Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Kesegaran Air Curug Kembar Ketenger Banyumas, Tiket Masuk dan Aktivitas - April 2023


  • Alamat:
    Dusun II Ketenger, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
  • Jam Buka:
    08.00 - 17.00 WIB
Objek wisata tidak selalu mudah untuk dijangkau, bahkan tidak jarang lokasinya tersembunyi di dalam hutan. Kondisi tersebut justru membuat objek wisata lebih ekslusif. Kawasan masih sangat asri dan sangat tenang, udara bersih tanpa polusi. Seperti Curug Kembar yang ada di Banyumas, Jawa Tengah.

Objek wisatanya yang tersembunyi dan masuk di dalam hutan menjadikannya begitu tenang. Pengunjung dapat bermain puas di bawah air terjun. Bahkan, objek wisata ini juga menawarkan diving di kolam air terjun. Sungguh wisata air terjun yang lain dari air terjun lainnya.

Tiket Masuk Curug Kembar

Meskipun objek wisata ini sudah dikunjungi wisatawan, namun belum dikelola secara khusus. Wisatawan tidak dikenakan tiket saat mengunjungi curug ini.
  • Tiket masuk Gratis
Jam Buka

Selain tiket masuk yang gratis, objek wisata ini juga tidak menerapkan jam operasional. Lebih baik mengunjung objek wisata ini di pagi hingga sore hari. Jangan terlalu malam, karena curug berada di dalam hutan. Supaya tidak gelap dalam perjalanan pulang.
  • Setiap hari 24 jam
Menikmati Asri dan Sejuknya Kawasan Curug Kembar


Curug Kembar berada masuk di dalam hutan, yang harus ditempuh dengan berjalan kaki. Lokasi parkir dan air terjun berjarak kurang lebih 1 kilometer. Sepanjang perjalanan, pengunjung akan melewati jalan setapak sawah dan pemandangan sawah yang hijau. Ditambah lagi, aliran-aliran sungai kecil turut mengiringi keindahan menuju air terjun.


Begitu memasuki air terjun, suasana teduh dan asri langsung menyambut kedatangan pengunjung. Cuitan burung dan hewan-hewan hutan turut mengiringi bagaikan melodi indah. Lambaian dahan pohon membawa angin sejuk membelai tubuh. Membawa suasana yang menenangkan hati dan menentramkan pikiran.

Gemericik air terjun menjadi irama yang mengundang untuk segera menceburkan diri ke dalam kolam. Mengalir melalui batuan-batuan dan semak yang ada di belakangnya.

Pesona Air Terjun yang Memiliki Dua Nama


Air terjun ini memiliki aliran yang sangat jernih. Ketinggian air terjun hanya sekitar 15 meter, dan alirannya tidak terlalu deras. Sehingga, pengunjung lebih aman ketika bermain di bawahnya, bahkan langsung di bawah alirannya. Sensasi dipijat akan semakin terasa saat punggung langsung dikenai oleh aliran air terjun.

Air Terjun ini memiliki dua nama, yaitu Curug Kembar dan Telaga Hijau. Bernama Curug Kembar ketika musim hujan, karena aliran air yang lebih deras sehingga membuatnya terbelah. Terbelahnya menjadi dua sehingga menciptakan dua air terjun yang sama besar dan tingginya. Saat musim kemarau tempat ini dijuluki Telaga Hijau, karena kolamnya akan berubah menjadi berwarna hijau.

Pengunjung dapat bebas bermain di kolam ini, karena kedalaman hanya dua meter. Serta di bawahnya terdapat bongkahan batu besar yang dapat menjadi pijakan bagi pengunjung. Jika tidak ingin berenang, pengunjung dapat duduk-duduk di batuan yang ada di depan curug. Atau bermain air di aliran batuan yang membentuk air terjun kecil ini.

Sensasi Free Diving di bawah Air Terjun


Keunikan dari Curug Kembar ini adalah kolamnya yang dapat dijadikan area free diving. Tak seperti laut yang menyajikan keindahan ikan dan terumbu karang. Yang seperti itu tidak ada di Curug Kembar. Namun ada daya tarik tersendiri yang membuatnya menjadi lokasi free diving terbaik di Banjarnegara.

Saat musim kemarau, kolam air terjun sangat jernih hingga membuatnya tampak berwarna hijau. Pengunjung dapat menyaksikan dasar kolam dengan jelas. Di dasarnya, pengunjung dapat menjumpai bongkahan batu yang berukuran sangat besar. Jumlahnya ada beberapa, sehingga membuat objek bawah laut begitu menarik.

Keindahan alam bawah kolamnya pun sangat cocok untuk diabadikan. Pengunjung dapat mempersiapkan kamera untuk foto di bawah air. Hasilnya sangat estetik dan memukau. Tidak kalah dengan lautan yang biasa menjadi lokasi foto bawah air.

Berenang dan Bermain Air di Kolam


Musim kemarau adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi objek wisata ini. Karena aliran air terjun tidak terlalu deras sehingga arusnya tidak menghanyutkan. Dan air kolam akan lebih tenang serta berwarna hijau jernih.

Pengunjung dapat menyiapkan perlengkapan untuk berenang di sini. Airnya yang segar sangat menyenangkan untuk berenang. Pengunjung juga dapat membawa pelampung atau ban karet untuk bersenang-senang. Apalagi berenang ramai-ramai bersama teman, tentu akan semakin menyenangkan.

Berfoto dengan Pemandangan Curug


Berwisata di tempat yang indah akan sangat disayangkan jika tidak mengabadikannya dengan berfoto. Pengunjung dapat mengambil banyak foto baik di atas kolam maupun di dalam kolam.

Pengunjung dapat menjadikan air terjun sebagai objek yang indah. Tempat yang tepat untuk mendapatkan objek air terjun adalah di bebatuan. Dengan duduk di atas batuan membelakangi air terjun.

Pengunjung pun dapat berfoto di permukaan air dengan pelampung. Tak jarang, wisatawan membawa ban pelampung sendiri untuk digunakan sebagai properti foto. Pengunjung yang melakukan free diving juga tentunya dapat mengabadikan objek di bawah kolam. Yang terpenting, kamera atau smartphone yang digunakan terlindung supaya tidak kemasukan air.

Lokasi Curug Kembar Banyumas

Objek wisata ini terletak di Dusun II, Desa Karangsalam, Kecamatan Baturaden, Banyumas. Berjarak 37 Kilometer dari pusat kota Banyumas. Air terjun ini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain