Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Air Terjun Kedung Kandang Gunung Kidul - April 2023


  • Alamat:
    Gn. Butak, Nglanggeran, Patuk, Gunung Kidul Regency, Special Region of Yogyakarta 55862
  • Jam Buka:
    09.00 - 17.00 WIB

  • Telepon:
    0818-0410-3999
  • Harga Tiket:
    Rp 7.000,00

Air terjun Kedung Kandang adalah salah satu tempat wisata yang sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah. Terletak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Banyurojo, Kabupaten Wonogiri, air terjun ini menawarkan pemandangan yang indah dan eksotis.

Air terjun Kedung Kandang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan airnya yang jernih menyejukkan suasana sekitar. Di sekitar air terjun, terdapat bebatuan besar yang menambah keindahan alam di sana. Selain itu, area sekitar air terjun juga dikelilingi oleh hutan yang hijau dan rimbun, sehingga menciptakan suasana yang sangat asri dan menyegarkan.

Untuk mencapai air terjun Kedung Kandang, pengunjung harus melakukan perjalanan sekitar 3 kilometer dari kawasan Gunung Kidul, Yogyakarta. Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan pendakian melalui jalan setapak yang cukup menantang. Namun, perjalanan yang melelahkan tersebut akan terbayar dengan keindahan alam yang spektakuler di sekitar air terjun.

Tak hanya menikmati keindahan alam, pengunjung juga dapat melakukan berbagai aktivitas di sekitar air terjun Kedung Kandang. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan antara lain berenang, berpiknik, bermain air, atau hanya sekedar bersantai menikmati suasana alam yang tenang dan sejuk.

Air terjun Kedung Kandang merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta alam dan petualangan. Dengan keindahan alamnya yang memukau, serta berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar air terjun, membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun air terjun Kedung Kandang sangat indah dan menarik, namun tetap harus menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan sekitar. Sebagai pengunjung, kita harus membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak alam di sekitar air terjun.

Selain itu, pengunjung juga harus memperhatikan keselamatan saat berada di sekitar air terjun Kedung Kandang. Terutama saat melakukan aktivitas seperti berenang, perlu memperhatikan arus air yang kadang-kadang bisa cukup deras. Jangan sampai terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan selama berlibur di tempat ini.

Untuk mencapai lokasi air terjun Kedung Kandang, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti bus atau travel. Setelah tiba di Desa Kepuharjo, pengunjung bisa melakukan perjalanan jalan kaki untuk mencapai lokasi air terjun.

Di sekitar air terjun, terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman ringan, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kehabisan bekal saat berada di sana.

Dalam rangka mendukung pariwisata di daerah tersebut, pemerintah setempat juga telah membangun fasilitas yang memadai, seperti tempat parkir, toilet umum, dan tempat istirahat. Semua fasilitas tersebut dibangun untuk memudahkan pengunjung dalam menikmati keindahan alam di sekitar air terjun Kedung Kandang.

Dalam kesimpulan, air terjun Kedung Kandang merupakan tempat wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi. Dengan pemandangan alam yang indah, serta berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar air terjun, menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi para pecinta alam dan petualangan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang menyediakan tiket untuk umum Rp 7.000,00 yang bisa dibeli orang dewasa dan anak-anak. Destinasi jarang sekali tutup karena mulai Senin hingga minggu Air Terjun selalu buka sampai malam. Pelancong juga boleh camping asalkan sudah konfirmasi ke petugas. Biasanya tidak ada biaya masuk tambahan selama melakukan kemah.

Setiap hari di area ini menyediakan pondok yang dilengkapi warung. Jika tidak sempat membawa bekal jangan khawatir karena kuliner khas setempat masih memiliki harga murah. Biasanya makanan dan minuman instan dijual mulai Rp 10.000,00. Makanan yang cocok di lidah dengan tempat duduk di tengah alam tentu semakin membuat betah.

Sedangkan harga dari parkir kendaraan ramah di kantong semua orang. Tempat parkir memang tidak jauh dari pusat Air Terjun yang telah disediakan untuk kendaraan pribadi milik wisatawan. Biasanya harga parkir kendaraan roda empat Rp 5.000,00 saja. Sepeda motor pun mempunyai harga yang lebih murah Rp 2.000,00 serta berlaku setiap hari.

Fasilitas Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun ini dikelola oleh karangtaruna sera desa wisata nglanggeran, untuk fasilitasnya, saat ini belum lengkap. Akan tetapi sudah tersedia beberapa fasilitas yang tersedia, seperti :

  • Warung makan sederhanan
  • Tempat parkir kendaraan
  • Toilet

Jam Buka Air Terjun Kedung Kandang

Setiap tempat wisata tentunya sudah memiliki regulasi atau peraturan terkait dengan jam buka dan harga tiket masuknya. Hal ini juga berlaku ketika Anda berkunjung ke air terjun satu ini. Air terjun yang berada di Gunung Kidul ini bisa Anda kunjungi setiap hari dari jam 09.00 sampai jam, 17.00. Anda bisa berkunjung bersama dengan teman-teman, keluarga atau orang tersayang lainnya.

Akses dan Rute Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun satu ini berada di Dusun Gunung Butak, Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Air terjun satu ini letaknya tidak begitu jauh dari embung dan gunung api purba nglanggeran. Dengan adanya hal tersebut, maka Anda akan dengan mudah menemukan lokasinya. Air terjun ini memiliki titik koordinat GPS S7°51’20.2? E110°32’06.3.

Jika Anda berangkat dari kota Jogja, maka bisa mengambil rute dengan melewati jalan Wonosari, kemudian naik menuju kecamatan pathuk. Sebelum SMP 2 Pathuk, silahkan Anda abil kiri menuju arah dusun bobung.

Jika sudah sampai di perempatan, silahkan ambil ke arah kiri, kemudian Anda akan bertemu dengan warung mie ayam mbak nining, masuklah ke kiri. Kemudian akan bertemu dengan lapangan volly, Anda bisa menitipkan sepeda motor di lapangan Volly tersebut.

Tips Wisata Air Terjun Kedung Kandang

1. Datanglah ketika musim hujan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sebelumnya tadi, curug ini merupakan Curug yang sangat unik karena airnya hanya ada ketika musim hujan saja. Dengan kenyataan seperti itu, tentu waktu yang sangat disarankan untuk bisa menikmati indahnya Curug itu ketika musim hujan saja.

2. Berhati-hatilah dengan akses Medannya

Akses untuk bisa sampai ke Curug ini yaitu sangat licin. Untuk itu, sebaiknya Anda semua berhati-hati dan selalu menjaga diri Anda agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Bawalah bekal makanan ringan

Meskipun sudah ada beberapa penjual namun terkadang penjual tersebut juga tidak berjualan alias libur. Untuk itu, pengunjung sebaiknya Anda menyiapkan bekal seperti air minum serta makanan ringan sendiri.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain