Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

Tempat Wisata Alam Tersembunyi di Yogyakarta dan Sekitarnya yang mungkin belum pernah Anda dengar

Tempat wisata alam tersembunyi di dalam dan sekitar Yogyakarta

Bagi mereka yang tidak ingin tersesat, bagaimana dengan mengembara jauh dari jalan beraspal yang bagus dan menuju ke hutan belantara Yogyakarta?

Anda mungkin pernah mendengar tentang aktivitas dan atraksi luar biasa yang dapat Anda lihat dan pertimbangkan untuk merencanakan liburan akhir pekan yang terjangkau di sana bersama keluarga dan teman-teman Anda, tetapi jika Anda seorang pelancong yang ingin menjelajahi alam yang belum pernah dijelajahi, Anda telah tiba di tempat yang tepat.

Di sini, kami akan membawa Anda dalam perjalanan ke kedalaman tersembunyi Yogyakarta, pasti akan membuat Anda terpesona!

1. Menyeberangi jembatan gantung di atas deburan ombak: Pantai Sinden & Pulau Kalong

Siap untuk petualangan yang memacu adrenalin?


Pantai Sinden bukanlah pantai pasir putih romantis khas Anda, tetapi pantai terjal yang diapit oleh tebing tinggi tepat di sebelah laut.

Anda dapat menjelajahi Pulau Kalong yang berdekatan – pulau karang yang belum tersentuh yang ditumbuhi flora liar – dengan menyeberangi jembatan gantung yang tinggi dengan deburan ombak yang ganas di bawah Anda. Saat angin laut mengguncang jembatan dan ombak yang asin mencium pipi Anda, lakukan setiap langkah dengan hati-hati – satu kesalahan langkah bisa sangat merugikan!


Setelah Anda menyelesaikan perjalanan mendebarkan Anda, jangan lupa untuk mengambil napas dalam-dalam dan mengagumi pemandangan indah di sekitar Anda.

Apakah Anda siap untuk tantangan?


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Cara ke Sana:
    Cara ke Sana : Koordinat disini.
  • Tiket Masuk:
    Rp3.000 (sekitar USD 0.22)
2. Formasi karang yang unik – Pantai Watu Lumbung

Ada banyak pantai rahasia eksotis yang tersembunyi di sekitar Jogja , dan Pantai Watu Lumbung adalah salah satunya.

Pantai Watu Lumbung memiliki formasi batuan dan karang yang sangat menarik. Bebek melalui batu besar dengan lubang di tengah menciptakan lengkungan dan hati-hati memilih jalan Anda di atas batu, pantai ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit hijau kecil!


Ada banyak eksplorasi yang bisa dilakukan – pastikan untuk benar-benar berhati-hati saat bertualang melalui Pantai Watu Lumbung.


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, IndonesiaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Cara ke Sana:
    Dari Kota Yogyakarta, Pantai Sinden dan Pulau Kalong berjarak sekitar 80km (dua jam perjalanan). Lokasinya sebelum Pantai Wedi Ombo, dan tidak jauh dari Pantai Jungwok. Koordinat di sini.
  • Jam Buka:
    06.00 – 17.00
  • Biaya Masuk:
    Pantai – Rp.6.000 (sekitar USD 0.4) | Jembatan gantung – Rp25.000 (sekitar USD 1,65)
  • Biaya parkir:
    Motor – Rp3.000 (sekitar USD 0,2) | Mobil – Rp.5.000 (sekitar USD 0,33)
3. Kelilingi diri Anda dengan alam Jawa: Air Terjun Kedung Kandang

Anda akan berhenti di jalur Anda saat melihat pemandangan yang menakjubkan ini. Kombinasi sawah, air terjun yang mengalir dengan lembut, dan air berwarna biru kehijauan sangat indah.

Air Terjun Kedung Kandang yang tenang, terletak di desa Gunung Butak, mengalir menuruni 6 tingkat sawah bertingkat.


Anda hanya akan melihat keajaiban alam ini selama musim hujan.


Untuk sampai ke sana, diperlukan sedikit trekking. Tapi jangan khawatir, ini adalah jalan setapak yang indah di sepanjang jalur alam di mana Anda akan disuguhi pemandangan pegunungan, bukit, sungai, dan petani di sawah. Pastikan Anda membawa air dan makanan ringan bersama Anda.


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Cara ke Sana:
    Dari Yogyakarta ambil arah ke Jalan Wonosari dan menuju Putat. Di beberapa titik dalam perjalanan Anda akan mulai melihat tanda-tanda yang membawa Anda ke Air Terjun Kedung Kendang. Perjalanan sejauh 26,9 kilometer, memakan waktu sekitar 49 menit untuk sampai ke sini.
  • GPS:
    S7 ° 51'20.2 “E110 ° 32'06.3”
  • Biaya masuk:
    Dengan sumbangan
4. Apakah bangsa Maya mengunjungi Watu Giring?

Tempat yang mempesona ini dihiasi dengan bebatuan kapur yang tinggi, gua-gua dan pemandangan yang menakjubkan.


Ketinggian bebatuan kapur yang bervariasi memungkinkan Anda untuk naik ke atas dan memandangi pemandangan yang luar biasa. Watu Giring sebenarnya adalah bekas lokasi penambangan, tetapi struktur batunya menyerupai reruntuhan kuno atau bahkan candi Maya.


Pada hari-hari cerah, ketika langit biru jernih, Anda dapat melihat Gunung Merapi menjulang di kejauhan – latar belakang yang menakjubkan untuk momen epik yang layak untuk difoto.


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Villa Jelok, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Cara ke Sana:
    Menuju Jalan Wonosari dari kota Yogyakarta. Jarak tempuhnya adalah 44,6 kilometer dan dibutuhkan sekitar 1 jam 23 menit untuk berkendara ke sana.
  • Biaya Masuk:
    Gratis
  • Biaya Parkir:
    Sepeda Motor Rp. 2.000 (Sekitar USD 0,15) dan Rp 5.000 (USD 0,33) untuk mobil
5. Matahari terbit dan terbenam dari puncak gunung yang dramatis: Batu Miring

Batu Miring adalah tempat untuk pergi untuk melihat panorama menakjubkan Pulau Jawa. Pergi lebih awal untuk menyaksikan matahari terbit yang mempesona mewarnai lanskap atau di sore hari untuk menyaksikan matahari terbenam di atas pulau.


Batu Miring dikelilingi oleh pegunungan tak berujung, batu kapur dan tanaman hijau subur. Tidak ada angkutan umum di sini, jadi Anda harus naik sepeda motor dan menyetir sendiri untuk petualangan lama yang menyenangkan.

Dari tempat parkir, berjalan kaki singkat sejauh 200 meter akan membawa Anda ke kaki gunung yang megah, Gunung Kukusan.


Ada dua jalur untuk dipilih, yang mengarah ke dua puncak yang berbeda. Jalur di sebelah kiri mengarah ke Puncak Demok dan yang lainnya ke Puncak Kendeng, puncak tertinggi dari keduanya. Dari kedua puncak, Anda akan terpesona oleh pemandangan gunung yang menakjubkan dan lembah yang damai di bawahnya.


Hirup udara pegunungan yang segar, dengarkan kicau burung, dan hubungkan kembali dengan alam!

Jika Anda berada di sini pagi-pagi sekali, pastikan untuk mengenakan sweter karena dingin! Anda pasti akan menikmati menyaksikan pemandangan yang muncul dari kabut pagi.

  • Nama Tempat:
  • Cara ke Sana:
    Dari Yogyakarta, berkendara ke arah Godean. Lanjutkan ke arah barat menuju Kulon Progo hingga sampai di perempatan Nanggulan. Kemudian belok kanan menuju perempatan Dekso. Belok kiri dan terus ikuti jalan menuju Samigaluh untuk menemukan pasar Plono. Berkendara ke arah kebun teh Nglinggo dan lanjutkan ke kaki Gunung Kukusan. Perjalanan sejauh 28 kilometer dan dibutuhkan sekitar 1 jam 20 menit untuk berkendara ke sana.Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Biaya masuk:
    Rp. 5.000 (Sekitar USD 0,33)
  • Biaya Parkir:
    Sepeda Motor Rp. 10.000 (Sekitar USD 0.66) dan mobil Rp.20.000 (Sekitar USD 1.3)
6. Gantung Benang di 'Kereta Kabel' di Pantai Timang

Semua orang tahu bahwa Kawasan Gunungkidul adalah rumah bagi pantai terindah di Yogyakarta, termasuk Pantai Timang, yang terletak 35 kilometer selatan Wonosari. Ini menunjukkan pemandangan yang memuaskan dari ombak putih yang menabrak batu karang dan tebing.


Dan bukan itu saja – jika Anda seorang pecandu adrenalin, Anda akan senang untuk mencoba ini:


Pengunjung dapat menguji keberanian mereka dengan menyeberang ke Pulau Watu Panjang dengan 'kereta gantung' kayu yang diikat pada katrol yang tidak dibuat dengan kabel baja biasa, tetapi dengan tali kain!


Awalnya digunakan sebagai alat transportasi oleh nelayan lobster lokal, mereka yang cukup berani untuk bertahan di atas ombak yang berbahaya bahkan dapat membawa kembali lobster untuk makan malam!


Sebelum Anda mencapainya, Anda mungkin menemukan beberapa rambu jalan yang menunjukkan Anda ke Pantai Timang di sepanjang jalan, tetapi hindari mengikutinya karena mereka membawa Anda ke scammers yang mencoba meyakinkan Anda untuk naik jip ke pantai (mereka akan memberi tahu Anda bahwa jalan kondisinya terlalu buruk untuk mobil), meskipun secara fisik memungkinkan mobil untuk masuk. Gunakan pintu masuk jalan yang tidak bertanda ini , dan Anda akan dapat berkendara di jalan yang benar sampai ke pantai. Mengikuti rambu-rambu jalan akan membawa Anda ke jalan berbatu yang tidak dapat dilalui mobil Anda.


Kami melewati rute yang salah dan mobil kami macet karena kondisi jalan yang buruk, jadi kami berjalan ke pantai sebagai gantinya, dan butuh waktu sekitar 1 jam. Jadi jika Anda telah mencoba mengemudi di jalan yang lebih baik yang telah kami berikan di atas, silakan bagikan kepada kami pengalaman Anda! kami akan sangat menghargainya🙂.

  • Nama Tempat:
  • Lokasi:
    Tepus, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Cara ke Sana:
    Dari Wonosari, menuju Selatan di Jl. Baron – belok kiri ke Jl. Tepus – belok kiri ke Jl. Pantai Selatan Jawa. Koordinat di sini.
  • Tiket Masuk:
    Rp 10.000
  • Biaya Parkir:
    Rp 5.000 (sekitar USD 0,33 untuk sepeda motor) dan Rp 10.000 (sekitar USD 0,66 untuk mobil)
  • Biaya Gondola:
    Rp. 200.000 (USD 14,86)
7. Jalur Outbound dengan Hasil Akhir yang Menghargai: Taman Nasional Kalibiru

Ambil 1-2 jam berkendara ke arah barat dari kota dan Anda akan segera melihat penurunan suhu dan dengungan sepeda motor yang menghilang. Jadi di sini, semuanya segar, udara sejuk dan jalan yang tenang – sangat cocok untuk retret dari pekerjaan.

Melewati tikungan tajam dan mendaki pegunungan Menoreh terletak Taman Nasional Kalibiru, yang dibangun dan dikelola oleh penduduk setempat sejak 2009, dan mendapatkan banyak perhatian dari para pelancong di mana-mana.


Tidak seperti kebanyakan taman yang menawarkan kegiatan outbond biasa, panjat tebing dan jalan tali di Taman Nasional Kalibiru berskala penuh dan dilengkapi dengan pemandangan yang menakjubkan dari puncak gunung.


Untuk menyelesaikannya, flying fox berakhir di dek di atas pohon dengan pemandangan menghadap Danau Sermo, dan jika Anda cukup beruntung, Anda mungkin hanya melihat ombak putih laut selatan menabrak pantai berpasir!


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta 55561, IndonesiaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Telepon:
    +62 813-9294-7249, +62 813-9202-3122
  • Jam Buka:
    Taman Buka 24 Jam
  • Biaya Masuk:
    5000 IDR (0,37 USD) | Paket Keluar: Rp 35000 (2,60 USD)
8. Bersantai di Laguna tepi Laut: Pantai Wedi Ombo

Selalu ingin berenang santai di laut tetapi akhirnya hanyut ke sana kemari oleh ombak yang konstan? Di Pantai Wedi Ombo di Gunungkidul, Anda dapat berendam dengan tenang di air asin sambil menyaksikan matahari terbenam di cakrawala.


Dikelilingi oleh bebatuan karang yang tersusun rapi, Anda bahkan mungkin mulai mengira bahwa laguna di Pantai Wedi Ombo adalah buatan manusia.


Berhati-hatilah dengan tingkat air pasang di sini.



Gelombang pasang terlihat meluap ke laguna, membawa gelombang yang ganas. Dalam skenario terburuk, semburan air yang tiba-tiba menciptakan arus yang cukup kuat untuk menarik orang ke laut, mungkin mengenai batu karang dan menyebabkan cedera.


  • Nama Tempat:
  • Lokasi:
    Balong, Girisubo, Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, IndonesiaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Cara ke Sana:
    Dari Pantai Siung, menuju Pertigaan Tepus dan belok kanan, tetap di jalan dan tujuan Anda akan berada di sisi kanan jalan.
9. Oasis air terjun musiman 45 meter: Curug Setawing

Terletak di pegunungan Menoreh terletak sebuah oasis air terjun yang disebut Curug Setawing. Pemandangan menakjubkan ini terletak di desa tradisional Jawa Jatimulyo, di belakang pasar Jonggrangan.

Curug Setawing memiliki ketinggian 45 meter yang megah dan airnya berasal langsung dari pegunungan, sehingga sangat sejuk dan segar. Berenanglah jika cuaca memungkinkan!


Curug Setawing merupakan pemandangan alam yang hanya bisa dinikmati saat musim hujan. Selama musim kemarau, hampir kekeringan di sini!


Dari tempat parkir, Anda bisa menikmati pemandangan indah yang mengarah langsung ke air terjun. Dalam perjalanan, Anda akan dikelilingi oleh alam hijau subur yang indah dan sawah zamrud. Jika Anda merasa lapar, ambil makanan ringan dan minuman dari warung pinggir jalan dan beristirahat di bangku bambu atau gazebo sambil menikmati pemandangan.


Untuk menuju ke sana, siapkan jalan yang menanjak tajam melewati Gunung Menoreh. Pastikan Anda menyiapkan sepeda motor Anda sebelum Anda pergi! Dalam perjalanan ke sana, Anda akan melewati air terjun mini dan gua-gua yang layak dikunjungi, seperti Goa Seplawan dan Goa Kiskendo.


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Dusun Jonggrangan,, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa YogyakartaEkonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Cara ke Sana:
    Arah barat menuju arah Godean – Pasar Godean – perempatan Nanggulan – Pasar Kenteng – Kecamatan Girimulyo – Pasar Jonggrangan – Air Terjun Setawing. Perjalanan sejauh 26,5 kilometer, memakan waktu sekitar 34 menit.
  • Biaya masuk:
    Rp 10.000
  • Parkir:
    Rp 2.000 (sekitar USD 0,13 untuk sepeda motor) dan Rp 5.000 (sekitar USD 0,33 untuk mobil)
10. Meditasi Dibalik Tirai Air di Luweng Sampang

Di sini, Anda dapat menikmati garis kontur yang dibuat oleh lapisan bebatuan yang ditumpuk ribuan tahun yang lalu, hanya untuk dipahat dengan indah oleh kekuatan air yang sederhana, terus mengalir dan mengikis lekukan yang menyerupai ngarai Colorado.


Celupkan kaki Anda dan cipratkan air dingin yang menyegarkan langsung dari pegunungan Pegunungan Sewu. Puaskan rasa ingin tahu Anda dan jelajahi ruang dan terowongan yang tersembunyi di balik tirai air abadi.


Tidak seperti kebanyakan jenisnya, Luweng Sampang begitu terpencil sehingga Anda tidak perlu membayar biaya masuk, bahkan sumbangan untuk pemeliharaan (belum)!

Jadi, luangkan waktu untuk mengunjungi tempat indah ini untuk menyendiri selagi masih bisa.


  • Nama Tempat:
  • Alamat:
    Jl. Juminahan, Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari Gunungkidul, Yogyakarta.Ekonomi dan Bisnis, S1, SWASTA, Teknik
  • Cara ke Sana:
    Dari Kota Yogyakarta, menuju ke arah Solo dan belok kanan menuju Balai Kota Gantiwarno. Pergilah menuju Desa Jogoprayan dan ikuti sungai menuju Desa Sampang. Tanyakan petunjuk arah kepada penduduk setempat, banyak!
  • Biaya masuk:
    Gratis

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain