Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Makanan Asli Lokal yang Wajib Kamu Coba Ketika di Jogja

Untuk pecinta kuliner yang serius, apa cara terbaik untuk menjelajahi kota baru? Makanan dan lebih banyak MAKANAN, tentu saja! Dan orang Indonesia tahu betul bahwa jalan menuju hatimu adalah melalui perutmu!

Selain dikenal sebagai kota budaya dan seni, Yogyakarta juga dikenal dengan kulinernya yang unik dan lezat untuk Anda cicipi!

Saat kami berkendara di sekitar kota, kami melihat banyak kios pinggir jalan di mana orang-orang hanya duduk-duduk di atas tikar dan makan, bergaya piknik. Teman kami yang akrab dengan Yogyakarta memberi tahu kami bahwa ini adalah 'lesehan', gaya makan lokal yang unik di Yogyakarta.

Seperti yang mereka katakan, ketika di Roma, lakukan seperti yang dilakukan orang Romawi, jadi jika Anda ingin merasakan bagaimana makan lokal yang sebenarnya, bagaimana Anda tidak bergabung dengan mereka di atas tikar?

Dan makanannya sangat enak sehingga kami tidak malu untuk mengakui bahwa kadang-kadang, kami bahkan harus sarapan 3 kali – kami tidak bisa menahan diri untuk mencoba semuanya! Jadi ini dia, inilah rekomendasi terbaik kami (kebanyakan dicoba dan dicicipi)!

1. Mie Ayam Bu Tumini - Mie Ayam yang Bikin Ketagihan Dimasak Dengan Saus Rahasia

Kami makan di sini tidak sekali tetapi dua kali karena itu enak!


Warung mie ayam ini memenangkan hati semua orang sejak awal tahun 90-an, dan tidak ada hari tanpa dikemas hingga penuh.


Pilih antara kaki ayam atau potongan ayam sebagai topping, Anda bahkan dapat memilih opsi ayam ekstra mereka, pergi untuk mangkuk jumbo atau hanya setengah porsi!


Sausnya kaya dan kental, manis dan gurih dengan sisa rasa kacang! Ramuan rasa yang menarik namun luar biasa, ditambah dengan sambal dan es teh untuk mengalahkan panasnya (di warung ini sangat pengap karena selalu penuh sesak, jadi bersiaplah – siapkan kesabaran dan ikat rambut Anda!).

Tip: Dapatkan sepiring tambahan Bok Choy di sampingnya juga!

Anda harus mengantri selama beberapa menit dan berjuang untuk mendapatkan kursi, tetapi penantiannya sangat berharga!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jl. Imogiri Timur No.187, Giwangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 274 410 334
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 10am-5pm
  • Harga:
    Rp.8000-10.000 (Sekitar USD$0.57- 0,70)
2. Baksonya Bakso Maharani - Bakso Anda dengan Sedikit Sentuhan Kegilaan

Selain bakso raksasa di Bakso Klenger , Jogja juga menyembunyikan bakso super instagramable lainnya yang terlihat sama lezatnya dengan sop bakso pada umumnya. Bersiaplah untuk melihat besar!


Di Baksonya Bakso Maharani, Anda dapat menikmati bakso terbaru dengan twist, yang disajikan dengan seluruh sumsum tulang (Bakso Sumsum), dan Anda bahkan dapat meminumnya sambil meresapi kuahnya yang menggugah selera (bahkan dilengkapi dengan sedotan). !). Kami tahu, kami tahu… kaldu tulang… obat ajaib untuk semua penyakit!


Temuan lain yang tidak biasa adalah Bakso Mozzarella mereka – bakso raksasa yang disajikan dengan isian mozzarella yang melimpah, jadi jika Anda pecinta keju, jangan lewatkan ini!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Damai, Ngaglik Sleman, Sinduharjo, Ngaglik, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 812 2184 7171
  • Jam Buka:
    Senin-Minggu 10:00-22 :00
  • Harga:
    Rp9000-20,000 (Sekitar USD$0,65-1,44)
3. Bakmi Mbah Mo - Makanan Rumahan yang Nyaman

MAKANAN YANG NYAMAN!! – ini yang kami teriakkan setelah menyeruput pertama bakmi yang menghangatkan hati ini.


Mereka punya dua versi (kering atau pekat) dan kami mencoba keduanya. Telur dicampur ke dalam kaldu dan terlihat orak-arik, mie Anda ditaburi dengan ayam suwir sempurna dan taburan daun bawang untuk tendangan gurih itu!


Ini adalah restoran kasual, jadi jangan terlalu berharap pada tempat duduk yang nyaman tetapi Anda dapat menikmati pengalaman memasak langsung dan melihat setiap bagian dari Bakmi Anda dibuat dari awal!


Nikmati ini dengan secangkir teh jahe panas (Teh Jahe), tetapi mintalah lebih sedikit gula – orang Jawa suka yang manis!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Parangtritis KM. 11, Code, Trirenggo, Bantul, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 815 4855 7743
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 17:00-21:00
  • Harga:
    Rp15.000-20.000 (Sekitar USD$1-1,42)
4. Wedang Ronde Mbah Payem - Tempat Minum Favorit Mantan Presiden di Jogja

Meskipun ini akan terlihat seperti makanan penutup bagi Anda, ketahuilah bahwa orang Jawa lokal menikmatinya sebagai minuman pinggir jalan yang menenangkan – penuh warna tetapi juga sangat manis; bersiaplah untuk mencoba sesuatu yang eksotis!

Asli Jawa, wedang ronde terbuat dari bola-bola ketan manis yang direndam dalam air panas jahe, sirup, ditaburi sedikit kacang, dan diisi dengan kacang di dalam bola-bola nasi.


Karena disajikan panas, minuman ini biasanya dinikmati pada malam hari untuk menghangatkan tubuh sebelum tidur. “Ronde” (bola ketan bundar) biasanya berwarna putih atau hijau – berwarna alami dari daun suji dan daun pandan, tanaman hijau yang hampir secara eksklusif dapat ditemukan di Asia!


Hujan atau cerah, Anda akan dapat menemukan Mbah Payem dengan gerobak kecil Wedang Ronde di jalan – bahkan, ia menemukan kebahagiaan dalam mengobrol dengan pelanggannya dan menikmati hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-harinya di jalan-jalan Yogyakarta.

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jl. Kauman, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    Sen-Sab 7pm-12am
  • Harga:
    Rp5.000 (Sekitar USD$0,36)
5. Es Buah PK - Buah Segar (Termasuk Alpukat) dengan Es Serut

Kami tidak bisa cukup berterima kasih kepada orang yang menemukan makanan penutup kreatif ini – yang berasal dari awal tahun 70-an!

Warung pinggir jalan ini berspesialisasi dalam makanan penutup es serut, tetapi bukan jenis tradisional, karena mereka menyajikannya dengan banyak irisan buah segar seperti alpukat, kelapa, dan nanas, bersama dengan ramuan sirup rahasia (tampaknya susu kental cokelat) dan kubus cincau. Ini adalah sesuatu untuk gigi manis Anda.


Itu adalah salah satu makanan penutup terbaik yang pernah kami temui – maksud saya, di mana lagi kita bisa menemukan makanan penutup jalanan dengan alpukat!? Satu tidak akan cukup, terutama di cuaca panas terik ini! Tolong mangkuk lain!


Warung ini juga menjual mie dan bakso (bakso); jadi jika Anda di sini untuk makan siang, makanan penutup Anda juga sudah disortir!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Pakuningratan Nomor 76 A, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 09.00-18.00
  • Harga:
    Rp5.000-8.000 (Sekitar USD$0,36-0,57)
6. Gudeg Pawon - Kuliner Khas Yogyakarta (Jogja)

Karena Nasi Lemak berasal dari Malaysia, hidangan legendaris yang paling terkenal di Yogyakarta adalah Gudeg yang terkenal .

Nangka adalah bintang dari hidangan ini – direbus selama berjam-jam dengan rempah-rempah lain seperti bawang putih dan ketumbar, disajikan di atas daun pisang atau piring hampir sepanjang waktu. Tempe dan ayam rasa kelapa yang lezat juga menjadi bagian dari hidangan yang menggiurkan ini!

Di Gudeg Pawon, Anda bisa makan di rumah penduduk setempat. Datanglah lebih awal (sebelum jam 10 malam) atau Anda berisiko menjadi yang terakhir dalam antrean dan mungkin melewatkan beberapa item. Tidak ada lagi ayam ketika kami sampai (dan itu tidak lebih dari 10:30 malam!), Dan semuanya hampir terjual habis pada jam 11 malam.

Anda akan berbaris dari jalan tetapi beberapa langkah kemudian Anda akan berada tepat di dalam dapur! Panas membara di sana, tetapi aroma kaldu yang mendidih dan nasi yang dimasak akan membuat Anda terus bersemangat!


Di sini, Gudeg dibuat dengan cara tradisional – tanpa kompor listrik atau teknologi modern, melainkan hanya kayu dan arang, dan ini memberikan rasa dan sentuhan khusus pada keseluruhan pengalaman.


Piring Anda disajikan, Anda akan menemukan diri Anda berbagi kursi dengan penduduk setempat di bangku di luar. Nantikan ledakan rasa, kuahnya yang creamy dan nangka yang menghasilkan tendangan manis, serta kulit sapi kenyal yang dilumuri saus (krupuk)…


Kami sudah mencoba banyak warung gudeg tapi yang satu ini sulit dikalahkan, mungkin karena disajikan langsung dari dapur – mereka pasti menguasai seni gudeg!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55164Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 857 4328 1104 / +62 822 3315 5497
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 10pm-1am ( Atau sampai habis)
  • Harga:
    Rp15.000-30.000 per porsi (Sekitar USD$1-2,14)
7. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan - Manjakan Diri dengan Resep Gudeg Tertua

Bayangkan Mbah Lindu yang berusia seabad membungkuk di atas panci mendidihnya, memasak Gudeg legendarisnya di atas arang, setiap hari selama lebih dari 80 tahun. Setelah itu, dia akan berjalan sejauh 4 kilometer setiap pagi dari rumahnya ke tempat yang sama untuk menjual kepada pelanggan lokalnya dan bahkan turis di seluruh dunia yang telah mendengarnya.

Sekarang, Anda dapat melihat putrinya mengambil alih kendali di warungnya, meskipun dikatakan bahwa Mbah Lindu masih memasak gudeg sendiri! Kisah Mbah Lindu memang menguras emosi, tapi sungguh luar biasa melihat bisnis keluarga masih berjalan kokoh dan membuat perut yang lapar senang!


Cobalah gudeg mereka untuk sarapan karena disajikan dengan pilihan nasi atau bubur! Sausnya creamy dan pedas, ayamnya lembut dan mudah hancur saat kuahnya meresap saat telur direbus sampai sempurna!


Duduk di bangku plastik mereka di pinggir jalan atau Anda bahkan dapat memilih untuk dibawa pulang – itu akan dikemas dalam daun pisang untuk Anda. Kami tidak mendapatkan kesempatan untuk bertemu Mbah Lindu ketika kami mampir, tetapi jika Anda melakukannya, beri tahu kami!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 817 5422 990
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 5am-11am
  • Harga:
    Rp15.000-20.000 per porsi (Sekitar USD$1-1,42)
8. Rujak Es Krim Pak Nardi - Es Krim Lokal yang Pedas dengan Buah-buahan

Sebagian besar dari Anda mungkin pernah makan Rujak di negara-negara Asia Tenggara lainnya, tetapi pernahkah Anda mendengar Rujak dengan es krim?

Buah segar yang diiris halus dibumbui dengan sempurna dan direndam dengan ramuan asam manis, dengan es krim buatan sendiri. Oh dan jika Anda merasa perut orang Indonesia sekarang sudah besar, lakukan saja seperti penduduk setempat dan beri sesendok sambal! Ya, sambal dan es krim – siapa tahu cocok! Jadi rasanya manis, asam, pedas, dan dingin – sungguh memanjakan lidah Anda!


Ada beberapa penjual es krim Rujak lain di lingkungan ini tetapi kerumunan akan membawa Anda ke anak terbaik di blok itu!


Gerobak kayu dikelilingi oleh bangku plastik bagi Anda untuk menikmati rujak dingin di bawah rindangnya pepohonan. Jika Anda menyukai rasa yang menyegarkan, tajam, dan pedas, Anda tidak akan bisa menolak untuk mendapatkan mangkuk kedua!


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 857 2856 6266
  • Jam Buka:
    Senin-Minggu 08 :00-15:00
  • Harga:
    Rp.6.000 per porsi (Sekitar USD$0,45)
9. Waroeng Kopi Klotok - Prasmanan yang Sangat Lezat dengan Cara Lokal

Anda pasti sudah mendengar semua tentang konsep prasmanan Indonesia yang populer – makan sepuasnya, dan hanya memberi tahu kasir apa yang Anda ambil untuk mendapatkan harga akhir. Dan coba tebak, ini pasti salah satu prasmanan lokal terbaik yang kami miliki di Yogyakarta.

Ini bukan kedai kopi mewah Anda – bersiaplah untuk makan di Joglo, yang diubah menjadi tempat makan. Itu penuh dengan penduduk setempat dan tentu saja kursi terbaik berada tepat di luar di dekat sawah.


Restoran lokal luas, tetapi kami hampir tidak dapat menemukan ruang untuk berjalan – itu adalah rumah penuh ketika kami berada di sana pada pagi hari kerja! (Bersiaplah untuk antrian panjang dan Anda harus menunggu kursi di akhir pekan dan hari libur!)

Kami tahu tidak masuk akal untuk membicarakan makanan penutup terlebih dahulu, tetapi kami memiliki Pisang Goreng terbaik di sana (ya kami sudah mencoba banyak yang berbeda di Indonesia sebelumnya, tetapi yang ini layak mendapat medali!). Disajikan hangat, dengan pisang yang lengket dan hancur di dalamnya dan digoreng dengan sempurna. kami akan kembali hanya untuk itu jika kami bisa!

Untuk hidangan utama, Nasi Megono menjadi daya tarik pengunjung di sini – nasi yang dimasak dengan santan yang dibumbui, dicampur dengan sayuran dan ikan asin. Tambahkan ini dengan sup sayuran lokal mereka dan jangan lewatkan sambal (saus dingin lokal) dan tempe mereka! Kami menyukai hampir semua sup dan kari mereka!



Dan tentu saja, tempat ini dinamai Kopi Klotok mereka yang terkenal, jadi jangan sampai ketinggalan!


PS Kami telah mendengar bahwa wanita hamil dipersilakan untuk makan sebanyak yang mereka mau, gratis! Dan kami merekomendasikan datang lebih awal di pagi hari untuk mendapatkan makanan segar dan kursi terbaik!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Kaliurang KM.16, Pakembinangun, Pakem, Area Sawah, Pakembinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 812 2221 1635
  • Jam Buka:
    Sen-Min 07.00-22.00
  • Harga:
    Rp .15.000-25.000 (Sekitar USD$1-1,80)
10. Rumah Makan Blimbing (Garang Asam Kudus) - Ini Kejutan di Daun Pisang

Restoran lokal ini mengambil giliran sehat pada Garang Asam Kudus tradisional – ayam dimasak dalam daun pisang dengan santan, bilimbi, daun salam dan rempah-rempah lainnya. Biasanya rasa ayam rebus yang empuk dengan sedikit rasa asam karena tambahan jeruk nipis – kami mencobanya sekali, dan jatuh cinta!


Di Rumah Makan Blimbing, mereka mengeluarkan santan, meninggalkan rasa asam segar di ayam Anda!

Penduduk setempat menikmati twist pada makanan ini karena tidak adanya santan tidak hanya membuatnya lebih sehat tetapi juga lebih kaya rasa! Saus asamnya diserap oleh potongan ayam, membuatnya begitu empuk hingga lepas dari tulang. Hidangan ini disajikan panas mendidih, jadi berhati-hatilah saat membuka daun pisang karena terkadang kuahnya masih menggelegak!


Tuangkan kelezatan ini di atas nasi putih dan nikmati hidangan lokal yang tak terlupakan dan menenangkan!


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Baru Mulungan, Grojogan Pandowoharjo, Sendangadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55285Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 813 2832 5652
  • Jam Buka:
    Senin-Minggu 12pm-20.30pm
  • Harga:
    Rp. 15.000-25.000 (Sekitar USD$1,08-1,80)
11. Kupat Gule Bang Doel - Hidangan Lebaran Favorit

Anda tidak perlu menunggu perayaan Idul Fitri lagi untuk menikmati semangkuk kemeriahan! Mampir untuk menikmati cita rasa lokal di Kupat Gule Bang Doel!


Gerobak kecil di pinggir jalan ini (perhatikan yang merah dan kuning) menyajikan favorit Anda setelah buka puasa: Kupat Gule – kuah kaldu lezat yang diisi dengan telur rebus, daging (pilih dari daging kambing, ayam atau sapi), bersama dengan lontong dan lainnya topping rahasia. Ini sering disajikan dengan nasi tetapi juga bisa dinikmati dengan sangat baik!


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Kaliurang KM 6, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 812 1569 4055
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 07:00-11am
  • Harga:
    Dari Rp.10.000 (Sekitar USD$0.72)
12. Kue Leker Pak Yo - Crepes Pinggir Jalan Lokal

Kelezatan lokal yang manis ini akan membuat Anda dan anak-anak Anda bersemangat! Mirip dengan crepes pinggir jalan Thailand yang sangat terkenal, Kue Leker adalah versi Indonesia yang renyah.

Anda dapat memilih isian Anda, meskipun penduduk setempat biasanya memilih cokelat pisang!

Di warung Pak Yo, Kue Leker dimasak di atas arang – Anda tidak akan menemukan kompor listrik atau teknologi modern apa pun, dan inilah yang membuatnya istimewa, dengan suasana Jogja kuno yang otentik. Nostalgia murni dalam satu gigitan!


Crepe disajikan renyah, dengan aroma vanilla yang hangat dan aroma pisang dan cokelat yang menenangkan. Kami pasti akan memiliki ini saat minum teh!


Kalau mau beda, pilih isian lain – selain banana chocolate, ada juga keju dan susu kental manis, atau mix and match antara keju, pisang, dan susu!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jl. I Dewa Nyoman Oka No.13, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 274 410 334
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 08.00-17.00
  • Harga:
    Rp. 2000 (Sekitar USD$0,14)
13. Wedang Tahu Bu Sukardi - Tahu Dalam Sup Jahe yang Terjual Habis Dalam 1,5 Jam

Minuman lain yang menyerupai makanan penutup – disajikan panas dan terbuat dari tahu krim lembut dalam air jahe dan sirup – sangat mirip dengan Wedang Ronde, tetapi tidak ada bola-bola ketan. Manis, tetapi perpaduan teksturnya dinikmati oleh semua orang!


Minuman ini biasanya dinikmati sebagai penghangat tubuh saat musim hujan dan dinikmati pagi atau malam hari; sampai di sana sedini mungkin karena kios hanya buka sampai terjual habis (biasanya dalam waktu 1,5 jam!)


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Kranggan Nomor 75, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 877 3824 0558
  • Jam Buka:
    Senin-Minggu 6.30am – sampai habis
  • Harga:
    Rp.6000 (Sekitar USD$0,43)
14. Ingkung Kuali - Manjakan Diri dengan Ayam Kampung Segar dalam Suasana yang Menakjubkan

Ingkung Kuali terkenal di kalangan penduduk setempat dengan ayam burasnya, dan Anda benar-benar dapat merasakan kesegaran unggasnya! Restoran lokal yang mengejutkan ini terletak di Pajangan – umumnya dikenal sebagai pusat kuliner Yogyakarta, jadi Anda tahu Anda bisa memiliki ekspektasi yang tinggi pada rasanya!


Pastikan untuk membuatnya tepat waktu karena mereka tidak buka lebih dari jam 5 sore (sungguh, kami mampir jam 4.30 sore dan mereka bilang mereka sudah tutup), jadi yang terbaik adalah pergi saat makan siang!

Meskipun Anda dapat memilih untuk melakukannya seperti penduduk setempat dengan duduk di lantai dengan gaya lesehan, Anda juga dapat memilih gubuk dengan bangku panjang yang nyaman!


Pilih antara ayam rebus asli atau ayam yang diasinkan atau bahkan ayam goreng – meskipun terlihat polos dan dangkal saat disajikan, kelezatannya akan mengejutkan Anda dalam rasa dan cita rasa karena telah dicampur, diasinkan, dan dimasak selama lebih dari 4 jam, sehingga ayam akan memiliki meresap semua bumbu.


Ayam spesial mereka disajikan dengan nasi tetapi kami mengambil lebih banyak sambal daripada nasi, jadi Anda bisa menebak mengapa – itu adalah rasa pedas yang luar biasa!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Kalakijo RT 02, Guwosari, Pajangan, Guwosari, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 9.00-17.00
  • Harga:
    Rp.60.000-155.000 (Sekitar USD$4.33-11.18)
15. Angkringan Kopi Jos Lek Man - Arang Mendesis di Kopi Anda

Sedikit cemas tentang arang dalam kopi Anda? Kami juga, tapi jangan!

Tidak perlu penikmat kopi yang besar untuk menikmati kopi di Kopi Jos, selain kopi yang disajikan tampak gelap seperti biasanya, kopi juga dicelupkan dengan batu arang merah panas yang menyala. Biarkan mendesis - ini seharusnya membantu menetralkan keasaman dalam kopi Anda.


Setelah benar-benar mendesis, keluarkan arang dan Anda siap untuk menikmati kopi yang tidak biasa – sesuatu yang baru! Tip: Ingatlah untuk menyebutkan “tolong tanpa gula”, atau nikmati kopi Anda dengan 10+ sendok gula di dalamnya (bahkan tidak berlebihan!).


Kami bukan penggemar berat kopi, tetapi secara mengejutkan kami menikmati secangkir kopi yang menghangatkan hati ini di warung pinggir jalan – rasanya kuat, namun tidak asam dan memiliki rasa yang sedikit gosong. Jika Anda berada di sini untuk minum teh, nikmati juga camilan goreng mereka!


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Wongsodirjan, Gedong Tengen, Sosromenduran, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 856 4317 2339
  • Jam Buka:
    Sen-Sab 14:00-3am
  • Kisaran Harga:
    Rp1.000-5.000 (Sekitar USD$0,070-0,36 )
16. Mangut Lele Mbah Marto Nggeneng - Resep Lele Legendaris Berusia Seabad

Ada yang patut dikagumi dari penjual makanan lokal di Indonesia dan hal ini kami amati di Yogyakarta. Mereka ingin Anda merasa seperti di rumah sendiri ketika Anda datang untuk bersantap – mereka sangat ramah sehingga membiarkan Anda masuk ke dalam privasi rumah mereka untuk melayani diri sendiri.

Ini harus menjadi salah satu tempat makan paling tersembunyi yang kami kunjungi selama di Yogyakarta, jadi jangan khawatir jika Anda tersesat – Anda akan menemukan jalan Anda pada akhirnya karena semua orang di sekitar tahu Anda di sini untuk Mangut Lele Mbah Marto!


Datang dan sajikan langsung dari dapur, dindingnya dipenuhi noda hitam akibat arang yang digunakan untuk memasak; tidak ada kompor listrik dapat ditemukan.


Anda di sini untuk beberapa ikan lele asap pedas! Dan ketika kami mengatakan pedas… persiapkan dirimu! Anda akan membutuhkan air dan mungkin juga susu. Jangan lewatkan telur rebus mereka – dengan kuning telur bertekstur lembut – kami pergi untuk putaran kedua!


Dan jika Anda beruntung seperti kami, Anda akan dapat bertemu dengan Mbah Marto – wanita berusia 100 tahun ini adalah orang di balik resep rahasia ini!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Parangtritis KM 6.5, Dusun Sewon, Panggungharjo, Bantul, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 09.00-16.00
  • Kisaran Harga:
    Rp25.000 per porsi (Sekitar USD$1.80)
17. Sate Klatak Pak Bari - Sate ini Sangat Enak Sehingga Pernah Difilmkan

Dikenal sebagai salah satu sate klasik Indonesia – sate pada dasarnya dapat ditemukan di mana saja, dan akan sangat sulit untuk membantah sate terbaik, tetapi yang ada di Sate Klatak Pak Bari pasti patut dikunjungi.


Keistimewaan di sini adalah sate kambing mereka (Sate Kambing), dipotong dan dipanggang segar di depan Anda, dan Anda dapat memilih nasi di sampingnya. Ambil beberapa saus spesial mereka di atasnya untuk mengurangi rasa asin! Rasanya kaya dan Anda bisa mencicipi bumbunya di daging.


Warung sate ini pernah muncul di film lokal Indonesia 'Ada Apa Dengan Cinta 2', dan sejak itu dipadati oleh penduduk lokal yang penasaran ingin mencobanya!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 813 2880 0165
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 18.30-13.00
  • Harga:
    Rp.20.000 (Sekitar USD$1,44)
18. Oseng Mercon Bu Narti - Simpan Air di Sebelah Anda untuk Ledakan Kepedasan

Bersiaplah untuk menikmati waktu yang panas di Oseng Mercon Bu Narti karena Anda di sini untuk menantang tingkat kepedasan Anda!

Melakukannya seperti orang lokal tidak hanya berarti Anda harus duduk di tikar dengan gaya lesehan, tetapi Anda juga harus menumbuhkan perut Indonesia dan berurusan dengan makanan yang benar-benar pedas!


Daging, lemak babi, tetapi cabai sebelum yang lainnya, hidangan spesial ini pasti akan membawa Anda pada sisi liar eksperimen kuliner saat berada di Jogja!


Anda mungkin ingin meminta sesendok besar nasi, kalau-kalau Anda tidak bisa mengambil tingkat kepedasannya! Kami telah memperingatkan Anda ... bahkan orang Indonesia menyebutnya pedas! Bersiaplah untuk disambut oleh orang-orang yang berkeringat, dengan mata berkaca-kaca saat makan, tetapi jangan takut – bawalah banyak botol air atau bahkan susu!


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan KH. Ahmad Dahlan, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 819 1555 4472
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 18:00-21:00
  • Harga:
    Mulai dari Rp15.000 (Sekitar USD$1,08)
19. Soto Ayam Kampung Pak Dalbe - Sebut Saja Sarapan Baru Para Jagoan 

Sup adalah salah satu hidangan legendaris di Yogyakarta – enak, ringan, enak, serbaguna, dan murah!
Sop ayam khas Pak Dalbe menjadi daya tarik pengunjung – bahkan seringkali dipadati hingga penuh dan orang-orang terlihat makan di sepanjang jalan hanya dengan duduk di trotoar.


Sepintas, kuah yang disajikan terlihat biasa saja, seperti soto yang sangat khas, namun meski kuahnya bening, kuahnya menyembunyikan beberapa rahasia rasa asing yang hanya bisa ditemukan begitu Anda mencobanya. Ini adalah salah satu hidangan "jangan menilai buku dari sampulnya"!

Di semangkuk sup Anda, Anda akan menemukan nasi, irisan kubis, tauge, bihun, bawang goreng, dan tentu saja suwiran ayam yang empuk. Tapi bahan rahasianya (tidak terlalu rahasia lagi) adalah sedikit rasa manis dari singkong!


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Jenderal Sudirman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 812 155 6373
  • Jam Buka:
    Sen-Jum 06:00-14 :00
  • Harga:
    Dari Rp10.000 (Sekitar USD$0,72)
20. Yammie Pangsit Pathuk - Masakan Mie Lokal yang Tidak Akan Anda Lupakan

Dengan tampilan beberapa pengaruh Cina, sup mie ayam di Yammie Pangsit Pathuk adalah hidangan tengah minggu yang menghangatkan hati jika Anda bosan dengan semua hidangan kaya di sekitar kota!


Mangkuk mie Anda disajikan dengan pangsit yang lembut; ayam suwir serta bola ayam – hidangan sederhana yang mengenyangkan dan gurih untuk semua orang!


Restoran ini juga menyajikan makanan ringan lainnya seperti pangsit goreng dan puff kari lokal yang bisa menjadi permulaan yang bagus jika Anda datang dengan perasaan terlalu lapar/lapar!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Kemetiran Kidul Nomor 63, Pringgokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 818 0429 8350
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 9 am-9pm
  • Harga:
    Rp17.000 (Sekitar USD$1,23)
21. Lumpia Samijaya - Lumpia Dengan Isian yang Tidak Biasa

Anda tidak bisa pergi ke Semarang tanpa mencicipi Lumpia Semarang, dan Anda tidak bisa pergi ke Yogyakarta tanpa mencoba Lumpia Samijaya!


Berjalan-jalan di tengah teriknya jalan Malioboro akan membuat Anda lapar, dan pit stop untuk lumpia pasti akan membuat Anda merasa lebih baik!


Tidak seperti warung lumpia lainnya, yang di Samijaya diisi dengan isian yang berbeda seperti ayam dan telur puyuh, dan ini telah menjadi makanan lokal yang terkenal sejak lebih dari 40 tahun yang lalu!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Malioboro Nomor 18, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 877 3824 0558
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 10 am-4pm
  • Kisaran Harga:
    Rp.3000-4000 (Sekitar USD$0,22-0,29)
22. Jenang Lempuyangan Bu Gesti - Cita Rasa Jogja Lama

Warung lain yang dicintai dan sering dikunjungi oleh mantan Presiden Soeharto – mungkin menjadi alasan mengapa Anda akan menemukan antrian panjang di sini!

Jika Anda menyukai segala sesuatu yang manis seperti orang Jawa, puaskan hasrat gula Anda dengan campuran ramuan yang berasal dari gula aren, santan dan tepung beras.


Makanan manis berbahan dasar aren yang berwarna-warni ini disajikan di atas daun pisang – teksturnya kental, pasti manis dan lengket tapi juga sedikit asin dari bahan tepung beras dan santan.


Jadi, cicipi makanan penutup buatan sendiri yang memiliki tempat besar di hati setiap penduduk setempat!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Pasar Lempuyangan, Jalan Hayam Wuruk, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Jam Buka:
    Sen-Ming 08:00-11am
  • Harga:
    Dari Rp4.000 (Sekitar USD$0.29)
23. Saoto Bathok Mbah Katro - Makan Batok Kelapa di Pinggir Sawah

Meskipun mungkin mudah untuk menemukan restoran yang bagus di Yogyakarta, beberapa tempat melakukannya lebih baik daripada yang lain. Selain hidangan makanan yang luar biasa, restoran lokal ini memungkinkan Anda tenggelam dalam suasana asli Indonesia dengan pemandangan sawah sambil duduk di tikar seperti penduduk setempat. Sekarang bisa dibilang kamu pernah ke Yogyakarta!


Kami tahu dibutuhkan semangat yang berani untuk mencoba beberapa resep otentik yang disajikan oleh penduduk setempat di pinggir jalan, jadi ini adalah pilihan yang lebih nyaman untuk dipertimbangkan jika Anda mencari hidangan lokal yang menggugah selera!


Disajikan dalam mangkuk tempurung kelapa, sup bening ini diisi dengan potongan daging sapi yang empuk – resep khasnya dilengkapi dengan tempe goreng, sate usus, serta telur puyuh!


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Candi Sambisari Nomor 6, Purwomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 813 9214 4526
  • Jam Buka:
    Senin-Minggu 06:00-16 :00
  • Harga:
    Rp5.000 (Sekitar USD$0,36)
24. Entok Slenget Kang Tanir - Dukun Anda Menjadi Pedas

Kami punya ayam, sapi, kambing, tapi Anda juga bisa menikmati bebek khas Jogja yang enak.


Meskipun warung buka pada jam 4 sore dan resmi tutup pada jam 9 malam, kelezatannya cenderung terjual habis dalam waktu 3 hingga 4 jam!

Sesampai di sana, Anda bisa memilih tingkat kepedasan Anda, dan bebek Anda akan dimasak di atas kompor tradisional dengan kecap, cabai, dan bumbu lainnya; dagingnya sendiri direndam dalam banyak bumbu dan saus, dan disajikan untuk Anda setelah empuk dan penuh dengan rasa!


Menulis tentangnya saat makan malam membuat kita ngiler… yumm!

  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jalan Pakem – Turi, Donokerto, Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Kontak:
    +62 818 0433 8944
  • Jam Buka:
    Senin-Minggu 4pm- Sold Out
  • Harga:
    Dari 16.000 (Sekitar USD$1,15)

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain