Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Ekowisata Kali Talang Klaten Tiket Masuk dan Pesona

  • Alamat:
    Sambangrejo, Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57484
  • Tiket Masuk:
    Rp 5.000,00
  • Jam Buka:
    07.00 - 17.00 WIB
Ekowisata Kalitalang merupakan salah satu destinasi wisata alam di Klaten, Jawa Tengah. Dari sini, pemandangan puncak dan kawah Gunung Merapi dapat terlihat dengan jelas. Bagi yang tidak ingin mendaki, berkunjung ke sini menjadi pilihan untuk menikmati pemandangan merapi. Lokasi wisata ini berada di ketinggian 1.160 mdpl. Area ini termasuk ke dalam kawasan ekowisata.


Jarak area ini dari puncak Gunung Merapi hanya 4 km sehingga kawahnya bisa terlihat jelas. Jika pengunjung ingin tinggal lebih lama, berkemah di sini dapat menjadi pilihan. Akan tetapi, perlu diingat bahwa berkemah hanya bisa dilakukan di hari Sabtu dan Minggu. Apabila berkemah di luar hari tersebut maka pengelola tidak bertanggung jawab jika Gunung Merapi tiba-tiba aktif. Jangan lupa untuk membawa peralatan berkemah sendiri karena tidak ada tempat penyewaan di sini.

Tiket Masuk Ekowisata Kalitalang

Pengunjung perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 untuk memasuki kawasan Kalitalang. Jika membawa kendaraan ada biaya untuk parkir. Selain untuk 2 hal tersebut, pengunjung perlu mempersiapkan uang untuk membeli makanan di sini.
  • Tiket Masuk Rp 5.000
Jam Buka

Kalitalang sudah buka mulai dari pagi hingga sore hari. Selama itu waktu terbaik untuk berkunjung ke sini yaitu sekitar pukul 08.00 dan 15.00. Pada waktu tersebut cahaya matahari akan membuat pemandangan terlihat indah. Selain itu, cahaya pada waktu tersebut juga bagus untuk berfoto.
  • Setiap Hari 07.00 - 17.00 WIB
Pemandangan Puncak Dan Kawah Merapi


Daya tarik utama dari area wisata ini yaitu menikmati puncak Gunung Merapi secara jelas. Tidak hanya itu, dari sini juga terlihat jelas kawah Merapi yang menganga hasil dari letusan tahun 2010. Tidak heran jika Kalitalang menjadi tempat favorit bagi yang ingin melihat Merapi namun tidak ingin mendaki. Pemandangan vegetasi dari Taman Nasional Gunung Merapi juga dapat terlihat jelas dan memanjakan mata pengunjung.

Salah satu area terbaik untuk melihat puncak Merapi yaitu dari jembatan bambu. Di sini pemandangan terlihat jelas dan tidak ada yang menghalangi pemandangan. Waktu terbaik untuk melihat pemandangan di sini tentu saat cuaca sedang cerah. Karena ketika kabut akan sangat sulit mendapatkan pemandangan terbaik Gunung Merapi.

Asal Usul Penamaan Kalitalang


Nama Kalitalang diambil dari bentuk deretan batu yang berbentuk talang atau saluran air. Deretan batu tersebut membentuk cekungan sepanjang kurang lebih 100 meter. Cekungan tersebut terbentuk secara alamiah dari proses erupsi yang terjadi di Gunung Merapi.

Pada cekungan kali itu terdapat 2 aliran air dari Kalitalang dan Kali Woro bertemu. Uniknya, meski terjadi erupsi, material letusan gunung jarang mengalir di Kalitalang. Material yang dimaksud yaitu awan panas dan lahar hujan. Aliran material tersebut lebih sering melintasi Kali Woro dan Kali Gendol.

Olahraga Downhill


Kalitalang menghadirkan jalur downhill  yang naik turun dan tajam. Ini menjadi olahraga favorit pencinta sepeda. So, bila kamu tertarik mencoba rute ini, jangan lupa bawa sepeda dari rumah. Atau, kalau pengin simpel, coba aktivitas gowes bersama teman-teman ke Kalitalang.

Camping


Bila ingin menikmati pemandangan Merapi malam hari, kamu bisa mendirikan tenda di Kalitalang. Sayangnya, camping ground Kalitalang hanya dibuka saat weekend. Ini dilakukan untuk mengantisipasi aktivitas merapi yang tiba-tiba membahayakan.

Pemandangan Kalitalang Dari Gardu Pandang


Setelah erupsi tahun 2010, sejumlah pemuda Balerante dan warga sekitar berinisiatif membangun gardu pandang. Dari sini dapat terlihat pemandangan puncak Gunung Merapi. Selain itu dasar dari Kalitalang dapat terlihat dengan jelas. Saat musim hujan, beberapa material gunung berapi, seperti pasir, akan mengalir di kali ini. Kemudian, saat musim kemarau air kali akan mengering.

Perlu diperhatikan bahwa gardu ini hanya kuat menampung sejumlah 10 orang. Di gardu ini juga sudah memiliki jalan setapak untuk menuju ke Kalitalang yang berada di bawahnya. Pengunjung dapat berjalan-jalan dan menikmati pemandangan alam di dasar kali atau sekitarnya.

Hunting Foto





Kalitalang pun menghadirkan spot foto menarik di sejumlah titiknya. Beberapa di antaranya, jembatan bambu, gardu pandang, dan bagian dasar Kalitalang. Selain itu, kamu juga bisa berpose cantik berlatar Gunung Merapi atau rimbunnya pepohonan.

Fasilitas

Kalitalang dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum yang dapat digunakan oleh pengunjung secara gratis. Fasilitas tersebut yaitu toilet, area foto, musala, tempat sampah, dan lahan untuk parkir kendaraan. Terdapat juga beberapa warung yang menjual aneka makanan di sini.

Lokasi Ekowisata Kalitalang

Kalitalang berlokasi di Desa Balerante, Kabupaten Kemalang, Klaten, Jawa Tengah. Jika ingin menuju ke tempat wisata ini dari arah timur sebaiknya tidak mengikuti Google Maps. Hal itu karena rute perjalanan diarahkan ke Kali Woro yang memiliki aliran lahar hujan dan berbatu. Jalanan tersebut rawan membuat kendaraan menjadi selip. Jika berangkat dari timur, sebaiknya gunakan rute melalui Jalan Raya Manisrenggo. Berbeda apabila berangkat dari barat, maka tidak masalah jika menggunakan Google Map.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain