Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Lokawisata Bukit Ngisis Nglinggo Kulon Progo

  • Alamat:
    Sumbersari, Ngargoretno, Kec. Salaman, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 56162
  • Jam Buka:
    24 Jam
  • Telepon:
    0822-2664-6249
  • Harga Tiket:
    Rp. 5.000,00
Meskipun terkenal dengan Ekowisata Sungai Mudal, nyatanya jumlah destinasi wisata di Kulon Progo juga banyak macamnya. Salah satunya yang wajib dikunjungi adalah Bukit Ngisis Nglinggo. Kawasannya berada di ujung Provinsi DI Yogyakarta yang tampaknya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi untuk lebih cepat sampai.


Wisata khas perbukitan ini bisa menjadi obat penat bagi para pengunjung yang memang sudah lelah dengan segudang aktivitas padat sepekan penuh. Udara di wisata alam ini masih sangat asri. Begitu juga lingkungannya yang masih terjaga keasriannya hingga sekarang ini.

Selain menawarkan nuansa alam yang asri, pengunjung juga bisa mengambil foto dengan pemandangan yang memukau. Tentunya hal ini akan memberikan pengalaman liburan yang berbeda. Jadi, ketika berkunjung ke Yogyakarta khususnya Kulon Progo, tidak ada salahnya untuk coba singgah sejenak ke perbukitan asri ini. Bersiaplah untuk melihat keasriannya.

Tiket Masuk Bukit Ngisis

Bukit satu ini memiliki pesona yang tak ditawarkan di tempat lain. Dikelilingi beberapa gunung seperti Gunung Merapi, Merbabu, sampai Sindoro, pemandangan mahal akan kamu saksikan dari Bukit Ngisis. 

Meskipun begitu, tiket masuknya murah saj, yaitu Rp 5.000/per orang. Sementara jika berminat menginap, ditawarkan berbagai macam paket mulai dari Rp 25.000 untuk sewa tempat saja sampai Rp 400.000 dengan fasilitas tenda, matras, sleeping bag, dan mendapatkan 2 kali makan.

Selain berkemah, juga tersedia homestay glamping Puncak 9 yang cocok banget buat staycation sampai honeymoon pasangan yang ingin merasakan menginap di tempat yang langsung back to nature. Harga menginap di Glamping Puncak 9 mulai dari Rp 400.000. Murah meriah!

Daya Tarik Bukit Ngisis


Saat ini, Bukit Ngisis yang ada di Kulon Progo tengah menjadi sorotan. Sebab, bukit ini sudah menjadi tujuan wisata favorit bagi banyak wisatawan dari Yogyakarta dan sekitarnya. Hal ini tentunya tidak lain karena bukit ini memiliki daya tarik tersendiri yang menjadikannya istimewa di hati para pengunjung.

Bukit Ngisis yang terletak di Kulon Progo ini menjadi spot untuk melihat sunrise yang begitu indah. Hal inilah yang menjadikan para pengunjung berbondong-bondong kemari demi untuk menyaksikan momen indah matahari terbit dari ufuk timur. Bayangkan saja ketika berada disini untuk menyaksikan momen sunrise bersama orang tercinta. Tentu sangat romantis.

1. Kebun Teh Nglinggo yang Asri


Hal menarik lainnya dari wisata ini tentu saja keberadaan kebun teh yang amat terkenal yaitu kebun teh Nglinggo. Selain untuk menyaksikan momen sunrise, banyak orang-orang kemari untuk melihat asrinya kebun teh yang amat populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini. Sejuk dan asrinya wisata alam ini akan membuat siapa saja merasa betah ketika berada disini.

2. Panorama Alam yang Luar Biasa Indah


Selain itu, panorama alam yang ada di Bukit Ngisis Nglinggo sungguh luar biasa indahnya. Siapapun pasti akan merasa takjub dan kagum dengan keindahan alam ini. Perpaduan kebun teh, keasrian lingkungan dan udara yang masih bersih seakan-akan bisa membuat tubuh semakin rileks dan tenang. Bahkan ada yang sampai ketagihan untuk kembali ke tempat ini.

Kegiatan Menarik di Bukit Ngisis

Terdapat begitu banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan ketika berada di Bukit Ngisis Nglinggo. Salah satunya adalah camping. Bagi pecinta wisata serba alam, tentunya hal ini bisa menjadi referensi terbaik ketika melancong ke Yogyakarta, khususnya wilayah Kulon Progo. Lalu, aktivitas seperti apa saja yang bisa dilakukan disini?

1. Camping Seru


Bukit Ngisis menawarkan suasana alam yang sangat asri dan indah. Tentunya hal ini bisa menjadi obat penat bagi para pengunjung, khususnya dengan segudang kesibukan di ibukota. Pengelola wisata di tempat ini juga menyediakan paket camping yang bisa dipilih oleh para pengunjung.

Paket camping tersebut dimulai dari Rp 30.000/per orangnya. Hanya saja perlengkapan tenda dan sejenisnya harus dibawa sendiri dari rumah. Bercamping disini pastinya akan memberikan pengalaman yang indah. Terlebih jika dilakukan bersama teman-teman, keluarga dan orang tercinta.

2. Menyaksikan Sunrise Indah


Bukit Ngisis yang ada di kawasan perkebunan teh Nglinggo ini juga bisa menjadi spot terbaik untuk menyaksikan momen matahari terbit. Wajar sekali rasanya jika banyak orang yang justru singgah kemari pada waktu dini hari. Semburat cahaya oranye yang menyeruak di gelapnya langit subuh benar-benar tampak sangat mengagumkan.

Siapapun pasti akan takjub dan setuju bahwa pemandangan sunrise kala itu di Bukit Ngisis sangatlah indah. Sesungguhnya hal-hal seperti ini mampu memberikan pengalaman yang berbeda dari liburan-liburan di Yogyakarta pada umumnya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk merencanakan liburan seru di Kulon Progo, khususnya wilayah Nglinggo ini.

3. Berjalan-Jalan di Perkebunan Teh Nglinggo


Tidak seru rasanya jika sudah sampai kemari tanpa berjalan-jalan di perkebunan teh Nglinggo. Panorama perkebunan teh disini benar-benar bagus. Pengunjung bisa melakukan trekking untuk melewati lereng-lereng berundak yang mana masih tertutupi permadani hijau perkebunan teh yang luas.

Trekking dan off road di perkebunan teh ini bisa menjadi alternatif pilihan berwisata yang seru saat berada di Yogyakarta. Kemudian, jika dilihat dari puncak bukit maka pengunjung bisa semakin takjub karena bisa dengan leluasa melihat pemandangan berupa perkebunan yang amat cantik.

Rute menuju Bukit Ngisis

Rute menuju Bukit Ngisis cukup mudah diingat. Apabila kamu memulai perjalanan dari pusat kota, lanjutkan menuju arah Jalan Godean sejauh 2,4 kilometer dan belok kanan di Jalan Gedongan-Tempel dan melaju sejauh 8,5 km.

Sampai di pertigaan, belok kiri ke Jalan Daratan 3 sejauh 1,9 km, belok kanan sejauh 400 meter, belok kiri sejauh 1,7 km ke Jalan Kebon Agung. Nah, setelah 70 meter kemudian belok kanan, dan ikuti jalan sejauh 8,2 km. 

Dari situ kemudian belok kanan 400 meter ke Jalan Samigaluh-Loano, lalu belok kiri lalu melaju sejauh 5,2 km, belok kanan sejauh 190 meter, belok kanan lagi 450 meter, belok sedikit ke kanan 100 meter, lalu lurus 2,7 km dan kamu akan menemukan Bukit Ngisis tak jauh dari sana.

Fasilitas di Bukit Ngisis

Fasilitas di Bukit Ngisis terbilang lengkap. Mulai dari toilet bersih, tempat parkir luas dengan biaya Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat, juga restoran yang menyajikan aneka makanan khas rumahan dengan harga yang gak bikin kantong bolong.

Sementara camping ground di Bukit Ngisis bisa diisi sampai 100 tenda, loh. Namun alangkah baiknya kalau kamu reservasi lebih dulu supaya memastikan mendapat tempat terbaik.

Lebih berminat menginap di homestay glamping Puncak 9? Nah, tersedia empat standar room dan dua special room. Untuk fasilitas special room pengunjung akan mendapatkan sarapan, Wifi, air panas, dan bean bag.

Tips Berkunjung ke Bukit Ngisis

Banyak orang yang telah mengunjungi Bukit Ngisis mengatakan kalau jalannya tergolong sempit. Belum lagi banyaknya kelokan, tanjakan, dan turunan, jadi pastikan kamu datang dalam kondisi bugar dan sehat sehingga bisa mengendarai kendaraan dengan waspada dan tenang. Tak hanya itu, pastikan juga kendaraanmu dalam keadaan prima, jadi selama perjalanan pun aman juga nyaman. 

Jika ingin menginap baik di homestay atau berkemah, sebaiknya pantau laporan cuaca selama beberapa hari sebelumnya agar segala persiapan bisa dilakukan. Jika memang ingin datang untuk menyaksikan sunrise atau sunset, maka datang saat cuaca cerah. Namun jika tak ingin menginap, hindari pulang saat petang karena masih minimnya penerangan. 

Ada banyak pilihan berwisata di Jogja yang bisa kamu coba, salah satunya mengunjungi Bukit Ngisis di Kulon Progo ini. Fasilitas lengkap dengan pemandangan menakjubkan, rasanya sayang kalau dilewatkan.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain