Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Wisata Air Umbul Manten Klaten: Tiket Masuk dan Aktivitas

  • Alamat:
    Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482
  • Jam Buka:
    06:00 - 18:00 WIB
  • Harga Tiket:
    Rp. 10.000,00
Jika membahas tentang Klaten, banyak yang langsung menunjuk umbul Ponggok sebagai ikon wisatanya. Padahal kota satu ini juga memiliki umbul lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi yaitu Umbul Manten. Umbul sendiri berarti mata air, mata air Manten ini sangat jernih dan membentuk kolam yang begitu cantik dan menawan.


Saking jernihnya,Anda bisa melihat dasar dari kolamnya. Sebenarnya, pesona dari pemandian alam ini tidak kalah dengan Umbul Ponggok. Hanya saja, masih belum begitu banyak yang tahu. Dengan begitu,Anda bisa mendapatkan suasana yang lebih asri dan alami. Apalagi umbul ini juga memiliki pohon pohon rindang yang membuatnya begitu sejuk.

Sekalipun tidak seluas Ponggok, Umbul Manten memiliki ukuran lebar 40 meter dan juga panjang 70 meter. Kedalamannya tidak terlalu dalam hanya sekitar 1,5 meter. Dengan begitu, masih cukup aman untuk anak anak bermain di pinggir kolam. Namun, pastikan untuk tidak sampai lengah ketika membawa anak kecil bermain di area ini.

Beberapa mata air, tidak sepenuhnya bisa digunakan untuk berenang. Hal ini dikarenakan sumber tersebut menjadi sumber utama untuk mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat. Tapi beberapa mata air memang sengaja dijadikan tempat wisata sehinggaAnda bisa berenang bebas. Sekalipun tidak menggunakan kaporit,Anda tak perlu khawatir.

Sebab air ini akan selalu mengalir dan berganti sehingga tidak berbau dan selalu bersih. BahkanAnda akan menemukan beberapa kolam yang sengaja diberikan ikan hias. Walaupun jumlahnya tidak banyak, tapi tetap saja menambah pesona dari Umbul Manten ini. Sekilas, mengunjungi destinasi wisata ini akan memberikan kesan yang spooky.

Hal ini karena banyaknya pohon besar dan rindang yang mengelilingi. Banyak yang mengira jika pohon ini adalah pohon beringin. Tetapi pohon yang tumbuh besar ini merupakan pohon ipik. KetikaAnda berenang hingga ke dalam,Anda bisa merasakan sensasi berenang di sela sela akar pohon layaknya di pedalaman Kalimantan.

Tiket Masuk Umbul Manten

Untuk menikmati kesegaran dan keindahan kawasan wisata ini pengunjung tidak perlu membayar mahal. Harga tiket masuk yang murah ini seperti menegaskan keindahan alam memang untuk dinikmati semua kalangan.
  • Tiket Masuk Senin – Minggu Rp 10.000
Jam Buka Umbul Manten

Tempat wisata ini bisa dikunjungi setiap hari. Tidak ada perbedaan jam buka antara hari biasa dan akhir pekan. Buka dari pagi hingga sore hari.
  • Senin – Minggu 06.00 – 18.00
Aktivitas Wisata di Umbul Manten Klaten


Wisatawan Umbul Manten dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu megah serta masih asri. Suasananya jauh dari sentuhan polusi yang merusak lingkungan. Karena keindahannya, tempat ini sempat menjadi lokasi syuting iklan produk rokok ternama Indonesia.

Bersantai di Bawah Pohon Ipik


Di sekitar kolam alami terdapat banyak pohon menyerupai pohon beringin besar. Pohon Ipik rindang dan rimbun menjulang tinggi mengelilingi area kolam. Berdirinya pepohonan tersebut menjadi salah satu potensi di kawasan ini.

Karena jumlah pohonnya yang cukup banyak, membuat suasana di tempat wisata ini terasa sejuk. Kawasan teduh ini masih alami dan terlihat jarang ditembus oleh sinar matahari. Panorama sawah hijau di kanan dan kiri pun turut menambah asri pemandangan.

Di sini, wisatawan biasa menghabiskan waktu dengan bersantai. Wisatawan dapat bersantai berayun di atas hammock yang tertaut pada batang pepohonan Ipik. Semilir angin dari pepohonan dan mata air terasa sejuk di kulit memberikan aura kebugaran.

Menikmati Keindahan Kolam Alami


Air kolam alami Umbul Manten berasal dari dua sumber mata air yang selalu mengalir dan jernih. Airnya yang segar selalu terjaga kejernihannya, karena dasar dari kolamnya adalah bebatuan alam. Begitu jernihnya, hingga wisatawan dapat melihat bebatuan dan akar pohon di dasar kolam.

Kejernihan air kolam yang sebening kaca ini menjadi keunikan tersendiri. Beberapa ikan lucu yang nampak sedang berenang dapat dilihat dari permukaan. Wisatawan juga dapat bersantai dengan berbaring santai di atas  laybag  di permukaan kolamnya.

Selain itu, panorama sawah hijau di kanan dan kiri Umbul turut menambah asrinya pemandangan. Beberapa sumber mata air yang terdapat di objek wisata ini dilarang digunakan berenang oleh wisatawan. Karena warga sekitar menggunakannya untuk sumber pengairan lahan dan budidaya ikan air tawar.

Berenang, Melompat, dan Menyelam


Umbul Manten memiliki tiga tempat yang dapat digunakan wisatawan. Kolam utama berukuran cukup kecil dengan kedalaman mencapai 1,5 meter. Kolam yang lebih dangkal biasanya diisi oleh anak-anak untuk bermain air di tepiannya. Ada pula aliran sungai yang dangkal di mana wisatawan dapat menikmati kesejukan air dari sumber alami.

Berwisata ke sini, wisatawan disarankan membawa pakaian ganti. Karena di sini merupakan tempat wisata berenang dengan sumber mata air alami. Rimbunnya pepohonan yang menaungi kolam, membuatnya terhindar dari paparan matahari langsung.

Terlebih jika wisatawan menyelam, kesegaran dan kesejukan airnya makin terasa. Wisatawan dapat merasakan sensasi air yang jernih, batu karang, dan ikan warna-warni yang menemani. Beberapa wisatawan melompat dan terjun langsung kedalam air dengan kedalaman yang cukup aman.

Berfoto di Bawah Air


Air Umbul Manten sangat jernih, sehingga wisatawan dapat melakukan foto di dalam air. Aktivitas foto underwater merupakan favorit wisatawan. Kejernihan airnya membuat wisatawan dapat berkreasi dengan ornamen bawah air.

Wisatawan dapat berfose seolah berkemah di bawah air dengan properti tenda dalam kolam. Fose lain, wisatawan mengatur ornamen makanan di atas tikar seolah sedang bertamasya. Tak sedikit juga wisatawan yang menjadikan foto bawah air ini untuk sesi foto pranikah.

Daya Tarik Legenda Umbul Manten


Umbul berarti kolam alami, sedangkan penamaan Manten memiliki beberapa interpretasi. Manten dari istilah Jawa artinya pengantin merujuk pada sepasang pohon. Hal ini karena beberapa pohon sekitar kolam tumbuh sepasang-sepasang saling berdampingan.

Terdapat sebuah legenda mengenai asal-usul penyebutan Umbul Manten. Pernah ada sepasang suami istri yang hilang secara misterius di tempat ini karena melanggar adat. Adat yang dimaksud adalah larangan keluar rumah bersama-sama selama 40 hari setelah pernikahan.

Saat melewati pohon-pohon rindang, tiba-tiba sang istri tidak terlihat oleh suami, begitu pula sebaliknya. Lokasi menghilangnya tidak jauh dari mata air yang hingga kini disebut sebagai Umbul Manten. Mitos ini pun menjadi salah satu daya tarik wisata tempat wisata ini.

Merayakan Tradisi Padusan


Tradisi Padusan dilaksanakan sebelum hari pertama puasa Ramadhan. Warga biasanya mandi untuk menyucikan diri dalam rangka menyambut bulan suci di kolam pemandian. Kawasan tersebut merupakan destinasi wisata pemandian alami favorit masyarakat.

Setiap kali tradisi ini digelar, objek wisata ini selalu dipadati wisatawan. Saat momen Padusan, wisatawan bisa mencapai lebih dari Rp 2.000 orang.

Banyak warga melakukan Padusan setiap tahun di sini. Alasannya karean airnya segar, langsung dari mata air dan banyak terdapat pohon rimbun. Selain pada liburan panjang, Umbul Manten pun menyiapkan lebih banyak petugas pada momen Padusan.

Fasilitas Wisata Umbul Manten

Fasilitas di wisata Umbul Manten terbilang cukup lengkap. Mulai dari kamar ganti, toilet, dan musola tersedia di sini. Area parkir pun tersedia pada lahan yang cukup luas.

Ada juga terapi ikan dan wahana jaring ikan yang cocok untuk wisatawan dengan keluarga dan anak-anak. Aneka hidangan pun tersedia di warung makanan yang banyak tersedia di sekitar area wisata.

Lokasi Umbul Manten

Wisata kolam alami ini berada di Jl. Janti Boto, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57482, Telp/wa. Umbul Manten berada sekitar empat kilometer dari jalur utama Yogyakarta – Solo.

Akses jalannya sudah cukup baik. Dari pusat Kota Klaten wisatawan dapat mengambil arah menuju Jatinom. Kemudian menuju ke Jalan Janti, dan tinggal mengikuti papan petunjuk. Sedangkan dari Kota Klaten sendiri berjarak sekitar 13 Km atau 20 menit berkendara.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain