Daftarkan Penginapan Anda Di Tourism Rank Indonesia, Hanya Dengan Rp. 100.000,- untuk SELAMANYA!!! Daftar Sekarang!

31 Tempat Wisata Boyolali yang Wajib Dikunjungi

Boyolali dikenal sebagai kota susu. Hal ini dikarenakan produksi susu di Boyolali adalah yang terbesar di Jawa Tengah. Tidak heran kalau orang Boyolali sehat-sehat ya, minumannya saja susu segar. Selain terkenal seabgai penghasil susu sapi, Boyolali juga menjadi salah satu penghasil sayuran yang terkenal dengan kualitasnya yang bagus, khususnya di kawasan Cempago dan Selo.

Selain itu, juga ada banyak tempat wisata di Boyolali yang menarik untuk dikunjungi. Namun, wisata Boyolali masih perlu dipromosikan lagi, karena belum terlalu booming seperti daerah lainnya di Indonesia.

Boyolali sendiri berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan di utara; Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta (Solo) di timur, Kabupaten Klaten dan Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan, serta Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang di barat.

Ketika berwisata ke Boyolali, pengunjung bisa merasakan dan melihat bagaimana keindahan alam yang ada di sekitarnya. Tempat-tempat wisata yang ada di Boyolali pun juga terbilang sempurna, dan layak Anda kunjungi.

1. Air Terjun Kedung Kayang


Objek wisata air terjun memang hampir ada di tiap daerah. Tak terkecuali di Boyolali ini. Yang aling terkenal dan favorit para wisatawan adalah Air Terjun Kedung Kayang dengan keindahan dan keasriannya. Air terjun hits ini juga memiliki keindahan yang luar biasa dimana pemandangan sekitarnya memang masih alami dan begitu asri. Air terjun ini ada diantara dua Gunung yakni Gunung Merbabu dan Merapi. Sempat menjadi rebutan antara kabupaten Magelang dan Boyolali karena lokasi keberadaannya.

Objek wisata tersebut berada diantara Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang dan Desa Klakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Dari Kabupaten Magelang berjakrak 30 km begitu pula dari Kabupaten Boyolali.

2. Lembah Gunung Madu


Meskipun tergolong wisata baru namun destinasi ini berhasil menarik perhatian masyarakat. Lokasinya berada di kawasan lembah perbukitan, sehingga panorama alamnya begitu memanjakan mata. Dulunya Lembah Gunung Madu merupakan tempat persembunyian rakyat Indonesia. Tepatnya pada zaman penjajahan Belanda, hingga kini ada sekitar 5 goa di area lembah yang bisa Anda kunjungi.

Bagi wisatawan yang hobi fotografi, lokasi ini sangat cocok untuk tempat hunting foto. Pasalnya ada beberapa background yang mendukung, diantaranya ornament bangunan dan area taman. Disarankan datang waktu sore hari karena Anda bisa menikmati momen sunset yang cantik. Tidak lupa mencicipi berbagai masakan khas Boyolali dan seduhan kopi hangat di bangunan rumah joglo.

3. Taman Air Tlatar


Tempat Wisata di Boyolali berikutnya adalah Taman Air Tlatar. Taman air ini memang dirasa sangat cocok untuk menikmati waktu liburan bersama dengan keluarga apalagi bersama anak-anak. Semua anggota bisa merasa begitu senang karena banyak wahana permainan di tempat ini.

Fasilitas yang disediakan juga berupa rumah makan lesehan, pemancingan, kios cinderamata hingga klam renang anak dan dewasa Lokasi Taman Air Tlatar Boyolali ini berada di Desa Kebonbimo Kecamatan Boyolali yang berjarak tempuh 4 km dari kota. Pengunjung tidak akan kesulitan untuk mencapai lokasinya.

4. Waduk Cengklik


Waduk Cengklik sudah dibangun sejak tahun 1926-1928 oleh Pemerintahan Kolonial Belanda dan Keraton Mangkunegara. Alirannya melewati dua desa yaitu Desa Sobokerto dan Desa Ngragorejo. Anda bisa menemukan lokasi waduk tidak jauh dari Bandara Adi Sucipto. Setelah melewati Perum TNI Angkatan Udara, Anda berjalan sebentar sekitar 1,5 kilometer.

Hamparan airnya terbentang lebar di atas lahan seluas 300 hektar, dan dikelilingi pohon-pohon hijau. Daya tarik utama wisata ini ialah latar belakang alam berupa jajaran pegunungan. Tak heran jika kawasan Waduk Cengklik selalu menjadi spot untuk hunting foto. Di tanggul ini terdapat beragam jenis ikan tawar yang dimanfaatkan sebagai area pemamcingan.

5. Trekking Gunung Merbabu


Mereka yang suka mendaki tidak akan asing dengan Gunung Merbabu. Tak hanya didaki seperti mendaki gunung biasa tetapi pengunjung bisa melakukan trekking disini. Banyak pecinta alam yang menjadikan gunung ini sebagai objek pendakian dan trekking. Untuk bisa sampai tempat ini banyak pendaki yang menggunakan jalur Selo karena mengesankan dan memiliki pemandangan yang paling indah.

Nantinya wisatawan bisa melihat beberapa padang savana dan juga bunga edelweis yang banyak. Lokasi Gunung Merbabu berada diantara kabupaten Boyolali, Magelang dan juga kota Salatiga. Untuk mendaki diperlukan kondisi tubuh yang fit dan tak mudah lelah agaar perjalanan bisa lancar.

6. Pemandian Kedung Goro


Dari Kota Boyolali Anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam. Letak wisata berada di balik hutan dan jauh dari pemukiman penduduk. Kemudian Anda menyusuri jalan setapak dan menyebrang sungai. Begitu tiba Anda dapat melihat pemandian yang berwarna kehijauan. Anda bisa berenang sambil merasakan segarnya air dari pemandian ini.

Kola mini dikelilingi oleh susunan tebing batu yang tampak kokoh, seolah melindungi kelestarian alam sekitarnya. Biasanya pengunjung memanfaatkan tebing tersebut untuk melakukan terjun bebas, lalu jatuh ke dalam pemandian. Bila tidak punya cukup nyali Anda tetap bisa menikmati keindahan alam disini, dengan duduk santai di atas batuan di pinggir kolam.

7. Candi Lawang


Meski namanya adalah Lawang bukan berarti candi ini berada di Lawang Jawa Timur. Tetapi, Candi Lawang ini berada di Boyolali dan menawarkan situs candi tersebut sebagai peninggalan sejarah terutama para wali. Di sekeliling candi tidak ada arca atau relief yang mana hanya ada batu berornamen.

Ada juga bebatuan yang tersebar dan belum disusun di sekitar candi. Ada juga keunikan yang bisa dirasakan para pengunjung mengingat candi inni adalah peninggalan Hindu di abad ke 9. Candi Lawang berada di Dusun Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Jika dari Jogja menuju kota Boyolali pengunjung bisa menempuh perjalanan 1.5 jam menggunakan motor.

8. Bukit Kinasih


Lokasi wisata berada di lereng gunung dan dikelilingi oleh pepohonan rindang dan lahan sayuran. Udara sekitar wisata cukup dingin cocok bagi Anda yang liburan untuk mencari ketenangan. Bukit Kinasih juga menjadi basecamp untuk para pendaki, yang akan mendaki ke Gunung Merbabu atau Merapi. Jadi tak heran jika Anda melihat banyak tenda didirikan di sekitar lahan wisata.

Perjalanan menuju bukit ini memang melelahkan, Anda harus melewati trek naik turun hingga jalan setapak. Namun semua akan terbayar bila sampai di puncak bukit, karena panorama alamnya sangat memanjakan mata. Ada berbagai spot foto menarik berupa rumah pohon, serta kayu yang disusun berbentuk love.

9. Candi Sari


Objek Wisata di Boyolali ini juga tak kalah populer. Candi Sari merupakan satu dari sekian banyak objek wisata yang ada, Candi Sari juga menjadi yang ramai. Candi ini menjadi salah satu bui tempat yang terbuka dan memiliki histori yang kental. Wiatawan yang datang juga bersama si kecil untuk mengenalkannya pada sejarah.

Dulunya pertama kali candi ini ditemukan sekitar tahun 1978. Bukit yang ada menjadi sumber mata air yang menarik para wisatawan. Bukit ini berada di Desa Gedangan, Kecamtan Cepogo.

10. Umbul Tirto Marto Pengging


Konon lokasi ini merupakan pemandian milik Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Tidak jauh dari area kolam terdapat Pesanggrahan Ngeksipurna. Dimana menurut cerita warga setempat, Pesanggrahan adalah tempat raja dan keluarganya beristirahat. Masih satu lokasi dengan Pesanggrahan, terdapat makam R. Ng. Yosodipuro I dan Masjid Cipto Mulyo.

Kentalnya peninggalan sejarah di kawasan umbul ini membuat pemerintah merombaknya jadi daerah wisata. Menjelang bulan puasa biasanya ada tradisi padusan, yaitu membersihkan diri agar menjadi suci. Masyarakat sekitar menganggap bahwa mata air disini lebih bersih dibandingkan lainnya. Walaupun bukan bulan puasa objek wisata ini tetap ramai pengunjung.

11. Waduk Kedung Ombo


Objek wisata Boyolali yang juga tak boleh dilewatkan begitu saja adalah Wadung Kedung Ombo. Bukan hanya sekadar waduk tetapi ada pemandangan indah di sekitarnya. Rekreasi hutan dan ait yang menyegarkan daan ada pemancingan. Waduk ini ada di tiga kabupaten yaitu di Desa Wonoharjo, Sragen dan Grobogan Kemusu. Selain untuk pengairan sawah, waduk ini juga memiliki daya tarik menjadi objek wisata.

Beberapa fasilitas yang dimilikinya adalah bumi perkemahan, hutan wisata, tempat pemancingan, rumah makan apung hingga wisata air. Waduk Kedung Ombo berada di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu 50 km ke arah kota Boyolali. Pengunjung bisa bermain air dan juga menikmati kuliner di sekitar waduk.

12. Vihara Veluvana


Lokasi wisata berada di kompleks SMK Pembangunan, dari pusat kota tinggal ikuti jalan menuju ke Dukuh Ngelo. Bangunan ini merupakan tempat peribadatan umat agama Budha, serta menjadi aset milik IIAB. Karena termasuk tempeh ibadah yang dimuliakan, maka berkunjung kesini perlu izin terlebih dahulu. Selain itu harus menjaga sopan santun serta tidak memakai pakaian terbuka.

13. New Selo Boyolali


Yang tak kalah unik adalah gardu pandan New Selo. Tempat wisata ini merupakan landmark yang paling mencolong di kawasan koridor Taman Nasional Gunung Merapi dan juga Gunung Merbabu. Akses jalan menuju tempat wisata ini memang berupa jalan aspal halus tetapi kelerengannya cuku terjal sehingga memang memerlukan nyali tersendiri untuk bisa menempuhnya. Sementara jika tidak ingin menempuh perjalanan demikian maka pengunjung bisa parkir ke kawasan New Selo dan berjalan kaki untuk carter kendaraan.

New Selo berada di batas kawasan hutan dengna lahan masyarakat yang posisinya di ketinggian. Jarak dari komplek ke new selo ini kurang lebih 1 km jika memang ingin mencarter mobil.

14. Kebun Raya Indrokilo


Pemerintah Boyolali memperkenalkan kebun raya baru yang bisa menjadi jujugan saat liburan. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, Anda dapat menempuhnya dengan kendaraan umum atau pribadi. Setidaknya ada tujuh ikon yang menjadi ciri khas dari objek wisata ini. Pertama Gerbang Pasingsingan setinggi 12 meter, bentuknya terinspirasi dari monumen Chiang Kai Shek Memorial Hall di Taipei.

Selanjutnya ada Patung Sosro Birowo yang tingginya mencapai 17 meter. Masuk ke dalam area wisata Anda akan menemukan Taman Paku, salah satu taman tematik yang edukatif. Jika ingin bersenang-senang Anda bisa pergi ke Taman Labirin, berupa lorong-lorong berliku yang unik. Ikon lain yang bisa Anda rasakan keseruaannya ialah Air Terjun Niagara, Ecological House, dan Fitur Lukisan Kolam.

15. Agrowisata Sapi Perah Cepogo


Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa Boyolali ini merupakan wilayah yang terkenal dengan produk susu berkualitas. Ini dia kawasan agrowisata yang bisa dikunjungi yaitu Agrowisata Sapi Perah Cepogo. Wilayah disini memang dijadikan sebagai agrowisata penghasil susu sapi terbesar yang ada di Boyolali.

Mereka yang datang cukup banyak dan melihat bagaimana memerah susu sapi dan menikmati susu segar. Agrowisata Sapi Perah Cepogo ini berada di Dusun II Paras, Cepogo.

16. Waduk Bade


Selain difungsikan untuk pembangkit listrik wilayah sekitar, Waduk Bade juga dimanfaatkan untuk tempat wisata. Menawarkan pemandangan alam yang indah dengan pepohon rimbun dan hijau. Udara sekitar cukup sejuk sehingga Anda akan betah berlama-lama berada disini. Anda bisa piknik bersama keluarga atau teman, sambil menyantap bekal dan menikmati syahdunya suasana waduk.

Waduk Bade mempunyai spesies ikan yang cukup melimpah, jadi sering dimanfaatkan masayarakat untuk aktivitas memancing. Di sekitar waduk terdapat beberapa penjual makanan yang masakannya menggugah selera. Anda juga bisa mengambil potret dengan latar belakang hamparan air yang cukup luas. Tidak ketinggalan panorama perbukitan hijau yang menajubkan.

17. Kampoeng Air Kragilan


Nama yang unik untuk tempat wisata terbaik. Ada Kampoeng Air Kragilan yang merupakan desa wisata Boyolali dan tak boleh dilewatkan. Desa wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata Boyolali yang juga menawarkan pemandangan alam asri, hijau dan alami dengan suara gemericik air yang turun dari bukit. Dengan suasana alam yang sejuk dan tanpa polusi, tempat ini cocok untuk bersantai bersama dengan keluarga.

Apalagi jika ditambah adanya waterboom, live music hingga saung-saung bambu. Kampoeng Air Kragilan ini berada di Dukuh Watugemuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo. Pengunjung bisa berenang dan bermain air dengan menikmati udara segar disini.

18. Air Terjun Semuncar


Air terjun di Boyolali ini memang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya agak tersembunyi tetapi sangat bagus untuk dieksplor. Objek wisata ini dikelola sendiri oleh karang taruna dan juga pegiat alam Desa Candisari yang mana biaya masuknya hanya Rp. 5000 saja. Ada dua jalur untuk mencapai air terjun ini. Pertama melintasi area perkebunan warga sekitar, kedua adalah melewati jalur Sungai Cipendok yang cukup terjal.

Air Terjun Semuncar ini berada di timur lereng Gunung berbabu atau di Desa Candisari, Kecamatan Ampel Boyolali. Jaraknya sekitar 10 km dari kota Ampel jika ingin mengunjunginya.

19. Restu Wijaya Waterboom


Kolam renang ini menekan rekreasi wisata air semacam waterpark. Ada beberapa wahana yang bisa Anda nikmati selain area kolam renang, yaitu perosotan hingga ember tumpah. Kolamnya sendiri terbagi menjadi kolam untuk dewasa dan kolam anak-anak. Masing-masing kolam mempunyai kedalaman berbeda, dan ukurannya cukup luas jadi tidak berdesak-desakkan.

Karena dirancang sebagai objek wisata andalan Kota Boyolali, maka fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Mulai dari lahan parkir luas, kamar mandi, mushola, hingga kantin untuk mengisi perut. Untuk mendapatkan liburan yang berkesan ini, Anda perlu menuju ke daerah Simo Bangak. Dari arah pusat kota pilih akses menuju ke perempatan Tegal Rayang, lalu masuk wilayah Pelem.

20. Museum R. Hamong Wardoyo


Bagi Anda yang mempunyai anak usia pertumbuhan, pilihan berwisata kesini sangatlah tepat. Walaupun museum belum lama diresmikan, namun pengunjung terus berdatangan. Ada berbagai koleksi yang sarat akan sejarah di dalamnya, sehingga bisa menjadi pengetahuan untuk si kecil. Selama tour museum pengunjung akan ditemani oleh pemandu yang berpengelaman.

Tampak dari depan bangunan museum condong bertema futuristik, dan berbentuk segi enam. Atapnya dilapisi panel kaca yang tembus pandang, serta bangunan bentuk piramida di lantai dua. Di bagian dalam tidak hanya berisi etalase koleksi, tetapi dua ruangan utama yang cukup luas. Sedangkan seluruh interior museum di domoniasi ornamen kayu yang serasi.

21. Bukit Gancik


Tempat wisata Bukit Gancik merupakan tempat wisata yang dikelilingi keindahan. Pengunjung bisa datang dan menikmati pemandangan yang ada. Terutama bagi mereka yang ingin melihat kondisi sekitar dari ketinggian, bukit gancik adalah jawabannya.

Bukit Gancik ini berada di kawasan lereng gunung Meerbabu. Tepatnya berada di Dusun Selo Nduwur, Desa Selo Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali dengan harga tiket masuk adalah Rp. 5.000.

22. Wisata Alam Sutra


Objek Wisata Alam Sutra memiliki udara sejuk daan juga penuh dengan pemandangan indah yang ada di sekitarnya. Ada banyak pepohonan serta area yang begitu hijau dipandang mata. Siapa saja bisa menikmati kesegaran suasana alam di tempat ini.

Wisata Alam Sutra ini berada di kawasan punggung gunung Merapi. Tepatnya berada di Dusun Pojok, Desa Samiran, Kecamatan Selo. Pengunjung yang datang dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2000.

23. Oemah Bamboo


Bisa dibilang bahwa tempat wisata ini terbaru yang ada di Boyolali. Menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan gunung merapi dan juga pemandangan yang hijau di sekitar lokasi. Objek ini juga disebut sebagai tempat terbaik untuk mendapatkan hawa segar dan pemandangan yang indah bebas polusi.

Lokasi Oemah Bamboo berada di kawasan jalur pendakian merapi via New Selo. Tepatnya berada di Dusun Plalangan, Desa Lencoh Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Wisatawan bisa datang bersama pasangan atau keluarga.

24. Kedung Cinta


Anda bisa berpetualang menggunakan perahu motor dan menyusuri keindahan alam Kedung Cinta. Sebagian besar pengunjung yang datang dari kalangan muda-mudi, yang ingin menghabiskan waktu sore hari. Sesuai dengan namanya, terdapat spot foto berupa patung berbentuk love yang cukup besar. Ditambah suasana kedung yang semakin romantis saat senja datang.

25. Watu Blerek


Ketika berlibur dan ingin ke tempat wisata yang unik, Boyolali memilki objek wisata Watu Blerek. Banyak yang datang untuk hunting foto. Sebab, lokasinya memang penuh dengan keindahan terutama pemandangan yang masih hijau.

Lokasinya berada di Dusun Tegalsruni, Desa Samiran, Kecamatan Selo. Pengunjung yang datang dikenakan tiket masuk Rp. 2000/ motor. Pastikan bahwa wisatawan tak meninggalkan barang berharga di kendaraan.

26. Arjuna Wijaya


Legenda arjuna menjadi salah satu cerita yang populer di tengah-tengah masyarakat kita. Dahulu, pada masa kejayaannya, Arjuna dinobatkan menjadi Raja di kahyangan Raindra dan Arjuna sebagai Raja Kahyangan tersebut di anugrahi Pusaka – pusaka sakti mandraguna berwujud, gendhawa dari Bathara Indra, Panah Ardadhadali dan Bathara Kuwera, sedangkan Panah Cunda manik pemberian dari Bathara Narada.

Hingga kini, Arjuna sangat dikenalsebagai tokoh heroik yang mampu mengalahkan Raja Raksasa, Prabu Niwata Kacwaca dengan pusakanya gendewa dan panah saktinya. Nah, di Boyolali, dibuatlah simpang lima yang di tengah – tengahnya terdapat patung Arjuna Wijaya, dengan gagahnya menaiki kuda, dengan memegang gendewa dan panah bahkan patung kudanya terdiri dari 13 patung kuda. Tempat tersebut sekarang menjadi tempat nongkrong anak-anak muda.

27. Tikungan Irung Petruk


Tikungan Irung Petruk merupakan sebuah nama tikungan Jalur Wisata Borobudur-Selo-Solo yang terletak di Desa Genting, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali sama dengan nama tikungan yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Tikungan Irung Petruk dikenal sebagai tikungan yang tajam, sempit, dan cukup berbahaya.

Disini anda bisa mencoba olahraga yang menguji adrenalin, Flying Fox yang panjangnya mencapai 300 m dan lintasan pendek sejauh 200 meter. Dengan ketinggian sekitar 25 meter, para pengendara kendaraan yang kebetulan melewati area ini banyak yang tertarik untuk mencobanya. Jika anda tertarik untuk mencobanya, biaya yang dikenakan hanya Rp 30.000,- saja.

28. Air Terjun Watu Abang


Selanjutnya, anda bisa mengunjungi Air Terjun Watu Abang untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman atau keluarga tercinta. Air terjun ini sebenarnya merupakan anakan dari air terjun Semuncar dengan ketinggian sekitar 5 meter.

Untuk anda yang tertarik mengunjungi air terjun ini, silahkan datang aja ke Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah. Tak jauh dari Air Terun Watu Abang, terdapat pula air terjun Tempuran yang juga merupakan anakan dari air terjun Semuncar.

29. Taman Alam Surapanta


Anda juga bisa mengunjungi Taman Alam Surapatna untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama orang tercinta. Lokasi taman alam surapatna ini ada di Ds. Pantaran, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tempat wisata ini terbilang masih sangat baru. Jika ke Boyolali, jangan lupa mampir ke sini ya!

30. Gardu Pandang Suroteleng


Wisata yang satu ini terbilang masih baru dan menyuguhkan harmonisasi alam yang cukup unik , view gunung merbabu, gunung sindoro dan view hijau ke-elokan kota boyolali bisa anda nikmati dari puncak gardu pandang yang sangat pas buat anda yang suka berselfi maupun berfoto-foto dengan background alam lepas. Selain itu tempat ini juga sangat cocok bagi Anda seorang sunrise hunter, jika Anda ingin menikmati sunrise ini, sebaiknya lakukan pada saat ingin camping disini saja, karena perjalanan turun bukit minim penerangan jadi akan sangat berbahaya.

Akses menuju lokasi terbilang cukup ekstrim, medannya menanjak dan beberapa meter sebelum sampai lokasi jalanan sedikit berbatu. Jika turun hujan, berhati-hatilah, karena jalanan akan licin dan becek. Untuk saat ini wisata gardu pandang ini masih dalam proses pengembangan karna itulah fasilitas di tempat ini juga masih minim, untuk biaya tiket masuk masih gratis.

31. Tikungan Cinta


Tikungan cinta Boyolali, tak hanya kece dari nama wisata nya saja, sebab destinasi wisata tersebut juga memiliki keunikan yakni kombinasi pemandangan alam sangat cantik. Tak heran pada akhir nya wisata Boyolali tersebut selalu dibanjiri oleh muda-mudi terkenal memiliki kegemaran hunting spot-spot kece, lalu memamerkan foto mereka di akun sosial media.

Fasilitas gardu pandangan berada diatas bukit memiliki ketinggian mencapai kurang lebih 1200 mdpl. Masyarakat sekitar memberikan nama tikungan cinta Boyolali, lantaran lokasinya pas berada di jalan berkelok dan mirip bentuk letter U. Agar lebih beken, maka dinamakan lah dengan sebutan tersebut. Tempat rekreasi hits Boyolali ini tergolong objek wisata baru, sebab baru diresmikan sekitar bulan oktober 2016 silam. Namun, seiring berjalannya waktu, popularitas wisata meningkat tajam hingga terkenal seperti sekarang.

Posting Komentar

© Tourism Rank Indonesia. All rights reserved. Developed by Jago Desain