Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Taman Nasional Alas Purwo : Pelestarian Hutan yang Penuh Mistik di Banyuwangi


Taman Nasional Alas Purwo mengirimkan pesan yang kuat kepada siapa pun yang memasuki area tersebut untuk mempelajari dan melestarikan salah satu dari hadiah terbesar  Alam kepada umat manusia. Dengan luas 43.420 hektar, Taman Alas Purwo terletak di Semenanjung Blambangan di Kabupaten Banyuwangi, di ujung paling tenggara Jawa Timur, di semenanjung yang menghadap langsung ke pulau Bali.

Taman Taman Nasional Alas Purwo terdiri dari hutan bakau, savana, hutan monsun dataran rendah dan pantai berpohon karang. Taman ini dianggap memiliki hutan hujan tropis yang paling alami dan salah satunya adalah yang tertua di Indonesia. Ribuan burung yang bermigrasi mengunjungi hutan aslinya setiap tahun dan kura-kura datang untuk bertelur di pantai terpencil.

Alas Purwo juga merupakan rumah dari beberapa spesies langka yang mencakup banteng Jawa (Bos javanicus), anjing liar Asia (Cuon alpinus), monyet daun perak, burung merak hijau, kura-kura penyu zaitun, Kura-kura penyu sisik dan kura-kura hijau. Hutan juga merupakan tempat tinggal kancil tikus (Muntiachus muncjak), kera ekor panjang, monyet lutung, rusa jawa (Cervus timorensis), burung kangkareng (Antracoceros coronatus), dan burung rangkong atau burung enggang (Buceros undulatus).

Dalam bahasa Jawa, Alas Purwo secara harfiah berarti "Hutan Purba atau Hutan Premordial". Menurut legenda setempat, Alas Purwo adalah tempat bumi pertama kali muncul dari laut. Banyak yang mencari pencerahan spiritual dan mistikus berkumpul di sini selama bulan Suro, Tahun Baru Jawa. Para peziarah ini datang untuk bermeditasi di gua-gua seperti Gua Istana , Gua Putri , Gua Padepokan , dan juga Gua Macan. Pura Giri Selokah, sebuah candi Hindu di taman yang juga menarik banyak peziarah, terutama saat ritual suci Hindu Pagerwesi.

Aktifitas

Taman Nasional Alas Purwo merupakan salah satu tujuan wisata utama di Banyuwangi. Di dalam Taman Nasional Alas Purwo terdapat banyak obyek dan daya tarik wisata yang tidak boleh dilewatkan, diantaranya  Anda dapat melihat pura dan bangunan bersejarah, satwa yang unik dan liar, beberapa pantai yang cocok buat surfing, pantai tempat peneluran penyu, terumbu karang serta laguna yang dipenuhi burung-burung migran.

Fasilitas
  • Visitor Center
  • Wisma Wisata
  • Mess
  • Cafetaria
  • Musholla
  • Area Parkir
  • Camping Ground
  • Menara Pandang
  • Kano dan Speed Boat
Mencapai Lokasi

Taman Nasional Alas Purwo terletak di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Bayuwangi, di provinsi Jawa Timur. Sekarang ada penerbangan reguler dari Bali ke Banyuwangi dan juga antara Surabaya dan Banyuwangi. Apabila menempuh jalur darat dari Surabaya, ibu kota Jawa Timur, perjalanan akan memakan waktu sekitar 10-12 jam dengan mobil.

Rute akan membawa Anda dari Surabaya ke Jember sekitar 4-5 jam perjalanan dan kemudian melanjutkan perjalanan ke tenggara ke Gunung Kumitir-Kalibaru-Glenmore-Genteng-Rogojampi sekitar 2 jam. Dari Rogojampi di Banyuwangi, rute dilanjutkan ke Srono-Muncar dan Tegaldimo sekitar 2 jam. Dari Tegaldimo, ini adalah perjalanan 1 jam lagi sebelum Anda sampai di pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo.

Dari pulau tetangga Bali, Anda juga bisa mencapai Alas Purwo dengan naik feri menyeberangi Selat Bali dari Pelabuhan Gilimanuk ke Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, dan kemudian melanjutkan rute yang sama dari Banyuwangi ke Alas Purwo.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain