Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Destinasi Wisata Edukasi Kebun Raya Cibinong Bogor

  • Alamat:
    Jalan Raya Bogor KM 46, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
  • Tiket Masuk:
    Weekday Rp 15.000, Weekend Rp 25.000
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.00 WIB
Bogor memang selalu menyimpan wisata alam yang tiada habisnya. Namun, tahukah Anda bila di daerah Cibinong, Kabupaten Bogor terdapat sebuah kebun raya yang indah dan asri. Namanya adalah Kebun Raya Cibinong.


Sama halnya dengan Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibinong juga menyimpan banyak koleksi tumbuhan dan keanekaragaman hayati. Ada sekitar kurang dari 1.000 spesies tumbuhan tropis dataran rendah yang bisa Anda nikmati di kawasan wisata alam ini.

Tidak hanya itu saja, masih ada wahana dan keindahan lainnya yang bisa Anda eksplor. Nah supaya tidak ketinggalan dengan wisata lainnya, sebaiknya Anda simak informasi berikut ini.

Kebun Raya Cibinong Bogor


Kebun Raya Cibinong merupakan salah satu dari enam kebun botani di bawah naungan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor sebagai pihak pemberi anggaran penataan hutan di tengah kota.

Pusat konservasi tumbuh-tumbuhan ini baru saja beroperasi kembali meski sudah berdiri sejak lama. Pada tahun 2018 sampai 2020, pihak pengelola wisata sedangkan melakukan penataan ulang kawasan wisata hijau ini.

Cibinong Science Center adalah nama resmi dari kebun wisata ini. Ada banyak hal yang bisa Anda jelajahi di kebun raya ini.

Selain sebagai tempat hiburan dan rekreasi, wisata ini sangat mendukung para peneliti atau pelajar yang membutuhkan tempat penelitian di bidang tumbuh-tumbuhan.

Tiket Masuk

Para pengunjung yang datang ke Cibinong dikenakan tiket sebesar Rp 15.000 untuk Weekday dan Rp 25.000 saat Weekend atau akhir pekan.

Jam Buka

Kebun raya favorit warga Cibinong ini bisa Anda kunjungi setiap harinya mulai hari Senin sampai hari Minggu. Jam buka Kebun Raya Cibinong mulai dari pagi hari sekitar jam 07.00 – 17.00 WIB.

Demikian informasi lengkap terkait Kebun Raya Cibinong. Ada banyak wisata Bogor yang siap menemani akhir pekan Anda. Hadirnya Salsa Wisata Travel Organizer tentu akan mempermudah realisasi agenda liburan Anda nantinya. Salsa Wisata kini hadir dengan layanan paket tour murah dengan Bogor sebagai destinasinya.

Daya Tarik


Destinasi wisata alam ini mendapat julukan sebagai miniatur hutan tropis dari tujuh daerah di Indonesia karena ragam floranya berasal dari berbagai daerah.

Di sini, Anda tidak hanya menemukan tumbuh-tumbuhan saja .Masih ada daya tarik lainnya yang bisa Anda eksplor. Berikut infonya.

Danau Dora


Wisata yang sedang hits dan baru di sekitar konservasi ini adalah Danau Dora Kebun Raya Cibinong. Danau yang menjadi ikon dari destinasi wisata ini wajib Anda kunjungi. Kolam dengan kedalaman rendah hanya satu meter saja membuat wisata ini sangat aman.

Nama Dora memang sengaja terinspirasi dari animasi kartun Dora The Explorer karena danau ini mempunyai jembatan kayu yang mirip dengan serial Dora. Anda bisa mengambil foto estetik dari jembatan ini dengan background danau dan langit indah.

Jembatan ini memudahkan wisatawan untuk menyaksikan keindahan danau dari dekat. Selain itu, Anda bisa melihat permukaan air danau yang dangkal dari atas jembatan.

Danau buatan seluas 2 hektar ini menjadi tempat hidup para ikan untuk menjaga ekosistem danau. Keindahan danau semakin sempurna dengan kehadiran bunga dan daun teratai yang memadati permukaan danau.

Keindahan danau saat sore hari begitu menawan dan mempesona. Anda bisa menikmati senja dengan langit oranye berpadu dengan danau yang bagus.

Menikmati Koleksi Tanaman


Berbeda dengan koleksi tanaman di Kebun Raya Kuningan, flora yang ada di kawasan wisata ini kaya akan jenis tanaman dari berbagai daerah Nusantara.

Rata-rata tanaman yang tumbuh berjenis tropis dan berasal dari dataran rendah maksimal 500 meter di atas permukaan air laut.

Pengelola wisata memang sengaja membagi area ekologi dan biografinya berdasarkan asal daerah tanaman tersebut sehingga kebun raya ini disebut sebagai konservasi tanaman ekoregion.

Koleksi tumbuhannya berasal dari pulau-pulau di Indonesia, seperti Bali, Sumatera, Jawa, Kalimantan, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, hingga Papua. Misalnya Region Jawa Bali mengisi lahan seluas 10 hektar dengan tumbuhan khas Jawa dan Bali.

Jumlah koleksi tumbuhan bisa memadati kawasan ini sebanyak 1.147 spesies dengan rincian yang terdiri dari 86 famili, 328 marga, dan 733 jenis.

Anda bisa sekaligus mengenal dan belajar terkait keanekaragaman flora dari seluruh Indonesia tanpa mendatangi wilayah masing-masing.

Konservasi Tumbuhan


Asal mula kebun raya ini berasal dari ecopark dalam kawasan Cibinong Science Center – Botanical Garden atau CSC-BG. Kawasan konservasi ini memang ditujukan untuk tumbuhan ex.situ agar mengurangi laju degradasi keanekaragaman hayati.

Para peneliti dari LIPI biasa melakukan riset di kawasan ini. Tak jarang mahasiswa jurusan Biologi juga melakukan penelitian di kawasan konservasi ini. Anda bisa sekaligus belajar dan melihat aktivitas para peneliti tumbuhan di area wisata ini.

Tempat Piknik


Kawasan wisata seluas 34 Hektar ini menyuguhkan tanah lapang berwarna hijau. Nah Anda bisa memanfaatkannya sebagai arena piknik bersama keluarga.

Menggelar karpet dan bersenda gurau di bawah pepohonan rindang kebun raya menjadi liburan akhir pekan yang menyenangkan.

Fasilitas

Bagi pengunjung yang datang bersama buah hati, pihak pengelola juga sudah mempersiapkan playground dengan beberapa permainan seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan perosotan.

Di beberapa titik juga ada gazebo, yang dapat digunakan sebagai tempat istirahat sambil memandangi keindahan kebun raya ini. Selain itu, kebun raya Cibinong dilengkapi dengan toilet, bangku taman, dan musala.

Salah satu tips ketika kamu datang ke kebun raya Cibinong, membawa bekal sendiri dari rumah. Karena, jarang atau sulit menemukan penjual makanan di kawasan wisata ini. Selain itu bawa payung, untuk berjaga-jaga hujan yang tiba-tiba turun.

Lokasi

Kebun Raya Cibinong berada di kawasan Cibinong Science Center BRIN, tepatnya di Jalan Raya Bogor KM 46, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rute menuju Kebun Rayab Cibinong, dapat dilalui dengan motor atau mobil. Kamu bisa lewat jalan dari arah Jakarta, kemudian ikuti Jalan Raya Jakarta-Bogor hingga Cibinong City Mall.

Kemudian, lurus dan ikuti lagi Jalan Raya Jakarta-Bogor, sampai ke Komplek LIPI. Sementara, jika kamu datang dari arah Bogor, maka ikuti Jalan Raya Jakarat-Bogor sampai lampu merah Sentul. Kemudian, kamu akan tiba di lampu merah LIPI.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain