Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Pesona Pantai Watulawang - Desember 2022

  • Alamat:
    Jl. Grujugan No.RT.03, Grujugan, Bantul, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751
  • Jam Buka:
    08:00 - 19:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,00
Gunung Kidul merupakan surganya wisata pantai di yogyakarta, deretan pantai pasir putih dan tebing pantai yang instagramable menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Pantai Watulawang ini merupakan salah satu pantai dengan pemandangan yang lengkap menurut admin blog ini. Pantai watulawang memiliki area daratan yang luas dan tebing pantai yang bisa digunakan untuk berkemah dan melihat pemandangan pantai dari atas tebing.

Konon diberi nama Watulawang karena terdapat goa dipantai ini yang digunakan oleh warga sekitar untuk upacara adat Sadranan atau kalau orang jawa bilang 'Nyadran'. Upacara adat ini dilaksanakan setiap bulan syakban dalam kalender hijriah.

Pantai ini juga sangat cocok untuk foto pre-wedding buat kamu yang akan menyelenggarakan pernikahan, hampir setiap sudut pantai watulawang bisa dijadikan spot untuk berfoto.

Ombak dipantai ini juga cukup landai, dan tidak terlalu dalam sehingga aman untuk bermain anak-anak, tapi harus tetap diawasi orang tua yaa.

Buat kamu yang suka camping, bisa banget di pantai watulawang ini. Kamu bisa memilih spot tebing atau bibir pantai. Fasilitas berupa toilet dan air bersih pun sudah memadahi. Tapi jangan buang sampah sembarangan yaa, karena tempat sampah di pantai ini masih sangat minim.


Sejarah Pantai Pantai Watulawang

Sebenarnya asal nama dari pantai watulawang adalah pintu batu, watu (batu) dan lawang (pintu) dikarenakan di pantai ini terdapat goa watulawang di depan goa tersebut terdapat batu yang bentuknya seperti pintu sehingga pantai ini disebut dengan pantai watulawang, namun wisatawan lebih mengenal pantai ini karena gardu pandang yang terdapat diatas batu karang.

Goa yang terdapat di pantai watulawang sendiri biasa digunakan oleh masyarakat sekitar untuk upacara “Nyadran” pada bulan Sya’ban pada kalender jawa, tidak semua orang boleh memasukinya. Kalau kata masyarakat sana, goa tersebut merupakan jejak tilas dari Prabu Brawijaya VI.

Tiket Masuk Pantai Pantai Watulawang

Harga tiket masuk menuju pantai ini sudah digabung sepaket dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul saat di loket retribusi, harganya Rp 10.000,- per orang (kalau belum berubah), jika sudah sampai lokasi pantai anda akan dikenakan biaya parkir saja Rp 2.000,- untuk motor dan untuk mobil Rp 5.000,- rupiah kalau harga belum berubah.

Jam Buka Pantai Pantai Watulawang

Berwisata ke pantai berarti tidak perlu mencemaskan jam pulang. Pengunjung bisa datang sejak pagi buta atau malam hari. Namun, tidak semua warung di pantai ini buka 24 jam. Pantai ini cenderung sepi sehingga nyaman untuk dikunjungi kapanpun.

Indahnya Pantai Watu Lawang


Tidak ada gunanya berdebat mengenai predikat pantai terindah di Gunungkidul. Nyaris semua pantainya menawarkan pesona masing-masing. Ada yang dihiasi batu karang, dikelilingi bukit kapur, hingga menyajikan laut yang tenang. Dari yang mudah diakses hingga membutuhkan usaha ekstra untuk dikunjungi.

Meski diapit oleh pantai-pantai populer, Pantai Watulawang ternyata masih belum terlalu dikenal. Padahal, pantai berpasir putih ini menyajikan pesona yang tak kalah dari Indrayanti atau Pok Tunggal. Dikelilingi pemandangan hijau, Watulawang bagaikan permata yang terselip.

Nama ‘Watulawang’ memang tidak asing di kawasan Gunungkidul. Ada beberapa tempat wisata bernama serupa. Penamaan ini biasanya diambil dari makna yang sama. Yaitu, adanya ‘lawang watu’ alias ‘pintu batu’.

Dikelilingi perbukitan membuat pantai ini kaya akan bebatuan dan karang. Keberadaan batu karang yang menyerupai pintu membuat pantai ini dinamakan demikian. Selain menimbulkan kesan eksotis, bebatuan di Watulawang semakin mempercantik keindahannya.

Benteng Batu Pantai Watulawang


Memasuki kawasan Pantai Watulawang memang belum terasa praktis. Akses jalan masuknya berada di area parkir pantai tetangga. Lebar jalannya tidak seberapa dan berjarak sekitar 300 meter dari Indrayanti. Oleh karena itu, wajar jika pantai ini seringkali minim pengunjung.

Namun, menginjakkan kaki di Pantai Watulawang mungkin akan jadi tak terlupakan. Pengunjung harus melewati beberapa terowongan batu alami. Di balik bebatuan inilah Watulawang berada.

Hijau dan Biru Pantai Watulawang


Bersiap untuk diterpa oleh embusan angin laut. Mata akan langsung dimanjakan oleh hamparan pasir putih berkilauan. Lautan luas yang biru membentang sejauh mata memandang. Arusnya cukup deras, namun ombaknya tidak terlalu besar dan tampak tenang.

Panorama pesisir ini berpadu dengan pemandangan hijau di seberangnya. Di sekeliling pantai, terdapat bukit batu yang diselimuti hutan pandan. Alih-alih merasa gersang, berada di Watulawang justru akan terasa sejuk. Selain dari lautnya yang cantik, keindahan alam sekitarnya pun tak kalah menarik.

‘Melayang’ di Pantai Watulawang


Setiba di sini, jangan langsung kalap bermain ombak! Istirahatkan badan sejenak di gazebo-gazebo yang tersedia. Menghadap langsung ke laut, mata akan terus dimanjakan oleh pesonanya.

Nikmati sepoi angin laut ditemani deburan ombak yang merdu. Suasana tenang dan sepi memang melekat di Watulawang. Posisinya yang agak tersembunyi membuatnya jarang dijamah wisatawan. Hanya para pelancong pencari ketenangan yang benar-benar menjangkau Watulawang.

Area pantainya luas dan landai. Wisatawan dapat dengan leluasa bermain ombak atau berlarian di sini. Rasakan sensasi hangat dan lembutnya pasir pantai sambil menunggu empasan ombak.

Studio Alam Pantai Watulawang


Tidak perlu repot mencari spot foto di Watulawang. Hampir setiap penjurunya bisa dijadikan tempat berfoto yang apik. Wisatawan tinggal memilih, pemandangan laut atau bukit? Panorama langit atau suasana pantai?

Sudut yang menarik untuk dijajal salah satunya adalah bukit batu di sisi timur. Pengunjung dapat naik dan bersantai di atas sambil menikmati pemandangan di gazebo yang ada. Di kaki bukitnya, sebaran bebatuan bisa dijadikan sudut foto yang penuh estetika. Tinggal cari sudut dan cahaya yang pas, dan voila, foto liburan siap dibagikan!

Fasilitas Pantai Watulawang


Fasilitas penunjang yang hadir di Watulawang bisa dikatakan lengkap. Akses jalannya tidak terlalu lebar sehingga area parkir hanya cukup untuk kendaraan kecil. Fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, penginapan, warung, serta musholla tersedia di sini. Di sepanjang pantai, tersebar sejumlah gazebo.

Lokasi Pantai Watulawang

Posisi Pantai memang cukup tersembunyi, namun tidak perlu khawatir. Pengunjung bisa mengaksesnya melalui jalan yang ada di area parkir Pantai Indrayanti. Watulawang ini masuk berada di kawasan yang sama. Lokasi tepatnya yaitu di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Untuk menuju kemari, pilih rute menuju Pantai Indrayanti. Wisatawan dari Yogyakarta bisa melalui Wonosari atau Panggang menuju Bintaos. Dari sini, cukup ikuti petunjuk arah di sepanjang jalan menuju Pantai Indrayanti.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain