Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Destinasi Lokawisata Pantai Wediombo Gunung Kidul

  • Alamat:
    Pendowo, Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55883
  • Jam Buka:
    24 Jam

  • Harga Tiket:
    Rp 5.000,00
Pantai memang menjadi destinasi wisata yang masih menarik bagi wisatawan sampai kapanpun, apalagi di Yogyakarta yang menjadi kota dambaan banyak orang.


Letaknya hampir mendekati perbatasan timur Yogyakarta. Pantainya memanjang dan sempit, tidak banyak lahan berpasir yang dimiliki. Gugusan karang berserakan di bibir pantainya. Terdengar seperti pantai wisata yang kurang ideal untuk bersantai kan? Ternyata, semua itu justru daya tarik dari Pantai Wediombo. 

Pantai ini masih dalam satu kawasan dengan Pantai Jungwok. Gugusan karang eksotis serta laguna alaminya menjadikan pantai ini menarik. Selain itu, masih banyak lagi keindahan yang bisa dinikmati di sini.

Tiket Masuk Pantai Wediombo

Menikmati keindahan Pantai Wediombo tidak memerlukan biaya yang mahal. Tiket ini bahkan berlaku juga untuk mengunjungi pantai-pantai di sekitar Wediombo.
  • Tiket Masuk Rp5.000
Jam Buka

Karena merupakan objek wisata alam, Pantai ini terbuka untuk 24 jam. Tempat ini juga tidak terbatas untuk kalangan tertentu dan bisa dikunjungi kalangan umum.
  • Setiap Hari 24 Jam
Pesona Pantai Wediombo


Pantai Wediombo adalah pantai di ujung selatan Kecamatan Girisubo. Bisa dikatakan pantai ini adalah ‘tetangga’ dari Pantai Jungwok. Keduanya berada di kawasan teluk yang sama. 

Nama Pantai Wediombo memiliki arti ‘pasir yang luas’. Nama ini justru berbanding terbalik dengan penampakannya. Meski garis pantainya panjang, namun lahan berpasirnya sangat sempit. Kontur tanahnya pun tidak terlalu landai.

Daya tarik pantai ini terletak di gugusan karangnya. Sepanjang bibir pantai, Wediombo dihiasi hamparan karang. Bebatuan ini membuat Wediombo bagaikan taman karang yang luas. Selain itu, lautnya yang tenang membuat lokasinya cocok untuk bersantai.

1. Keteduhan Pesisir


Keunikan Pantai Wediombo adalah posisinya. Kebanyakan pantai di Gunungkidul menghadap ke selatan. Lautnya yang bermuara ke Samudera Hindia terbilang ‘cukup’ ganas. Angin yang kencang seringkali membuat gelombang tinggi di pantai-pantai tersebut.

Pantai Wediombo justru berada di pinggiran teluk. Pantai ini menghadap ke barat dengan garis pantai nyaris lurus. Ini membuat angin laut yang menerpa tidak sekencang pantai lainnya. Sehingga, lautnya pun cenderung lebih tenang.


Kontur lahannya memang tidak terlalu landai. Ini membuat lahan berpasir di pantai ini menjadi sempit. Namun, kawasan pantai ini dipagari oleh barisan pepohonan yang rimbun. Keberadaaan pepohonan ini menambah suasana teduh yang menenangkan.

Untuk menuju ke pantai, wisatawan harus sedikit berjalan kaki dari area parkir. Jalannya berupa tangga menurun dengan jarak sektar 50 meter. Tenang saja, tangganya dibeton dan dilengkapi pagar pengaman. Dengan begitu, pengunjung bisa menikmati waktu trekkingnya dengan santai.

2. Laguna Karang


Satu hal yang membuat Wediombo naik pamor adalah gugusan karangnya. Wisatawan yang datang kemari kebanyakan memang mengincar batu karang Wediombo. Bukan karena bentuknya yang unik atau susunan yang cantik.

Laut tenang di pantai ini mendatangkan kelebihan bagi hamparan karangnya. Air laut yang terbawa arus akan mengisi celah-celah bebatuan ini. Tidak jarang mereka menggenang dan membentuk semacam laguna. 

Laguna ini kemudian jadi area bermain air yang menyenangkan. Bagi wisatawan, laguna ini jadi kolam alami yang unik dan menarik. Wisatawan dapat berenang dan bermain air tanpa harus takut terbawa arus. Selain itu, pemandangan alam sekitarnya bisa jadi obat terapi tersendiri, lho.

3. Spot untuk Hunting Sunset


Batu karang yang berada di area pantai membuat pantai menjadi instagramable yang biasa dipilih untuk spot berfoto. Selain itu, keindahan hamparan karang yang luas ini menjadi pantai yang tepat untuk hunting sunset atau sunrise.

Batu karang yang luas di pantai ini membuat ombak di pantai ini terasa lebih kencang, jadi untuk Anda yang berfoto di area batu karang tengah pantai harus tetap berhati-hati.

4. Surfing


Selama berkunjung ke pantai ini, Anda dapat melakukan surfing untuk menikmati ombak besar yang sangat menantang bagi para pecinta surfing.

Ombak di pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul memang cukup besar. Hal ini dikarenakan pantai ini ini masih terhubung dengan Samudera Hindia yang terkenal memiliki ombak yang besar.

Aktivitas Outdoor & Berkemah di Pantai Wediombo

Selain berenang di lagunanya, wisatawan bisa menjajal aktivitas lain di Wediombo. Salah satunya adalah memancing di antara batu karang. Beberapa ikan yang bisa dipancing yaitu kerapu, tenggiri dan ikan cucut. 

Jika mendapat hasil, tentu lebih enak jika langsung diolah untuk disantap. Takut kemalaman? Jangan khawatir, ada banyak penginapan di sekitar pantai. Berkemah pun bisa jadi pilihan. Nikmati ikan hasil tangkapan dengan ditemani suara laut yang meneduhkan.

Lahan Fotografi

Kegiatan lainnya yang mungkin tidak akan terlewatkan di pantai adalah fotografi. Bagi para pecinta foto, Wediombo adalah lahan menarik untuk berburu jepretan kamera. Dengan posisinya yang menghadap ke barat, pemandangan sunset tampak mengagumkan di sini. Panorama ini berpadu dengan laut serta hamparan karang yang menghiasinya.

Fasilitas 

Fasilitas yang tersedia di Wediombo sudah lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut di antaranya area parkir, toilet dan kamar mandi umum, mushola, serta aneka tempat makan. Untuk menuju ke pantai dari area parkir, tersedia tangga batu yang nyaman. Beragam pilihan penginapan maupun homestay yang nyaman juga tersedia di sekitar kawasan pantai.

Lokasi Pantai Wediombo

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Wisatawan bisa menuju pantai ini dengan mengikuti rute ke Pantai Jungwok. Dari Yogyakarta, rute yang bisa dipilih adalah melalui Wonosari – Semanu – Jepitu.

Di pertigaan sebelum mencapai Jungwok, belokkan kendaraan ke kanan menuju area parkir Wediombo. Dari area parkir ini, wisatawan masih harus berjalan kaki sekitar 50 meter. Jalan setapaknya berupa tangga menuruni bukit menuju pantai.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain