu pemandangan matahari terbenam. Menonton matahari perlahan di tengah-tengah perubahan warna yang indah di atas cakrawala sambil menyeruput secangkir kopi atau teh, tentu merupakan suguhan yang luar biasa.

Pesona Pantai Cemara Indah


Saat wisatawan telah tiba dan menginjakkan kakinya di pantai, akan tersaji sebuah fenomena pantai yang bersih dengan pasir putih membentang diseluruh bibir pantai. Kondisi alam yang masih asri dan alami juga senantiasa menemani wisatawan selama berada di pantai yang terletak di Kabupaten Aceh Singkil ini.

Pasir putih dipantai ini sangat bersih dan lembut, wisatawan akan merasakan sensasi seperti relaksasi ketika kaki berkontak langsung dengan pasir putih ini. Tak hanya itu, pengunjung bebas bermain di atas pasir lembut tersebut seperti main voli pantai, membuat istana pasir, atau duduk bersantai menikmati panorama lautan luas yang tepat berada di depan mata. 

Selain menawarkan eksotisme pasir putihnya, Pantai Cemara Indah juga memiliki air laut jernih berwarna biru kehijauan. Ombaknya pun tergolong cukup tenang sehingga pengunjung bisa dengan leluasa untuk mandi, berenang atau sekedar bermain air di tepian pantai. Jernihnya air laut di pantai juga memudahkan wisatawan untuk melihat aneka ragam biota laut dari atas permukaan air.

Melihat namanya saja, pasti sudah bisa ditebak bahwa di pantai ini terdapat pohon cemara. Ya memang di pantai ini dikelilingi banyak pepohonan cemara yang tumbuh subur, seolah menjadi pagar alami yang melindungi pantai dari dunia luar. Pohon cemara juga menjadikan suasana di pantai ini cukup rindang, banyak wisatawan yang memanfaatkan pepohonan tersebut sebagai tempat untuk berteduh dari terik matahari di siang hari.

Dulunya, Pantai Cemara Indah memiliki sebuah jembatan kayu yang membentang sepanjang 50 meter. Jembatan ini merupakan tempat favorit bagi pengunjung untuk memancing, serta merupakan berkah tersendiri bagi para penjual jajanan. Sayangnya, jembatan ini telah hancur dan hanya bersisa puing-puing kayu yang bisa ditemukan disekitar bibir pantai.

Setelah puas menikmati panorama pantai, wisatawan bisa beristirahat di gazebo-gazebo yang telah disediakan oleh pengelola tempat wisata. Di gazebo-gazebo sederhana ini wisatawan bisa menghilangkan penat sambil menikmati es kelapa serta menikmati pemandangan pantai dengan terpaan angin laut yang sepoi-sepoi.

Fasilitas Pantai Cemara Indah


Fasilitas yang ada di Pantai Cemara Indah ini dapat dikatakan cukup lengkap, terdapat toilet umum, area parkir yang cukup luas, serta mushola tempat ibadah bagi wisatawan yang beragama Islam. Terdapat pula gazebo-gazebo yang terbuat dari kayu yang disediakan pengelola untuk tempat istirahat wisatawan yang lelah usai bermain di pantai.

Selain itu juga telah dibangun tempat bermain anak serta berbagai fasilitas didalamnya. Bagi wisatawan yang mengajak anak-anak, bisa membawa anaknya untuk bermain di taman tersebut. Didalam taman ini tersedia berbagai wahana permainan sehingga tak akan membuat bosan anak-anak. Di pantai ini juga akan dibangun sebuah waterboom lengkap dengan kolam bermainnya, sehingga akan lebih menambah nilai jual dari Pantai Cemara Indah.

Disekitar pantai wisatawan juga bisa menemukan café-café dan warung yang menjual makanan dan minuman. Pengunjung tak perlu khawatir jika merasa kelaparan, karena bisa menikmati berbagai kuliner di café atau warung tersebut. Wisatawan bisa meminum segelas kopi atau es kelapa muda sembari menikmati pemandangan indah pantai. Di pantai juga tersedia fasilitas seperti air bersih, listrik, dan telepon.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, juga terdapat beberapa hotel dan penginapan disekitar lokasi tempat wisata. Berwisata di Pantai Cemara Indah dapat menjadi alternatif jika tengah berada di Aceh Singkil, berikut berbagai kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan ketika berada di pantai tersebut.

Menikmati Keindahan Pantai


Pantai Cemara Indah menawarkan keindahan panorama pantai yang cukup memukau sehingga pantai ini tak pernah sepi oleh pengunjung jika hari libur tiba. Tempat wisata di Aceh Singkil ini bisa kamu jadikan sebagai destinasi wisatamu. Kamu akan disajikan dengan hamparan pasir putih nan lembut disepanjang garis pantai.

Kamu bisa menikmati indahnya pantai dengan duduk diatas pasir putih atau berteduh dirimbunnya pohon cemara. Gazebo-gazebo pun siap menjadi tempat bersantai sambil menikmati sebutir kelapa muda. Pantai ini sangat cocok bagi tempat berlibur bersama keluarga, atau melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk keramaian kota.

Mencapai Lokasi

Aceh Singkil relatif dekat ke Medan, ibu kota Sumatera Utara, dibandingkan dengan jarak dari Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh itu sendiri. Dari Banda Aceh, perjalanan darat menggunakan mobil carteran atau bus umum akan memakan waktu sekitar12-15 jam. Sementara, dari Medan, perjalanan akan memakan waktu hanya 5 jam. Selain mencarter mobil, Anda juga dapat menaiki transportasi umum yang biaya sekitar Rp 120.000.

Cara lain adalah dengan pesawat ke Aceh Singkil dari Banda Aceh dan Medan. Airlines saat ini melayani rute ini adalah Susi Air dan Buana Air. Bandara Syekh Hamzah Fansyuri di Aceh Singkil terletak di utara Singkil, dan dari sana hanya sekitar 10-15 menit untuk sampai ke PantaiCemara Indah.

Penginapan

Berikut adalah beberapa pilihan akomodasi yang tersedia dekat Pantai Cemara Indah:

1. Hotel Harmonis
  • Jl. Merdeka, Pasar Singkil
  • Phone: +62 658 21122                                                         
  • Hotel Bidadari
  • Jl. Bidadari Simpang Pelabuhan
  • Phone: +62 8126 3621213
2. Island Hotel
  • Jl. Bahari, Pulo Sarok
  • Phone: +62 81362218369
3. Hotel Alviya
  • Jl. Hamzah Fansuri
  • Phone: +62 85664044354
4. Hotel Anak Laut
  • Jl. Singkil-Rimo, Pancang Dua, Singkil Utara
  • Phone: +62 81534232713
Makanan

Aceh Singkil terkenal dengan seafood Lokan, yang merupakan jenis moluska yang ditemukan berlimpah di pantai. Tekstur kenyal dari Lokan membuatnya sempurna untuk dimasak dengan cara yang berbeda menjadi Rendang, Sate, atau bahkan dicampur dengan pisang untuk membuat hidangan penutup yang lezat.

Berikut adalah sejumlah restoran di Kabupaten Singkil Aceh:

1. Rumah Makan Melly
  • Jl. M. Taher Ujung Singkil
  • Phone: +62 658 21453
2. Rumah Makan Sri Alam
  • Jl. Bidadari Simpang Pelabuhan, Pulo Sarok
  • Phone:  +62 8565 8004170
3. Kiniko Satu
  • Jl. Singkil-Rimo, Ketapang Indah, Singkil Utara
  • Phone: +62 8153 3138277

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain