Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Taman Lalu Lintas Bandung Sejarah, Tiket Masuk dan Wahana

  • Alamat:
    Jl. Belitung No.1, Merdeka,, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40113
  • Jam Buka:
    08:00 - 15:00 WIB
  • Telepon:
    (022) 4201667 / 085871109055
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,00 - Rp 15.000,00
Taman Lalu Lintas Bandung telah lama menjadi salah satu destinasi favorit di kota ini. Terletak di tengah hiruk-pikuk perkotaan, taman ini bukan hanya tempat rekreasi yang menarik, tetapi juga merupakan wadah pendidikan penting bagi generasi muda. Artikel ini akan membawa Anda dalam perjalanan yang mendalam ke dalam keindahan dan makna di balik Taman Lalu Lintas Bandung.


Sejarah Taman Lalu Lintas Bandung

Dulu tempat ini dijadikan pusat komando pertahanan Hindia Belanda di Nusantara, bukan hanya gedung Paleis Legercommandant yang sudah berubah fungsi jadi gedung Markas Komando Daerah Militer III/Siliwangi. Gedong Departement van Oorlog atau Departemen Peperangan yang oleh warga disana dinamakan Gedung Sabahu sebab dibangun di atas tanah seluas sabahu (0,7 hektare), sekarang sudah menjadi gedung Markas Komando. Dua gedung itu adanya di Jalan Aceh dan Jalan Kalimantan yang sekaligus jadi batas utara dan timur dari satu lahan yang terbuka. Di sebelah selatan dibatasi oleh Jalan Belitung dan di sebelah barat dibatasi oleh Jalan Sumatera. Lahan terbuka ini awalnya merupakan tempat latihan baris serdadu Belanda. Tetapi setelah dibangun lapangan baru yang sekarang menjadi Stadion Siliwangi, tempat itu ditinggalkan. Lahan terbuka itu selanjutnya dijadikan taman.

Tiket Masuk Taman Lalu Lintas Bandung

Pengunjung yang ingin bermain dan rekreasi ke taman ini tidak perlu membayar mahal. Harga tiket masuk Taman Lalu Lintas Bandung bisa didapat dengan harga cukup murah hanya Rp 10.000. Kemudian untuk anak-anak di atas 2 tahun sudah wajib memiliki tiket masuk.
  • Tiket Masuk Rp 10.000
  • Tiket Masuk Kolam Renang Rp 15.000
Tiket Wahana
  • Tiket Flying Fox Rp 15.000
  • AMA/Koin Rp 3.000
Jam Buka

Bermain di Taman rekreasi ini bisa dilakukan mulai pagi hari. Taman Lalu Lintas Bandung buka mulai pukul 08.00 hingga sore hari. Sedangkan untuk hari Jumat tutup.
  • Senin-Kamis & Sabtu 08.00 – 15.00 WIB
  • Minggu 08.00 – 16.00 WIB
  • Jumat TUTUP
Meskipun mematok harga tiket masuk & wahana yang murah, Taman Lalu Lintas tidak ketinggalan soal aktivitas dan wahana. Berbagai aktivitas bisa dilakukan berikut beberapa di antaranya.

1. Uniknya Desain Taman


Salah satu aspek yang membedakan Taman Lalu Lintas Bandung adalah desainnya yang meniru jalan raya sebenarnya. Jalur-jalur yang terdapat di taman ini meniru jalan raya sungguhan, lengkap dengan lampu lalu lintas, rambu-rambu, dan penanda jalan. Pendekatan desain ini memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar tentang aturan berlalu lintas dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

2. Menjelajahi Area Taman


Menjelajahi berbagai area yang ada di Taman Lalu Lintas Bandung. Mulai dari "persimpangan" hingga "penyeberangan pejalan kaki," pembaca akan mendapatkan pandangan rinci tentang setiap bagian taman, disertai dengan foto-foto yang menggambarkan suasana.

3. Belajar Lalu Lintas


Yang menjadi kekhasan wisata ini tentunya adalah edukasi lalu lintas. Di dekat pintu utama, pengunjung dapat menemukan papan keterangan mengenai rambu-rambu lalu lintas. Keterangannya lengkap sehingga orang tua bisa sejenak menjelaskan rambu-rambu ini pada anak-anak.

Setelah itu, anak-anak dapat diajak berkeliling dan bermain sepeda di sekeliling miniatur kota. Ada bangunan sekolah, pos polisi, toko, kantor pos, dan restoran. Terdapat rambu-rambu dan lalu lintas terpasang di jalanan. Seraya bermain, anak-anak terjun langsung melakukan simulasi berlalu lintas tertib.

4. Naik Kereta Api


Satu hal yang tak boleh terlewatkan pada saat bermain di sini yaitu naik kereta api! Wahana ini adalah ikon Taman Lalu Lintas, sehingga terus ada meski zaman berganti. Namun bedanya, kini keretanya didesain lebih modern. Kereta-kereta ini berbentuk seperti TGV khas Perancis dan kereta cepat Shinkansen.

Serunya, pada saat menaiki kereta ini, pengunjung akan diajak berkeliling separuh Taman Lalu Lintas lho. Pengunjung dapat melihat lebih dekat area-area yang tak terjelajah. Maklum, area Taman Lalu Lintas sendiri cukup luas, mencapai 3,5 hektar.

5. Kolam Renang


Mau jalan-jalan, wisata edukasi, lalu berenang sekaligus? Taman Lalu Lintas jawabannya! Sejauh ini Taman Lalu Lintas pun punya beberapa kolam renang lho. Meski tak terlalu dalam, namun cukup menceriakan hari bersama buah hati. Wahananya pun cukup lengkap, dari perosotan, air mancur, hingga penyewaan ban pelampung.

6. Piknik dan Bermain


Taman Lalu Lintas pun menyediakan arena bermain anak yang cukup lengkap. Misalnya terdapat ayunan, halang rintang, perosotan, dan lain-lain. Kemudian di tempat berbeda, pengunjung dapat menemukan karosel. Selanjutnya ada patung-patung hewan seperti dinosaurus, kuda, sampai unta di area bermain menjadi kekhasan sendiri.

Sambil menunggu anak-anak bermain, orang tua dapat sedikit bersantai dan bernostalgia masa kecil. Bawa tikar dan perbekalan, lalu pikniklah di Taman Lalu Lintas. Selanjutnya pengunjung dapat memilih area berumput atau paving blocks. Seraya mengisi perut, piknik makin menyenangkan dengan mengobrol ringan.

7. Rumah Pohon dan Area Berfoto


Seiring dengan renovasi yang terus berlangsung, ada banyak hal baru yang bisa ditemukan. Misalnya pengunjung dapat berkunjung ke Rumah Pohon. Seperti namanya, rumah berwarna kecokelatan ini menggantung di pohon besar. Ada tangga berundak jika ingin naik dan berfoto di atasnya. Artistik sekali ya!

Tak hanya itu, di sini pun tersedia beragam titik foto lainnya. Tak jauh dari Rumah Pohon, ada sebuah mobil yang seakan seperti melayang. Pengunjung sering berjubel berfoto di titik ini. Namun, ada banyak titik lainnya juga kok, misalnya di bagian miniatur kota.

8. Menonton Acara Pentas Seni


Mau buat acara pagelaran musik atau pertunjukan seni? Ada Amfiteater di Taman Lalu Lintas. Ini adalah panggung pertunjukan terbuka. Kursi-kursi pengunjungnya berundak dan membundar seperti di stadion. Kemudian di bawahnya, terdapat panggung utama yang cukup besar.

Lokasi Taman Lalu Lintas Bandung

Taman Lalu Lintas berlokasi di Jalan Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Bandung 40113. Nah, tunggu apa lagi, ayo ajak keluarga piknik ke Taman Lalu Lintas!

Kesimpulan

Taman Lalu Lintas Bandung adalah contoh nyata bagaimana pendidikan dan rekreasi dapat digabungkan menjadi satu dalam lingkungan yang interaktif dan bermanfaat. Kita telah menjelajahi sejarah, desain, program pendidikan, serta dampak sosial dari taman ini. Semoga artikel ini mampu menginspirasi pembaca untuk mengapresiasi nilai-nilai keselamatan berlalu lintas dan mengunjungi Taman Lalu Lintas Bandung dalam perjalanan mereka berikutnya.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain