Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Kesegaran Air Umbul Sigedang Klaten: Tiket Masuk dan Daya Tarik

  • Alamat:
    Dk, Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten Regency, Central Java 57474
  • Jam Buka:
    08:00 - 16:00 WIB
  • Telepon:
    0857-4074-2393
  • Harga Tiket:
    Rp. 6.000,00
Berada diantara kota Besar yakni Solo dan Yogyakarta, membuat Kabupaten Klaten begitu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun kini Klaten mulai berbenah diri dengan memperhatikan sektor pariwisata, sehingga sobat mudah menemukan berbagai tempat rekreasi wisata yang bisa dijadikan tujuan wisata ketika liburan. Umbul Sigedang Klaten menjadi bagian tempat wisata menarik dikunjungi, tak heran kalau sekarang telah ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun datang dari luar kota. Hal tersebut merujuk keindahan begitu mempesona hingga memberikan sensasi berbeda dari objek wisata lain.


Umbul merupakan sebuah tempat pemandian memiliki sumber air alami, tentu air disana sangat jernih. Sebelum populer seperti sekarang, lebih dulu wisata umbul Ponggok Klaten mencuri hati para wisatawan dengan keindahan kolam ikan yang kerap dijadikan wahana tirta, foto prewedding, foto underwater dan kegiatan snorkeling. Namun kini umbul Sigedang pun tengah menjadi perbincangan menarik di berbagai sosial media, telah banyak foto-foto beredar diunggah di sosmed. Hal tersebut tak terlepas dari keindahan alam, kejernihan air, suasana sekitar wisata begitu asri, pepohonan rindang dan beragam ikan warna-warni.

Sebelum jadi lokasi wisata di Klaten, dulu umbul dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai tempat mandi. Kini sudah beralih fungsi menjadi tempat wisata hits Klaten, pesona keindahan alam dimiliki menjadi daya tarik utama buat wisatawan datang berkunjung. Nah, buat sobat datawisata kebetulan sedang mengagendakan liburan atau pun bertempat tinggal di Klaten, direkomendasi mendatangi wisata tirta, sobat wajib menyaksikan keindahan alam menakjubkan dari wisata air Klaten ini.

Mitos umbul Sigedang Klaten, pada jaman kerajaan merupakan tempat pemandian para putri. Pada bagian dasar kolam yaitu batu dan tanah, seperti umbul di Kabupaten Klaten lainnya. Menariknya lagi umbul Sigedang Kapilaler Klaten tak jauh dari sumber mata air yang menurut masyarakat sekitar digunakan sebagai air minum. Walaupun lokasi wisata tak begitu luas, tapi sudah cukup memberikan kenyamanan bagi wisatawan. Kalau suasana asri dan rindang didapatkan dari sejumlah pepohonan beringin rimbun dengan bebatuan menjepit pohon. Hawa sekitar wisata pun terasa sangat menyegarkan nan menyehatkan tubuh. Tak heran kalau wisatawan begitu betah beralam-lama berada disana.


Umbul Sigedang di Klaten belum pernah sama sekali tercemar limbah pabrik atau pun limbah-limbah lain. Walaupun digunakan tempat berendam atau pun mandi oleh banyak orang, anehnya air disana masih tetap jernih tak sama sekali keruh. Jadi, begitu pas banget buat sobat menjadikan umbul Klaten ini sebagai tujuan wisata menyenangkan. Lantaran, disana sobat bisa berendam dan merasakan sensasi kesegaran sumber air alami murni.

Tiket Masuk Umbul Sigedang

Harga tiket masuk kawasan ini anda akan di tarik harga Rp 10.000. di tambah dengan uang parkir sebesar Rp3 ribu untuk motor. Dan Rp 5.000 bagi anda yang menggunakan mobil. Harga yang murah sekali bukan? Untuk tempat wisata yang keren ini.

Umbul sigedhang adalah tempat paling menawan yang memang bisa di eksplore. mengunjungi kawasan ini tidak akan pernah rugi. Jangan lupa membawa kamera yang berkualitas oke. Agar, anda bisa mengabadikannya ke dalam sebuah bingkai foto dan gambar.
  • Tiket Masuk Rp 10.000,00
Jam Buka Umbul Sigedang
  • Jam buka Umbul Sigedang – Kapilaler setiap hari Senin hingga Minggu
  • Beroperasional mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00
Fasilitas Umbul Sigedang

Berbagai sarana prasana sudah tersedia disini sebagai penunjang apapun kegiatan dan aktivitas wisatawan selama liburan di Umbul Sigedang. Berikut fasilitas Umbul Sigedang di Klaten yang dapat anda temukan, antara lain adalah :
  • Lahan parkir memadai
  • Kamar mandi
  • Ruang bilas & ruang ganti
  • Mushola
  • Persewaan tikar
  • Gazebo / saung
  • Sewa pelampung & ban
  • Tempat yang bersih
  • Warung wisata
  • Spot foto instagenic
Nikmati ragam keseruan yang Umbul Sigedang suguhkan kepada para wisatawan agar momen liburan semakin berkesan. Berenang dan berendam tentu menjadi aktivitas utama bagi para pengunjung yang datang kesini.

Tapi tak perlu khawatir jika anda memang tak ingin masuk kedalam kolam, bersantai dengan menikmati pemandangan pun bisa menjadi pilihan. Semilir angin yang berhembus menjadi penyejuk bagi siapapun yang sedang berada di Umbul Sigedang.

Daya Tarik Umbul Sigedang

1. Tempat Yang Nyaman


Saat memasuki kawasan objek wisata Umbul Sigedang Kapilaler, kamu akan disuguhkan dengan suasana alam yang asri dengan hiasan pohon cemara yang cukup besar serta rindang.

Area kolamnya pun sengaja dikonsep secara alami, apalagi ketika berenang di Umbul Kapilaler dimana kamu akan merasakan sensasi berenang di bawah pohon yang sangat besar.

Kedalaman dari Umbul Kapilaler sekitar dada orang dewasa, sehingga untuk anak-anak yang hendak berenang di sini sebaiknya menggunakan ban atau jaket pelampung.

Kolam selanjutnya bernama Umbul Sigedhang, lokasinya nggak terlalu jauh kok. Kedalaman kolamnya lebih dangkal dibandingkan Umbul Kapilaler. Dan biasanya menjadi tempat terbaik untuk anak-anak bermain air.

2. Kolam Yang Sangat Jernih


Daya tarik selanjutnya ialah kolamnya yang sangat jernih, hingga dasar kolamnya dapat terlihat dengan jelas. Air kolamnya berwarna biru nggak heran deh jika banyak yang menyandingkannya dengan Sungai Aare.

Berenang di Umbul Sigedang maupun Umbul Kapilaler sama – sama menyegarkan, jernihnya air bikin kamu betah. Kapan lagi kan kamu merasakan sensasi berenang di air kolam yang jernih dan menyegarkan.

Untuk kamu pecinta swafoto yang instagramable, lokasi tempat wisata Umbul Sigedang – Kapilaler merupakan destinasi yang wajib anda kunjungi karena terdapat spot yang sangat eksotis disini.

Kamu bisa menggunakan latar area taman yang dibuat secara alami dengan pohon-pohon besar dan rindang disekitarnya ataupun bisa juga melakukan swafoto di area kolam dengan berlatarkan air jernih dan berwarna biru atau biasa disebut foto underwater.

3. Spot Terbaik di Umbul Sigedang


Berbicara mengenai spot, berfoto di dasar air menjadi aktivitas favorit bagi para pengunjung. Airnya sangat segar dan juga jernih seperti kaca, memungkinkan anda untuk berfoto ria di dalam air.

Tentunya dengan menggunakan pelindung khusus yang anti air untuk anda gunakan di kamera atau smartphone kesayangan supaya tetap aman. Berpose di dalam kolam sembari menyelam tak boleh anda lewatkan sensasi anti mainstreamnya.

Hasilkan foto menarik pada spot terbaik di Umbul Sigedang untuk menjadikannya latar belakang atau background. Pastikan semua aman supaya momen liburan impian berlangung lancar dan sesuai harapan ya.

Panorama alam menakjubkan yang dihadapkan akan menjadi teman ketika anda memilih Umbul Sigedang sebagai tujuan jalan-jalan dan liburan.

Rute Menuju Umbul Sigedang

Rute menuju Umbul Sigedang – Kapilaler dari pusat kota Klaten hanya memakan waktu kurang dari 30 menit saja, dengan kondisi jalan dapat dilalui oleh kendaraan motor maupun mobil.

Yakni dengan menuju Jl. Rajawali hingga tiba di Jl. Raya Solo – Yogyakarta, kemudian teruskan perjalananmu agar tiba di Jl. Klaten – Karanganom.

Lokasi Umbul Sigedang – Kapilaler berjarak sekitar 2 km dari Umbul Ponggok, 1,5 km dari Soko Alas Ponggok, dan hanya sekitar 5 menit saja dari Umbul Cokro.

Lokasi Umbul Sigedang

Lokasi Umbul Sigedang berada di alamat Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain