Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Taman Sari Yogyakarta - Tiket Masuk, Lokasi dan Berbagai Tempat Unik

  • Alamat:
    Jl. Taman Sari No.42, Kadipaten, Kraton, Yogyakarta, DI Yogyakarta, Indonesia, 55132
  • Jam Buka:
    09.00 - 15.00 WIB
  • Telepon:
    08179424442
  • Harga Tiket:
    Wisatawan Domestik Rp 5.000,00
    Wisatawan Mancanegara Rp15.000,00
Mengunjungi keraton Yogyakarta belum lengkap jika belum singgah ke Taman Sari Yogyakarta. Istana air yang juga merupakan bagian dari keraton Yogyakarta. Sebagai tambahan bangunan bersejarah ini berdiri di atas tanah bekas kebun istana keraton Yogyakarta.


Bangunan yang efektif pada tahun 1765-1812 sudah tidak lagi utuh. Namun sisa-sisa bangunan istana air ini menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara. Disamping itu letaknya yang strategis akan memudahkan akses wisatawan untuk datang ke tempat wisata ini.

Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta

Untuk menikmati salah satu Cagar Budaya megah ini, pengunjung cukup membayar tarif yang murah meriah. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 15.000 untuk wisatawan mancanegara. Sedangkan pengunjung yang akan berswafoto dan membawa kamera akan dikenakan tiket kamera sebesar Rp 3.000.

Tiket Masuk Taman Sari Yogyakarta
  • Tiket Masuk Wisatawan Domestik Rp 5.000,00
  • Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara Rp15.000,00
Informasi yang perlu mendapat perhatian sebelum berkunjung: 
  • Pengunjung yang datang harus dalam kondisi sehat.
  • Membawa atau menunjukkan sertifikat vaksin.
  • Menggunakan masker dan membawa hand sanitizer.
  • Anak usia di bawah 12 tahun boleh berkunjung jika orang tua sudah vaksin.
Jam Buka Taman Sari Yogyakarta

Situs sejarah ini buka setiap hari. Dengan Jam operasional Taman dari mulai pukul 09.00 pagi hingga jam 3 sore.
  • Senin-Minggu 09.00 – 15.00 WIB
Aktivitas di Taman Sari Yogyakarta


Berada di kawasan cagar budaya ini pengunjung dapat menyusuri jejak-jejak reruntuhan dan sisa bangunan yang megah. Dahulu Taman Sari terdiri dari 57 bangunan yang berdiri diatas tanah seluas 10 hektar. Terdiri dari gedung, kolam pemandian, danau beserta pulau buatan, lorong bawah air, kanal air, jembatan gantung dan bangunan lainnya.

Istana air ini terdiri dari 4 bagian, namun hanya satu yang masih utuh yaitu pemandian umbul binangun. Sejauh ini sebagian wilayah Istana sudah menjadi pemukiman warga yang dulu merupakan abdi dalam keraton Yogyakarta.


1. Gapura Agung Taman Sari

Tempat ini merupakan tempat pemberhentian kereta kencana sultan dan keluarganya. Gapura di pintu masuk bangunan ini berhiaskan berbagai ornamen berbentuk bunga dan sayap burung.

2. Pesanggrahan

Sedangkan area ini dulunya berguna sebagai tempat Sultan untuk bersemedi dan menyusun strategi perang. Sementara di bagian dalamnya berfungsi sebagai penyimpanan baju perang, senjata, dan ritual penyucian keris. Kemudian tepat di depan pesanggrahan terdapat lapangan yang dulu berfungsi sebagai tempat berlatih pedang.

3. Umbul Binangun

Setelah memasuki pintu gerbang kedua, pengunjung akan melihat dua kolam dengan air berwarna biru. Kolam ini termasuk dari 3 Umbul Binangun yaitu, Umbul kawitan, Umbul pamuncar dan umbul panguras.

Umbul kawitan merupakan tempat pemandian untuk putri-putri raja sedangkan Umbul pamuncar untuk para selir raja. Kedua Umbul kolam ini berada di satu tempat, sedangkan Umbul Panguras terpisah.

4. Sumur Gumuling

Pada area Sumur gumuling bukan sumur seperti pada umumnya. Karena Sumur Gumuling berfungsi sebagai masjid bawah tanah. Masjid ini terdiri dari dua tingkat berbentuk melingkar 360° dengan bangunan tengah berlubang.

Sementara itu bentuk bangunannya dibangun dengan penataan akustik yang unik. Sehingga menghasilkan gema ke seluruh ruangan ketika imam memimpin sholat. Kemudian bagian tengah masjid yang berlubang terdapat ruangan berbentuk persegi terhubung dengan 5 anak tangga.

Jalan menuju sumur gumuling ini sering kali menjadi spot foto yang menarik. Hal ini karena bentuk lorong panjang yang menuju Sumur Gumuling cukup unik. Tidak hanya berswafoto, banyak juga yang mengadakan sesi foto prewedding disini.

5. Gedung Kenongo

Gedung kenongo adalah gedung tertinggi pada bangunan istana air ini. Ruang ini secara khusus berguna sebagai tempat bersantap raja. Namun sekarang gedung ini sering menjadi area menikmati Golden Sunset dan seluruh bagian Taman.

Dinding dengan tinggi 2-4 meter yang mengelilingi seluruh bangunan akan tampak dari atas gedung kenongo. Gedung ini selain difungsikan sebagai tempat bersantap juga sebagai tempat mengintai musuh.

6. Gedhong Gapura Panggung

Selama berada di sini pengunjung akan menemukan gapura yang terdapat relief ular di sekelilingnya. Gapura ini sering menjadi spot foto yang Instagramable. Bangunan yang tampak seperti gapura ini yaitu Gedhong Gapura Panggung.

Bangunan bertingkat dua ini berfungsi sebagai gerbang masuk utama memasuki kompleks istana. Dulunya bangunan ini menjadi tempat sultan menikmati pertunjukan tari dan musik gamelan. Tempat ini merupakan tempat pribadi sultan dan istri-istrinya berhias diri.

Transportasi Menuju Taman Sari

Letak yang strategis menyebabkan Taman ini selalu ramai di akhir pekan. Untuk menuju ke lokasi bisa menggunakan transportasi umum, seperti taksi, becak hingga dokar. Ada juga angkutan khusus wisata jurusan keraton, taman sari, dan ngabean. Julukannya si Thole, angkutan yang beroperasi dari jam 08.00-22.00 WIB.

Lokasi Taman Sari Yogyakarta

Situs bangunan bersejarah ini sangat mudah dijangkau oleh semua kalangan. Berikut alamat lengkap dan lokasi berada di Jalan Kompleks Wisata Taman Sari Pathen,KratonKota Yogyakarta, DI Yogyakarta Indonesia 55133.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain